LATIHAN SOAL USBN MATEMATIKA SMP KURIKULUM 2013 TAHUN 2019

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sunday, September 2, 2018


Latihan Online Soal USBN Matematika (Kurikulum 2013) SMP Tahun 2019

 LATIHAN ONLINE SOAL USBN MATEMATIKA SMP KURIKULUM 2013 TAHUN 2019 2020 2021 2022 2023 2024
Berikut Contoh Soal Latihan Online USBN Matematika SMP/MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Desain soal latihan ini sebagai hasil pelatihan membuat soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa digunakan untuk sekedar memberikan persiapan berlatih mempelajari soal USBN Matematika SMP Kurikulum 2013 ala games. 



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal memiliki bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan jawaban dapat dilihat langsung pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1.   Hasil dari (–17 × (–20)) – (90 : 15) adalah ....
A.  346
B.  334
C.  -334
D.  -346


2. Hasil dari  18 : 3 adalah....
A. 63
B. 83
C. 6/3√3
D. 8/3√3


3. Hasil dari  340 : √2  x  25  adalah ….
A. 40
B.  50
C. 55
D. 60


4. Hasil dari (322)1/5 = …..
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4


5. Suku ke-3 dan ke-9 dari suatu barisan aritmetika berturut-turut adalah 15 dan 39. Suku ke-50 dari barisan aritmetika tersebut adalah …. 
A. 195
B. 199
C. 203
D. 207

6. Perhatikan gambar berikut.
Banyaknya batang korek api pada pola ke-20 dari konfigurasi objek di atas      adalah …
A. 81
B. 82
C. 83 
D. 84

7. Seorang peternak sapi mempunyai persediaan makanan untuk 40 ekor sapi selama 15 hari. Jika peternak tersebut membeli 10 ekor sapi lagi, maka persediaan makanan itu akan habis dalam waktu ....
A. 10 hari
B. 12 hari
C. 18 Hari 
D. 20 hari

8. Parlin dapat menyelesaikan pekerjaan mengecat sebuah gedung dalam waktu 30 hari sementara Yani dapat menyelesaikannya dalam waktu 20 hari. Jika mereka bersama-sama mengerjakan pekerjaan pengecatan gedung itu maka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut adalah ….
A. 9 hari 
B. 10 hari 
C. 11 hari 
D. 12 hari 


9. Bentuk sederhana dari  9y2 – 4xy + 5y + 7y2 + 3xy   adalah ...
A. 16y2 + xy + 5
B. 5y2 + 4xy + 8
C. 16y2 xy + 5y
D.  9y2 – 7xy + 5y


10. Diketahui A = { kopi, teh, susu, jahe }. Banyaknya himpunan bagian dari himpunan A adalah ....
A. 4
B. 8
C. 16  
D. 32

Anda sedang mengerjakan Latihan Online Soal USBN Matematika SMP / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal USBN Matematika SMP Kurikulum 2013, tetapi soal-soal latihan yang mirip dengan soal-soal USBN Matemaika SMP/MTS Kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping jawaban yang dianggap paling benar. Selamat berlatih 


11. Nilai  y  dari  Sistem  persamaan   2x + 3y = 11  dan  x y = 3  adalah ....
A. 1  
B. 2
C. 3
D. 4

12. Perhatikan gambar berikut!
 Persamaan garis c adalah ....
A.  y – 2x + 1 = 0
B.  y – 2x – 1 = 0
C. y + 2x – 1 = 0
D. y + 2x + 1 = 0

13. Persamaan garis yang melalui titik (-3, 2) dan (1, 10) adalah ….
A. 2y – x = 8
B. 2y + x = 8
C. y + 2x = 8 
D. y – 2x = 8


14. ika  x – 4 = 11, maka nilai  x + 6  adalah ....
A. 20
B. 21
C. 22
D. 23


15. Penyelesaian dari 2x + 1 > x + 17 dalam bentuk grafik bilangan dengan x Î bilangan rasional adalah ....
A. {I}
B. {II}
C. {III}
D. {IV}


16. Diketahui f (x) fungsi linear. Jika , nilai ƒ(3) adalah ....
A. 19
B. 14  
C. 13
D. -1

17. Diketahui rumus fungsi Jika f (1) = 4 dan f (3) = 14, maka nilai f (-2) adalah ….
A. -20
B. -11
C. 9 
D.12

18. Sebuah kerucut mempunyai jari-jari alas dengan panjang 5 cm dan panjang garis pelukis 13 cm. Tinggi kerucut tersebut adalah ….
A. 7 cm
B. 8 cm
C. 12 cm
D. 14 cm 

19. Sebuah tabung memiliki diameter 70 cm dan tingginya 15 cm. Luas seluruh permukaan tabung tersebut adalah ….    ( ᴫ = 22/7 )

A. 7.700 cm2
B. 9.350 cm2
C. 11.000 cm2
D. 19.250 cm2


20. Perhatikan gambar D ABC dan D ABD berikut!

Diketahui pasangan sisi:
(i)   BC dan AD               (ii)  AC dan BD
(iii) AB dan BD                         (iv) AC dan AD

Pasangan sisi yang bersesuaian adalah ....

A. (i) dan (ii) 
B. (ii) dan (iii)
C. (ii) dan (iv)
D. (iii) dan (iv)

Anda sedang mengerjakan Latihan Online Soal USBN Matematika SMP / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal USBN Matematika SMP Kurikulum 2013, tetapi soal-soal latihan yang mirip dengan soal-soal USBN Matemaika SMP/MTS Kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping jawaban yang dianggap paling benar. Selamat berlatih!

21. D ABC dengan panjang sisi 6cm, 8cm, dan 12cm sebangun dengan D DEF yang panjang sisinya 9cm, 12cm, dan 18cm. Perbandingan sisi-sisi D ABC dan D DEF adalah…
A. 3 : 4
B. 2 : 3
C. 1 : 2 
D. 1 : 3

22. Diketahui luas persegi panjang 150 cm2. Jika lebarnya 10 cm,  maka keliling persegi panjang tersebut adalah ....
A. 25 cm 
B. 50 cm
C. 60 cm
D. 90 cm

23. Sebuah persegi panjang PQRS dengan P(3,4), Q(3,–4),R(–2, –4) dan S(-2, 4) didilatasi dengan pusat O(0,0) dan faktor skala 3. luas persegi panjang setelah didilatasi adalah….
A. 40 satuan luas
B. 120 satuan luas
C. 240 satuan luas
D. 360 satuan luas

24.  Taman sebuah kota terlihat seperti gambar diarsir.
Jika di sekeliling taman akan ditanami bunga mawar dengan biaya Rp50.000,00 per  meter maka biaya yang diperlukan seluruhnya adalah ….
A. Rp 6.280.000,00
B. Rp 3.140.000,00
C. Rp 2.460.000,00
D. Rp 1.570.000,00

25. Limas tegak dengan alas berbentuk persegi. Jika keliling alas 56 cm dan tinggi limas 24 cm,  luas seluruh permukaan limas tersebut adalah ....
A. 336 cm2
B. 896 cm2
C. 986 cm2
D. 1.344 cm2  

26. Deni akan membuat 3 buah kerangka balok yang berukuran 6cm x 6cm x 3cm terbuat dari kawat. Jika kawat yang tersedia 2 m, maka panjang sisa kawat yang tidak terpakai adalah ….
A. 20 cm
B. 24 cm
C. 30 cm 
D. 32 cm

27. Perhatikan gambar di bawah ini!



Diagram lingkaran di atas menunjukkan kegemaran 300 siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olah raga di suatu sekolah. Banyak siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Bulu Tangkis adalah ….
A. 35 orang
B. 40 orang
C. 45 orang
D. 50 orang

28. Nilai ulangan Matematika yang diperoleh 30 siswa kelas IX A adalah sebagai berikut:
4       5      6       7       5       6       4       7       5       5
7       7      8       5       6       7       8       5       9       9
6       6      4       4       6       6       4       6       6       6      
Modus dari nilai ulangan Matematika adalah ….
A. 4

B. 5
C. 6
D. 7


29. Perhatikan tabel berikut !
Nilai
3
4
5
6
7
8
9
10
Frekuensi
1
3
5
8
7
5
3
11
       
Tabel di atas merupakan tabel nilai ulangan matematika dari sekelompok siswa. Banyaknya siswa yang mendapat nilai kurang dari 7 adalah ….

A. 9 siswa
B. 17 siswa
C. 24 siswa 
D. 26 siswa

30. Sebuah kotak berisi 12 bola bernomor 1 sampai 12. Jika diambil dua bola secara acak,  peluang terambil 2 bola bernomor ganjil adalah ....
A. 21/72
B. 15/72
C. 61/66
D. 15/66

Anda sedang mengerjakan Latihan Online Soal USBN Matematika SMP / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal USBN Matematika SMP kurikulum 2013, tetapi soal-soal latihan yang mirip dengan soal-soal USBN Matemaika SMP/MTS kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping jawaban yang dianggap paling benar. Selamat berlatih


31. Doni menyimpan uang sebesar Rp12.500.000,00 disebuah bank, dengan bunga tunggal 12% per tahun. Setelah diambil uang Doni menjadi  Rp14.375.000,00, Tentukan berapa lama Doni menabung.
A. 15 
B. 20 
C. 25 
D. 30 


32. Sebuah peluru ditembakkan ke atas. Tinggi setelah t detik dinyatakan  dengan rumus     h = –5t2 + 30t. Tentukan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketinggian maksimum peluru tersebut.

A. 2 detik
B. 3 detik
C. 4 detik
D. 5 detik

33.  Perhatikan gambar berikut !


Pada gambar di atas tentukan panjang AD ?
A. 15 cm 
B. 16 cm
C. 17 cm 
D. 18 cm

34. Besar sudut terkecil dari dua jarum jam pada pukul 22.10 adalah... 
A. 95o
B. 115o
C. 125o
D. 145o

35. Perhatikan gambar di bawah ini !

Panjang AB adalah .....
A. 15 cm
B. 16 cm
C. 20 cm
D. 25 cm

36. Perhatikan gambar di bawah ini !

Banyak diagonal ruang pada balok PQRS TUVW adalah ….
A. 4 buah
B. 6 buah
C. 8 buah
D. 12 buah

37.Sebuah prisma tegak alasnya berbentuk belah ketupat dengan panjang diagonal 8 cm dan 6 cm. Jika luas sisi tegak prisma 160 cm2, volume prisma tersebut adalah ….
A. 96 cm3 
B. 120 cm3
C. 192 cm3
D. 240 cm3


38. Perhatikan tabel fekwensi di bawah ini.
Banyak siswa yang mendapat nilai lebih dari nilai rata-rata adalah ....
A. 4 orang
B. 6 orang
C. 8 orang
D. 9 orang


39. Dalam percobaan melempar sebuah dadu, peluang muncul mata dadu lebih dari 4 adalah ...
A. 1/4
B. ½
C. 1/3
D. 2/3


40. Dalam suatu kantong berisi 32 kelereng putih, 18 kelereng biru dan 10 kelereng merah. Jika diambil 1 secara acak, peluang terambil kelereng biru adalah  ....
A. 0,18
B. 0,3
C. 0,6  
D. 1,8


PENASARAN MAU LAGI (DISINI)



Demikian contoh sederhana latihan online Soal USBN Matematika SMP Kurikulum 2013 Tahun 2019 atau Pelajaran Tahun 2018/2019. Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
====================================



= Berikut ini Kumpulan Soal USBN SMP Lainnya =



Blog, Updated at: 9:31:00 AM

41 komentar:

  1. Replies
    1. Kan hasilnya 6 akar 100 jadinya 6×10
      =60 wkwk

      Delete
    2. Gini gan 1!1!1!

      3√40:√2x2√5=
      3√4x10:√2x2√5=
      3√4x√10:√2x2√5=
      3x2√10:√2x2√5=
      6(√10:√2)x2√5=
      6√5x2√5=12x5=60D.

      Delete
    3. Saya nyarinya gitudapetnya 60

      Delete
  2. D lah,kan
    3√40 : √2 x 2√5
    3√20 x 2√5
    6√100 = 6 x 10 = 60

    ReplyDelete
  3. Kok gk ada kunci jawaban soal USBN matematika SMP

    ReplyDelete
  4. Kok gak ada kunci jawaban nya

    ReplyDelete
  5. Apakah benar ini jawabanya?

    ReplyDelete
  6. emang nggak ada pembahasannya ya? trus kalo mau tahu jawabannya benar atau salah gimana? yakali harus cari satu satu pembahasannya di google?

    ReplyDelete
  7. nomor 6 gak ada soalnya gimana mau jawab yg diketahui apanya? dan apa yang ditanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor 6 soal ttg barisan aritmetika yg make rumus Un = a+(n-1)b.

      Delete
    2. Ini barisan aritmatika,Beda nya= 4
      Nyari suku ke-n rumusnya
      Un= a+(n-1)b
      U20= 5+(20-1)x4
      U20= 5+(19x4)
      U20= 5+76
      U20= 81

      Delete
  8. 3√40:2√2x2√5=
    3√20x2√5=
    3x2√5x2√5=
    3x2x5x2=60

    ReplyDelete
  9. ini gimana sih gk ada pembahasan soalnya min gimana maw ngerti kalo cuman ada soalnya doank gk ada cara2nya

    ReplyDelete
  10. tolong bantu donk ini gimana cara2nya jelaskan

    ReplyDelete
  11. 18 per akar 3 lalu kalikan penyebut akar tiga,psti lngsung ngeh deh

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. Itu itung dulu hasil 32kuadrat kan hasilnya 1024=2pangkat10 terus pangakt sepuluh di kaliin pangkat 1per5 hasilnya pangkat 2 terus 2 pangkat 2 hasilnya 4

      Delete
  13. Yang jarum jam hrusnya 115°
    Jam 22= 60° dari angka 12, dikurang 5° karena jamnya lewat 10 menit (10/60 . 30) jadinya 55°
    10 menit = 60° dari angka 12
    60+55= 115

    ReplyDelete
  14. Soal ini tidak Ada bedanya dengan soal Soal UN Tahun sebelumnya KTSP. Kurikulum 2013 ko tdak Ada Soal Transformasi Geometry?

    ReplyDelete

Search Artikel

------------------------------------------


Statistik Blog

------------------------------------------

Popular Posts

------------------------------------------

CB