PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

1 July 2021

LINK DOWNLOAD MODUL AJAR KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK PAUD SD SMP SMA SMK

| 1 July 2021
Link Download Modul Ajar Kurikulum Sekolah Penggerak Paud SD SMP SMA SMK


Link Download Modul Ajar Kurikulum Sekolah Penggerak Paud SD SMP SMA SMK. Pada Kurikulum sekolah penggerak, modul ajar adalah perangkat pembelajaran yang berisi sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk , dan pedomanyang dirancang secara sistematis dan menarik. Guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarikdan bermakna.

 

Modul ajar ini merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dikembangkandari Capaian Pembelajaran (CP) dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran. Dalam penyusunan modul ajar harus disesuaikan dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang.

 

Dalam penyusunan modul ajar pada prinsipnya guru dalam satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik. Modul ajar dilengkapi dengan komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunan. Komponen modul ajar dalam panduan dibutuhkan untuk kelengkapan persiapan pembelajaran. Komponen ini pada inti terdiri dari Informasi umum, komponen inti, dan lampiran. Komponen modul ajar bisa ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhan.

 

Sebelum Admin berbagi Link Download Modul Ajar Kurikulum Sekolah Penggerak Paud SD SMP SMA SMK. Perlu diketahui bahwa dalam pengembangan modul ajar terdapat 4 prinsip pengembangan modul ajar, yaitu 1) Esensial yang berarti pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin . 2) Menarik, Bermakna, Menantang, yang berati dapat menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya. 3) Relevan dan Kontekstual, yang berarti berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks di waktu dan tempat peserta didik berada. 4) Berkesinambungan, yang berarti Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.

 

Dalam pengembangan para guru harus memahami prosedur pengembangan modul ajar, yakni: 1) Menganalisis kondisidan kebutuhan peserta didik, guru,serta satuanpendidikan. 2) Melakukan asesmen diagnostik terhadap kondisidan kebutuhan peserta didik. Guru perlu mengetahui kondisi dan kebutuhan peserta didik berdasarkan latar belakangserta sarana dan prasarana sekolah. Pengembangan modul ajar disesuaikan dengan kemampuan dan kreativitas guru. 3) Mengidentifikasi dan menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang akan dicapai. Guru memilih dimensi Profil Pelajar Pancasila yang tepat untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran. 4) Menentukan ATP yang akan dikembangkan menjadi modul ajar. Guru dapat memilih ATP hasil pengembangansekolah atau mengacu pada contoh ATP yang tersedia. 5) Menyusun modul ajar berdasarkan komponen-komponen yang ditentukan. Guru dapat menentukan komponen-komponen yang esensial sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Artinya, tidak harus semua komponen dicantumkan dalam Modul Ajar. Pada prinsipnya modul yang disusun benar -benar membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran.

 

Bagi bapak/Ibu guru yang membutuhkan contoh Modul Ajar Kurikulum Sekolah Penggerak Paud SD SMP SMA SMK berikut ini saya shareka Link Download Modul Ajar Kurikulum Sekolah Penggerak Paud SD SMP SMA SMK. Bapak/Ibu bisa mengakses laman tersebut dengan menggunakan Akun pembelajaran yang telah dimiliki. Selain akan memperoleh modul ajar, bapak ibu juga dapat mengakses buku guru dan buku siswa yang sesuai dengan Kurikulum sekolah penggerak

 

Link Download Modul Ajar Kurikulum Sekolah Penggerak Paud SD SMP SMA SMK (Disini)

 

Untuk memperoleh Modul Ajar selain dengan mengakses Link Download Modul Ajar Kurikulum Sekolah Penggerak Paud SD SMP SMA SMK, Bapak/Ibu guru juga dapat memperoleh melalui aplikasi Android atau Smartphone melalui link bit.ly/platformmerdekamengajar

 

Demikian informasi tentang Link Download Modul Ajar Kurikulum Sekolah Penggerak Paud SD SMP SMA SMK. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.





= Baca Juga =



Related Posts

1 comment:

  1. siang ka, kalo untuk link module kelas 11 kurikulum merdeka belajarnya belum ada ya ka? yang bisa di download kaya link module kelas 10 nya

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog