CAPAIAN PEMBELAJARAN CP BAHASA JAWA (JAWA TIMUR DAN MADURA) SD, SMP, SMA, SMK DAN SLB KURIKULUM MERDEKA

Capaian Pembelajaran CP Bahasa Jawa (Jawa Timur dan Madura) SD, SMP, SMA, SMK DAN SLB Kurikulum Merdeka



Capaian Pembelajaran CP Bahasa Jawa (Jawa Timur dan Madura) SD, SMP, SMA, SMK DAN SLB Kurikulum Merdeka, Bahasa daerah memiliki peran dan fungsi sebagai sarana komunikasi antar  anggota  masyarakat  sekaligus  sebagai  sebuah  identitas  daerah. Bahasa,  sastra,  seni  dan  budaya  daerah memuat  nilai-nilai  kearifan  lokal yang  perlu  dilestarikan  dan  dikembangkan  melalui  pendidikan  formal  di sekolah.  Pembelajaran  bahasa  daerah  dapat  dieksplorasi  melalui keterampilan  berbahasa,  bersastra,  dan serta  berpikir  sebagai  fondasi kemampuan literasi. 

 

Kemampuan  literasi  perlu  dikembangkan  dalam  pembelajaran bahasa daerah melalui  kemampuan  menyimak,  membaca  dan  memirsa, menulis,  berbicara  dan  mempresentasikan  dalam  berbagai  tujuan  dengan memanfaatkan  bahasa,  sastra,  dan  budaya  daerah.  Berbagai  tipe  teks terdapat  alur  pikir,  struktur,  dan  khas  teks  yang  dapat  digunakan  dalam mengoptimalkan  kemampuan  penggunaan  bahasa  daerah  dalam  berbagai situasi dan sebagai sarana belajar sepanjang hayat. 

 

Berdasarkan Capaian Pembelajaran CP Bahasa Jawa (Jawa Timur dan Madura) SD, SMP, SMA, SMK DAN SLB Kurikulum Merdeka, Pembelajaran  bahasa  daerah  (Jawa  dan  Madura)  pada  peserta  didik berkebutuhan  khusus  mempertimbangkan dasar sebagai  berikut:  1) membangun kemandirian dan pengembangan keterampilan adaptif anak, 2) satuan pendidikan dapat mengembangkan  jenis  keterampilan  secara  mandiri  sesuai  dengan  kebutuhan  dan karakteristik  daerah  dan  ketersediaan  SDM,  3) program  kebutuhan  khusus  bertujuan untuk  membantu anak  memaksimalkan  indera  yang  dimilikinya  dan  mengatasi keterbatasannya, 4) peserta didik berkebutuhan khusus yang tidak memiliki hambatan intelektual  di  SLB  atau  Satuan  Pendidikan  Penyelenggara  Pendidikan  Inklusif  dapat menggunakan struktur kurikulum dan capaian pembelajaran pendidikan reguler sesuai jenjangnya  dengan  menerapkan  prinsip-prinsip  modifikasi  kurikulum  (Keputusan Menteri  Pendidikan,  Kebudayaan,  Riset, dan  Teknologi  Republik  Indonesia  Nomor 262/M/2022).  Bagi  peserta  didik  berkebutuhan  khusus  yang  memiliki  hambatan intelektual di SLB atau Satuan Pendidikan Penyelenggara Pendidikan Inklusif, maka menyesuaikan dengan kemampuan, kebutuhan dan karakteristik ketunaan.

 

Pembelajaran bahasa daerah (Jawa dan madura) menggunakan model utama pedagogi genre. Model pedagogi genre memiliki empat tahapan yang dapat  digunakan  dalam  pembelajaran  meliputi  penjelasan  untuk membangun  konteks  (explaining,  building  the  context),  pemodelan (modelling),  pembimbingan  (joint  construction),  dan  pemandirian (independent construction). Model-model lain yang dapat digunakan dalam pembinaan  dan  pengembangan  bahasa  daerah  akan  membentuk pribadi yang berkarakter sesuai dengan identitas daerah yang selaras dengan Profil Pelajar Pancasila  yang  beriman,  bertakwa  kepada Tuhan Yang Maha  Esa dan  berakhlak  mulia,  berpikir  kritis,  mandiri, kreatif,  bergotong  royong dan berkebhinekaan global.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Capaian Pembelajaran Bahasa Daerah Pada Kurikulum Merdeka Tingkat SD, SMP, SMA, SMK DAN SLB Bahasa Jawa Timur, Madura

 



Link download Capaian Pembelajaran CP Bahasa Jawa (Jawa Timur dan Madura) SD, SMP, SMA, SMK DAN SLB Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Capaian Pembelajaran CP Bahasa Jawa (Jawa Timur dan Madura) SD, SMP, SMA, SMK DAN SLB Kurikulum Merdeka.  Semoga ada manfaatnya.  

 


= Baca Juga =


Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem



































Free site counter


































Free site counter