INSTRUMEN MENGETAHUI GAYA BELAJAR SISWA |
Bagaimana mengetahui kecendrungan gaya belajar siswa? kita dapat menggunakan instrumen untuk mengetahui gaya belajar Siswa. Berikut ini salah satu instrumen dalam bentuk angket yang dapat digunakan untuk mengetahui gaya belajar Siswa.
Jawablah dengan cepat pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memberi tanda silang pada a, b, atau c.
Pada waktu belajar untuk tes, apakah anda
memilih
a) membaca catatan, membaca judul dan sub-judul
dalam buku, dan melihat diagram dan ilustrasi
b) meminta seseorang memberi anda pertanyaan,
atau menghafal dalam hati sendirian
c)
membuat catatan pada kartu dan membuat model atau diagram
Apa yang anda lakukan pada waktu
mendengarkan musik?
a)
berkhayal (melihat benda-benda yang sesuai dengan musik yang sedang
didengarkan)
b) berdendang mengikuti alunan musik tersebut
c) bergerak mengikuti musik tersebut,
mengetukkan kaki mengikuti irama, dsb.
Pada waktu anda memecahkan masalah, apakah
anda
a) membuat
daftar, mengatur langkah, dan mengeceknya setelah langkah itu dikerjakan
b)
menelpon teman atau ahli untuk membicarakan masalah tersebut
c) menguraikan
(menganalisa) masalah itu atau melakukan semua langkah yang anda pikirkan
Jika anda ingin membaca untuk hiburan,
apakah anda memilih
a) buku perjalanan dengan banyak gambar di
dalamnya
b)
cerita misteri yang penuh dengan percakapan di dalamnya
c)
buku yang dapat menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah anda
Untuk mempelajari bagaimana cara kerja
komputer, apakah anda memilih
a)
menonton film tentang cara kerja computer
b)
mendengarkan seseorang menjelaskan cara keja computer
c)
membongkar komputer dan mencoba menemukan sendiri cara kerjanya
Anda baru saja memasuki museum ilmu pengetahuan,
apa yang anda lakukan pertama kali?
a)
melihat sekeliling dan menemukan peta yang menunjukkan lokasi berbagai benda
yang dipamerkan
b)
berbicara dengan penjaga museum dan bertanya kepadanya tentang benda-benda
yang dipamerkan
c)
melihat pada benda pertama yang kelihatan menarik, dan baru kemudian membaca
petunjuk lokasi benda-benda lainnya
Jenis restoran apa yang tidak anda sukai?
a)
restoran yang lampunya terlalu terang
b)
restoran yang musiknya terlalu keras
c)
restoran yang kursinya tidak nyaman
Apakah anda lebih suka mengikuti
a)
kelas melukis
b)
kelas music
c)
kelas olah raga
Apa yang kira-kira anda lakukan pada waktu
anda merasa senang?
a)
meringis (tersenyum)
b)
berteriak dengan senang
c)
melompat dengan senang
Seandainya anda berada pada suatu pesta,
apa yang kira-kira akan paling anda ingat pada keesokan harinya?
a)
muka orang-orang dalam pesta, tetapi bukan namanya
b)
nama orang-orang dalam pesta, tetapi bukan mukanya
c)
sesuatu yang anda lakukan dan katakan selama dalam pesta
Pada waktu anda bercerita, apakah anda
memilih untuk
a)
menulisnya
b)
menceritakannya dengan suara keras
c)
memerankannya
Apa yang paling mengganggu bagi anda pada
waktu anda mencoba untuk berkonsentrasi?
a)
gangguan visual
b)
suara gaduh
c)
gangguan lainnya seperti rasa lapar, sepatu yang sempit, atau rasa khawatir
Apa yang kira-kira anda lakukan pada waktu
anda marah?
a)
cemberut atau memperlihatkan muka marah
b)
berteriak atau “mengamuk”
c)
menghentakkan kaki dengan keras dan membanting pintu
Apa yang kira-kira akan anda lakukan pada
waktu berdiri menunggu antrian di gedung bioskop?
a)
melihat-lihat pada poster iklan film lainnya
b)
berbicara dengan orang di sebelah anda
c)
mengetukkan kaki atau berjalan ke arah lain
|
Mengetahui gaya belajar siswa
Hitung berapa jumlah pilihan jawaban (a) –
ini merupakan orang ‘visual’
Hitung berapa jumlah pilihan jawaban (b) –
ini merupakan orang ‘auditory’
Hitung berapa jumlah pilihan jawaban (c) –
ini merupakan orang ‘kinesthetic’
Apabila
skor (a) yang menonjol ini berarti gaya belajar siswa yang paling dominan
adalah gaya belajar tife visual. Hal ini berarti siswa cenderung belajar
dengan cara melihat sesuatu. Siswa menyukai melihat gambar atau diagram, menonton
pertunjukan, demonstrasi suatu kegiatan, atau menyaksikan video.
Untuk mempermudah dan mempercepat siswa memahami bahan pelajaran atau hal yang
lain dipelajari cobalah:mengubah materi pelajaran ke dalam bentuk poster-poster
yang mudah dilihat, dengan gambar-gambar yang menarik, grafik, dan warnai
seindah mungkin.
Pada siswa yang memilki gaya belajar visual, materi
pembelajran sebaiknya dibuatkan dalam
bentuk peta konsep, mulai dari tema besar di tengah halaman, menggunakan
kata-kata penting, menggunakan simbol, warna, kata, gambar yang mencolok, dan
lakukan ini dengan gayamu atau keinginan siswa sendiri. Dalam mencatat
pelajaran, gunakan tanda-tanda, gambar dan warna untuk menandai hal-hal penting
agar dapat dengan mudah dilihat lagi jika kita mempelajarinya di lain waktu.
Untuk membantu mengingat apa yang baru dibaca
dan didengar, siswa diminta duduk dengan santai sambil membayangkan dalam
pikiran apa yang baru dibaca/didengar, agar siswa lebih paham lagi.
Apabila skor (b) yang menonjol ini berarti gaya belajar siswa yang paling dominan adalah gaya belajar ‘auditory’. Hal ini berarti siswa cenderung belajar dengan cara mendengar sesuatu. siswa menyukai mendengar pidato, ceramah guru menerangkan, mendengarkan radio atau kaset, berdebat atau berdiskusi. Untuk mempermudah siswa memahami sesuatu (pelajaran atau hal yg lain) cobalah:membaca pelajaran dengan cara baca yang dramatis, seperti pujangga membaca puisi misalnya, atau seperti skenario, bahkan cobalah menyanyikannya dengan irama iklan atau rap. Merangkum pelajaran untuk diucapkan dengan lantang, atau bahkan merekamnya dalam kaset, diselingi plesetan atau hal lain,dan memutarnya dengan walkman sepanjang perjalanan kita ke sekolah.
Saat membacakan dengan lantang, perhatikan
intonasi, penekanan khusus, coba berbisik, dan coba juga sambil memejamkan mata
untuk belajar membayangkan apa yang sedang dibacakan, sehingga secara tidak
langsung kita telah mengaktifkan pula daya visual kita dalam belajar.
Apabila
skor (b) yang menonjol ini berarti gaya belajar siswa yang paling dominan
adalah gaya belajar tipe Kinestetik: Hal ini berarti siswa cenderung belajar
melalui aktivitas fisik dan melibatkan diri langsung. Siswa suka menyentuh, merasakan, membongkar sesuatu,
melakukan olah tubuh.Untuk mempercepat dan mempermudahmu memahami sesuatu
(pelajaran atau lainnya, cobalah:
Siswa yangf memiliki gaya belajar tipe Kinestetik,
cobalah belajar sambil berjalan-jalan. Setiap kali membaca atau mendengarkan
seseorang berbicara, bangkitlah untuk sedikit bergerak setiap 20-30 menit
sekali. Coba belajar dalam kelompok untuk membentuk suasana bermain peran
(drama) dari pelajaran yang dibahas.Tulislah kembali point-point penting dari
catatan pelajaran ke dalam kartu-kartu yang disusun secara logis. Buatlah
semacam percobaan, atau model dari apa yang sedang kamu pelajari. Libatkan
tubuh kamu dalam belajar dengan mencoba meniru apa yang dipelajari, atau bahkan
meniru gaya-gaya lucu gurumu ketika mengajar agar kamu dapat mengingatnya
dengan lebih baik! Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahannya
masing-masing.
Dengan mengetahui kekuatanmu yang ada pada
diri siswa, Kita dapat meningkatkan prestasi siswa dengan mengarahkan mereka untuk
mencari cara-cara belajar yang cocok dengan kecenderungan-kecenderungan yang
ada pada diri siswa itu sendiri Selain itu, kita juga bias mengarahkan siswa
untuk mengaktifkan aspek-aspek yang kurang menonjol sehingga prestasi siswa tersebut bisa berkembang lebih
baik lagi.
Tags:
Pembelajaran
Saya ucapkan terima kasih, karena sangat terbantu dengan tulisan yang Bapak bagikan. Tulisan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme guru serta dapat pula dijadikan referensi dalam penulisan karya ilmiah guru, terutama dalam penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan artikel tentang pembelajaran ini menjadi sarana amal kebajikan.
terima kasih pak tulisannya sangat membantu sekali saya mengerjakan tugas PPG tentang mengelola pembelajaran dengan mempertimbangkan gaya belajar siswa.
Terima kasih informasinya sangat bermanfaat
jangan lupa kunjungi website kami d