Pendidikan
Abad 21 merupakan pendidikan yang mengintegrasikan antara kecakapan
pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta penguasaan terhadap TIK. Kecakapan tersebut
dapat dikembangkan melalui berbagai model pembelajaran berbasis aktivitas yang
sesuai dengan karakteristik kompetensi dan materi pembelajaran. Kecakapan yang dibutuhkan di Abad 21 juga merupakan keterampilan berpikir lebih tinggi (Higher Order
Thinking Skills - HOTS) yang sangat diperlukan dalam mempersiapkan peserta
didik dalam menghadapi tantangan global.
Apa saja Kecakapan Abad 21. Pada bagian ini akan
dibahas masing – masing kecakapan tersebut sebagai berikut.
1. Kecakapan
Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skill
Kecakapan
Abad 21 (XXI) yang pertama akan dibahas adalah Kecakapan
Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Berpikir kritis bersifat mandiri,
berdisiplin diri, dimonitor diri, memperbaiki proses berpikir sendiri. hal itu
dipandang sebagai aset penting terstandar dan cara kerja dan cara berpikir
dalam praktek Hal itu memerlukan komunikasi efektif dan pemecahan masalah dan
juga komitmen untuk mengatasi sikap egosentris dan sosiosentris bawaan (Paul
and Elder, 2006:xviii).
Berpikir kritis menurut
Beyer (1985) adalah: Berpikir kritis adalah kemampuan 1) menentukan
kredibilitas suatu sumber, 2) membedakan antara yang relevan dan yang tidak
relevan, 3) membedakan fakta dan penilaian, 4) mengidentifikasi dan
mengevaluasi asumsi yang tidak terucapkan, 5) mengidentifikasi bias yang ada,
6) mengidentifikasi sudut pandang, dan 7) mengevaluasi bukti yang ditawarkan
untuk mendukung pengakuan.
Masih banyak para ahli yang
memberikan pengertian atau definisi berpikir kritis ini, tetapi dalam bahasan ini
akan disajikan hasil meramu sebagai berikut.
a.
Menggunakan berbagai tipe pemikiran/penalaran atau alasan, baik induktif maupun
deduktif dengan tepat dan sesual situasi.
b.
Memahami interkoneksi antara satu konsep dengan konsep yang lain dalam suatu
mata pelajaran, dan keterkaitan antar konsep antara suatu mata pelajaran dengan
mata pelajaran lainnya.
c.
Melakukan penilaian dan menentukan keputusan secara efektif dalam mengolah data
dan menggunakan argumen.
d.
Menguji hasil dan membangun koneksi antara informasi dan argumen.
e.
Mengolah dan menginterpretasi informasi yang diperoleh melalui simpulan awal
dan mengujinya lewat analisis terbaik.
f.
Membuat solusi dan berbagai permasalahan non-rutin, baik dengan cara yang umum,
maupun dengan caranya sendiri.
g.
Menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk berusaha menyelesaikan
permasalahan
h.
Menyusun dan mengungkapkan, menganalisa, dan menyelesaikan suatu masalah.
2. Kecakapan Berkomunikasi
(Communication Skills)
Kecakapan
Abad 21 (XXI) yang kedua yang akan dibahas adalah Kecakapan Berkomunikasi. Komunikasi
merupakan proses transmisi informasi, gagasan, emosi, serta keterampilan dengan
menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, gratis, angka, dsb.
Raymond Ross (1996)
mengatakan bahwa “Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman
simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons/ makna
dan pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator”.
Kecakapan komunikasi dalam
proses pembelajaran antara lain sebagai berikut.
a.
Memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai
bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia (ICT Literacy).
b.
Menggunakan kemampuan untuk mengutarakan ide-idenya, baik itu pada saat
berdiskusi, di dalam dan di luar kelas, maupun tertuang pada tulisan.
c.
Menggunakan bahasa lisan yang sesuai konten dan konteks pembicaraan dengan
lawan bicara atau yang diajak berkomunikasi.
d.
Selain itu dalam komunikasi lisan diperlukan juga sikap untuk dapat
mendengarkan. dan menghargai pendapat orang lain, selain pengetahuan terkait
konten dan konteks pembicaraan.
e.
Menggunakan alur pikir yang logis, terstruktur sesuai dengan kaidah yang
berlaku.
f.
Dalam Abad 21 komunikasi tidak terbatas hanya pada satu bahasa, tetapi
kemungkinan multi-bahasa.
3. Kreatifitas dan Inovasi
(Creativity and Innovation)
Kecakapan
Abad 21 (XXI) yang ketiga yang akan dibahas adalah Kreatifitas
dan Inovasi. Creativity is “the achievement of something remarkable and new,
something which transforms and changes a field of endeavor in a significant
way... the kinds of things that people do that change the world.
Guilford (1976) mengemukakan
kreatifitas adalah cara-cara berpikir yang divergen. berpikir yang produktif,
berdaya cipta berpikir heuristik dan berpikir lateral.
Beberapa kecakapan terkait
kreatifltas yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran antara lain sebagai
berikut.
a.
Memiliki kemampuan dalam mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan
gagasan-gagasan baru secara lisan atau tulisan.
b.
Bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.
c.
Mampu mengemukakan ide-ide kreatif secara konseptual dan praktikal.
d.
Menggunakan konsep-konsep atau pengetahuannya dalam situasi baru dan berbeda,
balk dalam mata pelajaran terkait, antar mata pelajaran, maupun dalam persoalan
kontekstual.
e.
Menggunakan kegagalan sebagal wahana pembelajaran.
f.
Memiliki kemampuan dalam menciptakan kebaharuan berdasarkan pengetahuan awal
yang dimiliki,
g.
Mampu beradaptasi dalam situasi baru dan memberikan kontribusi positif terhadap
lingkungan.
4. Kolaborasi
(Collaboration)
Kecakapan
Abad 21 (XXI) yang keempat yang akan dibahas adalah Kolaborasi.
Kolaborasi dalam proses pembelajaran merupakan suatu bentuk kerjasama dengan
satu sama lain saling membantu dan melengkapi untuk melakukan tugas-tugas
tertentu agar diperoleh suatu tujuan yang telah ditentukan.
Kecakapan terkait dengan
kolaborasi dalam pembelajaran, antara lain sebagai berikut.
a.
Memiliki kemampuan dalam kerjasama berkelompok
b.
Beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab, bekerja secara produktif dengan
yang lain.
c.
Memiliki empati dan menghormati perspektif berbeda.
d.
Mampu berkompromi dengan anggota yang lain dalam kelompok demi tercapainya
tujuan yangbtelah ditetapkan.
Demikian info tentang Kecakapan Abad 21, semoga
bermanfaat.
Sumber: Implementasi Pengembangan
Kecakapan Abad 21 dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Direktorat
Pembina SMA, Dirjendikdasmen, Kemdikbud.
Halo,
Saya sangat menikmati artikel Anda tentang Kecakapan Abad 21 Saya setuju dengan semua poin yang Anda sebutkan, terutama tentang kecakapan dalam komunikasj. Semua informasi ini sangat berguna.
Saya juga menjalankan blog teknologi di https://www.gurucanggih.tech, di mana saya berbagi wawasan tentang perkembangan terbaru dalam dunia teknologi. Mungkin Anda dan pembaca Anda akan menemukan beberapa artikel di sana yang menarik. Saya berharap Anda akan mampir dan memberikan tanggapan. Terima kasih atas artikel hebatnya!
Terima kasih,
gurucanggih