Buku Panduan Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) Edisi Revisi Terbaru 2022 dan Sistematika Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan). Sejalan dengan perkembangan Implementasi Kurikulum Merdeka yang diterapkan tidak hanya pada sekolah penggerak, namun diterapkan juga pada sekolah secara mandiri. Pemerintah dalam hal ini, Kemendikbudristek telah menerbitkan Panduan Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) Edisi Revisi 2022. Bagi Sekolah Penggerak angkatan sebelumnya yang sudah memiliki Panduan Penyusunan KOSP edisi sebelumnya, ada baiknya untuk memiliki panduan ini.
Ingat Penyusunan KOSP tidak bisa dilakukan
dengan copy paste dari KOSP milik sekolah lain, karena Kurikulum operasional
yang digunakan di satuan pendidikan harus dikembangkan dan dikelola oleh satuan
pendidikan dengan mengacu kepada Struktur Kurikulum. Kurikulum operasional yang
dikembangkan harus menunjukkan kesesuaian dengan karakteristik dan kebutuhan
peserta didik, satuan pendidikan, dan daerah. Dalam mengembangkan dan mengelola
kurikulum operasional, satuan pendidikan sebaiknya melibatkan komite sekolah
dan masyarakat.
Dalam penyusunan
kurikulum operasional, satuan pendidikan perlu memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan
kurikulum operasional. Prinsip pengembangan ini bertujuan untuk membantu proses
berpikir dalam menyusun kurikulum operasional di satuan pendidikan dan menjadi
dasar merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum.
Buku Panduan Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional
Satuan Pendidikan) Edisi Revisi Terbaru 2022 ini memuat analisis
karakteristik satuan pendidikan, penyusunan visi, misi, dan tujuan satuan
pendidikan, pengorganisasian pembelajaran, perencanaan pembelajaran, serta
pendampingan, evaluasi, dan pengembangan professional. Satuan pendidikan
memiliki keleluasaan untuk menentukan format dan sistematika penyusunan
kurikulum operasional satuan pendidikan.
Panduan
Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan pada Kurikulum Merdeka ini
akan terus disempurnakan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari berbagai
pihak. Sejalan dengan proses evaluasi tersebut, panduan ini juga akan mengalami
revisi dan pembaruan secara berkala.
Berikut ini Sistematika Penyusunan KOSP (Kurikulum
Operasional Satuan Pendidikan) yang disharre dalam Bimtek Implementasi
Kurikulum Merdeka tahun 2022, yakni sebagai berikut:
Sampul
Lembar
Pengesahan
Lembar Validasi
Kata Pengantar
Daftar isi
BAB I ANALISIS
KARAKTERISTIK SATUAN PENDIDIKAN
A. Analisis
Karakteristik Peserta Didik
B. Analisis Guru
dan Tenaga kependidikan
C. Analisis
Sarana dan Prasarana
D. Analisis
Lingkungan Satuan Pendidikan
E. Analisis
Kemitraan Satuan Pendidikan
F. Analisis Pembiayaan
Satuan Pendidikan
Setiap akhir Sub
Bab dijelaskan analisis masing-masing karakteristik dengan cara mendiskripsikan
kekuatan dan kelemahan. Analisis dapat juga dilakukan dengan menggunakan
analisis SWOT (Strenght:kekuatan, Weakness:kelemahan, Opportunity:peluang, dan
Threat:tantangan atau ancaman). Hasil analisis ini dapat digunakan untuk menentukan
rumusan visi, misi dan tujuan.
BAB II VISI,
MISI DAN TUJUAN
A. Visi
Visi adalah cita-cita bersama pada masa mendatang dari warga satuan pendidikan,
yang dirumuskan berdasarkan masukan dari seluruh warga satuan pendidikan. Visi
merupakan gambaran masa depan yang ingin dicapai oleh satuan pendidikan. Visi
harus dapat memberikan panduan/arahan serta motivasi. Visi harus tampak
realistis, kredibel dan atraktif. Sebaiknya mudah dipahami, relatif singkat,
ideal dan berfokus pada mutu, serta memotivasi setiap pemangku kepentingan. Pada
bagian ini ditambahkan indikator setiap kata kunci.
B. Misi
(Misi adalah pernyataan bagaimana satuan pendidikan mencapai visi yang ditetapkan
untuk menjadi rujukan bagi penyusunan program jangka pendek, menengah, dan
jangka panjang, dengan berdasarkan masukan dari seluruh warga satuan
pendidikan. Pernyataan misi menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak
dicapai oleh satuan pendidikan.
Rumusan misi selalu dalam bentuk kalimat yang menunjukkan tindakan, bukan
kalimat yang menunjukkan keadaan sebagaimana pada rumusan visi. Antara
indikator visi dengan rumusan misi harus ada keterkaitan atau terdapat benang
merahnya secara jelas. Satu indikator visi dapat dirumuskan lebih dari satu rumusan
misi. Misi menggambarkan upaya bersama yang berorientasi kepada peserta didik.).
C. Tujuan
(Tujuan adalah gambaran hasil yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu
oleh setiap satuan pendidikan dengan mengacu pada karakteristik atau keunikan setiap
satuan pendidikan. Tujuan harus serasi dan mendeskripsikan misi dan nilai-nilai
satuan pendidikan. Tujuan fokus pada hasil yang diinginkan pada peserta didik.
Tujuan harus spesifik, terukur, dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu
(jangka pendek, menengah dan panjang). Rumusan kalimat dalam tujuan harus
mengandung SMART (specific, measurable, achievable, relevant dan time bound).
Specific: Apakah tujuan sudah dibuat sederhana dan spesifik?, Apakah tujuan
sudah dapat dijadikan ciri khas satuan pendidikan?. Measurable: Apakah tujuan dapat
diukur dan dapat memotivasi agar tercapai? Apakah kriteria pencapaiannya jelas?.
Achievable/Attainable: Apakah tujuan dapat dicapai dan dilaksanakan oleh seluruh
warga satuan pendidikan?, Apakah tujuan melibatkan pihak eksternal?, Relevant:
Apakah tujuan relevan dengan misi dan masuk akal?, Apakah tujuan menempatkan
pelajar sehingga mampu memperkuat kompetensinya?. Time bound: Apakah tujuan
memiliki alokasi waktu yang lebih fleksibel dengan linimasa yang disesuaikan
dengan kebutuhan?, Apakah tujuan melibatkan semua pendidik dalam pembuatan linimasa
tersebut?.
BAB III
PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN
Pengorganisasian
pembelajaran adalah cara satuan pendidikan mengatur pembelajaran muatan kurikulum
dalam satu rentang waktu. Pengorganisasian ini termasuk pula
mengatur beban belajar
dalam struktur kurikulum, muatan mata pelajaran dan area belajar, pengaturan
waktu belajar, serta proses pembelajaran.
A. Intrakurikuler
Pembelajaran berisi muatan mata pelajaran dan muatan tambahan lainnya
jika ada mulok.
B. Kokurikuler:
Project penguatan profil pelajar pancasila
Kegiatan kokurikuler yang dirancang terpisah dari intrakurikuler untuk menguatkan
upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila
melalui tema dan pengelolaan projek berdasarkan dimensi dan fase. Pada bagian
ini didiskripsikan perencanaan projek, tim projek, tema projek, dimensi,
elemen, sub elemen, pengaturan waktu, asesmen dan pelaporan. Pemilihan tema dan
dimensi projek mengacu pada hasil analisis karakteristik satuan pendidikan di
BAB I.
C. Ekstrakurikuler
(bakat dan minat)
Kegiatan kurikuler yang dilakukan di luar jam belajar di bawah bimbingan
dan pengawasan satuan pendidikan. Kegiatan ekstrakurikuler mewadahi bakat dan minat
peserta didik. Penentuan jenis ekstrakurikuler disesuaikan dengan analisis
karakteristik satuan pendidikan pada BAB I.
D. Pembiasaan
Sekolah
BAB IV
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
A. Rencana
pembelajaran untuk ruang lingkup satuan pendidikan
Pada bagian ini dijelaskan sumber CP (capaian pembelajaran),
karakteristik setiap mata pelajaran, elemen dan diskripsi CP dari setiap mapel,
dan peran atau hubungan antar elemen untuk menuju CP yang diharapkan di setiap
mapel.
B. Rencana pembelajaran untuk ruang lingkup
kelas (ATP dan modul ajar/RPP).
Pada bagian ini dijelaskan bagaimana TP (Tujuan Pembelajaran) dirumuskan
berdasarkan deskripsi CP dengan melihat hubungan antar elemen. Berikutnya
dijelaskan bagaimana ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) disusun untuk setiap mapel.
BAB V
PENDAMPINGAN, EVALUASI DAN PENGEMBANGAN PROFESIONAL
A. Pendampingan
implementasi kurikulum
B. Evaluasi
implementasi kurikulum
C. Program
pengembangan Profesional
Pada bagian ini sebaiknya dianalisis terlebih dahulu Rapor Pendidikan yang
akan digunkan sebagai acuan dalam menyusun perencanaan program untuk pengembagan
profesional.
DAFTAR PUSTAKA
Regulasi dan
seluruh panduan kurikulum merdeka.
LAMPIRAN
Lampiran ini dapat berupa file atau link dalam google drive atau website. Lampiran ini tidak harus semua, namun dapat berupa contoh untuk mapel tertentu.
A. Capaian
Pembelajaran
B. Alur Tujuan
Pembelajaran
C. Modul Ajar
D. Modul Projek
Berikut ini Link
download Materi Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka tahun 2022
·
Download Buku
Panduan Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) Edisi Revisi
Terbaru 2022 ----DISINI---
·
Download Materi
Lengkap Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka tahun 2022 ----DISINI---
·
Download Panduan
Lengkap Penggunaan Platform Merdeka Mengajar ----DISINI---
Demikian
Informasi tentang Buku Panduan Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional
Satuan Pendidikan) Edisi Revisi Terbaru 2022 dan Sistematika Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan)
Semoga ada manfaatnya. Terima kasih,
sangat bermanfaat materinya, trims banyak