Bagaimana memahami hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang disampaikan melalui Rapor Pendidkan ? Agar dapat memahami hasil ANBK yang disampaikan melalui Rapor Pendidkan sebaiknya Bapak/Ibu membaca Buku Panduan Memahami Hasil Asesmen Nasional (ANBK) Dalam Rapor Pendidikan Bagi Satuan Pendidikan. Setelah hasilnya dipahami, diharapkan sekolah mampu mengidentifikasi akar masalah, melakukan refleksi dan menentukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada (atau mebenahi diri)
Link download Buku Panduan Memahami Hasil Asesmen Nasional (ANBK) Dalam Rapor Pendidikan Bagi Satuan Pendidikan
Hasil Rapor Pendidikan dapat
digunakan sebagai referensi utama, dasar analisis, perencanaan, dan tindak
lanjut peningkatan dari kualitas pendidikan. Oleh karena itu pengguna seperti
kepala satuan pendidikan perlu memahami betul hasil dari Rapor Pendidikan
mereka.
Apakah Hasil Rapor
Pendidikan Mempengaruhi Peringkat Dari Satuan Pendidikan? Perlu dipahami, Rapor
Pendidikan bukan merupakan laporan prestasi dari satuan pendidikan tetapi merupakan
gambaran representatif dari satuan pendidikan. Sehingga apabila satuan
pendidikan Anda sudah mendapatkan hasil yang baik, Anda dapat melakukan
peningkatan hasil penilaian indikator pada Rapor Pendidikan dengan membuat
inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan hasil penilaian di tahun
berikutnya.
Apabila satuan pendidikan
Anda memiliki hasil yang sebaliknya, Anda dapat menggunakan hasil tersebut
sebagai acuan refleksi serta evaluasi, sehingga dapat menerapkan Perencanaan
Berbasis Data yang tepat untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan Anda.
Hasil Asesmen Nasional
diharapkan dapat dijadikan sebagai alat refleksi untuk memperbaiki kualitas
pembelajaran dan iklim satuan pendidikan dan tidak dijadikan alat untuk
memeringkatkan satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, satuan
pendidikan diharapkan mampu merefleksikan hasil Asesmen Nasional ke dalam
sistem pembelajaran. Sehingga para tenaga pendidik dapat menerapkan teaching
at the right level (mengajar pada level yang tepat) serta fokus membangun
kompetensi dan karakter para peserta didik.
Selain itu laporan satuan
pendidikan yang terkait dengan iklim belajar dan iklim satuan pendidikan
diharapkan dapat ditindaklanjuti untuk menyusun dan melaksanakan
program-program yang mendorong terciptanya iklim belajar yang positif dan
kondusif.
Dikarenakan Rapor
Pendidikan tidak memiliki nilai tunggal maka hasil Asesmen Nasional hanya akan
memberikan gambaran dari input sebuah satuan pendidikan, proses
pembelajaran, hingga output yang berupa hasil belajar peserta didik
sehingga nantinya dapat dijadikan penentu kualitas dari sebuah satuan
pendidikan.
Demikian informasi tentang Buku Panduan Memahami Hasil Asesmen Nasional (ANBK) Dalam Rapor Pendidikan Bagi Satuan Pendidikan. Semoga ada manfaatnya.