BUKU PANDUAN MEMAHAMI HASIL ASESMEN NASIONAL (ANBK) DALAM RAPOR PENDIDIKAN

Buku Panduan Memahami Hasil Asesmen Nasional (ANBK) Dalam Rapor Pendidikan Bagi Satuan Pendidikan


Bagaimana memahami hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang disampaikan melalui Rapor Pendidkan ? Agar dapat memahami hasil ANBK yang disampaikan melalui Rapor Pendidkan sebaiknya Bapak/Ibu membaca Buku Panduan Memahami Hasil Asesmen Nasional (ANBK) Dalam Rapor Pendidikan Bagi Satuan Pendidikan. Setelah hasilnya dipahami, diharapkan sekolah mampu mengidentifikasi akar masalah, melakukan refleksi dan menentukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada (atau mebenahi diri)

 


Link download Buku Panduan Memahami Hasil Asesmen Nasional (ANBK) Dalam Rapor Pendidikan Bagi Satuan Pendidikan


Hasil Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai referensi utama, dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan dari kualitas pendidikan. Oleh karena itu pengguna seperti kepala satuan pendidikan perlu memahami betul hasil dari Rapor Pendidikan mereka.

 

Apakah Hasil Rapor Pendidikan Mempengaruhi Peringkat Dari Satuan Pendidikan? Perlu dipahami, Rapor Pendidikan bukan merupakan laporan prestasi dari satuan pendidikan tetapi merupakan gambaran representatif dari satuan pendidikan. Sehingga apabila satuan pendidikan Anda sudah mendapatkan hasil yang baik, Anda dapat melakukan peningkatan hasil penilaian indikator pada Rapor Pendidikan dengan membuat inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan hasil penilaian di tahun berikutnya. 

 

Apabila satuan pendidikan Anda memiliki hasil yang sebaliknya, Anda dapat menggunakan hasil tersebut sebagai acuan refleksi serta evaluasi, sehingga dapat menerapkan Perencanaan Berbasis Data yang tepat untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan Anda.

 

Hasil Asesmen Nasional diharapkan dapat dijadikan sebagai alat refleksi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan iklim satuan pendidikan dan tidak dijadikan alat untuk memeringkatkan satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, satuan pendidikan diharapkan mampu merefleksikan hasil Asesmen Nasional ke dalam sistem pembelajaran. Sehingga para tenaga pendidik dapat menerapkan teaching at the right level (mengajar pada level yang tepat) serta fokus membangun kompetensi dan karakter para peserta didik. 

 

Selain itu laporan satuan pendidikan yang terkait dengan iklim belajar dan iklim satuan pendidikan diharapkan dapat ditindaklanjuti untuk menyusun dan melaksanakan program-program yang mendorong terciptanya iklim belajar yang positif dan kondusif.

 

Dikarenakan Rapor Pendidikan tidak memiliki nilai tunggal maka hasil Asesmen Nasional hanya akan memberikan gambaran dari input sebuah satuan pendidikan, proses pembelajaran, hingga output yang berupa hasil belajar peserta didik sehingga nantinya dapat dijadikan penentu kualitas dari sebuah satuan pendidikan.


Demikian informasi tentang Buku Panduan Memahami Hasil Asesmen Nasional (ANBK) Dalam Rapor Pendidikan Bagi Satuan Pendidikan. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem