Contoh Rancangan Dan Instrumen Soal Asesmen Diagnostik Non Kognitif untuk Siswa (Murid) SMP SMA SMK untuk Mengidentifikasi gaya belajar peserta didik.Sebagaimana diketahui Asesmen diagnostik non-kognitif merupakan asesmen yang dilakukan guru untuk mengetahui gaya belajar, kondisi psikologi, emosi, dan sosial siswa. Dalam melaksanakan asesmen diagnosis di awal pembelajaran, Guru perlu melakukan tahap persiapan (membuat kisi-kisi), tahap pelaksanaan, dan tahap tindak lanjut. Terkait persiapan dan pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif, keterampilan guru untuk bertanya dan membuat pertanyaan dapat membantu guru mendapatkan informasi yang komprehensif dan cukup mendalam.
A.
Meracang Asesmen Diagnostik Non Kognitif untuk Mengidentifikasi gaya belajar
peserta
Bagaimana Kisi-kisi Asesmen
Diagnostik Non Kognitif untuk Siswa (Murid) SMP SMA. Langkah awal
membuat Rancangan Asesmen Diagnostik Non Kognitif untuk Siswa (Murid) SMP SMA SMK adalah dengan membuat Kisi-kisi Soal. Secara Sederhana Kisi-kisi Asesmen
Diagnostik Non Kognitif untuk Siswa (Murid) SMP SMA terdiri dari Tujuan, Deskripsi
dan Bentuk Tes.
1.
Contoh Kisi-kisi Asesmen Diagnostik Non
Kognitif untuk Siswa (Murid) SMP SMA
Berikut
ini Contoh Kisi-kisi Asesmen Diagnostik
Non Kognitif untuk Siswa (Murid) SMP SMA SMK atau sedeajat
·
Tujuan
Tes : Mengetahui gaya belajar
·
Deskripsi
: Gaya belajar dan ciri siswa pemiliki gaya belajar tersebut :
1) Gaya Belajar Visual
Adalah gaya belajar
yang lebih menonjolkan siswa dalam bidang visual.
Dimana anak lebih
paham dengan apa yang mereka lihat baik membaca atau melihat gambar maupun
video. Ciri-ciri anak dengan gaya belajar visual yaitu cenderung rapi pada
peampilan, berbicara dengan cepat, sering membuat coretan-coretan, teliti,
tidak mudah
terganggu oleh suara
keributan ketika sedang belajar, dan lebih suka membaca daripada dibacakan.
Karena mungkin dengan membaca sendiri akan lebih greget
2) Gaya Belajar Auditoris
Adalah gaya belajar
yang lebih menonjolkan fungsi pendengaran siswa daripada visual. Mereka lebih
paham jika sudah mendengar entah itu mendengar ceramah guru ataupun mendengar
hasil rekaman pribadi.
Cirri anak dengan
gaya belajar auditoris yaitu terkeasan independen dan unggul dalam kecerdasan
interpersonal, jika bercMurid mereka lebih senang bercMurid langsung daripada
harus membaca komik lucu.
3) Gaya Belajar Kinetis
Adalah gaya belajar
yang memanfatkan gerak tubuh. Siswa denga tipe ini sangat tidak beruntung jika besar
dalam lingkungan yang tidak dapat memahami mereka. Siswa kinetis tidak akan
menangkap informasi secara total jika harus dipaksa untuk duduk diam tanpa
melakukan apapun, mereka cenderung menggerakkan ataupun memainkan apapun yang
ada di dekatnya, bicara lebih lamban dari gaya yang lain, dan sering ekspresif
dan penuh gerak jika berbicara atau berinteraksi
·
Bentuk
Tes : Kuesioner (pilihan) GMurid
Dalam
bentuk tabel Kisi-kisi Asesmen
Diagnostik Non Kognitif untuk Siswa (Murid) SMP SMA SMK atau sederajat adalah sebagai berikut.
Tujuan |
Deskripsi |
Bentuk
Tes |
Mengetahui
gaya belajar |
Gaya
belajar dan ciri siswa pemiliki gaya belajar tersebut : 1. Gaya Belajar Visual Adalah gaya belajar
yang lebih menonjolkan siswa dalam bidang visual. Dimana anak lebih
paham dengan apa yang mereka lihat baik membaca atau melihat gambar maupun
video. Ciri-ciri anak dengan gaya belajar visual yaitu cenderung rapi pada
peampilan, berbicara dengan cepat, sering membuat coretan-coretan, teliti,
tidak mudah terganggu oleh
suara keributan ketika sedang belajar, dan lebih suka membaca daripada
dibacakan. Karena mungkin dengan membaca sendiri akan lebih greget 2. Gaya Belajar Auditoris Adalah gaya belajar
yang lebih menonjolkan fungsi pendengaran siswa daripada visual. Mereka lebih
paham jika sudah mendengar entah itu mendengar ceramah guru ataupun mendengar
hasil rekaman pribadi. Cirri anak dengan
gaya belajar auditoris yaitu terkeasan independen dan unggul dalam kecerdasan
interpersonal, jika bercMurid mereka lebih senang bercMurid langsung daripada
harus membaca komik lucu. 3. Gaya Belajar Kinetis Adalah gaya belajar
yang memanfatkan gerak tubuh. Siswa denga tipe ini sangat tidak beruntung
jika besar dalam lingkungan yang tidak dapat memahami mereka. Siswa kinetis
tidak akan menangkap informasi secara total jika harus dipaksa untuk duduk
diam tanpa melakukan apapun, mereka cenderung menggerakkan ataupun memainkan
apapun yang ada di dekatnya, bicara lebih lamban dari gaya yang lain, dan
sering ekspresif dan penuh gerak jika berbicara atau berinteraksi |
Kuesioner
(pilihan) GMurid |
2.
Contoh Instrumen Soal Asesmen Diagnostik
Non Kognitif untuk Siswa (Murid) SMP SMA SMK atau sederajat
1. Pada waktu belajar untuk Penilaian atau Ulangan
Harian,Penilaian tengah semester dan Penilaian akhir semester, cara apa yang kamu
pilih:
a. membaca catatan, membaca judul dan sub-judul
dalam buku, dan melihat diagram dan ilustrasi
b. meminta seseorang memberi Murid pertanyaan,
atau menghafal dalam hati sendirian
c. membuat catatan pada kartu dan membuat model
atau diagram
2. Apa yang kamu lakukan sewaktu mendengarkan
musik?
a. berkhayal (melihat benda-benda yang sesuai
dengan musik yang sedang didengarkan
b. berdendang mengikuti alunan musik tersebut
c. bergerak mengikuti musik tersebut, mengetukkan
kaki mengikuti irama, dsb.
3. Pada waktu kamu sedang memecahkan masalah, cara
apakah yang lakukan :
a. membuat daftar, mengatur langkah, dan
mengeceknya setelah langkah itu dikerjakan
b. menelpon teman atau ahli untuk membicarakan
masalah tersebut
c. menguraikan (menganalisa. masalah itu atau
melakukan semua langkah yang Murid pikirkan
4. Jika kamu membaca untuk sekedar hiburan, apakah
kalian memilih:
a. buku perjalanan dengan banyak gambar di
dalamnya
b. cerita misteri yang penuh dengan percakapan di
dalamnya
c. buku yang dapat menjawab pertanyaan dan
memecahkan masalah Murid
5. Untuk mempelajari bagaimana kerja komputer, apakah
kamu memilih:
a. menonton film tentang cara kerja computer
b. mendengarkan seseorang menjelaskan cara keja
computer
c. membongkar komputer dan mencoba menemukan
sendiri cara kerjanya
6. Jika kamu berkunjung ke museum ilmu
pengetahuan,seperti taman pintar,Teknopark,dll, Apa yang kamu lakukan pertama
kali?
a. melihat sekeliling dan menemukan peta yang
menunjukkan lokasi berbagai benda yang dipamerkan
b. berbicara dengan penjaga museum dan bertanya
kepadanya tentang benda-benda yang dipamerkan
c.
melihat pada benda pertama yang kelihatan menarik, dan baru kemudian membaca
petunjuk lokasi benda-benda lainnya
7. Jenis restoran atau rumah makan apa yang kamu
tidak sukai?
a. restoran yang lampunya terlalu terang
b. restoran yang musiknya terlalu keras
c. restoran yang kursinya tidak nyaman
8. Apa kira-kira yang kamu lakukan pada waktu merasa
senang?
a. meringis (tersenyum)
b. berteriak dengan senang
c. melompat dengan senang
9. Apabila Kamu berada pada suatu acara pesta, entah
pernikahan atau yang lainnya,apa yang akan kira-kira paling kamu ingat pada
keesokan harinya?
a. muka orang-orang dalam pesta, tetapi bukan
namanya
b. nama orang-orang dalam pesta, tetapi bukan
mukanya
c. sesuatu yang Murid lakukan dan katakan selama
dalam pesta
10.
Pada waktu kalian diminta menceritakan sesuatu, cara apa yang akan kamu pilih:
a. menulisnya
b. menceritakannya dengan suara keras
c. memerankannya
11.
Apa yang paling mengganggu kamu saat mencoba untuk berkonsentrasi?
a. gangguan visual
b. suara gaduh
c. gangguan lainnya seperti rasa lapar, sepatu
yang sempit, atau rasa khawatir
12.
Apa yang kira-kira akan kamu lakukan ketika sedang marah?
a. cemberut atau memperlihatkan muka marah
b. berteriak atau "mengamuk"
c. menghentakkan kaki dengan keras dan membanting
pintu
13.
Apa yang kira-kira kalian akan kamu lakukan jika sedang antre untuk menonton
Bioskop?
a. melihat-lihat pada poster iklan film lainnya
b. berbicara dengan teman juga yang sedang menganti
c. mengetukkan kaki atau berjalan ke arah lain
14.
Apakah kamu lebih suka mengikuti :
a. kelas melukis
b. kelas music
c. kelas olah raga
15. Pada waktu belajar untuk tes, cara apa yang
kamu pilih!
a. membaca catatan, membaca judul dan sub-judul
dalam buku, dan melihat diagram dan ilustrasi
b. meminta seseorang memberi Murid pertanyaan,
atau menghafal dalam hati sendirian
c. membuat catatan pada kartu dan membuat model
atau diagram
16.
Ketika berbicara, kecenderungan gaya bicara saya...
a. Cepat
b. Berirama
c. Lambat
17.
Saya...
a. Mampu merencanakan dan mengatur kegiatan jangka
panjang dengan balk
b. Mampu mengulang dan menirukan nada, perubahan,
dan warns suara
c. Mahir dalam mengerjakan puzzle, teka-teki,
menyusun potongan-potongan gambar
18.
Saya dapat mengingat dengan balk informasi yang...
a. Tertulis di papan tulis atau yang diberikan
melalui tugas membaca
b. Disampaikan melalui penjelasan guru, diskusi,
atau rekaman
c. Diberikan dengan cara menuliskannya
berkali-kali
19.
Saya menghafal sesuatu...
a. Dengan membayangkannya
b. Dengan mengucapkannya dengan suara yang keras
c. Sambil berjalan dan melihat-lihat keadaan
sekeliling
20.
Saya merasa sulit...
a. Mengingat perintah lisan kecuali jika
dituliskan
b. Menulis tetapi pMuridi bercerita
c. Duduk tenang untuk waktu yang lama
21.
Saya lebih suka...
a. Membaca daripada dibacakan
b. Mendengar daripada membaca
c. Menggunakan model dan praktek atau praktikum
22.
Saya suka...
a. Mencoret-coret selama menelepon, mendengarkan
musik, atau menghadiri rapat
b. Membaca keras-keras dan mendengarkan
musik/pembicaraan
c. Mengetuk-ngetuk pena, jari, atau kaki saat
mendengarkan musik/pembicaraan
23.
Saya lebih suka melakukan...
a. Demonstrasi daripada berpidato
b. Diskusi dan berbicara panjang lebar
c.
Berolahraga dan kegiatan fisik lainnya
24.
Saya lebih menyukai...
a. Seni rupa daripada musik
b. Musik daripada seni rupa
c. Olahraga dan kegiatan fisik lainnya
25.
Ketika mengerjakan sesuatu, saya selalu...
a. Mengikuti petunjuk dan gambar yang disediakan
b. Membicarakan dengan orang lain atau berbicara
sendiri keras-keras
c. Mencari tahu cara kerjanya sambil
mengerjakannya
26.
Konsentrasi saya terganggu oleh...
a. Ketidakteraturan atau gerakan
b. suara atau keributan
c. Kegiatan di sekeliling
27.
Saya lebih mudah belajar melalui kegiatan...
a. Membaca
b. Mendengarkan dan berdiskusi
c. Praktek atau praktikum
28.
Saya berbicara dengan...
a. Singkat dan tidak senang mendengarkan
pembicaraan panjang
b. Cepat dan senang mendengarkan
c. Menggunakan isyarat tubuh dan gerakan-gerakan
ekspresif
29.
Untuk mengetahui suasana hati seseorang, saya ...
a. Melihat ekspresi wajahnya
b. Mendengarkan nada suara
c. Memperhatikan gerakan badannya
30.
Untuk mengisi waktu luang, saya lebih suka ...
a. Menonton televisi atau menyaksikan pertunjukan
b. Mendengarkan radio, musik, atau membaca
c. Melakukan permainan atau bekerja dengan
menggunakan tangan
31.
Ketika mengajarkan sesuatu kepada orang lain, saya lebih suka ...
a. Menunjukkannya
b. Menceritakannya
c. Mendemonstrasikannya dan meminta mereka untuk
mencobanya
3. Contoh Pedoman
Penskoran atau Pedoman Analisis Instrumen Soal Asesmen Diagnostik Non Kognitif untuk
Siswa (Murid) SMP SMA SMK untuk mengukur gaya belajar siswa
Contoh
Pedoman Penskoran
No |
Nama Siswa |
Jumlah Jawaban |
||
Pilihan
A |
Pilihan
B |
Pilihan
C |
||
|
|
|
|
|
Pedoman
Analisis:
Apabila
jawaban yang paling banyak adalah A
·
Murid
dengan kecenderungan gaya belajar visual
·
Murid
akan mencapai prestasi belajar yang optimal apabila memanfaatkan kemampuan
visual Murid.
·
Murid
dapat membuat sendiri peta konsep atau ringkasan materi perkuliahan.
Apabila
jawaban yang paling banyak adalah B
·
Murid
memiliki kecenderungan gaya belajar auditori.
·
Murid
yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditori akan mencapai prestasi
belajar yang optimal apabila Murid mempelajari materi perkuliahan dari
mendengarkan baik melalui penjelasan langsung dari dosen, diskusi dengan dosen
dan teman mahasiswa, maupun melalui rekaman materi yang sedang dipelajari.
Apabila
jawaban yang paling banyak adalah C
·
Murid
memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik.
·
Murid
dengan gaya belajar kinestetik akan mencapai prestasi belajar secara optimal
apabila Murid terlibat langsung secara fisik dalam kegiatan belajar. Murid
dapat mengutak-atik atau memanipulasi materi perkuliahan atau media yang
digunakan dalam menjelaskan materi perkuliahan.
Apabila
jawaban A dan B sama banyak
·
Murid
memiliki gabungan gaya belajar visual dan auditori.
·
Ada
kemungkinan Murid akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar visual,
dan ada kemungkinan Murid akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar
auditori. Bahkan, kadang jika kedua gaya belajar digunakan, akan lebih optimal.
Apabila
jawaban A dan C sama banyak
·
Murid
memiliki gabungan gaya belajar visual dan kinestetik.
·
Ada
kemungkinan n Murid akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar visual,
dan ada kemungkinan Murid akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar
kinestetik. Bahkan, kadang jika kedua gaya belajar digunakan, akan lebih
optimal.
Apabila
jawaban B dan C sama banyak
·
Murid
memiliki gabungan gaya belajar auditori dan kinestetik.
·
Ada
kemungkinan Murid akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar auditori,
dan kemungkinan Murid akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar
kinestetik. Bahkan, kadang jika kedua gaya belajar digunakan, akan lebih
optimal.
B.
Merancang Asesmen Diagnostik Non Kognitif untuk Mengidentifikasi Kondisi Psikologi,
Emosi, dan Sosial Siswa
Adapun
Contoh Instrumen Soal Asesmen Diagnostik
Non Kognitif untuk Siswa (Murid) SMP SMA SMK atau sederajat kondisi psikologi, emosi, dan
sosial siswa
1.
Apa saja aktivitas yang sering kamu lakukan saat di rumah?
2.
Bagaimana perasaanmu saat melakukan aktivitas tersebut?
3.
Apakah kamu bisa menceritakan aktivitas seperti apa yang kamu lakukan?
4.
Bagaimana perasaanmu saat harus melakukan pembelajaran dirumah?
5.
Bagaimana pendapatmu mengenai cara bapak/ibu guru mengajar saat pembelajaran?
6.
Apakah kamu mengalami kesulitan selama melakukan pembelajaran?
7.
Apa saja kendala yang kamu alami saat melakukan pembelajaran jarak jauh?
8.
Apakah orang tuamu membantumu belajar selama melakukan pembelajaran dirumah?
9.
Bagaimana pendapatmu mengenai pembelajaran dirumah selama semester ganjil tahun
ini?
10.
Model pembelajaran seperti apa yang ingin kamu lakukan di semester genap
nantinya?
Demikian
contoh sederhana tentang Rancangan Dan Instrumen
Soal Asesmen Diagnostik Non Kognitif untuk Siswa (Murid) SMP SMA SMK atau sederjat. Semoga
ada manfaatnya.
terima kasih, Izin share ya