Latihan Soal Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS) Semester 2 (genap) Kelas 2 SD Tahun 2024 - Latihan Soal Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) Semester 2 (genap) Kelas 2 Tahun 2024. Yang adimaksud penilaian atau assessment adalah istilah umum yang mencakup semua metode yang biasa digunakan untuk menilai untuk kerja individu atau kelompok peserta didik. Selain itu, penilaian hasil belajar mencakup pengukuran dan evaluasi yang merupakan kegiatan bersifat hierarki. Maksudnya kegiatan ini dilakukan secara berurutan, dimulai dengan pengukuran, kemudian penilaian, dan terakhir evaluasi. Namyn antara pengukuran, penilaian, dan evaluasi terdapat sedikit perbedaan, yakni: a) Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran. Pengukuran bersifat kuantitatif; b) Menilai adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik, buruk. Penilaian bersifat kualitatif; c) Mengadakan evaluasi meliputi kedua langkah diatas, yakni mengukur dan menilai.
Asesmen atau penilaian bersifat
komperehensif yang meliputi pengukuran, dan tes. Tes merupakan salah satu alat
(instrument) pengukuran. Alat adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk mempermudah
seseorang dalam melaksanaan tugas dan mencapai tujuan secara lebih efektif dan
lebih efisien. Di sisi lain pengukuran lebih membatasi pada gambaran yang
bersifat kuantitatif (angka-angka) tentang kemajuan belajar peserta didik
(learning progress), sedangkan evaluasi dan penilaian lebih bersifat
kualitatif. Dalam kegiatan evaluasi, fungsi alat juga untuk memperoleh hasil
yang lebih baik sesuai dengan kenyataan yang dievaluasi.
Disamping itu, evaluasi dan
penilaian pada hakikatnya merupakan suatu proses membuat keputusan tentang
nilai suatu objek. Keputusan penilaian (value judgement) tidak hanya didasarkan
pada hasil pengukuran (quantitative description), tetapi dapat pula didasarkan
pada hasil pengamatan dan wawancara (qualitative description).
Hasil aesmen atau penilaian
peserta didik dinyatakan kompeten apabila telah menguasai domain-doamin sebagai
berikut: a) Kognitif (Cognitive), domain ini meliputi aspek-aspek: pengetahuan (knowledge),
pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisis(analysis),
sintesis(synthesis), dan penilaian (evaluation); b) Sikap (Attitude), domain
ini meliputi aspek-aspek: penerimaan (receiving), kemampuan merespon
(responding), kemampuan menghargai (valuing), pengorganisasian atau
pengintegrasian (integration), pengkarakterisasian (characterization); c)
Keterampilan (Psikomotor-skill), domain ini meliputi aspek-aspek: persepsi
(perception), kesiap-sediaan (mentalset), respon/gerakan terpimpin/ terbimbing
(guidedrespons), gerakan khas/kompleks, yang menunjukkan taraf
keterampilan/kemahiran tertentu (skillful) sertaprofisiensi (koordinatif), dan
gerakan penyesuaian (adaptation).
Asesmen atau penilaian hasil
belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut: 1)
Sahih (valid), yakni penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan
yang diukur. 2) Objektif, yakni penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria
yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai. 3) Adil, yakni penilaian
tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik,dan tidak membedakan latar
belakang sosial, ekonomi, budaya, agama, bahasa, suku bangsa, dan jender. 4)
Terpadu, yakni penilaian merupakan komponen yang tidak terpisahkan dari
kegiatan pembelajaran; 5. Terbuka, yakni prosedur penilaian, kriteria
penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang
berkepentingan; 6) Menyeluruh dan berkesinambungan, yakni penilaian mencakup
semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik yang sesuai, untuk
memantau perkembangan kemampuan peserta didik. 7) Sistematis, yakni penilaian
dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang
baku. 8) Menggunakan acuan kriteria, yakni penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian
kompetensi yang ditetapkan. 9) Akuntabel, yakni penilaian dapat dipertanggung
jawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.
Sebelum Admin membagiakan Latihan Soal Penilaian Sumatif Tengah
Semester (PSTS) Semester 2 (genap) Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka Tahun 2024-2025
- Latihan Soal Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) Semester 2 (genap) Kelas
2 Kurikulum Merdeka Tahun 2024-2025, berikut ini penjelasan tentang teknik
penilaian sumatif. Bagaimana teknik penilaian asasmen sumatif ? Teknik
penilaian atau asesmen sumatif yang digunakan dalam penilaian pada satuan
pendidikan yaitu; tes, observasi, penugasan, penilaian portofolio, penilaian
diri, dan penilaian antar teman. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas
dapat diuraikan sebagai berikut;
a.
Tes adalah pemberian sejumlah pertanyaan yang jawabannya dapat benar atau
salah. Tes dapat berupa tes tertulis, tes lisan, dan tes praktik atau tes
kinerja. Tes tertulis adalah tes yang menuntut peserta tes memberi jawaban
secara tertulis berupa pilihan ganda atau isian. Tes yang jawabannya berupa
pilihan meliputi pilihan ganda, benar-salah, dan menjodohkan. Sedangkan tes
yang jawabannya berupa isian dapat berbentuk isian singkat atau uraian. Tes
lisan adalah tes yang dilaksanakan melalui komunikasi langsung (tatap muka)
antara peserta didik dengan pendidik. Pertanyaan dan jawaban diberikan secara
lisan.
b.
Tes praktik (kinerja) adalah tes yang meminta peserta didik melakukan perbuatan
/ mendemonstasikan/ menampilkan keterampilan.
Adapun beberapa kelemahan
tes sebagai berikut: 1) Adakalanya tes (secara psikologis terpaksa) menyinggung
pribadi seseorang (walaupun tidak disengaja). 2) Tes menimbulkan kecemasan
sehingga mempengaruhi hasil belajar yang murni. 3) Tes mengategorikan peserta
didik secara tetap. 4) Tes tidak mendukung kecemerlang dan daya kreasi peserta
didik. 5) Tes hanya mengukur aspek tingkah laku yang sangat terbatas.
Tes dibagi dua jenis, antara
lain: (1) tes buatan guru (teacher-made test) adalah tes yang disusun sendiri
oleh guru. Tes ini biasanya digunakan untuk ulangan harian, formatif, dan
ulangan umum (sumatif), (2) tes yang dibakukan atau tes baku adalah tes yang sudah
memiliki derajat validitas dan reliabiltas yang tinggi berdasarkan percobaan-percobaan
terhadap sampel yang cukup besar dan representatif. Tes baku biasanya telah
dianalisis secara statistik dan di uji secar empiris oleh para pakar, karena
itu dapat dinyakatan valid untuk digunakan secara umum.
Selain penilaian atau
asesmen sumatif dalam bentuk tes juga dapat dilakukan dalam bentuk lainnya,
misalnya: 1) Observasi adalah teknik penilaian yang dilakukan dengan cara
mencatat hasil pengamatan terhadap objek tertentu. Pelaksanaan observasi dilakukan
dengan cara menggunakan instrumen yang sudah dirancang sebelumnya sesuai dengan
jenis perilaku yang akan diamati dan situasi yang akan diobservasi, misalnya
dalam kelas, waktu bekerja dalam bengkel atau laboratorium. Penilaian ini dapat
dilihat secara langsung, mencatat perilaku yang muncul, dan dapat juga
menggunakan lembar observasi atau daftar cek lis mengenai aspek-aspek tertentu
yang akan diamati. 2) Penugasan adalah teknik penilaian yang menuntut peserta
didik menyelesaikan tugas di luar kegiatan pembelajaran di kelas/ laboratorium/bengkel.
Penugasan dapat diberikan dalam bentuk individual atau kelompok dan dapat
berupa tugas rumah atau projek. Tugas rumah adalah tugas yang harus
diselesaikan peserta didik di luar kegiatan kelas. Tugas projek adalah tugas
yang melibatkan kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara
tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu. Penilai mempersiapkan dan merancang
suatu tugas/pekerjaan tertentu untuk dikerjakaan peserta didik kemudian hasil
dari pekerjaannya dinilai; 3) Penilaian portofolio adalah penilaian yang
dilakukan dengan cara menilai hasil karya peserta didik. Portofolio adalah
kumpulan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang diorganisasikan untuk mengetahui
minat, perkembangan, prestasi, dan kreativitas peserta didik; 4) Penilaian diri
merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk menilai dirinya
sendiri mengenai berbagai hal. Dalam penilaian diri, setiap peserta didik harus
mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya secara jujur; 5) Penilaian antar
teman merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik mengemukakan
kelebihan dan kekurangan temannya dalam berbagai hal secara jujur.
Berikut ini link download membagiakan Latihan Soal
Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS) Semester 2 (genap) Kelas 2 Tahun
Kurikulum Merdeka 2024-2025 - Latihan Soal Asesmen Sumatif Tengah Semester
(ASTS) Semester 2 (genap) Kelas 2 Kurikulum Merdeka Tahun 2024-2025
Latihan soal PSTS atau ASTS Kelas
2 Semester 2 BAHASA INDONESIA || UNDUH
Latihan soal PSTS atau ASTS Kelas 2 Semester 2 BAHASA
JAWA || UNDUH
Latihan soal PSTS atau ASTS Kelas 2 Semester 2 MATEMATIKA
|| UNDUH
Latihan soal PSTS atau ASTS Kelas 2 Semester 2 PAI dan
BUDI PEKERTI || UNDUH
Latihan soal PSTS atau ASTS Kelas 2 Semester 2 PJOK
|| UNDUH
Latihan soal PSTS atau ASTS Kelas 2 Semester 2 PPKN
|| UNDUH
Latihan soal PSTS atau ASTS Kelas 2 Semester 2 SBDP
|| UNDUH
BACA JUGA !!!! LATIHAN SOAL PENILAIAN SUMATIF TENGAH SEMESTER 2 KELAS 1 SD TAHUN 2024 (DISINI)
BACA JUGA !!!! LATIHAN SOAL PENILAIAN SUMATIF TENGAH SEMESTER 2 KELAS 2 SD TAHUN 2024 (DISINI)
BACA JUGA !!!! LATIHAN SOAL PENILAIAN SUMATIF TENGAH SEMESTER 2 KELAS 3 SD TAHUN 2024 (DISINI)
BACA JUGA !!!! LATIHAN SOAL PENILAIAN SUMATIF TENGAH SEMESTER 2 KELAS 4 SD TAHUN 2024 (DISINI)
BACA JUGA !!!! LATIHAN SOAL PENILAIAN SUMATIF TENGAH SEMESTER 2 KELAS 5 SD TAHUN 2024 (DISINI)
BACA JUGA !!!! LATIHAN SOAL PENILAIAN SUMATIF TENGAH SEMESTER 2 KELAS 6 SD TAHUN 2024 (DISINI)
Demikian informasi tentang Latihan Soal Penilaian Sumatif Tengah
Semester (PSTS) Semester 2 (genap) Kelas 2 SD Tahun Kurikulum Merdeka 2024-2025
- Latihan Soal Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) Semester 2 (genap) Kelas
2 SD Kurikulum Merdeka Tahun 2024-2025, Semoga ada manfaatnya