PENGERTIAN GAYA BELAJAR SISWA, TIFE DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GAYA BELAJAR SISWA

Pengertian Gaya belajar siswa


Pengertian Gaya belajar siswa. Gaya belajar siswa merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam belajar.  Setiap  siswa  tentu  memiliki  gaya  belajar  yang  berbeda. Mengetahui  gaya  belajar siswa yang  berbeda  ini  dapat membantu  para  guru  dalam menyampaikan bahan pembelajaran kepada semua  siswa shingga hasil belajar akan lebih efektif.

Menurut  Bobbi  DePorter  dan  Mike  Hernacki dalam bukunya Quantum Learning halaman  110-111,  gaya  belajar  adalah kombinasi  dari  bagaimana  ia  menyerap,  dan  kemudian  mengatur  serta mengolah  informasi”.

Sedangkan  menurut  James  dan  Gardner dalam bukunya “Gaya belajar’ halaman 42 “gaya belajar adalah cara  yang kompleks dimana para siswa menganggap dan  merasa  paling  efektif  dan  efisien  dalam  memproses,  menyimpan  dan memanggil kembali apa yang telah mereka pelajari”.

Dunn dan  Dunn dalam bukunya Psikologi  Pendidikan (Sugihartono: 2007:53 menjelaskan  bahwa  :  “gaya  belajar merupakan kumpulan  karakteristik  pribadi  yang  membuat  suatu  pembelajaran  efektif untuk  beberapa  orang  dan  tidak  efektif  untuk  orang  lain”. Berati  gaya belajar berhubungan  dengan  cara  anak  belajar,  serta  cara  belajar  yang paling disukai. 

Menurut  Nasution dalam bukunya Berbagai  Pendidikan  dalam  Proses  Belajar  Mengajar,  ( 2009:94) gaya  belajar  adalah  cara  yang  konsisten  yang dilakukan  oleh  seorang  murid  dalam  menangkap  stimulus  atau  informasi,
cara  mengingat,  berfikir  dan  memecahkan  soal

Berdasarkan beberapa definsi di atas, Gaya belajar dapat disimpulkan sebagai cara seseorang dalam menerima hasil belajar dengan tingkat penerimaan yang optimal dibandingkan dengan cara yang lain. Setiap orang memiliki gaya belajar masing-masing. Pengenalan gaya belajar sangat penting. Bagi guru dengan mengetahui gaya belajar tiap siswa maka guru dapat menerapkan tekhnik dan strategi yang tepat baik dalam pembelajaran maupun dalam pengembangan diri. Hanya dengan penerapan yang sesuai maka tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Seorang siswa juga harus memahami jenis gaya belajarnya. Dengan demikian, ia telah memiliki kemampuan mengenal diri yang lebih baik dan mengetahui kebutuhannya. Pengenalan gaya belajar akan memberikan pelayanan yang tepat terhadap apa dan bagaimana sebaiknya disediakan dan dilakukan agar pembelajaran dapat berlangsung optimal. 

=========================================



=========================================
Jenis atau Tife Gaya belajar siswa
Secara realita jenis gaya belajar seseorang merupakan kombinasi dari beberapa gaya belajar. Di sini kita mengenal ada tiga gaya belajar, yaitu: gaya belajar visual, auditori, dan kinetetik. Masing-masing gaya belajar terbagi dua, yaitu: yang bersifat eksternal (tergantung media luar sebagai sumber informasi) dan yang bersifat internal (tergantung pada kemampuan kita bagaimana mengelola pikiran dan imajinasi) (Didang, 2006). 

Gaya belajar merupakan kecenderungan siswa untuk mengadaptasi strategi tertentu dalam belajarnya sebagai bentuk tanggung jawabnya untuk mendapatkan satu pendekatan belajar yang sesuai dengan tuntutan belajar di kelas/sekolah maupun tuntutan dari mata pelajaran (Slamento,2003).

Sedangkan dalam buku Quantum Learning, gaya belajar sesorang hanya dibagi dalam 3 jenis atau modalitas belajar seseorang yaitu : 1) gaya belajar atau 2) Gaya belajar atau modalitas visual; 2) Gaya belajar  auditori atau kinestetik. Ketiga gaya belajar tersebut dikenal dengan istilah VAK. Dalam prakteknya masing-masing dari kita belajar dengan menggunakan ketiga modlaitas ini pada tahapan tertentu, kebanyakan orang lebih cenderung pada salah satu di antara ketiganya.


1. Visual (belajar dengan cara melihat)
Gaya  belajar  visual  (visual  learner)  menitikberatkan  ketajaman mata/penglihatan.  Artinya,  bukti-bukti  konkret  harus  diperlihatkan terlebih  dahulu  agar  siswa  paham.  Ciri-ciri  siswa  yang  memiliki gaya  belajar  visual  adalah  kebutuhan  yang  tinggi  untuk  melihat dan  juga  menangkap  informasi  secara  visual  sebelum  mereka memahaminya.

Gaya Belajar Siswa Tife Visual
Siswa  dengan  gaya  belajar  visual lebih  mudah  mengingat  apa yang  mereka  lihat,  seperti  bahasa  tubuh/ekspresi  muka  gurunya, diagram,  buku  pelajaran  bergambar  dan  video,  sehingga  mereka  bisa mengerti  dengan  baik  mengenai  posisi/lokasi,  bentuk,  angka,  dan warna. Siswa  visual  cenderung  rapi  dan  teratur  dan  tidak  terganggu dengan  keributan  yang  ada,  tetapi  mereka  sulit  menerima instruksi verbal.

Siswa  yang  memiliki  gaya  belajar  visual  menangkap  pelajaran lewat  materi  bergambar.  Selain  itu,  ia  memiliki  kepekaan  yang  kuat terhadap  warna,  disamping  mempunyai  pemahaman  yang  cukup terhadap  masalah  artistik.  Hanya  saja  biasanya  ia  memiliki  kendala untuk  berdialog  secara  langsung  karena  terlalu  reaktif  terhadap  suara, sehingga  sulit  mengikuti  anjuran  secara  lisan  dan  sering  salah menginterpretasikan kata atau ucapan.

Ketajaman  visual,  lebih  menonjol  pada  sebagian  orang,  sangat kuat  dalam  diri  seseorang.  Alasannya  adalah  bahwa “di  dalam  otak terdapat  lebih  banyak  perangkat  untuk  memproses  informasi  visual daripada semua indera lain”.  Sedangkan menurut objeknya “masalah penglihatan digolongkan menjadi tiga golongan, yaitu melihat bentuk, melihat dalam dan melihat warna”.

a) Ciri-ciri gaya belajar visual :
1)       Bicara agak cepat
2)       Mementingkan penampilan dalam berpakaian/presentasi
3)       Tidak mudah terganggu oleh keributan
4)       Mengingat yang dilihat, dari pada yang didengar
5)       Lebih suka membaca dari pada dibacakan
6)       Pembaca cepat dan tekun
7)       Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan, tapi tidak pandai memilih kata-kata
8)       Lebih suka melakukan demonstrasi dari pada pidato
9)       Lebih suka musik dari pada seni
10)    Mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis, dan seringkali minta bantuan orang untuk mengulanginya

b) Strategi untuk mempermudah proses belajar anak visual :
1. Gunakan materi visual seperti, gambar-gambar, diagram dan peta.
2. Gunakan warna untuk menghilite hal-hal penting.
3. Ajak anak untuk membaca buku-buku berilustrasi.
4. Gunakan multi-media (contohnya: komputer dan video).
5. Ajak anak untuk mencoba mengilustrasikan ide-idenya ke dalam gambar.

2. Gaya belajar Auditori (belajar dengan cara mendengar)


Gaya Belajar Siswa tefe Auditoei
Gaya  belajar  auditori  mempunyai  kemampuan  dalam  hal menyerap informasi dari telinga/pendengaran. Siswa yang mempunyai gaya belajar  auditorial dapat belajar lebih cepat  dengan menggunakan diskusi  verbal  dan  mendengarkan  apa  yang  guru  katakan.  Siswa auditorial memiliki kepekaan terhadap musik dan baik dalam aktivitas lisan,  mereka  berbicara  dengan  irama  yang  terpola,  biasanya pembicara yang fasih, suka berdiskusi dan menjelaskan segala sesuatu panjang  lebar.  Siswa  dengan  tipe  gaya  belajar  ini  mudah  terganggu dengan keributan dan lemah dalam aktivitas visual.

Metode pembelajaran yang tepat untuk pembelajar model seperti ini  harus  memperhatikan  kondisi  fisik  dari  pembelajar.  Anak  yang mempunyai  gaya  belajar  auditori  dapat  belajar  lebih  cepat  dengan menggunakan diskusi verbal dan mendengarkan apa yang guru katakan. Pikiran auditori kita lebih kuat daripada  yang kita sadari. Telinga kita terus menerus  menangkap dan  menyimpan informasi auditori, bahkan tanpa  kita  sadari.  Dan   “ketika  kita   membuat   suara  sendiri  dengan  berbicara, beberapa area penting di otak kita menjadi aktif”.

a. Ciri-ciri gaya belajar auditori :
1)       Saat bekerja suka bicaa kepada diri sendiri
2)       Penampilan rapi
3)       Mudah terganggu oleh keributan
4)       Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan dari pada yang dilihat
5)       Senang membaca dengan keras dan mendengarkan
6)       Menggerakkan bibir mereka dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca
7)       Biasanya ia pembicara yang fasih
8)       Lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya
9)       Lebih suka gurauan lisan daripada membaca komik
10)    Mempunyai masalah dengan pekerjaan-pekerjaan yang melibatkan Visual
11)    Berbicara dalam irama yang terpola
12)    Dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, berirama dan warna suara

b) Strategi untuk mempermudah proses belajar anak auditori :
1. Ajak anak untuk ikut berpartisipasi dalam diskusi baik di dalam kelas maupun di dalam keluarga.
2. Dorong anak untuk membaca materi pelajaran dengan keras.
3. Gunakan musik untuk mengajarkan anak.
4. Diskusikan ide dengan anak secara verbal.
5. Biarkan anak merekam materi pelajarannya ke dalam kaset dan dorong dia untuk mendengarkannyasebelum tidur.


Gaya Belajar Siswa Tife Kinestetik
     3. Gaya belajar Kinestetik (belajar dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh)
Gaya  belajar  kinestetik  merupakan  aktivitas  belajar  dengan  cara bergerak,  bekerja  dan  menyentuh.  Pembelajar  tipe  ini  mempunyai keunikan  dalam  belajar  yaitu  selalu bergerak, aktivitas panca indera,  dan  menyentuh.  Pembelajar  ini  sulit  untuk  duduk  diam berjam-jam karena  keinginan  mereka  untuk  beraktifitas dan  eksplorasi  sangatlah kuat. Mereka merasa  bisa  belajar  lebih  baik  jika  prosesnya  disertai kegiatan  fisik. Siswa  dengan  tipe  ini  suka  coba-coba  dan  umumnya kurang rapi serta lemah dalam aktivitas verbal.

a) Ciri-ciri gaya belajar kinestetik :
1)     Berbicara perlahan
2)     Penampilan rapi
3)     Tidak terlalu mudah terganggu dengan situasi keributan
4)     Belajar melalui memanipulasi dan praktek
5)     Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
6)     Menggunakan jari sebagai petunjuk ketika membaca
7)     Merasa kesulitan untuk menulis tetapi hebat dalam bercerita
8)     Menyukai buku-buku dan mereka mencerminkan aksi dengan gerakan tubuh saat membaca
9)     Menyukai permainan yang menyibukkan
10)  Tidak dapat mengingat geografi, kecuali jika mereka memang pernah berada di tempat itu
11)  Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka Menggunakan kata-kata yang mengandung aksi

b) Strategi untuk mempermudah proses belajar anak kinestetik:
1. Jangan paksakan anak untuk belajar sampai berjam-jam.
2. Ajak anak untuk belajar sambil mengeksplorasi lingkungannya (contohnya: ajak dia baca sambil bersepeda, gunakan obyek sesungguhnya untuk belajar konsep baru).
3. Izinkan anak untuk mengunyah permen karet pada saat belajar.
4. Gunakan warna terang untuk menghilite hal-hal penting dalam bacaan.
5. Izinkan anak untuk belajar sambil mendengarkan musik.

Sedangkan menurut Fleming dan Mills dalam Slamento (2003) mengajukan kategori gaya belajar (Learning Style)  dalam empat bentul Visual, Auditory, Read-write, Kinestetic yang dikenal dengan singkat VARK. Berikut ini penjelasan gaya belajar (Learning Style) menurut Fleming dan Mills:

1.   Gaya Visual (V)
Visiual  learning  (Gaya  Belajar  Visual)  adalah  gaya  belajar  dengan  cara  melihat sehingga  mata  memegang peranan  penting.  Gaya  belajar  secara  visual  dilakukan  seseorang untuk memperoleh informasi dengan melihat gambar, diagram, peta, poster, grafik, data teks seperti tulisan, dan sebagainya

Kecenderungan Gaya  Belajar  Visual biasanya meliputi menggambarkan informasi dalam bentuk peta, diagram, garfik, flow chart dan symbol visual seperti panah, lingkaran, hirarki dan materi lain yang digunakan instruktur untuk mempresentasikan hal-hal yang dapat disampaikan dalam kata-kata. Hal ini mencakup juga desain, pola, bentuk dan format lain yang digunkan untuk menandai dan menyampaikan informasi.

Orang-orang yang memiliki Gaya Belajar Visual mempunyai ciri-ciri atau karakteristik antara lain: 1)   Senantiasa melihat bibir guru yang sedang mengajar;  2)   Menyukai instruksi tertulis, foto dan ilustras untuk dilihat; 3)   Saat petunjuk untuk melakukan sesuatu diberikan biasanya kan melihat teman-teman lainnya baru dia sendiri bertindak; 4)   Cenderung menggunakan gerakan tubuh untuk mengekspresikan atau mengganti sebuah kata saat mengungkapkan sesuatu; 5)   Kurang menyukai berbicara di depan kelompok dan kurang menyukai untuk mendengarkan orang lain; 6)   Biasanya tidak dapat mengingat informasi yang diberikan secara lisan; 7)   Menyukai diagram, kalender maupun grafik time-line untuk mengingat bagian peristiwa; 8)   Selalu mengamati seluruh elemen fisik dari lingkungan belajar; 9)   Lebih menyukai peragaan daripada penjelasan lisan; 10)  Biasanya tipe ini dapat duduk tenang di tengah situasi yang ribut atau ramai tanpa merasa terganggu; 11)  Mengorganisir materi belajarnya dengan hati-hati; 12)  Berusaha mengingat dan memahami menggunakan diagram, table dan peta; 13)  Mempelajari materi dengan membaca catatan dan membuat ringkasan

Berdasarkan cirri-ciri Gaya  Belajar  Visual,  maka  sarana atau media yang cocok untuk Gaya belajar Tife Visual Learner ini antara lain: 1)   Guru yang menggunakan bahasa tubuh atau gambar dalam keadaan menerangkan; 2)   Media gambar, video, poster dan sebagainya; 3)   Buku yang banyak mencantumkan diagram atau gambar; 4)   Flow chart; 5)   Grafik; 6)   Menandai bagian-bagian yang penting dari bahan ajar dengan menggunakan warna yang berbeda; 7) Symbol-simbol visual. Oleh karena itu kenali cirri-ciri Gaya belajar siswa agar guru dapat memilih sarana atau media yang tepat

Adapun  Strategi belajar untuk Gaya belajar Tife Visual Learner  menurut Mansur HR  adalah sebagai berikut: (a)  Biarkan  mereka  duduk  di  bangku  paling  depan,  sehingga  mereka  bisa  langsung  melihat apa yang dituliskan atau digambarkan guru di papan tulis. (b)  Buatlah lebih banyak bagan-bagan, diagram, flow-chart dalam menjelaskan sesuatu. (c)  Putarkan film. (d)  Minta mereka untuk  menuliskan  poin-poin  penting  yang  harus  dihapalkan. (e)  Gunakan  berbagai  ilustrasi dan  gambar. (f)  Tulis  ulang  apa  yang  ada  di  papan  tulis. (g)  Gunakan  warna-warni  yang berbeda pada tulisan.

2.  Aural atau Auditory Learning (A)
Gaya  Belajar  Auditori  adalah  gaya  belajar  yang dilakukan seseorang untuk memperoleh informasi dengan memanfaatkan indra telinga. Oleh karena  itu  mereka  sangat  mengandalkan  telinganya  untuk  mencapai kesuksesan  belajar, seperti mendengarkan ceramah, radio, berdialog, berdiskusi dan sebagainya Gaya  Belajar  ini menggambarkan preferensi terhadap informasi yang didengar atau diucapkan. Siswa dengan modalitas ini belajar secara maksimal dari ceramah, tutorial, tape diskusi kelompok, bicara dan membicarakan materi. Hal ini mencangkup berbicara dengan suara keras atau bicara kepada diri sendiri.

Berdasarkan penjelasan di atas, cirri-ciri atau karakteristik gaya belajar Auditory Learner antara lain : 1)   Mampu mengingat dengan baik apa yang mereka katakana maupun yang orang lain sampaikan; 2)   Mengingat dengan baik dengan jalan selalu mengucapkan dengan nada keras dan mengulang-ulang kalimat; 3)   Sangat menyukai diskusi kelompok; 4)   Menyukai diskusi yang lebih lama terutama untuk hal-hal yang kurang mereka pahami; 5)   Mampu menginngat dengan baik materi yang didiskusikan dalam kelompok atau kelas; 6)   Mengenal banyak sekali lagu atau iklan TV dan bahkan dapat menirukannya secara tepat dan komplit; 7)   Suka berbicara; 8)   Kurang suka tugas membaca (dan pada umumnya bukanlah pembaca yang baik); 9)      Kurang dapat mengingat dengan baik apa yang baru saja dibacanya; 10)  Kurang dalam mengerjakan tugas mengarang atau menulis; 11)  Kurang memperhatikan hal-hal baru dalam lingkungan sekitarnya seperti: hadirnya anak baru, adanya papan pengumuman yang baru dsb; 12)  Sukar bekerja dengan tenang tanpa menimbulkan suara; 13)  Mudah terganggu konsentrasi karena suara dan juga susah berkonsentrasi bila tidak ada suara sama sekali

Sesuai dengan cirri-ciri tersebut,  media atau sarana yang cocok untuk gaya belajar tife Aural atau Auditory Learning antara lain: 1) Menghadiri kelas; 2) Diskusi; 3) Membahas suatu topic bersama dengan teman; 4) Membahas suatu topic bersama dengan guru; 5) Menjelaskan ide-ide baru kepada orang lain; 6) Menggunakan perekam; 7) Mengingat cerita, contoh atau lelucon yang menarik; 8) Menjelaskan bahan yang didapat secara visual (gambar, power point dsb)

Adapun  Strategi belajar untuk gaya belajar tife Aural atau Auditory Learning menurut Mansur HR  adalah sebagai berikut:  (a)  Gunakan  audio  dalam  pembelajaran  (musik, radio, dan  lain  lain), (b)  Saat  belajar,  biarkan  mereka  membaca  dengan  nyaring  dan  suara  keras.   (c)  Seringlah  memberi  pertanyaan  kepada  mereka.  (d)  Membuat  diskusi  kelas.  (e)  Menggunakan  rekaman.  (f)   Biarkan  mereka  menjelaskan  dengan  kata-kata.  (g)  Biarkan mereka  menuliskan  apa  yang  mereka  pahami  tentang satu  mata  pelajaran.  (h)  Belajar berkelompok.


3.   Read – Write
Selain gaya belajar yang menekankan pada aspek mendengar, terdapat juga gaya belajar yang lebih banyak aspek membaca dan menulis. Pada sesorang yang memiliki gaya belajar seperti ini ia akan lebih mudah memahami materi pembelajaran dengan cara membaca atau menulis. Adapun sarana atau media yang cocok untuk gaya belajar tife Read – Write, antara lain: Kamus, Handout, Buku teks, Catatan, Daftar, Essay, Membaca buku manual dan berbagi jenis kegiatan lain yang berhubungan dengan membaca dan menulis.
Adapun Strategi belajar untuk gaya belajar tife Read – Write, antara lain 1) Tuliskan kata-kata secara berulang-ulang; 2) Baca catatan Anda (dengan sunyi) secara berkali-kali; 3) Tulis kembali ide atau informasi dengan kalimat yang berbeda; 4) Terjemahkan semua diagram, gambar, dan sebagainya ke dalam kata-kata

4.   Kinestetic atau Tactile Learner (K)
Gaya  Belajar  Kinestetik)  adalah  cara  belajar  yang dilakukan  seseorang  untuk  memperoleh  informasi  dengan  melakukan  gerakan,  sentuhan, praktik atau pengalaman belajar secara langsung Gaya  Belajar  ini mengarah pada pengalaman dan latihan (simulasi atau nyata, meskipun pengalaman tersebut melibatkan modalitas lain. Hal ini mencakup demonstrasi, simulasi, video dan film dari pelajaran yang sesuai aslinya, sama halnya dengan studi kasus, latihan dan aplikasi.

Berdasarkan penjelasan di atas, cirri atau karakteristiknya Gaya belajar Kinestetic atau Tactile Learner, antara lain; 1)   Suka menyentuh segala sesuatu yang dijumpainya; 2)   Sulit untuk berdiam diri; 3)   Suka mengerjakan segala sesuatu dengan menggunakan tangan; 4)   Biasanya memiliki koordinasi tubuh yang baik; 5)   Suka menggunakan objek yang nyata sebagai alat bantu belajar; 6)   Mempelajari hal-hal yang abstrak (symbol matematika, peta dsb); 7)   Mengingat secara baik bila secara fisik terlibat aktif dalam proses pembelajaran; 8)   Menikmati kesempatan untuk menyusun atau menangani secara fisik materi pembelajaran; 9)   Sering berusaha membuat catatan hanya untuk menyibukkan diri tanpa memanfaatkan hasil catatan tersebut; 10)  Menyukai penggunaan computer 11)  Mengungkapkan minat dan ketertarikan terhadap sesuatu secara fisik dengan bekerja secara antusias; 12)  Sulit apabila diminta untik berdiam diri atau berada disuatu tempat untuk beberapa lama tanpa aktifitas fisik; 13)  Sering bermain-main dengan benda disekitarnya sambil mendengarkan atau mengerjakan sesuatu

Berdasarkan cirri-ciri tersebut, Media atau sarana yang dapat digunakan untuk Gaya belajar Kinestetic atau Tactile Learner, antara lain 1)   Menggunakan seluruh panca indera : penglihatan, sentuhan, pengecap, penciuman, pendengaran; 2)   Laboratorium; 3)   Kunjungan lapangan; 4)   Pembicara yang memberikan contoh kehidupan nyata; 5)   Pengaplikasian; 6)  Pameran, sampel, fotografi; 7)  Koleksi  berbagai macam tumbuhan, serangga dan sebagainya
Adapu strategi belajar untuk gaya belajar tife Kinestetic atau Tactile Learner, menurut Mansur HR  adalah sebagai berikut: (a)  Perbanyak  praktek  lapangan.  (b)  Melakukan demonstrasi  atau  pertunjukan  langsung  terhadap  suatu  proses.  (c)  Membuat  model  ataucontoh-contoh. (d)  Belajar  tidak  harus  duduk  secara  formal,  bisa  dilakukan  dengan  duduk dalam  posisi  yang  nyaman,  walaupun  tidak  biasa  dilakukan  oleh  murid-murid  yang  lain. e) Perbanyak praktek di laboratorium. (f)   Boleh menghapal sesuatu sambil bergerak, berjalan atau  mondar-mandir  misalnya. (g)  Perbanyak  simulasi  dan  role  playing. (h)  Biarkan  murid berdiri saat menjelaskan sesuatu.

Cara  Untuk Mengenal Atau  Mengetahui Gaya  Belajar Siswa
Cara  untuk mengenal atau  mengetahui gaya  belajar siwa menurut Wijaya  Kusumah dalam https://www.gayabelajar.net bisa kita lakukan antara lain melalui:
1)   Menggunakan observasi secara  mendetail  terhadap  setiap  peserta  didik melalui  penggunaan  berbagai  metode  belajar  mengajar  di  kelas.  Untuk  mengenal  peserta didik yang  mempunyai  gaya  belajar auditori,  gunakanlah metode  ceramah  secara  umum. Selanjutnya  perhatikan  dan catatlah  peserta  didik yang betah mendengarkan  dengan  tekun hingga akhir.  Dari sini kita bisa mengklasifikasikan secara sederhana tipe-tipe peserta didik dengan gaya auditori yang lebih menonjol. 
2) Dengan memberikan  tugas  kepada  peserta  didik  untuk  melakukan pekerjaan  yang  membutuhkan  proses  penyatuan  bagian-bagian  yang  terpisah,  misalnya menyatukan  model  rumah  yang  bagian-bagiannya  terpisahkan.  Ada  tiga  pilihan  cara  yang bisa dilakukan dalam menyatukan model rumah ini, (1) adalah melakukan praktek langsung dengan  mencoba  menyatukan  bagian-bagian  rumah  ini  setelah  melihat  potongan-potongan yang  ada; (2) adalah  dengan  melihat  gambar  desain  rumah  secara  keseluruhan,  baru  mulai menyatukan;  dan (3) adalah membaca petunjuk  tertulis  langkah-langkah  yang  diperlukan untuk membangun rumah tersebut dari awal hingga akhir.
3)   Melakukan survey  atau  tes  gaya  belajar. Tes  gaya  belajar  ini  biasanya menggunakan jasa konsultan atau psikolog tertentu. Karena tes gaya belajar ini menggunakan metodologi  yang  sudah  cukup  teruji,  biasanya  survey  atau  tes  gaya  belajar semacam  ini mempunyai  akurasi  yang  tinggi  sehingga  memudahkan  bagi  guru  untuk  segera  mengenal gaya belajar peserta didik.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gaya belajar siswa
Menurut Rita Dunn dalam  (Sugihartono, 2007) pelopor di bidang gaya belajar yang lain telah menemukan banyak variabel yang mempengaruhi Gaya belajar siswa, dianatranya: fisik, emosional, sosiologis, dan lingkungan. Sebagian orang dapat belajar dengan baik dalam cahaya yang terang, sedangkan yang lain baru dapat belajar jika pencahayaan suram. Ada sebagian orang paling baik menyelesaikan tugas belajarnya dengan berkelompok, sedangkan yang lain lebih memilih belajar sendiri karena dirasa lebih efektif. Sebagian orang memilih belajar dengan latar belakang iringan musik, sementara yang lain tidak dapat belajar kecuali jika dalam suasana sepi. Ada orang yang memilih lingkungan kerjanya teratur dengan rapi, tetapi yang lain selalu menggelar segala sesuatunya agar semuanya dapat terlihat.
Sedangkan menurut David Kolb dalam Ghufron dan Risnawati,  Gaya belajar siswa dipengaruhi  oleh  tipe  kepribadian,  kebiasaan atau habit, serta  berkembang  sejalan  dengan  waktu  dan  pengalaman.

Berdasarkan penjelasan di atas, banyak faktor yang dapat mempengaruhi cara dan gaya belajar siswa. Di samping faktor yang ada di dalam diri orang itu sendiri (faktor intern),  banyak pula faktor-faktor yang berasal dari luar individu itu sendiri (faktor ekstern).


1)   Faktor-faktor intern yang mempengaruhi gaya belajar siswa
a)   Faktor jasmaniah
Faktor jasmaniah mencakup dua  bagian yaitu kesehatan dan cacat tubuh. Faktor kesehatan berpengaruh pada kegiatan belajar. Proses belajar akan  terganggu jika kesehatan seseorang terganggu, selain itu juga akan cepat lelah, kurang bersemangat, mudah pusing, mengantuk bila  badannya lemah, kurang darah ataupun ada gangguan pada alat indera serta tubuh. Sedangkan cacat tubuh adalah  sesuatu yang menyebabkan kurang baik atau kurang sempurna mengenai tubuh. Cacat itu bisa berupa buta, setengah buta, tuli, setengah tuli, patah kaki, lumpuhdan lain-lain. Keadaan cacat tubuh  demikian juga mempengaruhi kegiatan belajar seseorang.
b)   Faktor psikologis
Sekurang-kurangnya ada tujuh faktor yang tergolong ke dalam faktor psikologis yang mempengaruhi belajar. Faktor-faktor itu adalah intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan dan kesiapan.
c)   Faktor kelelahan
Kelelahan pada manusia walaupun susah dipisahkan tetapi dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu kelelahan jasmani dan kelelahan rohani (bersifat psikis). Kelelahan jasmani terlihat dengan menurunya daya tahan tubuh. Sedangkan kelelahan rohani dapat dilihat dengan adanya kurangnya minat belajar, kelesuan dan kebosanan untuk belajar, sehingga minat dan dorongan untuk menghasilkan sesuatu hilang. Faktor kelelahan dalam diri seseorang berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu cara atau gaya belajar yang berbeda.
2)   Faktor-faktor ekstern
a)   Faktor keluarga
Seseorang yang belajar akan menerima pengaruh dari keluarga berupa cara orang tu a mendidik, relasi antara anggota keluarga, suasana rumah tangga dan keadaan ekonomi keluarga.
b)   Faktor Sekolah
Faktor sekolah yang akan mempengaruhi cara atau gaya belajar siswa antara lain metode mengajar, kurikulum, hubungan guru dengan siswa, hubungan siswa dengan siswa, disiplin atau tata tertib sekolah, suasana belajar, standar pelajaran, keadaan gedung, letak sekolah, dan lainnya. Faktor guru misalnya, kepribadian guru, kemampuan guru memfasilitasi siswa dan hubungan antara guru dengan siswa turut mempengaruhi cara atau gaya belajar siswa.
c)   Faktor masyarakat

Masyarakat merupakan faktor ekstern yang juga mempengaruhi terhadap gaya belajar siswa. Faktor-faktor masyarakat yang mempengaruhi cara atau gaya belajar siswa  meliputi  kegiatan peserta didik dalam masyarakat, mass media, teman bergaul dan bentuk kehidupan masyarakat.

Pentingnya Mengetahui Gaya belajar Siswa

Pertama, guru. Dengan mengetahui gaya belajar peserta didiknya, guru bisa memilih metode mengajar dan media pendidikan yang cocok bagi peserta didiknya. Dalam hal ini, dituntut kreativitas guru dalam memvariasikan metode mengajar dan dalam hal pemilihan media pendidikan. Dengan demikian, diharapkan perbedaan gaya belajar diantara peserta didik mampu diakomodir dengan baik.

Nasution (2003:115) menyatakan bahwa, berbagai macam metode mengajar telah banyak diterapkan dan diujicobakan kepada Siswa untuk memperoleh hasil yang efektif dalam proses pembelajaran. Pada kenyataannya tidak ada satu metode mengajar yang lebih baik daripada metode mengajar yang lain. Jika berbagai metode mengajar telah ditetapkan dan tidak menunjukkan hasil yang diharapkan, maka alternatif lain yang dapat dilakukan oleh guru secara individual dalam proses pembelajaran yaitu atas dasar pemahaman terhadap gaya belajar Siswa.

Bobbi dePorter dan Hernacki (2003: 110) menyebutkan bahwa mengetahui gaya belajar yang berbeda telah membantu para guru dimana pun untuk dapat mendekati semua atau hampir semua murid hanya dengan menyampaikan informasi dengan gaya yang berbeda-beda.

Kedua, orang tua. Bagi orang tua dengan mengetahui gaya belajar anaknya, memungkinkan bagi mereka untuk menyediakan fasilitas belajar yang sesuai dengan gaya belajar anak-anak mereka di rumah. Hal ini bisa dilakukan dengan menyediakan buku-buku serta gambar bagi anak dengan gaya belajar visual, menyediakan kaset-kaset pelajaran dan sering berdiskusi dengan anak yang bergaya belajar auditori, dan menyediakan alat-alat praktek bagi anak yang kecenderungan bergaya belajar kinestetik.

Ketiga, peserta didik. Dengan mengetahui gaya belajar sendiri, peserta didik bisa menciptakan suasana yang disenanginya untuk belajar. Apakah itu dengan menyetel musik, berdiskusi dengan teman atau orang tua, dan lain sebagainya. Dengan demikian diharapkan motivasi belajar peserta didik bisa meningkat.

=========================================


= Baca Juga =



22 comments:

  1. Pak, bisa minta Angket Penelitian tentang Gaya Belajar Siswa

    ReplyDelete
  2. Saya ucapkan terima kasih, karena sangat terbantu dengan tulisan yang Bapak bagikan. Tulisan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme guru serta dapat pula dijadikan referensi dalam penulisan karya ilmiah guru, terutama dalam penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan artikel tentang pembelajaran ini menjadi sarana amal kebajikan.

    ReplyDelete
  3. Wahai Para guru salah satu komptensi kita adalah mengenal perbedaan setiap individu atau peserta didik. Salah satu cara engenal perbedaan setiap individu atau peserta didik.dalam proses belajar mengajar adalah dengan mengetahui GAYA BELAJAR SISWA. Saya rasa artikel ini memang cocok untuk guru.

    ReplyDelete
  4. GAYA BELAJAR SISWA menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam pemilihan metode belajar. Dengan mengenali GAYA BELAJAR SISWA seorang guru akan lebih mudah menerapkan metode apa yang cocok digunaka ketika mengajar dan menyadari bahwasanya semua orang itu mempunyai keunikan masing-masing dan hal itu bisa menjadi potensi kecerdasan.

    ReplyDelete
  5. Setiap siswa sebagai individu mempunyai keunikan sejak lahir kemudian dipengaruhi oleh lingkungan, pendidikan serta diperkaya dengan pengalaman hidup yang menjadikan individu berbeda dengan yang lainnya. Demikian juga dengan gaya belajar siswa tersebut, , ada yang senang belajar dengan suasana tenang sambil mendengarkan paparan materi, ada yang suka berdiskusi dan sebagainya. Inilah sulitnya bagi guru karena guru ngajar bukan untuk satu orang siswa

    ReplyDelete
  6. Mengetahui Gaya belajar siswa itu memang pada akhirnya akan berhubungan bagaimana cara membantu serta menyediakan alat dan sarana belajar bagi anak

    ReplyDelete
  7. Betul pengetahuan tentang Gaya belajar siswa akan berhubungan dengan metode pembelajaran yang akan kita gunakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali.... saya butuh reverensi tentang gaya belajar dan hubungannya terhadap metode pembelajaran

      Delete
  8. Terima kasih atas postingnya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Terima kasih, infonya sangat bermanfaat. Keren abiiiiiiizzzzzzzzzzzz

    ReplyDelete
  10. Terima kasih infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  11. Memang sabaiknya guru mengetahui dan memahami gaya belajar siswa atau peserta didiknya

    ReplyDelete
  12. Artiklenya sangat menarik dan bermanfaat. Trimks sobat

    ReplyDelete
  13. Lagunya bagus2, judulnya apa ya mas Aina?

    ReplyDelete
  14. Boleh tanya? Apakah gaya belajar berpengaruh pada kemanouan menulis siswa? Terimahkasih

    ReplyDelete
  15. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  16. Hindi News, Latest News In Hindi, Hindi Samachar हिंदी न्यूज़, Breaking News Headlines Today. Hindi News (हिंदी न्यूज़) - हिंदी में पढ़िए देश, विदेश, खेल, मनोरंजन, राजनीति, क्राइम, ऑटोमोबाइल, टेक्नोलॉजी, शिक्षा, लाइफस्टाइल, क्रिकेट और ज्योतिष से सम्बंधित सभी समाचार SM Hindi News पर. अमर उजाला हिन्दी न्यूज़ पेपर, Get Breaking News Headlines in Hindi.
    https://smhindinewsindia.blogspot.com/
    https://smhindinewsbihar.blogspot.com/
    https://propertydealersinsahibabad.blogspot.com/
    https://factoryforrentinsahibabadindustrial.blogspot.com/

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter