Pengertian Penilaian
Portofolio adalah teknik penilaian yang dilakukan dengan cara menilai hasil
karya peserta didik yang
berupa kumpulan tugas,
karya, prestasi akademik/non
akademik, yang
dikerjakan/dihasilkan peserta didik.
Contoh karangan, puisi, surat,
lukisan, laporan penelitian,
laporan kerja kelompok, sertifikat atau tanda penghargaan yang pernah diterima
oleh peserta didik. Kumpulan ini
menggambarkan minat, perkembangan,
prestasi dan kreativitas
peserta didik pada satu periode tertentu.
Portofolio penilaian
bukan sekadar kumpulan hasil
kerja siswa, melainkan
kumpulan hasil kerja siswa
dari kegiatan yang
sengaja diperbuat siswa
untuk menunjukkan bukti
tentang kompetensi,
pemahaman, dan capaian
siswa terhadap kompetensi
dalam mata pelajaran tertentu. Portofolio
juga merupakan kumpulan
informasi yang perlu
diketahui oleh guru sebagai
bahan pertimbangan dalam
menentukan langkah-langkah perbaikan
pembelajaran, atau peningkatan belajar siswa.
Portofolio peserta
didik untuk penilaian
merupakan kumpulan produk
siswa, yang berisi berbagai jenis karya seorang siswa,
misalnya:
1) Hasil proyek, penyelidikan, atau
praktik siswa, yang
disajikan secara tertulis
atau dengan penjelasan tertulis.
2) Gambar atau
laporan hasil pengamatan
siswa, dalam rangka
melaksanakan tugas untuk mata pelajaran yang bersangkutan.
3) Analisis
situasi yang berkaitan atau relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan.
4) Deskripsi dan
diagram pemecahan suatu
masalah, dalam mata
pelajaran yang bersangkutan
5) Laporan hasil
penyelidikan tentang hubungan antara konsep-konsep dalam mata pelajaran atau
antarmata-pelajaran.
6) Penyelesaian
soal-soal terbuka.
7) Hasil tugas
pekerjaan rumah yang khas, misalnya dengan cara yang berbeda dengan cara yang
diajarkan di sekolah, atau dengan cara yang berbeda dari cara pilihan
teman-teman sekelasnya.
8) Laporan kerja
kelompok.
9) Hasil kerja
siswa yang diperoleh dengan menggunakan alat rekam video, alat rekam audio, dan
komputer.
10) Fotokopi surat
piagam atau tAnda penghargaan
yang pernah diterima oleh
siswa yang bersangkutan.
11) Hasil karya
dalam mata pelajaran
yang bersangkutan, yang
tidak ditugaskan oleh guru (atas pilihan siswa sendiri, tetapi
relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan).
12) Cerita tentang
kesenangan atau ketidaksenangan siswa terhadap mata
pelajaran yang bersangkutan.
13) Cerita
tentang usaha siswa
sendiri dalam mengatasi hambatan psikologis,
atau usaha peningkatan diri,
dalam mempelajari mata pelajaran yang bersangkutan.
Langkah-langkah
Penilaian Portofolio
Penilaian
portofolio dapat dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1) Jelaskan kepada
peserta didik maksud penugasan portofolio.
2) Jelaskan
sampel-sampel portofolio yang dapat digunakan.
3) Peserta didik
diharuskan mengumpulkan dan mengarsipkan portofolio.
4) Cantumkan
tanggal pembuatan pada setiap evidence (bukti-bukti hasil belajar)
5) Tentukan
kriteria penilaian sampel-sampel portofolio.
6) Lakukan
perbaikan terhadap portofolio yang belum sesuai dengan kriteria.
Contoh
format Penilaian Portofolio
Catatan:
Setiap
karya siswa sesuai Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar yang masuk dalam daftar
portofolio dikumpulkan dalam
satu file (tempat)
untuk setiap peserta
didik sebagai bukti pekerjaannya. Skor untuk setiap
kriteria menggunakan skala penilaian 0 - 10 atau 0 - 100. Semakin baik hasil
yang terlihat dari tulisan peserta didik, semakin tinggi skor yang diberikan.
Kolom keterangan diisi dengan catatan guru tentang kelemahan dan kekuatan
tulisan yang dinilai.
Tags:
Pembelajaran
👍👍
thank ka
Makasih ini sangat bermanfaat, terutama bagi sekolah yang mau akreditasi. Kebetulan sekolah saya mau akreditasi.
Makasih ilmunya
hanks alot
sangat menginspirasi, terimakasih. barakallah
ADA DAPUS NYA TIDAK YAA