Download
/ Unduh Contoh Format Supervisi Akademik. Supervisi akademik adalah serangkaian
kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran
untuk mencapai tujuan pembelajaran (Daresh, 1989, Glickman, et al; 2007).
Supervisi akademik merupakan salah
satu (fungsi mendasar (essential function) dalam keseluruhan program sekolah
(Weingartner, 1973; Alfonso dkk., 1981; dan Glickman, et al; 2007). Hasil
supervisi akademik berfungsi sebagai sumber informasi bagi pengembangan
profesionalisme guru.
Supervisi akademik tidak terlepas dari
penilaian kinerja guru dalam mengelola
pembelajaran. Sergiovanni (1987) menegaskan bahwa refleksi praktis penilaian
kinerja guru dalam supervisi akademik adalah melihat kondisi nyata kinerja guru
untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, misalnya apa yang sebenarnya terjadi di
dalam kelas?, apa yang sebenarnya dilakukan oleh guru dan siswa di dalam
kelas?, aktivitas-aktivitas mana dari keseluruhan aktivitas di dalam kelas itu
yang bermakna bagi guru dan murid?, apa yang telah dilakukan oleh guru dalam
mencapai tujuan akademik?, apa kelebihan dan kekurangan guru dan bagaimana cara
mengembangkannya?. Berdasarkan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan ini akan
diperoleh informasi mengenai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Namun
satu hal yang perlu ditegaskan di sini, bahwa setelah melakukan penilaian
kinerja berarti selesailah pelaksanaan supervisi akademik, melainkan harus
dilanjutkan dengan tindak lanjutnya berupa pembuatan program supervisi akademik
dan melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.
Tujuan supervisi akademik adalah:
- membantu guru mengembangkan kompetensinya,
- mengembangkan kurikulum,
- mengembangkan kelompok kerja guru, dan membimbing penelitian tindakan kelas (PTK) (Glickman, et al; 2007, Sergiovanni, 1987).
Prinsip-prinsip supervisi akademik
- Praktis, artinya mudah dikerjakan sesuai kondisi sekolah.
- Sistematis, artinya dikembangan sesuai perencanaan program supervisi yang matang dan tujuan pembelajaran.
- Objektif, artinya masukan sesuai aspek-aspek instrumen.
- Realistis, artinya berdasarkan kenyataan sebenarnya.
- Antisipatif, artinya mampu menghadapi masalah-masalah yang mungkin akan terjadi.
- Konstruktif, artinya mengembangkan kreativitas dan inovasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran.
- Kooperatif, artinya ada kerja sama yang baik antara supervisor dan guru dalam mengembangkan pembelajaran.
- Kekeluargaan, artinya mempertimbangkan saling asah, asih, dan asuh dalam mengembangkan pembelajaran.
- Demokratis, artinya supervisor tidak boleh mendominasi pelaksanaan supervisi akademik.
- Aktif, artinya guru dan supervisor harus aktif berpartisipasi.
- Humanis, artinya mampu menciptakan hubungan kemanusiaan yang harmonis, terbuka, jujur, ajeg, sabar, antusias, dan penuh humor
- Berkesinambungan (supervisi akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh Kepala sekolah).
- Terpadu, artinya menyatu dengan dengan program pendidikan.
- Komprehensif, artinya memenuhi ketiga tujuan supervisi akademik di atas (Dodd, 1972).
Berikut ini contoh format Supervisi
Akademik
Unduh Contoh Format Supervisi Akademik
Bagi Sekolah yang Menggunakan KTSP/Kurikulum 2006 (disini)
Unduh Contoh Format Supervisi Akademik
Bagi Sekolah yang Menggunakan Kurikulum 2013 (Disini)
A. CONTOH FORMAT SUPERVISI UNTUK SEKOLAH YANG
MENGGUNAKAN KURIKULUM 2006
1. CONTOH FORMAT INSTRUMEN
PENILAIAN SILABUS (KURIKULUM 2006)
Nama Guru :
…………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
2. CONOH FORMAT INSTRUMEN PENILAIAN RPP (KURIKULUM 2006)
Nama Guru :
…………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
3.
CONTOH FORMAT INSTRUMEN SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN (KURIKULUM 2006)
NAMA
GURU
|
:
…………………………………........................................
|
|||||||||
MATA
PELAJARAN
|
:
…………………………………........................................
|
|||||||||
NAMA
SEKOLAH
|
:
…………………………………........................................
|
|||||||||
KELAS/SEMESTER
|
:
…………………………………........................................
|
|||||||||
HARI/TANGGAL
|
: …………………………………........................................
|
|||||||||
MATERI
PELAJARAN
|
:
…………………………………........................................
|
|||||||||
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
NILAI
|
KET
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||
A
|
Pendahuluan / Pra Pembelajaran
|
|||||||||
1.
|
Memeriksa kesiapan peserta didik
|
|||||||||
2.
|
Melakukan kegiatan apersepsi
|
|||||||||
B
|
Kegiatan Inti Pembelajaran
|
|||||||||
◙
|
Penguasaan Materi Pelajaran :
|
|||||||||
3.
|
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
|
|||||||||
4.
|
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain
yang relevan
|
|||||||||
5.
|
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai
dengan hierarki belajar
|
|||||||||
6.
|
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
|
|||||||||
◙
|
Pendekatan / Strategi Pembelajaran :
|
|||||||||
7.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
kompetensi (tujuan) yang akan dicapai
|
|||||||||
8.
|
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
|
|||||||||
9.
|
Menguasai kelas
|
|||||||||
10.
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat
kontekstual
|
|||||||||
11.
|
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan
tumbuh-nya kebiasaan positif
|
|||||||||
12.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
alokasi waktu yang direncanakan
|
|||||||||
◙
|
Pemanfaatan Sumber Belajar / Media
Pembelajaran :
|
|||||||||
13.
|
Menggunakan media secara efektif dan efisien
|
|||||||||
14.
|
Menghasilkan pesan yang menarik
|
|||||||||
15.
|
Melabatkan siswa dalam pemanfaatan media
|
|||||||||
16.
|
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam
pembelajaran
|
|||||||||
17.
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon
peserta didik
|
|||||||||
18.
|
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta
didik dalam belajar
|
|||||||||
◙
|
Penilaian Proses dan Hasil Belajar :
|
|||||||||
19.
|
Memantau kemajuan belajar selama proses
|
|||||||||
20.
|
Melakukan
penilaian akhir sesuai
dengan kompetensi (tujuan)
|
|||||||||
◙
|
Penggunaan Bahasa :
|
|||||||||
21.
|
Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara
jelas, baik, dan benar
|
|||||||||
22.
|
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
|
|||||||||
C
|
PENUTUP
|
|||||||||
23.
|
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman
dengan me-libatkan peserta didik
|
|||||||||
24.
|
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan
arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi / pengayaan
|
|||||||||
JUMLAH SKOR
PEROLEHAN
|
||||||||||
4. CONTOH FORMAT Instrumen monitoring ADMINISTRASI PEMBELAJARAN SD/SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Mata Pelajaran : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No
|
Aspek Yang Diamati
|
Nilai
|
Ket
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Apakah
guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran
terakhir.
|
||||||
2
|
Apakah
guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu
|
||||||
3
|
Apakah
guru membuat program tahunan dalam tahun terakhir.
|
||||||
4
|
Apakah
guru membuat program semester untuk dua semester terakhir.
|
||||||
5
|
Apakah
guru memiliki silabus yang dibuat sendiri dan silabus dari pemerintah
|
||||||
6
|
Apakah
guru memiliki RPP yang disusun sendiri
|
||||||
7
|
Apakah
guru melakukan pembelajaran sesuai jadwal
|
||||||
8
|
Apakah
guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku referensi
|
||||||
9
|
Apakah
guru memiliki rancangan penilaian , penilaian , Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria
penilaian UH.
|
||||||
10
|
Apakah
guru memiliki Instrumen, kunci,
rubrik dan kriteria penilaian UTS
|
||||||
11
|
Apakah
guru memiliki Instrumen, kunci,
rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS
|
||||||
12
|
Apakah
guru mengoreksi hasil ulangan
|
||||||
13
|
Apakah
guru membuat program dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri
tidak terstruktur
|
||||||
14
|
Apakah
guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri
tidak terstruktur
|
||||||
15
|
Apakah
guru memiliki buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan
Nilai Tugas.
|
||||||
16
|
Apakah
guru melakukan analisis hasil evaluasi UH.
|
||||||
17
|
Apakah guru menyusun dan
melaksanakan program remedial.
|
||||||
18
|
Apakah guru menyusun dan
melaksanakan program pengayaan.
|
||||||
19
|
Apakah guru mendapatkan
tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar
|
||||||
20
|
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar
|
||||||
21
|
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan
Permendiknas nomor 20 tahun 2007
(Permendikbud
: 54,64,65,66,81A 2013 dan Permendikbud No.58,61,62,63 2014)
|
||||||
22
|
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP,
panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)
|
||||||
23
|
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar
|
||||||
24
|
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer
|
||||||
25
|
Apakah guru memiliki hasil PTK
|
||||||
Jumlah
|
Jumlah Skor
: ..............................
Skor Maksimal
: 25 x 5 = 125
5. Instrumen monitoring ADMINISTRASI KHUSUS
GURU BIMBINGAN KONSELING (BK) SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No
|
Aspek Yang Diamati
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Apakah guru memiliki SK
Pembagian Tugas Pembimbingan dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.
|
||||||
2
|
Apakah guru pembimbing
memiliki perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen
dengan minimal 24 jam per minggu
|
||||||
3
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir.
|
||||||
4
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir.
|
||||||
5
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir
|
||||||
6
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling
|
||||||
7
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling
|
||||||
8
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Satuan Layanan
|
||||||
9
|
Apakah guru pembimbing
membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi
|
||||||
10
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan
Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok,
Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi)
|
||||||
11
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data,
Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus)
|
||||||
12
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung)
|
||||||
13
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan evaluasi pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian
Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang)
|
||||||
14
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan analisis hasil evaluasi pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2)
|
||||||
15
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling
|
||||||
16
|
Apakah
guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus,
Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu)
|
||||||
17
|
Apakah guru pembimbing
membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan
|
||||||
18
|
Apakah guru pembimbing
melakukan layanan konseling sesuai jadwal
|
||||||
19
|
Apakah guru mendapatkan
tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar
|
||||||
20
|
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar
|
||||||
21
|
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan
Permendiknas nomor 20 tahun 2007
|
||||||
22
|
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP,
panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)
|
||||||
23
|
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar
|
||||||
24
|
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer
|
||||||
25
|
Apakah guru memiliki hasil PTK
|
B. CONTOH
FORMAT SUPERVISI UNTUK SEKOLAH YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013
1. INSTRUMEN SUPERVISI RPP (KURIKULUM 2013) SD/SMP/SMA/SMK (K2013)
Nama Guru :
…………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
Aspek yang Diamati
|
Belum Sesuai
(1)
|
Sesuai sebagian
(2)
|
Sesuai semua
(3)
|
Catatan
|
|
A.
|
Perumusan Indikator
|
||||
1
|
Indikator sesuai dengan SKL-KI, dan
KD
|
||||
2
|
Meliputi dimensi sikap,
keterampilan dan pengetahuan
|
||||
3
|
Menggunakan kata kerja operasional
yang mengandung satu prilaku
|
||||
4
|
Mengadung satu prilaku yang dapat
diobservasi
|
||||
5
|
Mencakup level berpikir tinggi (analisis, evaluasi,
atau mencipta).
|
||||
6
|
Meliputi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan/atau metakognitif (learning how to learn)
|
||||
B.
|
Perumusan Tujuan Pembelajaran
|
||||
7
|
Tujuan realistik, dapat dicapai
melalui proses pembelajaran
|
||||
8
|
Relevan dengan kompetensi dasar dan
indikator
|
||||
9
|
Mencakup pengembangan sikap,
keterampilan dan pengetahuan
|
||||
10
|
Mengandung unsur menciptakan karya
|
||||
C.
|
Materi Pelajaran
|
||||
11
|
Relevan dengan tujuan
|
||||
12
|
Sesuai dengan potensi peserta didik
|
||||
13
|
Kontekstual
|
||||
14
|
Sesuai dengan perkembangan fisik,
intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa
|
||||
15
|
Bermanfaat untuk peserta didik
|
||||
16
|
Materi yang disajikan aktual
|
||||
17
|
Relevan dengan kebutuhan siswa
|
||||
D.
|
Media Belajar
|
||||
18
|
Sesuai dengan tujuan pembelajaran.
|
||||
19
|
Memudahkan siswa menguasai materi pelajaran
|
||||
20
|
Memfasilitasi siswa menerapkan pendekatan saintifik
|
||||
21
|
Memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi
|
||||
E.
|
Metode Pembelajaran
|
||||
22
|
Sesuai dengan tujuan pembelajaran.
|
||||
23
|
Sesuai dengan pendekatan saintifik
|
||||
24
|
Sesuai dengan model model inkuiri, pembelajaran berbasis
masalah, atau proyek.
|
||||
25
|
Mengembangkan kapasitas individu dan kerja sama peserta didik
|
||||
E.
|
Rencana Kegiatan Pembelajaran
|
||||
26
|
Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
|
||||
27
|
Menjelaskan tujuan pembelajaran
|
||||
28
|
Merencanakan kegiatan siswa mengamati
|
||||
29
|
Merencanakan kegiatan siswa menanya
|
||||
30
|
Merancang kegiatan siswa mencoba
|
||||
31
|
Merancang kegiatan siswa
menalar atau mengasosiasi (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi)
|
||||
32
|
Merancang kegiatan siswa membentuk jejaring atau
mengomunikasikan produk penalarannya
|
||||
33
|
Merangkan kegiatan siswa berkarya atau mencipta
|
||||
34
|
Mengandung rencana kegiatan tindak lanjut (penugasan, remedial,
dan pengayaan)
|
||||
F.
|
Penilaian
|
||||
35
|
Menilai ketercapain indikator hasil belajar
|
||||
36
|
Mengukur sikap, pengetahuan, dan keterampilan
|
||||
37
|
Merancang penilaian otentik
|
||||
38
|
Meliputi rancangan instrumen tes
|
||||
39
|
merancang penilai tugas
|
||||
40
|
Menetapkan pedoman penskoran
|
||||
SKOR RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN
|
|||||
Nilai
|
|||||
Kriteria:
|
|||||
Amat baik
|
86
|
s.d
|
100
|
||
Baik
|
70
|
s.d
|
85
|
||
Kurang
|
Di bawah 70
|
||||
2. CONTOH FORMAT INSTRUMEN SUPERVISI PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN SD/SMP/SMA/SMK(KURIKULUM
2013)
Nama Guru :
…………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
Aspek yang Diamati
|
Belum Sesuai
(1)
|
Sesuai sebagian
(2)
|
Sesuai semua
(3)
|
Catatan
|
|
A. Apersepsi dan Motivasi
|
|||||
1
|
Mengaitkan materi pembelajaran
sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
|
||||
2
|
Mengajukan pertanyaan menantang.
|
||||
3
|
Menyampaikan manfaat materi
pembelajaran.
|
||||
4
|
Mendemonstrasikan sesuatu yang
terkait dengan materi pembelajaran.
|
||||
B. Penyampaian Kompetensi dan
Rencana Kegiatan
|
|||||
5
|
Menyampaikan kemampuan yang akan
dicapai peserta didik.
|
||||
6
|
Menyampaikan rencana kegiatan
misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.
|
||||
C. Kegiatan Inti
|
|||||
Penguasaan Materi Pelajaran
|
|||||
7
|
Kemampuan menyesuiakan materi
dengan tujuan pembelajaran.
|
||||
8
|
Kemampuan mengkaitkan materi dengan
pengetahuan lain yang relevan,
perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.
|
||||
9
|
Menyajikan pembahasan
materi pembelajaran dengan tepat.
|
||||
10
|
Menyajikan materi secara
sistematis (mudah ke sulit, dari
konkrit ke abstrak)
|
||||
Penerapan Strategi Pembelajaran
yang Mendidik
|
|||||
11
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan kompetensi yang akan dicapai.
|
||||
12
|
Menfasilitasi kegiatan yang memuat
komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
|
||||
13
|
Melaksanakan pembelajaran secara
runtut.
|
||||
14
|
Menguasai kelas.
|
||||
15
|
Melaksanakan pembelajaran yang
bersifat kontekstual.
|
||||
16
|
Melaksanakan pembelajaran yang
memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).
|
||||
17
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan alokasi waktu yang direncanakan.
|
||||
Penerapan Pendekatan scientific
|
|||||
18
|
Memberikan pertanyaan mengapa dan
bagaimana.
|
||||
19
|
Memfasilitasi peserta didik
untuk mengamati.
|
||||
20
|
Memancing peserta didik untuk bertanya.
|
||||
21
|
Memfasilitasi peserta didik untuk
mencoba.
|
||||
22
|
Memfasilitasi peserta didik
untuk menganalisis.
|
||||
23
|
Memberikan pertanyaan peserta didik
untuk menalar (proses berfikir yang
logis dan sistematis).
|
||||
24
|
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk berkomunikasi.
|
||||
Pemanfaatan Sumber Belajar/Media
dalam Pembelajaran
|
|||||
25
|
Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan sumber belajar
pembelajaran.
|
||||
26
|
Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan media pembelajaran.
|
||||
27
|
Menghasilkan pesan yang menarik.
|
||||
28
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
|
||||
29
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.
|
||||
D.
Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran
|
|||||
30
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik
melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
|
||||
31
|
Merespon positif partisipasi
peserta didik.
|
||||
32
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap
respons peserta didik.
|
||||
33
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi
yang kondusif.
|
||||
34
|
Menumbuhkan keceriaan atau antuisme
peserta didik dalam belajar.
|
||||
E. Melaksanakan Penilaian Autentik
|
|||||
35
|
Menilai sikap dalam pembelajaran
|
||||
36
|
Menilai pengetahuan dalam proses
pembelajaran
|
||||
37
|
Menilai pengetahuan dalam proses
pembelajaran
|
||||
F. Penggunaan Bahasa yang Benar dan
Tepat dalam Pembelajaran
|
|||||
38
|
Menggunakan bahasa lisan secara
jelas dan lancar.
|
||||
39
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik
dan benar.
|
||||
F. Penutup pembelajaran
|
|||||
40
|
Melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
|
||||
41
|
Mengumpulkan hasil kerja sebagai
bahan portofolio.
|
||||
42
|
Melaksanakan tindak lanjut dengan
memberikan arahan kegiatan berikutnya
dan tugas pengayaan.
|
||||
Jumlah
|
|||||
Nilai
|
|||||
3. CONTOH FORMAT Instrumen monitoring ADMINISTRASI
PEMBELAJARAN SD/SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Mata Pelajaran : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No
|
Aspek Yang Diamati
|
Nilai
|
Ket
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Apakah
guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran
terakhir.
|
||||||
2
|
Apakah
guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu
|
||||||
3
|
Apakah
guru membuat program tahunan dalam tahun terakhir.
|
||||||
4
|
Apakah
guru membuat program semester untuk dua semester terakhir.
|
||||||
5
|
Apakah
guru memiliki silabus yang dibuat sendiri dan silabus dari pemerintah
|
||||||
6
|
Apakah
guru memiliki RPP yang disusun sendiri
|
||||||
7
|
Apakah
guru melakukan pembelajaran sesuai jadwal
|
||||||
8
|
Apakah
guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku referensi
|
||||||
9
|
Apakah
guru memiliki rancangan penilaian , penilaian , Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria
penilaian UH.
|
||||||
10
|
Apakah
guru memiliki Instrumen, kunci,
rubrik dan kriteria penilaian UTS
|
||||||
11
|
Apakah
guru memiliki Instrumen, kunci,
rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS
|
||||||
12
|
Apakah
guru mengoreksi hasil ulangan
|
||||||
13
|
Apakah
guru membuat program dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri
tidak terstruktur
|
||||||
14
|
Apakah
guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri
tidak terstruktur
|
||||||
15
|
Apakah
guru memiliki buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan
Nilai Tugas.
|
||||||
16
|
Apakah
guru melakukan analisis hasil evaluasi UH.
|
||||||
17
|
Apakah guru menyusun dan
melaksanakan program remedial.
|
||||||
18
|
Apakah guru menyusun dan
melaksanakan program pengayaan.
|
||||||
19
|
Apakah guru mendapatkan
tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar
|
||||||
20
|
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar
|
||||||
21
|
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan
Permendiknas nomor 20 tahun 2007
(Permendikbud
: 54,64,65,66,81A 2013 dan Permendikbud No.58,61,62,63 2014)
|
||||||
22
|
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP,
panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)
|
||||||
23
|
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar
|
||||||
24
|
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer
|
||||||
25
|
Apakah guru memiliki hasil PTK
|
||||||
Jumlah
|
4. CONTOH FORMAT Instrumen
monitoring ADMINISTRASI
KHUSUS GURU BIMBINGAN KONSELING (BK) SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No
|
Aspek Yang Diamati
|
Nilai
|
Ket
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Apakah guru memiliki SK
Pembagian Tugas Pembimbingan dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.
|
||||||
2
|
Apakah guru pembimbing
memiliki perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen
dengan minimal 24 jam per minggu
|
||||||
3
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir.
|
||||||
4
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir.
|
||||||
5
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir
|
||||||
6
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling
|
||||||
7
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling
|
||||||
8
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Satuan Layanan
|
||||||
9
|
Apakah guru pembimbing
membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi
|
||||||
10
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan
Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok,
Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi)
|
||||||
11
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data,
Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus)
|
||||||
12
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung)
|
||||||
13
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan evaluasi pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian
Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang)
|
||||||
14
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan analisis hasil evaluasi pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2)
|
||||||
15
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling
|
||||||
16
|
Apakah
guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus,
Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu)
|
||||||
17
|
Apakah guru pembimbing
membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan
|
||||||
18
|
Apakah guru pembimbing
melakukan layanan konseling sesuai jadwal
|
||||||
19
|
Apakah guru mendapatkan
tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar
|
||||||
20
|
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar
|
||||||
21
|
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan
Permendiknas nomor 20 tahun 2007
|
||||||
22
|
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP,
panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)
|
||||||
23
|
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar
|
||||||
24
|
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer
|
||||||
25
|
Apakah guru memiliki hasil PTK
|
Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Bagi Sekolah yang Menggunakan KTSP/Kurikulum 2006 (disini)
Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Bagi Sekolah yang Menggunakan Kurikulum 2013 (Disini)
Terima kasih semoga informasi contoh format Supoervisi Akademik ini bermanfaat untuk Anda.
Terima kasih semoga informasi contoh format Supoervisi Akademik ini bermanfaat untuk Anda.
=================================
Saya juga mengucapkan terima kasih, karena infonya sangat menarik. Pokonya keren abiiiiiiiiiiiiiiiiiis
Terimakasih
Semoga bermamfat.
Instrumen diatas apakah instrumen yang nanti sesuai dengan akreditasi tahun 2016 atau 2017 yang akan datang?
mhon penjelasannnya ?
Trimakasih, semoga bermanfaat.....
sangat bermanfaat, semoga berkah, syukron katsiron
ada format instrumen supervisi manajerial kepala sekolah SD..KALAU ADA BAGI DONG KE
refna1971@gmail.com
makasih sebelumnya
terima kasih ya, semoga bermanfaat, asik banget dengan musiknya juga
oh ya bentuk laporan selanjut nya untuk program tindak lanjutnya seperti apa ya.
Terima kasih ya, sangat bermanfaat sekali
terimakasih banyak ya....
Terima kasih banget, mudah-mudahan dapat dimanfaatkan dengan baik
terima kasih banget, mudah-mudahan dapat dimanfaatkan dengan baik
terimakasih ,semoga bermanfaat bagi kami dalam mengembangkan metode pengajaran
Terimakasih pak, semoga berkah.
Terimakasih. Sangat Bermanfaat.
Terimakasih pak.Alhamdulillah sangat membantu.
Terima Kasih... sangat membantu
Terimakasih, semoga bermanfaat dan menambah amal yang baik untuk dunia pendidikan
Mhn ijindownload..mksh
Terimakasih Banget, semoga bermanfaat dan menambah amal yang baik untuk dunia pendidikan
Terimakasih atas ilmuny se,oga jadi amal soleh bagi yg menyusunnya. Jazakallahu khoiron katsir
erimakasih atas ilmuny se,oga jadi amal soleh bagi yg menyusunnya. Jazakallahu khoiron katsir
terimakasih banyak nih,,bermanfaat bgtt
terimkassih banyak ya pak.
terimakasih banyak ya pak, alhamdulillah bermanfaat sekali
Terimakasih Pak.. Tidak ribet mendownloadnya.. mohon ijin Pak sudah mendowload..
makasih banyak, pak !
Matur nuwun
Terima kasih banyak
terima kasih banyak atas kemurahan hatinya,semoga Allah membalasnya dengan beribu kebaikan.amiin
assalamualaikum wr.wb pak saya bisa minta tolong hal-hal yg perlu dipersiapkan untuk supervisi admistrasi kelas?
thx b4...
Mohon mengkofi, terima kasih banyak atas kebaikannya semoga allah membalasnya berlipat ganda. Aamiin
Syukran semoga bermanfaat izin copy
Terima kasih p Pengawas Aina Muliyana sdh banyak membantu
Terima kasih...sangat bermanfaat. Barakallah....
terimakaish,, sangat membantu... ijin download formatnya....
Terimakasih, atas berbagi ilmunya. Sangat bermanfaat. Jazakumulloh ahsanal jazak
terima kasih izin donlot
Terima kasih, sangat bermanfaat.
terimakasih dan mohon izin didownload
semoga bermanfaat
TERIMA KASIH ATAS TULISAN INI,,,
SANGAT BERMANFAAT UNTUK TUGAS KULIAH SAYA :)
Terima kasih pak, artikelnya sangat bermanfaat
terima kasih banyak. sangat membantu. semoga berkah buat anda berlimpah
terima kasih banyak. sangat membantu. semoga berkah buat anda berlimpah
Terima kasih banyak pa. Semoga pahala kebaikan senantiasa mengalir ke bapak, Aamiin..
terima kasih pak, dokumen ini sangat membantu saya
terima kasih sangat bermanfaat
terima kasih sngaaaat bermanfaat sekali.....
TERIMAKASIH SEMUA INFORMASINYA YANG SANGAT MEMBERIKAN ALTERNATIF UNTUK PENGEMBANGAN GURU DAN IJIN UNTUK MENGOPY DAN MENGUNDUHNYA. SEMOGA JADI AMALA JARIAH BAGI YANG MEMBUAT DAN MENGUPLODNYA
trimakasih, dokumen ini sangat membantu
Terima Kasih ... InsyaaAllah berkah
Terima kasih pak, sangat bermanfaat untuk kami tim pengembang sekolah
mohon ijin download, terimakasih.
makasih,,ijin download...sanagat bermanfaat
شكرا وجزاكم الله احسن الجزاء