Level Kognitif Pada Penyusunan Soal

Level Kognitif Pada Penyusunan Soal

Level Kognitif Pada Penyusunan Kisi-kisi Soal


Dalam Kisi-kisi Ujian Sekolah atau Asesmen Satuan Pendidikan dikenal istilah Level Kognitif. Apa Yang Dimaksud Level Kognitif ? Level kognitif merupakan tingkat kemampuan peserta didik secara individual maupun kelompok yang dapat dijabarkan dalam tiga level kognitif, yaitu Level 1 menunjukkan tingkat kemampuan yang rendah yang meliputi pengetahuan dan pemahaman (knowing), level 2 menunjukkan tingkat kemampuan yang lebih tinggi yang meliputi penerapan (applying), dan level 3 menunjukkan tingkat kemampuan tinggi yang meliputi penalaran (reasoning). Pada level 3 ini termasuk tingkat kognitif analisis, sintesis, dan evaluasi.


Dimensi proses kognitif Bloom dikelompokkan ke dalam tiga level kognitif, yaitu:
Level 1: mengingat (C1) dan memahami (C2),
Level 2: mengaplikasikan (C3),  
Level 3: menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6)

Berdasarkan buku Panduan Penulisan Soal 2017, cakupan tiap level kognitif adalah sebagai berikut:
Level 1 : Peserta pada level ini memiliki kemampuan standar minimum dalam menguasai pelajaran (Knowing)
·          Memperlihatkan ingatan dan pemahaman dasar terhadap materi pelajaran dan dapat membuat generalisasi yang sederhana.
·          Memperlihatkan tingkatan dasar dalam pemecahan masalah dalam pembelajaran, paling tidak dengan satu cara.
·          Memperlihatkan pemahaman dasar terhadap grafik-grafik, label-label, dan materi visual lainnya.
·          Mengkomunikasikan fakta-fakta dasar dengan menggunakan terminologi yang sederhana.

Level 2 : Peserta didik pada level ini memiliki kemampuan aplikatif (Applying).
·          Memperlihatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap materi pelajaran dan dapat mengaplikasikan gagasan-gagasan dan konsep-konsep dalam konteks tertentu.
·          Menginterpretasi dan menganalisis informasi dan data.
·          Memecahkan masalah-masalah rutin dalam pelajaran.
·          Menginterpretasi grafik-grafik, tabel-tabel, dan materi visual lainnya.
·          Mengkomunikasikan dengan jelas dan terorganisir penggunaan terminologi.

Level 3 : Peserta didik pada level ini memiliki kemampuan penalaran dan logika (Reasoning).
·          Memperlihatkan pengetahuan dan pemahaman yang luas terhadap materi pelajaran dan dapat menerapkan gagasan-gagasan dan konsep-konsep dalam situasi yang familiar, maupun dengan cara yang berbeda.
·          Menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi gagasan-gagasan dan informasi yang faktual.
·          Menjelaskan hubungan konseptual dan informasi yang faktual.
·          Menginterpretasi dan menjelaskan gagasan-gagasan yang kompleks dalam pelajaran.
·          Mengekspresikan gagasan-gagasan nyata dan akurat dengan menggunakan terminologi yang benar.
·          Memecahkan masalah dengan berbagai cara dan melibatkan banyak variabel.
·          Mendemonstrasikan pemikiran-pemikiran yang original.

Berikut ini contoh kata kerja operasional pada tiap level kognitif.

Level Kognitif Pada Penyusunan Kisi-kisi Soal
kata kerja operasional pada tiap level kognitif


Demikian info Level Kognitif Pada Kisi-Kisi Soal, terima kasih. 







= Baca Juga =


6 Comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter