Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) IPA SMP Tahun 2024

Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) atau Soal Ujian Sekolah (US) IPA SMP Tahun 2024


Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) atau Soal Ujian Sekolah (US) IPA SMP Tahun 2024. Asesmen formatif merupakan penilaian yang dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung, sedangkan asesmen sumatif merupakan penilaian yang dilakukan pada akhir pembelajaran. Keduanya memang merupakan penilaian yang ada dalam proses pembelajaran.

 

Asesmen sumatif dapat dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada akhir satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran), pada akhir semester, atau pada akhir fase. Sementara khusus pada akhir semester, asesmen sumatif bersifat pilihan.

 

Asesmen sumatif bisa dilakukan pada akhir semester jika guru merasa masih memerlukan konfirmasi atau informasi tambahan untuk mengukur pencapaian hasil belajar murid. Sebaliknya, jika guru merasa bahwa data hasil asesmen yang diperoleh selama 1 semester telah mencukupi, maka tidak perlu lagi dilakukan asesmen pada akhir semester. Hal yang perlu ditekankan, untuk asesmen sumatif, guru dapat menggunakan teknik dan instrumen yang beragam, tidak hanya berupa tes, namun dapat menggunakan observasi dan performa (praktik, menghasilkan produk, melakukan projek, atau membuat portofolio).

 

Sebelum kamu mempelajar Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) atau Soal Ujian Sekolah (US) IPA SMP Tahun 2024, perlu diketahui perbedaan tujuan asesmen sumatif dan asesmen formatif. Penilaian atau asesmen sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) murid, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan. Penilaian pencapaian hasil belajar murid dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar murid dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Sedangkan Penilaian atau asesmen formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Sesuai dengan tujuannya, asesmen formatif dapat dilakukan di awal dan di sepanjang proses pembelajaran.

 

Instrumen asesmen sumatif dapat dikembangkan berdasarkan teknik penilaian yang digunakan oleh guru. Berikut adalah beberapa contoh teknik asesmen sumatif yang dapat diadaptasi untuk melakukan asesmen formatif maupun sumatif:

a) Tes tertulis

Tes dengan soal dan jawaban yang disajikan secara tertulis, untuk mengukur atau memperoleh informasi tentang kemampuan murid. Tes tertulis dapat berbentuk esai, pilihan ganda, uraian, atau bentuk-bentuk tes tertulis lainnya.

 

b) Tes lisan

Pemberian soal/pertanyaan yang menuntut murid untuk menjawabnya secara lisan, dan dapat diberikan secara klasikal (dilakukan untuk seluruh kelas/kelompok besar) ketika pembelajaran.

c) Observasi

Penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan melalui pengamatan perilaku secara berkala. Observasi dapat difokuskan untuk semua murid maupun per individu. Observasi juga dapat dilakukan dalam tugas atau aktivitas rutin/harian.

d) Kinerja

Penilaian yang menuntut murid untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Asesmen kinerja dapat berupa praktik, menghasilkan produk, melakukan projek, atau membuat portofolio.

e) Projek

Kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan, yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu.

f) Penugasan

Pemberian tugas kepada murid untuk mengukur pengetahuan, serta memfasilitasi murid memperoleh atau meningkatkan pengetahuan.

g) Portofolio

Kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya murid dalam bidang tertentu, yang mencerminkan perkembangannya secara menyeluruh (holistis) dalam kurun waktu tertentu.

 

Berikut ini Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) atau Soal Ujian Sekolah (US) IPA SMP Tahun 2024 dalam bentuk tes terulis yang lazim digunakan di sekolah.

 



Link download

 

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) atau Soal Ujian Sekolah (US) IPA SMP Tahun 2024

Kunci Jawaban Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) atau Soal Ujian Sekolah (US) IPA SMP Tahun 2024


Demikian informasi tentang Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) atau Soal Ujian Sekolah (US) IPA SMP Tahun 2024. Semoga ada manfatanya.


= Baca Juga =


No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter