Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka TK PAUD

Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka Jenjang TK PAUD


Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka Jenjang TK PAUD. Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Supervisi akademik secara etimologi „supervisi‟ berasal dari kata „super‟ dan „vision‟ yang masing-masing kata itu berarti „atas‟ atau „penglihatan.


Supervisi atau pengawasan merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari upaya untuk meningkatan prestasi belajar peserta didik dan mutu pembelajaran yang berkaitan dengan kinerja guru.Sesuai denganapa yang dikutip oleh Sahertian dalam Dictionary of Education Good Carter bahwa supervisi adalah: Usaha dari petugas-petugas sekolah dalam memimpin guru-guru dan petugas-petugas lainnya dalam memperbaiki pengajaran, termasuk menstimulasi, menyeleksi pertumbuhan jabatan dan perkembangan guru-guru serta merevisi tujuan-tujuan pendidikan, bahan pengajaran dan metode serta evaluasi pengajaran.

 

Sahabat ainamulyana.blogspot.com, Kegiatan supervisi merupakan pengawasan pendidikan yang berkaitan dengan seluruh kegiatan pembelajaran baik yang berhubungan dengan persiapan mengajar maupun yang berhubungan dengan pelaksanaannya serta berkaitan juga dengan penilaian atau evaluasi setelah melakukan pengajaran yang dilakukan oleh petugas yang berwenang yang biasa disebut dengan supervisor atau pengawas.

 

Supervisi akademik pada dasarnya merupakan bagian dari kajian bidang supervisi, sehingga sebelum menuju pada devinisi supervisi akademik maka kita harus mengetahui apa itu supervsisi secara umum. Banyak sekali devinisi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai apa itu supervisi, secara etimologi kata supervisi diambil dari bahasa Inggris yaitu Supervision yang artinya pengawasan dibidang pendidikan, sedangkan orang yang melakukan kegiatan supervsisi disebut dengan supervisor. Sedangkan jika ditinjau dari segi morfologisnya kata supervisi bersal dari dua kata, yakni super berarti atas, lebih dan visi berarti lihat, tilik, awasi. Sedangkan dalam sisi semantiknya hal ini tergantung dari sesorang yang mendefinisikannya. Berikut paparan beberapa ahli:

a) Willes (1987) merumuskan bahwa supervisi sebagai bantuan pengembangan situasi mengajar dan belajara menjadi lebih baik.

b) Adam dan Dickey merumuskan bahwa supervisi sebagai pelayan khususnya menyangkut perbaikan proses belajar mengajar.

c) Willes (1987) menyebutkan “Supervision is assistance in the development of better teaching learning situation”.

d) Sedangkan dalam pandangan Depdiknas (1994) merumuskan supervisi sebagai pembinaan yang diberikan kepada seluruh staff sekolah agar mereka dapat meningkatakan kemampuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik.

 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa supervisi adalah kegiatan yang berupa bimbingan kepada bawahan untuk mengembangkan dan menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan tujuan yang diharapakan . Sedangkan untuk objek supervisi, maka dapat dikategorikaan sebagai berikut

a) Supervisi akademik atau supervisi pembelajaran, yaitu kegiatan supervisi yang menitik beratkan pengamatan supervisor pada masalah-masalah akademik, yaitu hal-hal yang langsung berada dalam lingkungan kegiatan pembelajaran pada waktu siswa sedang dalam proses mempelajari sesuatu, dan ini yang akan menjadi bahasan penulis dalam mengkaji kegiatan supervisi di LPI Sari Bumi Full Day School Sidoarjo.

b) Supervisi administrasi, yaitu menitik beratkan pengamatan supervisor pada masalah-masalah administrasi yang berfungsi sebagai pendukung dan pelancar terlaksananya pembelajaran.

c) Supervisi lembaga atau supervisi institusional, yaitu pengamatan supervisor pada aspek-aspek yang berada diseluruh sekolah. Jika Supervisi akademik menitik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, maka supervisi lembaga untuk meningkatkan nama baik sekolah atau kinerja sekolah secara keseluruhan.

 

Dengan demikian, supervisi akademik adalah kegiatan untuk meningkatakan proses pembelajaran untuk peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran. Untuk pelaksanaannya (supervisi akademik) dapat dilakukan dengan multipendekatan dan multimetode, tegantung dari masalah yang terdapat dilapangan.

 

Sebelum Admin membagikan Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka Jenjang TK PAUD, terlebih dahulu admin akan berbagi informasi tentang tujuan dan fungsi supervisi akademik. Kegiatan Supervisi Akademik tentu memiliki tujuan yang hendak dicapai dalam rangka membantu guru-guru untuk meningkatkan kemampuan profesional, adapun tujuan supervisi akademik sebagai berikut:

a. Membantu guru dalam mengembangkan kompetensinya yaitu pedagogik, kepribadian, sosial dan professional.

b. Membantu guru dalam mengembangkan kurikulum yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kegiatan inti, metode/strategi, alat/media pembelajaran, penilaian dan lain-lain.

c. Membantu guru dalam membimbing penelitian tindakan kelas (action research) untuk meningkatkan kualitas/ mutu pembelajaran.

d. Membantu guru dalam meningkatkan kemampuan penampilan di depan kelas, dalam pengelolaan kelas.

e. Membantu guru menemukan kesulitan belajar peserta didiknya dan akan merencanakan tindakan-tindakan perbaikannya.

f. Membantu guru agar lebih mengerti dan menyadari tujuan-tujuan di sekolah, dan fungsi sekolah dalam upaya mencapai tujuan pendidikan.

g. Untuk membantu melaksanakan kepemimpinan efektif dengan cara yang demokratis dalam rangka meningkatkan kegiatan-kegiatan profesional di sekolah, dan hubungan antara staff yang kooperatif untuk bersama-sama berkemampuan memajukan pendidikan di sekolahnya masing-masing.

h. Menghindari tuntutan-tuntutan terhadap guru yang di luarbatas atau tidak wajar, baik tuntutan itu datangnya dari dalam sekolah maupun dari luar sekolah.

 

Tujuan supervisi akademik dalam pendidikan adalah mengembangkan situasi belajar dan mengajar yang lebih baik melalui pembinaan dan peningkatan profesi mengajar. Jadi kata kunci supervisi seperti yang dijelaskan di atas adalah memberikan bantuan dan layanan kepada guru-guru. Supervisi yang dilakukan untuk mengembangkan situasi belajar dan mengajar yang dilakukan oleh guru di kelas maupun di luar kelas.

 

Adapun materi supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah atau pengawas di Sekolah antara lain meliputi: a) Perencanaan, pengelolaan, pengorganisasian dan penilaian kegiatan pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas; b) Aspek perencanaan kegiatan pembelajaran yang diperhatikan dalam supervisi meliputi kemampuan guru menyusun perangkat perencanaan kegiatan belajar mengajar (analisis program tahunan, program semester dan evaluasi); c) Aspek yang diperhatikan dalam supervisi akademik meliputi kemampuan guru dalam memilih strategi, metode dan juga alat dan sumber belajar; d) Aspek perorganisasian kegiatan pembelajaran yang diperhatikan dalam supervisi akademik meliputi kemampuan guru dalam mengelola aktivitas dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.

 

Untuk Bapak/Ibu kepala sekolah dan atau pengawas sekolah berikut ini Contoh Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka Jenjang TK PAUD dalam format Excel dan PDF yang dapat digunakan apabila instrumen ini dirasakan memiliki manfaat dengan tujuan supervise yang akan dilakukan.

 



Link download Format Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka Jenjang TK PAUD pdf (DISINI)

 

Link download Format Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka Jenjang TK PAUD excel (DISINI)

 

Dermikian infomasi tentang Contoh atau Format Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka Jenjang TK PAUD Semoga ada manfaatnya, terima kasih. (https://ainamulyana.blogspot.com/)



= Baca Juga =



Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter