Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka Jenjang TK PAUD. Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Supervisi akademik secara etimologi „supervisi‟ berasal dari kata „super‟ dan „vision‟ yang masing-masing kata itu berarti „atas‟ atau „penglihatan.
Supervisi atau pengawasan merupakan
bagian yang tidak bisa terpisahkan dari upaya untuk meningkatan prestasi belajar
peserta didik dan mutu pembelajaran yang berkaitan dengan kinerja guru.Sesuai
denganapa yang dikutip oleh Sahertian dalam Dictionary of Education Good Carter
bahwa supervisi adalah: Usaha dari petugas-petugas sekolah dalam memimpin
guru-guru dan petugas-petugas lainnya dalam memperbaiki pengajaran, termasuk menstimulasi,
menyeleksi pertumbuhan jabatan dan perkembangan guru-guru serta merevisi tujuan-tujuan
pendidikan, bahan pengajaran dan metode serta evaluasi pengajaran.
Sahabat ainamulyana.blogspot.com, Kegiatan
supervisi merupakan pengawasan pendidikan yang berkaitan dengan seluruh kegiatan
pembelajaran baik yang berhubungan dengan persiapan mengajar maupun yang berhubungan
dengan pelaksanaannya serta berkaitan juga dengan penilaian atau evaluasi setelah
melakukan pengajaran yang dilakukan oleh petugas yang berwenang yang biasa
disebut dengan supervisor atau pengawas.
Supervisi akademik pada dasarnya
merupakan bagian dari kajian bidang supervisi, sehingga sebelum menuju pada devinisi
supervisi akademik maka kita harus mengetahui apa itu supervsisi secara umum.
Banyak sekali devinisi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai apa itu
supervisi, secara etimologi kata supervisi diambil dari bahasa Inggris yaitu Supervision
yang artinya pengawasan dibidang pendidikan, sedangkan orang yang melakukan kegiatan
supervsisi disebut dengan supervisor. Sedangkan jika ditinjau dari segi
morfologisnya kata supervisi bersal dari dua kata, yakni super berarti atas, lebih
dan visi berarti lihat, tilik, awasi. Sedangkan dalam sisi semantiknya hal ini tergantung
dari sesorang yang mendefinisikannya. Berikut paparan beberapa ahli:
a)
Willes (1987) merumuskan bahwa supervisi sebagai bantuan pengembangan situasi
mengajar dan belajara menjadi lebih baik.
b)
Adam dan Dickey merumuskan bahwa supervisi sebagai pelayan khususnya menyangkut
perbaikan proses belajar mengajar.
c)
Willes (1987) menyebutkan “Supervision is assistance in the development of
better teaching learning situation”.
d)
Sedangkan dalam pandangan Depdiknas (1994) merumuskan supervisi sebagai pembinaan
yang diberikan kepada seluruh staff sekolah agar mereka dapat meningkatakan kemampuan
untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik.
Sehingga dapat disimpulkan
bahwa supervisi adalah kegiatan yang berupa bimbingan kepada bawahan untuk mengembangkan
dan menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan tujuan yang
diharapakan . Sedangkan untuk objek supervisi, maka dapat dikategorikaan
sebagai berikut
a)
Supervisi akademik atau supervisi pembelajaran, yaitu kegiatan supervisi yang
menitik beratkan pengamatan supervisor pada masalah-masalah akademik, yaitu hal-hal
yang langsung berada dalam lingkungan kegiatan pembelajaran pada waktu siswa sedang
dalam proses mempelajari sesuatu, dan ini yang akan menjadi bahasan penulis
dalam mengkaji kegiatan supervisi di LPI Sari Bumi Full Day School Sidoarjo.
b)
Supervisi administrasi, yaitu menitik beratkan pengamatan supervisor pada
masalah-masalah administrasi yang berfungsi sebagai pendukung dan pelancar
terlaksananya pembelajaran.
c)
Supervisi lembaga atau supervisi institusional, yaitu pengamatan supervisor pada
aspek-aspek yang berada diseluruh sekolah. Jika Supervisi akademik menitik untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran, maka supervisi lembaga untuk meningkatkan
nama baik sekolah atau kinerja sekolah secara keseluruhan.
Dengan demikian, supervisi
akademik adalah kegiatan untuk meningkatakan proses pembelajaran untuk peningkatan
mutu proses dan hasil pembelajaran. Untuk pelaksanaannya (supervisi akademik) dapat
dilakukan dengan multipendekatan dan multimetode, tegantung dari masalah yang
terdapat dilapangan.
Sebelum Admin membagikan Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum
Merdeka Jenjang TK PAUD, terlebih dahulu admin akan berbagi informasi
tentang tujuan dan fungsi supervisi akademik. Kegiatan Supervisi Akademik tentu memiliki tujuan yang hendak dicapai
dalam rangka membantu guru-guru untuk meningkatkan kemampuan profesional,
adapun tujuan supervisi akademik sebagai berikut:
a.
Membantu guru dalam mengembangkan kompetensinya yaitu pedagogik, kepribadian,
sosial dan professional.
b.
Membantu guru dalam mengembangkan kurikulum yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP), kegiatan inti, metode/strategi, alat/media pembelajaran, penilaian dan
lain-lain.
c.
Membantu guru dalam membimbing penelitian tindakan kelas (action research)
untuk meningkatkan kualitas/ mutu pembelajaran.
d.
Membantu guru dalam meningkatkan kemampuan penampilan di depan kelas, dalam
pengelolaan kelas.
e.
Membantu guru menemukan kesulitan belajar peserta didiknya dan akan
merencanakan tindakan-tindakan perbaikannya.
f.
Membantu guru agar lebih mengerti dan menyadari tujuan-tujuan di sekolah, dan
fungsi sekolah dalam upaya mencapai tujuan pendidikan.
g.
Untuk membantu melaksanakan kepemimpinan efektif dengan cara yang demokratis dalam
rangka meningkatkan kegiatan-kegiatan profesional di sekolah, dan hubungan antara
staff yang kooperatif untuk bersama-sama berkemampuan memajukan pendidikan di
sekolahnya masing-masing.
h.
Menghindari tuntutan-tuntutan terhadap guru yang di luarbatas atau tidak wajar,
baik tuntutan itu datangnya dari dalam sekolah maupun dari luar sekolah.
Tujuan supervisi akademik dalam
pendidikan adalah mengembangkan situasi belajar dan mengajar yang lebih baik
melalui pembinaan dan peningkatan profesi mengajar. Jadi kata kunci supervisi
seperti yang dijelaskan di atas adalah memberikan bantuan dan layanan kepada guru-guru.
Supervisi yang dilakukan untuk mengembangkan situasi belajar dan mengajar yang
dilakukan oleh guru di kelas maupun di luar kelas.
Adapun materi supervisi
akademik yang dilakukan kepala sekolah atau pengawas di Sekolah antara lain
meliputi: a) Perencanaan, pengelolaan, pengorganisasian dan penilaian kegiatan
pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas; b) Aspek perencanaan kegiatan
pembelajaran yang diperhatikan dalam supervisi meliputi kemampuan guru menyusun
perangkat perencanaan kegiatan belajar mengajar (analisis program tahunan, program
semester dan evaluasi); c) Aspek yang diperhatikan dalam supervisi akademik meliputi
kemampuan guru dalam memilih strategi, metode dan juga alat dan sumber belajar;
d) Aspek perorganisasian kegiatan pembelajaran yang diperhatikan dalam
supervisi akademik meliputi kemampuan guru dalam mengelola aktivitas dan
partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Untuk Bapak/Ibu kepala
sekolah dan atau pengawas sekolah berikut ini Contoh Instrumen Supervisi
Akademik Kurikulum Merdeka Jenjang TK PAUD dalam format Excel dan PDF yang
dapat digunakan apabila instrumen ini dirasakan memiliki manfaat dengan tujuan
supervise yang akan dilakukan.
Link download Format Instrumen Supervisi Akademik
Kurikulum Merdeka Jenjang TK PAUD pdf (DISINI)
Link download Format Instrumen Supervisi Akademik
Kurikulum Merdeka Jenjang TK PAUD excel (DISINI)
Dermikian infomasi tentang Contoh atau Format Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka Jenjang TK PAUD Semoga
ada manfaatnya, terima kasih. (https://ainamulyana.blogspot.com/)