Latihan Soal dan Pembahasan ABM SMP MTS. Sebagaimana diketahui Asesmen
Bakat dan Minat Pusmendik (ABM) merupakan asesmen yang mengukur potensi
seseorang yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang pada
bidangbidang khusus dan minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu
jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. ABM diharapkan dapat menempatkan siswa
pada bidang keahlian yang tepat sehingga menimbulkan motivasi dan kenyamanan
dalam proses pembelajaran.
Aspek yang diukur dalam
Asesmen Bakat terdiri atas kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial,
mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa serta dilengkapi dengan Asesmen Minat.
Berbeda dari tes prestasi
yang mengukur pengetahuan akademik, ABM disusun tidak berdasar silabus mata
pelajaran tertentu sehingga dalam menjawab soal lebih tergantung pada daya
nalar. Prosedur pengembangan butir soal ABM sudah terstandar sehingga
menghasilkan soal-soal yang valid dan terkalibrasi. Melalui soal yang terkalibrasi
tersebut, hasil asesmen dari beberapa subtes, waktu, dan paket yang berbeda akan
dapat dibandingkan. Asesmen bakat dirancang untuk memprediksi keberhasilan siswa
pada jurusan yang dikehendaki. Akurasi prediksi keberhasilan siswa pada jenjang/kelas
yang lebih tinggi dapat terlihat berdasarkan hasil asesmen. Asesmen minat dirancang
untuk mengetahui ketertarikan siswa pada bidang-bidang tertentu. Penggunaan tes
prestasi, asesmen bakat, dan asesmen minat secara bersama akan memberikan gambaran
kemampuan siswa secara lebih lengkap.
Salah satu langkah yang
dilakukan Pusmendik dalam membantu sekolah untuk mengetahui gambaran bakat dan
minat siswa adalah melalui pelayanan ABM. Pelayanan ABM diselenggarakan untuk
sekolah-sekolah jenjang SMP di seluruh Kota dan Kabupaten melalui asesmen
berbasis komputer (Computerized Based Test - CBT) secara daring.
Juga perlu diktahui
bahwa Pelayanan ABM di sekolah bertujuan untuk memberikan informasi ke sekolah mengenai
potensi siswa pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian
dengan minatnya. ABM juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan seseorang jika
diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi
atau pada situasi yang baru. Pelayanan ABM tahun 2024 ditawarkan kepada seluruh
SMP/MTs kelas IX di seluruh Indonesia.
Latihan Soal dan Pembahasan ABM SMP MTS Tahun 2023/2024
Berikut Contoh Latihan Soal dan Pembahasan ABM SMP MTS. Desain soal latihan ini sebagai hasil pelatihan membuat soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa digunakan untuk sekedar memberikan persiapan berlatih mempelajari Latihan Soal dan Pembahasan ABM SMP MTS ala games.
DILARANG MENGCOPY
Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!
(1)
Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah
salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal memiliki
bobot 1);
(3)
Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan jawaban dapat dilihat langsung pada notifikasi. Selamat mencoba.
31. Setiap siswa peserta kesenian adalah peserta bela diri atau renang.Tidak ada peserta bela diri atau renang yang
bukan peserta melukis. Inda bukan peserta melukis.
A. Inda adalah bukan peserta bela diri maupun kesenian
B. Inda adalah peserta melukis dan bukan peserta kesenian
C. Inda adalah bukan peserta kesenian, tetapi peserta renang
D. Inda adalah peserta renang dan bukan peserta melukis
E. Inda adalah bukan peserta kesenian tetapi peserta bela diri
32. Anggota yang memiliki anak lebih dari tiga orang menerima piagam dan
hadiah. Dedo menerima piagam organisasi, tetapi tidak menerima hadiah….
A. Dedo adalah anggota organisasi yang anaknya kurang dari tiga orang
B. Dedo adalah anggota organisasi yang anaknya lebih dari tiga orang
C. Dedo adalah anggota organisasi yang berhak menerima hadiah
D. Dedo adalah bukan anggota organisasi yang berhak menerima hadi
E. Dedo adalah bukan anggota yang anaknya lebih dari tiga orang
33. Semua sopir bus sering mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan
tinggi. Sebagian sopir bus
yang sering mengemudikan
kendaraannya dengan kecepatan tinggi, tidak pernah mengantuk saat
mengemudi.
A. Semua yang tidak pernah mengemudikan mobilnya dengan kecepatan tinggi
bukan sopir bus
B. Semuayangtidakpernahmengantuksaatmengemudikankendaraannyabukansopir bus
C. Semua sopir bus tidak pernah mengantuk saat mengemudikan kendaraannya
D. Sebagian sopir bus pernah mengantuk saat mengemudikan kendaraannya
E. Sebagiansopirbusmengantuksaatmengemudikankendaraannyadengankecepatan tinggi
34. Semua
pohon bercabang dan berakar. TanamanAberakar,tetapitidak bercabang. Kesimpulan yang tepat
adalah ...
A. TanamanAadalahpohonyang berakar
B. TanamanAadalahpohonyangtidak bercabang
C. TanamanAadalahpohonyang berakar dan tidak
bercabang.
D. TanamanAadalahbukanpohon bercabang
E. TanamanAadalahbukanpohon bercabang
35. Semua santri pandai berbahasa Arab. SantriyangpandaiberbahasaArab pandai pula berpidato. Sebagiansantriyangpandaiberpidato tidak suka matematika.
A. Sebagian santri tidak suka matematika dan tidak pandai berbahasa Arab
B. Sebagiansantrisukamatematikadan pandai berbahasa
Arab
C. Sebagian santri suka
matematika tetapi tidak pandai berbahasa Arab
D. Sebagiansantrisukamatematikadan tidak pandai
berbahasa Arab
E. Sebagiansantrisukamatematika tetapi tidak suka berbahasa Arab.
36. EnamorangsiswayaituAmir,Kiki,Shafira,Ali,Wahyu,DanRara inginmengikutilatihan olahraga.Jadwalolahragayangtersedia:basketdankaratehariSelasa,badmintondan renang hari Kamis, baseball dan tenis meja hari Jumat.
1.Setiap
anak hanya bisa mengikuti paling banyak
satu jenis olehraga dalam satu hari.
2.Amir
dan Shafira diwajibkan orang tua mereka untuk mengikuti olahraga renang.
3.Rara
dan Kiki telah bersepakat untuk memilih olahraga badminton.
4.Hanya
Rara dan Wahyu yang tidak mengikuti olah raga basket.
5.Rara
tidak memilih tenis meja.
Olahraga apa yang
bisa dilakukan oleh Rara dan Shafira secara bersamaan?…