Buku Panduan Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2024 telah diterbitkan seiring dengan telah dirilisnya jadwal pendaftaran CPNS Sekolah Kedinasan Tahun Anggran 2024 yang di dimulai 15 Mei 2024 sampai 13 Juni 2024.
Pendaftaran Sekolah
Kedinasan Tahun Anggaran 2024 melalui dikdin.bkn.go.id merupakan bagian dari
pendaftaran CPNS, karena para lulusan Sekolah Kedinasan yang mendapat alokasi
khusus ini akan ditempatkan sebagai CPNS. Adapun sekolah kedinasan yang akan
diberikan alokasi formasi khusus adalah Politeknik Keuangan Negara STAN,
Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara
(STIN), Politeknik Siber dan Sandi Negara, Politeknik Statistika STIS,
Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi, 22 sekolah kedinasan di
bawah naungan Kementerian Perhubungan, serta Sekolah Tinggi Meteorologi,
Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).
Dalam Buku petunjuk
dinyatakan bahwa pelamar wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan
dan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki
persyaratan yang berbeda. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah
mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari : 1)
Kartu Keluarga; 2) Kartu Tanda Penduduk (KTP); 3) Ijazah; 4) Rapor
SMA/Sederajat; 5) Pas foto; dan Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi
yang akan dilamar.
Adapun Juknis Pendaftaran
sekolah kedinasan formasi khusus ini adalah sebagai berikut:
1.
Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat: https://dikdin.bkn.go.id
2.
Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan,
membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat:
https://daftar-dikdin.bkn.go.id
3.
Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah
didaftarkan
4.
Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan
melengkapi form isian. Perlu diketahui bahwa Pelamar hanya dapat melamar di 1
(satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan
yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan
5.
Pelamar memasukkan Nilai
6.
Pelamar melengkapi Biodata
7.
Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
8.
Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)
9.
Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah
10.
Pelamar mengecek hasil verifikasi
11.
Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai
kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di
web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih
12.
Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan
mendapatkan Kartu Ujian
13.
Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
14.
Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi
15.
Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap
menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya
Berikut ini Jadwal Pendaftaran
dan Seleksi Sekolah Kedinasan Tahun Anggaran 2024 melalui dikdin.bkn.go.id telah
dirilis melalui Surat Edaran Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor:
3381/B-KS.04.01/SD/K/2024 tertanggal 8 Mei 2024 tentang Jadwal Seleksi
Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan Tahun Anggaran 2024.
1.
Pengumuman Seleksi tanggal 14 s.d. 28 Mei 2024
2.
Pendaftaran Seleksi tanggal 15 Mei s.d. 13 Juni 2024
3.
Seleksi Administrasi tanggal 15 Mei s.d. 17 Juni 2024
4.
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi tanggal 18 s.d. 20 Juni 2024
5
Penarikan Data Final tanggal 21 s.d. 23 Juni 2024
6
Pembuatan Kode Billing PNBP tanggal 24 s.d. 26 Juni 2024
7
Pembayaran PNBP tanggal 27 Juni s.d. 5 Juli 2024
8
Validasi Data Peserta yang Membayar PNBP tanggal 6 s.d. 8 Juli 2024
9.
Penjadwalan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tanggal 9 s.d. 12 Juli 2024
10.
Pengumuman Daftar Peserta, Waktu, dan Tempat SKD tanggal 13 s.d. 17 Juli 2024
11
Pelaksanaan SKD 18 Juli s.d. 6 Agustus 2024
12.
Pengolahan Nilai SKD 23 Juli s.d. 9 Agustus 2024
13,
Pengumuman Hasil SKD 10 s.d. 13 Agustus 2024
14.
Pembuatan Kode Billing PNBP Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN tanggal 14 s.d. 15
Agustus 2024
15.
Pembayaran PNBP Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN (*) tanggal 16 s.d. 22 Agustus
2024
16.
Validasi Data Peserta yang Membayar PNBP Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN tanggal
23 s.d. 24 Agustus 2024
17.
Penjadwalan Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN tanggal 25 s.d. 26 Agustus 2024
18.
Pengumuman Daftar Peserta, Waktu dan Tempat Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN tanggal
27 s.d. 29 Agustus 2024
19.
Pelaksanaan Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN tanggal 30 s.d. 31 Agustus 2024
20.
Pelaksanaan Seleksi Lanjutan Non CAT BKN tanggal 14 Agustus s.d. 12 September 2024
21.
Input Hasil Seleksi Lanjutan Non CAT BKN ke SSCASN tanggal 13 s.d. 27 September
2024
22.
Pengumuman Kelulusan Akhir oleh Kementerian/Lembaga tanggal 28 s.d. 30
September 2024
Menpan Abdullah Azwar Anas, mengharapkan
agar para lulusan SMA MA SMK Sederajat menggunakan kesempatan pendaftaran CPNS
melalui seleksi kedinasan ini dengan sebaik-bainya, karena negara membutuhkan
talenta-talenta masa depan yang unggul untuk membangun negeri ini. Ia juga
menghimbau agar semua pihak untuk tidak mempercayai apabila ada orang yang
mengaku bisa membantu atau bahkan menjamin kelulusan menjadi mahasiswa atau
taruna sekolah kedinasan.
Apabila ada yang mengaku
bisa membantu kelulusan bisa dipastikan itu hoaks, karena dalam seleksi ini tidak
ada titip-menitip. Seleksi dilakukan online melalui sistem Computer Assisted
Test (CAT) yang transparan dan akuntabel.
Berikut ini Buku Juknis Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2024
Link download Panduan Pendfataran Sekolah Kedinasan Tahun 2024
Demikian informasi tentang Buku
Panduan Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya terima kasih.