Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbud Nomor 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Edisi Tahun 2024 diterbitkan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 11 ayat (1) Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Dengan diberlakukannya Keputusan
Kepala BSKAP Kemendikbud Nomor 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Edisi
Tahun 2024, maka Keputusan Kepala BSKAP tahun sebelumnya tentang Capaian Pembelajaran
pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan
Menengah pada Kurikulum Merdeka dinyatakan dicabut atau tidak berlaku.
Isi Keputusan Kepala BSKAP
Kemendikbud Nomor 032/H/KR/2024 menyatakan Menetapkan Capaian Pembelajaran pada
Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah
pada Kurikulum Merdeka meliputi:
a.
Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini sebagaimana tercantum dalam
Lampiran I;
b.
Capaian Pembelajaran pada SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA sebagaimana tercantum dalam
Lampiran II;
c.
Capaian Pembelajaran pada SMK/MAK sebagaimana tercantum dalam Lampiran III;
d.
Capaian Pembelajaran pada Program Paket A/Program Paket B/Program Paket C
sebagaimana tercantum dalam Lampiran IV; dan
e.
Capaian Pembelajaran pada TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB sebagaimana tercantum dalam
Lampiran V, yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Kepala Badan
ini.
Capaian Pembelajaran dirumuskan
untuk setiap mata pelajaran. Capaian Pembelajaran merupakan Capaian Pembelajaran
Fase Fondasi pada pendidikan anak usia dini. Capaian Pembelajaran pada SD/MI,
SMP/MTs, SMA/MAterdiri atas:
a.
Capaian Pembelajaran pada Fase A untuk kelas I sampai dengan kelas II pada
sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, program paket A, atau bentuk lain yang
sederajat;
b.
Capaian Pembelajaran pada Fase B untuk kelas III sampai dengan kelas IV pada
sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, program paket A, atau bentuk lain yang
sederajat;
c.
Capaian Pembelajaran pada Fase C untuk kelas V sampai dengan kelas VI pada
sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, program paket A, atau bentuk lain yang
sederajat;
d.
Capaian Pembelajaran pada Fase D untuk kelas VII sampai dengan kelas IX pada
sekolah menengah pertama, madrasah tsanawiyah, program paket B, atau bentuk
lain yang sederajat;
e.
Capaian Pembelajaran pada Fase E untuk kelas X pada sekolah menengah atas, sekolah
menengah kejuruan, madrasah aliyah, madrasah aliyah kejuruan, program paket C,
atau bentuk lain yang sederajat; dan
f.
Capaian Pembelajaran pada Fase F untuk:
1.
kelas XI sampai dengan kelas XII pada sekolah menengah atas, madrasah aliyah, program
paket C, atau bentuk lain yang sederajat dan sekolah menengah kejuruan atau madrasah
aliyah kejuruan program 3 (tiga) tahun; dan
2.
kelas XI sampai dengan kelas XIII pada sekolah menengah kejuruan atau madrasah aliyah
kejuruan program 4 (empat) Tahun.
Capaian Pembelajaran pada
TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB
a.
Capaian Pembelajaran pada Fase fondasi pada TKLB;
b.
Capaian Pembelajaran pada Fase A untuk usia mental < 7 Tahun pada Kelas I
dan Kelas II SDLB;
c.
Capaian Pembelajaran pada Fase B untuk usia mental ± 7 Tahun pada Kelas III dan
Kelas IV SDLB;
d.
Capaian Pembelajaran pada Fase C untuk usia mental ± 8 Tahun pada Kelas V dan
Kelas VI SDLB;
e.
Capaian Pembelajaran pada Fase D untuk untuk usia mental ± 9 Tahun pada Kelas
VII sampai dengan Kelas IX SMPLB;
f.
Capaian Pembelajaran pada Fase E untuk untuk usia mental ± 10 Tahun pada kelas
X SMALB; dan
g.
Capaian Pembelajaran pada Fase F untuk untuk usia mental ± 10 Tahun pada kelas
XI-XII SMALB.
Capaian Pembelajaran pada fase
A disusun selaras dengan Capaian Pembelajaran pada fase fondasi untuk
memastikan transisi pembelajaran yang berkesinambungan dari PAUD ke SD dengan memperhatikan
6 (enam) kemampuan fondasi sebagai berikut:
a.
mengenal nilai agama dan budi pekerti;
b.
kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar;
c.
keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman
sebaya dan individu lainnya;
d.
pemaknaan terhadap belajar yang positif;
e.
pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri yang memadai untuk dapat berpartisipasi
di lingkungan sekolah secara mandiri; dan
f.
kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar.
Link download Keputusan Kepala
BSKAP Kemendikbud Nomor 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Edisi Tahun2024
Demikian informasi tentang Keputusan
Kepala BSKAP Kemendikbud Nomor 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran pada
jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Semoga ada manfatnya