Keputusan Kepala BSKAP Nomor 031/H/KR/2024 Tentang Kompetensi dan Tema P5 pada jenjang TK SD SMP SMA SMK merupakan dasar hukum penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Isi Keputusan Kepala BSKAP Nomor
031/H/KR/2024 menyatakan Menetapkan Kompetensi pada Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila sebagaimana tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan
dari Keputusan Kepala Badan ini.
Sedangkan pada bagian kedua
bahwa menyatakan menetapkan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagaimana
tercantum dalam Lampiran II yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari
Keputusan Badan ini.
Intinya Keputusan Kepala BSKAP
Nomor 031/H/KR/2024 adalah selain menatapkan Tema P5 pada jenjang SD SMP SMA
SMK, juga menetapkan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Pendidikan
Anak Usia Dini.
Adapun Tema Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila di Pendidikan Anak Usia Dini
1. Aku Sayang Bumi
Tema
ini bertujuan untuk mengenalkan peserta didik tentang pentingnya menjaga lingkungan.
Tema ini juga membangun pemahaman tentang hubungan sebab akibat antara isu lingkungan
dengan aktivitas manusia. Pemahaman ini akan membangun kesadaran untuk memiliki
gaya hidup yang ramah lingkungan. Tema ini selaras dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan
di jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
2. Aku Cinta Indonesia
Tema
ini bertujuan membangun wawasan dan kebanggaan peserta didik terhadap keragaman
budaya Indonesia, serta kebanggaan terhadap identitas dirinya sebagai warga negara
indonesia. Kemampuan ini merupakan dasar ketertarikan peserta didik mempelajari
lebih lanjut mengenai konsep dan nilai-nilai dibalik kesenian dan tradisi
lokal, serta merefleksikan nilai-nilai yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan
mereka. Tema ini selaras dengan Tema Kearifan Lokal yang digunakan di jenjang
Pendidikan Dasar dan Menengah.
3. Kita Semua Bersaudara
Tema
ini bertujuan membangun nilai-nilai budi pekerti yang diperlukan untuk dapat berinteraksi
dengan teman sebaya, menghargai perbedaan, mampu berbagi dan bekerja sama. Kemampuan
ini merupakan fondasi untuk sikap positif terhadap keberagaman. Tema ini selaras
dengan Tema Bhinneka Tunggal Ika yang digunakan di jenjang Pendidikan Dasar dan
Menengah.
4. Imajinasi dan Kreativitasku
Tema
ini bertujuan untuk membangun kemampuan peserta didik untuk bereksplorasi, berkreasi,
dan berinovasi serta memiliki keluwesan berpikir. Kemampuan ini akan menjadi fondasi
bagi peserta didik untuk kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk
berteknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya. Tema ini selaras dengan
Tema Rekayasa dan Teknologi yang digunakan di jenjang Pendidikan Dasar dan
Menengah.
Adapun Tema Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila P5 di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (SD SMP
SMA SMK Sederajat) adalah sbb:
1. Gaya Hidup Berkelanjutan
Peserta
didik memahami potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitar,
serta memiliki kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya. Pemahaman tersebut diharapkan
membangun kesadaran peserta didik untuk bersikap dan berperilaku lebih bijak dengan
mempertimbangkan dampak pada individu, lingkungan, dan masyarakat di sekitarnya,
jangka pendek maupun jangka panjang. Selain dampak terkait kelestarian alam,
juga terhadap aspek ekonomi, kualitas hidup, ketahanan, serta keadilan sosial.
Tema ini ditujukan untuk jenjang SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA, SMK/SMKLB/MAK,
dan sederajat.
2. Kearifan Lokal
Peserta
didik membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi budaya
dan kearifan lokal masyarakat sekitar. Menelusuri sejarah perkembangan masyarakat
lokal/daerahnya, menggali konsep dan nilai-nilai di baliknya, lalu merefleksikan
nilai dasar yang dapat diambil untuk diterapkan dalam kehidupan mereka. Termasuk
menggunakannya untuk dikembangkan sesuai dengan konteks saat ini, dan untuk
perbaikan diri, sosial, dan alam. Tema ini ditujukan untuk jenjang SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs,
SMA/SMALB/MA, SMK/SMKLB/MAK, dan sederajat.
3. Bhinneka Tunggal Ika
Peserta
didik memahami dan mempromosikan budaya perdamaian, menjunjung kemanusiaan, dan
anti kekerasan, belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman serta
nilai-nilai ajaran yang dianutnya. Peserta didik juga memahami perspektif berbagai
agama dan kepercayaan, keragaman suku dan etnis secara kritis dan reflektif
menelaah berbagai stereotip negatif dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan
kekerasan. Tema ini ditujukan untuk jenjang SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA,
SMK/SMKLB/MAK, dan sederajat.
4. Bangunlah Jiwa dan
Raganya
Peserta
didik mengenali dan memahami bagaimana memelihara dan menjaga kesehatan fisik
dan mental dengan merefleksikan pengenalan dan pengalaman diri maupun lingkungan.
Pemahaman tersebut digunakan untuk membangun keterampilan dan kesadaran untuk mencapai
kesejahteraan diri (wellbeing) dan lingkungan yang sehat sehingga peserta didik
disarankan megeksplorasi Isu kesehatan seperti perilaku hidup bersih, aktif, dan
sehat, narkoba, pornografi, kesehatan reproduksi, kesehatan mental, pertolongan
pertama, perundungan, interaksi sosial secara daring maupun langsung, kekerasan
seksual, hingga pemahaman atas layanan kesehatan. Tema ini ditujukan untuk jenjang
SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA, SMK/SMKLB/MAK, dan sederajat.
5. Suara Demokrasi
Peserta
didik menggunakan kemampuan berpikir sistem, menjelaskan keterkaitan antara
peran individu terhadap kelangsungan demokrasi Pancasila. Melalui pembelajaran ini
peserta didik merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi
serta tantangannya dalam konteks yang berbeda, termasuk dalam organisasi
sekolah, masyarakat dan/atau dalam dunia kerja. Tema ini ditujukan untuk jenjang
SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA, SMK/SMKLB/MAK, dan sederajat.
6. Kewirausahaan
Peserta
didik menumbuhkembangkan kreativitas dan budaya kewirausahaan sebagai upaya pencarian
solusi terkait aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat. Peserta didik
membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi
individu yang terampil mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan
masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut dan aktif mencari solusi. Tema
ini ditujukan untuk jenjang SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA, dan sederajat.
(Karena jenjang SMK/MAK sudah memiliki mata pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan,
maka tema ini tidak menjadi pilihan untuk jenjang SMK.)
7. Rekayasa dan Teknologi
Peserta
didik melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati
untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan diri
dan sekitarnya. Peserta didik dapat membangun budaya smart society dengan
menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan penerapan
teknologi, mensinergikan aspek sosial dan aspek teknologi. Tema ini ditujukan untuk
jenjang SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA, SMK/SMKLB/MAK, dan sederajat.
8. Kebekerjaan
Peserta
didik memahami dunia kerja yang relevan dengan keahliannya dari berbagai aspek.
Peserta didik mengidentifikasi permasalahan dan membangun pemahaman tentang ketenagakerjaan,
terkait berbagai hal seperti hak dan kewajiban, keselamatan kerja, hingga etika
dan profesionalitas dalam bekerja. Termasuk tentang peluang kerja, serta kesiapan
kerja. Dalam projeknya, peserta didik juga akan mengasah kesadaran sikap dan perilaku
sesuai dengan standar yang dibutuhkan di dunia kerja. Tema ini ditujukan
sebagai tema wajib khusus jenjang SMK/MAK.
Bagi yang membutuhkah
berikut ini salian Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen
Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Keputusan
Kepala BSKAP) Nomor 031/H/KR/2024 Tentang Kompetensi dan Tema Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila
Link download (disini)
Demikian informasi tentang Keputusan
Kepala BSKAP Nomor 031/H/KR/2024 Tentang Kompetensi dan Tema Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila. Semoga ada manfaatnya.