Latihan Soal Tes PPPK Formasi Pengadministrasi Perkantoran Tahun 2024 2025 PDF. Administrasi perkantoran merupakan serangkaian aktivitas rutin dalam sebuah organisasi yang berhubungan dengan pengelolaan data dan informasi guna mencapai tujuan organisasi tersebut dengan sistematik.
Jika dilihat secara
etimologi, kata “Administrasi” berasal dari bahasa Latin, yaitu “Ad” yang
berarti intensif dan “ministrare” atau yang jika diartikan dalam bahasa
Indonesia mempunyai arti membantu, melayani, atau memenuhi. Perlu kita ketahui
bersama, pengertian administrasi perperkantoranan dibagi menjadi dua, yaitu
pengertian administrasi perkantoran secara luas dan administrasi perkantoran
secara sempit.
Dalam arti sempit, administrasi
perkantoran merupakan semua kegiatan teknis dan memiliki peranan pokok dalam
pelaksanaan kegiatan operatif, menyajikan laporan pada direksi, dan berperan
penting dalam menciptakan organisasi pemerintahan dengan lebih efektif.
Sedangkan dalam arti luas,
administrasi perkantoran bisa dipahami sebagai aktivitas perencanaan,
mengorganisir, mengarahkan, menyelenggarakan, dan mengawasi berbagai pekerjaan
yang berhubungan dengan ruang lingkup di kantor serta tata usaha yang tertib
dan baik.
Dengan demikian,
administrasi perkantoran merupakan kegiatan perencanaan keuangan, penagihan dan
pencatatan, personalia, dan distribusi barang serta logistik dalam sebuah
organisasi. Umumnya, seorang karyawan yang bertugas sebagai administrasi
perkantoran disebut sebagai administrator kantor atau manajer kantor.
Berkut ini Latihan Soal Tes PPPK Formasi Pengadministrasi
Perkantoran Tahun 2024 2025 PDF yang dapat didownload melalui link yang
tersedia.
1. Sistem atau proses dan
kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan sumberdaya
manusia untuk mencapai tujuan adalah .....
a. Admnistrasi
b. Pengorganisasian
c. Manajemen
d. Pengarahan
e. Perencanaan
Jawaban: C
2. Administrasi perkantoran
adalah proses kerjasama di dalam kantor untuk mencapai tujuan kantor yang telah
ditetapkan dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen adalah pengertian
administrasi perkantoran menurut ...............
a. William Spriegel
b. Ernest Davies
c. Dr. SP. Siagian
d. George R. Terry
e. Dra. Suparjati
Jawaban E
3. Manajemen adalah
kemampuan/keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka mencapai
tujuan melalui orang lain, definisi manajemen menurut ….
a. Dr. SP. Siagian
b. William Spriegel
c. Dra. Suparjati
d. George R. Terry
e. Arthur Granger
Jawaban A
4. Administrasi perkantoran
merupakan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan kantor
serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah
ditetapkan, definisi menurut....
a. George Terry
b. Arthur Grager
c. Ulbert
d. WH Evans
e. Ernest Davies
Jawaban: A
5. Menurut KBBI, adalah
balai (gedung, rumah, ruang) tempat mengurus suatu pekerjaan (pemerintahan),
tempat bekerja merupakan definisi dari ....
a. Kantor
b. Gedung
c. Rumah
d. Kelas
e. Ruang
Jawaban A
6. Kegiatan menghimpun,
mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan keterangan yang
diperlukan adalah arti dari .............
a. Tata usaha
b. Humas
c. Manajemen
d. Perbekalan
e. Komunikasi
Jawaban: A
7. Komunikasi adalah
adalah....
a. Kegiatan menyampaikan
informasi
b. Kegiatan surat menyurat
c. Kegiatan
menggerakkan/mengarahkan karyawan
d. Kegiatan adanya timbal
balik dari penyampaian informasi
e. Kegiatan mencatat,
mengolah, mengirim keterangan
Jawaban: D
8. Tugas dari humas dalam
administrasi perkantoran adalah ....
a. Menciptakan hubungan baik
dengan masyarakat sekitar
b. Memberikan informasi ke
karyawan
c. Memelihara, mengadakan,
menyimpan berbagai peralatan yang dibutuhkan
d. Mencatat, mengirim, menggandakan
keterangan-keterangan penting
e. Mengurusi hal-hal
pembelanjaan perkantoran
Jawaban: A
9. Tata usaha merupakan
unsur administrasi, kegiatan yang dilakukan dalam bagian tata usaha meliputi
....
a. Memelihara, mencatat
b. Menghimpun, memelihara
c. Menghimpun, mencatat
d. Mencatat, menyingkirkan
e. Mengadakan, mencatat
Jawaban: C
10. Perencanaan perkantoran
meliputi ..... , kecuali.....
a. Perencanaan gedung,
standar kualitas kerja
b. Penerangan, tata ruang
kantor
c. Anggaran, standar
kualitas kerja
d. Anggaran, waktu
e. Standar kualitas kerja,
perencanaan gedung
Jawaban C
11. Salah satu sarana dan
fasilitas kerja perkantoran yang merupakan bangunan dimana harus memenuhi
faktor keamanan, kesehatan, fasilitas memadai adalah....
a. Lokasi
b. Kantor
c. Ruang
d. Gedung
e. Bangunan
Jawaban: D
12. Kegiatan memastikan
bahwa sasaran dan hal yang telah direncanakan berjalan sesuai dengan harapan
atau target adalah .....
a. Perencanaan
b. Pengorganisasian
c. Pengamanan
d. Pengarahan
e. Pengawasan
Jawaban: E
13. Peralatan dibedakan
menjadi dua, perabot dan perbekalan/perlengkapan. Contoh perabot dan
perbekalan/perlengkapan yaitu .....
a. Meja, kursi, lemari,
brankas, rak
b. Alat tulis, tinta, kertas
c. Komputer, mesin fotokopi,
printer
d. Meja, kursi, lemari, alat
tulis, tinta
e. Komputer, printer, meja,
tinta
Jawaban D
14. Proses menentukan arah
kegiatan kantor, dengan cara meninjau kembali faktor-faktor yang mempengaruhi
tercapainya tujuan kantoradalah pengertian dari....
a. Perencanaan
b. Pengamanan
c. Pengorganisasian
d. Pengarahan
e. Pengawasan
Jawaban A
15. Pembagian tugas dan
pekerjaan agar lebih efisien dalam organisai/pemerintahan merupakan bagian dari
....
a. Manajemen
b. Pengawasan
c. Pengorganisasi
d. Pengarahan
e. Pengamanan
Jawaban C
16. Meja, kursi, rak,
laci-laci dan sebagainya yang terbuat dari kayu, besi atau apapun bahan
lainnya, yang mempunyai peranan penting dalam setiap kantor disebut ....
a. Interior
b. Lokasi
c. Mesin kantor
d. Gedung
e. Perabotan
Jawaban: E
17. Berikut ini adalah
fungsi kerja kantor, kecuali .....
a. Menerima informasi
b. Memberikan informasi
c. Menyiapkan kegiatan
d. Mengatur informasi
e. Merekam dan menyimpan
data
Jawaban: C
18. Menerapkan dan
mengembangkan kemampuan berkomunikasi, manajemen, mengelola dokumen, dan
mengelola adm. Keuangan merupakan .....
a. Fungsi kerja kantor
b. Tujuan administrasi
perkantoran
c. Fungsi kantor
d. Tujuan manajemen
perkantoran
e. Fungsi administrasi
perkantoran
Jawaban: B
19. Fungsi administrasi yang membutuhkan
pendapat dalam pengambilan keputusan, dan ketrampilan perkantoran yang memadai
(software penunjang pekerjaan) adalah...
a. Fungsi teknis
b. Fungsi analisis
c. Fungsi rutin
d. Fungsi interpersonal
e. Fungsi manajerial
Jawaban A
20. Yang tidak termasuk
fungsi administrasi adalah .....
a. Fungsi analisis
b. Fungsi interpersonal
c. Fungsi rutin
d. Fungsi teknis
e. Fungsi kantor
Jawaban E
21. Salah satu karakteristik
administrasi perkantoran yang dapat dilakukan dimana saja baik di kantor maupun
di luar kantor adalah .....
a. Bersifat pelayanan
b. Dilaksanakan oleh Semua
Pihak
c. Bersifat terbuka dan luas
d. Dilaksanakan organisasi
e. Bersifat terbimbing
Jawaban C
22. Pemusatan dari
kegiatan-kegiatan administrasi pada suatu bagian/unit tertentu adalah
pengertian dari .....
a. Azas campuran
b. Azas sentralisasi
c. Azas desentralisasi
d. Azas dekonsentralisasi
e. Azas gabungan
Jawaban B
23. Dapat mencegah duplikasi
fungsi merupakan .....
a. Kelebihan sentralisasi
b. Kekurangan desentralisasi
c. Kelebihan
dekonsentralisasi
d. Kelebihan desentralisasi
e. Kekurangan sentralisasi
Jawaban A
24. Perhatikan
kelebihan-kelebihan azas di bawah ini!
(a) Biaya pelaksanaan
pekerjaan kantor dapat dihemat
(b) Pengawasan dilaksanakan
secara efektif
(c) Sifat generalis para
pekerja dapat dikembangkan
(d) Dapat mencegah duplikasi
fungsi
(e) Menghindari penumpukan
pekerjaan
Dari data di atas, yang
merupakan kelebihan azas desentralisasi adalah .... a. (a), (b), (c)
b. (c), (d), (e)
c. (a), (c), (e)
d. (b), (c), (e)
e. (a), (d), (e)
Jawaban D
25. Mengumpulkan data, mencari
informasi, membuat kliping, serta mengumpulkan berita dan menyusunnya,
merupakan jenis pekerjaan kantor yaitu ....
a. Mencatat
b. Menghitung
c. Mengirim
d. Menyimpan
e. Menghimpun
Jawaban E
26. Berikut ini yang
merupakan hasil jasa atau produk pekerjaan kantor adalah .....
a. Surat, kaset, laporan
b. Formulir, laporan, faktur
c. Surat, formulir, kaset
d. Arsip, formulir, faktur
e. Surat, laporan, formulir
Jawaban D
27. Perhatikan data di bawah
ini!
i. Laporan informatif
ii. Laporan berkala
iii. Laporan tertulis
iv. Laporan analisa
v. Laporan rekomendasi
Yang termasuk laporan berdasarkan
isinya adalah ......
a. i, ii, iii
b. i, iv, v
c. iii, iv, v
d. ii, iii, v
e. i, iii, v
Jawaban B
28. Pembagian tugas lebih
jelas, spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan dimanfaatkan semaksimal
mungkin merupakan kelebihan dari bentuk organisasi .....
a. garis
b. staff dan garis
c. lini
d. fungsional
e. staff
Jawaban D
29. Bentuk organisasi yang
biasanya digunakan oleh organisasi yang masih kecil, karyawan sedikit dan
spesialisasi kerja belum begitu dipentingkan. Adalah bentuk organisasi .....
a. Bentuk garis
b. Bentuk garis dan staff
c. Bentuk organisasi
fungsional
d. Bentuk garis dan
fungsional
e. Bentuk fungsinal dan
garis
Jawaban A
30.
Pembagian tugas yang tepat dan penggunaan mesin kantor yang sebaik-baiknya.
Merupakan ....
a. Pentingnya sistem
perkantoran
b. Prinsip-prinsip sistem
perkantoran
c. Penyerdehanaan kerja
d. Prosedur perkantoran
e. Sistem perkantiran
Jawaban B
Berikut ini lanjutan Latihan Soal Tes PPPK Formasi Pengadministrasi
Perkantoran Tahun 2024 2025 PDF
31.
Saat sampai kantor, atasan tengah memarahi staf Anda. Apa yang akan Anda
lakukan....
a.
Menanyakan permasalahan kepada bawahan
b.
Menemui atasan anda untuk mengetahui permasalahan
c.
Mempertemukan atasan dan staf anda dalam sebuah pertemuan
d.
Mencari tahu permasalahan dan menentukan siapa yang salah dan benar di antara
kedua belah pihak.
e.
Mencari tahu permasalahan dan menentukan siapa hukuman apa yang pas dilakukan
Jawaban B
32.
Saat sedang mengerjakan pekerjaan penting, tiba-tiba Anda menemukan sebuah
kejanggalan pada sistem informasi yang Anda gunakan dan bisa berakibat bocornya
data pemerintahan ke publik. Bagaimana sikap Anda?
a.
Menyuruh semua rekan kerja untuk menghetikan penggunaan sistem itu
b.
Saat itu juga menghentikan sistem
c.
Melaporkan kepada atasan apakah harus menghentikan penggunaan sistem itu
d.
Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian menghentikan
penggunaan sistem itu
e.
Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian melaporkan ke
atasan tentang masalah pada sistem itu
Jawaban C
33.
Masalah paling vital dalam organisasi dan sering menjadi tantangan manajer..
a.
Masalah sistem dan prosedur kerja
b.
Masalah teknologi yang selalu berubah
c.
Masalah konsep dan perencanaan
d.
Masalah manusia dan perilakunya
e.
Masalah manusia dan keinginannya
Jawaban D,
34.
Dapat menjalani hubungan baik antaranggota organisasi, struktur anggota dapat
mengetahui tugas, kewajiban dan tanggung jawabnya, serta spesialisasi dalam
melakukan tugas merupakan manfaat dari..
a. Coordinating
b. Planning
c. Organizing
d. Actuating
e. Controlling
Jawaban C
35.
Saya ditugaskan memimpin tim kerja dengan batas waktu yang sangat ketat.
Anggota tim kerja memperlihatkan sikap tidak peduli dengan tugas yang diemban.
Sikap saya..
a.
Bekerja sendiri yang penting tugas selesai
b.
Mengancam mengeluarkan anggota yang tidak serius dari tim kerja
c.
Menasehati mereka agar sadar akan penyelesaian tugas yang diembannya
d.
Melaporkan mereka pada pimpinan agar diberi sanksi
e.
Membagi tugas secara adil dan memotivasi anggota. untuk menyelesaikannya
Jawaban E
36.
Anda diminta oleh direktur pemerintahan untuk menjadi ketua sekaligus
penanggung jawab sebuah tim di kantor, padahal Anda merasa belum pantas sebab
masih ada manajer yang dianggap lebih mampu. Sikap yang harus Anda lakukan
adalah..
a.
Mempertimbangkan permintaan tersebut dan minta saran/masukan dari manajer Anda
b.
Menerima permintaan tersebut dengan senang hati
c.
Menolak permintaan direktur tersebut
d.
Menolak permintaan dan mengusulkan manajer Anda saja kepada Direktur
e.
Menerima tawaran tersebut agar Anda bisa naik jabatan sejajar manajer Anda
Jawaban A,
37.
Atasan menawarkan kepada Anda bahwa Anda bisa naik jabatan. Namun Anda dimintai
sejumlah dana agar proses tersebut berjalan lancar. Sikap Anda adalah...
a.
Menolak tawaran itu dan mencoba mengajukan kenaikan jabatan dengan cara yang
baik/ikut seleksi
b.
Memberikan dana tersebut asal Anda bisa naik jabatan secepatnya
c.
Mempertimbangkan tawaran itu
d.
Melaporkan perbuatan atasan itu kepada laman pengaduan pemerintahan seperti
lapor.go.id
e.
Menerima tawaran itu, asalkan tidak ada orang lain yang mengetahuinya
Jawaban A,
38.
Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh manajemen tingkat menengah
yaitu..
a.
Konseptual melebihi top management
b.
Kemampuan personalia, teknis, dan konseptual di bawah lower management
c.
Kemampuan teknis melebihi lower management
e.
Teknis melebihi lower management dan top management dan tidak ada ketrampilan
manusiawi
e.
Konseptual melebihi lower management dan menekankan pada keterampilan manusiawi
Jawaban E
39.
Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian atas pengadaan
tenaga kerja, pengembangan kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan
hubungan kerja (PHK) dengan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran perorangan
disebut..
a.
Manajemen Administrasi
b.
Manajemen Produk
c.
Manajemen Keuangan
d.
Manajemen Personalia
e.
Manajemen Pemasaran
Jawaban D
40.
Menurut Anda, pemimpin yang mengambil keputusan tanpa melibatkan bawahan
disebut...
a.
Bebas
b.
Adil
c.
Otoriter
d.
Demokratis
e.
Persona
Jawaban C
41.
Prinsip "the right man on the right place" yang digunakan dalam
menetapkan seseorang untuk menempati suatu jabatan dalam organisasi merupakan
pelaksanaan dari fungsi..
A.
Controlling
B.
Planning
C.
Organizing
D.
Actuating
E.
Motivating
Jawaban C,
42.
Saat jam istirahat, ada seorang klien dari luar kota ingin menemui Anda. Klien
tersebut terburu-buru karena harus segera menuju bandara untuk pulang ke
daerahnya. Sikap Anda...
a. Segera menemuinya dan
menanyakan kepentingannya.
b. Tidak mau menemuinya
karena Anda sedang istirahat.
c. Menyuruhnya untuk
menunggu.
d. Meminta teman Anda untuk
menemuinya.
e. Menyuruhnya untuk kembali
lain kali saja.
Jawaban A
43.
Suatu hari ada seorang klien kebangsaan asing menemui Anda untuk berkonsultasi.
Anda tidak mengerti bahasa yang ia gunakan. Sikap Anda..
a.
Menolak untuk menemuinya karena takut tidak paham
b.
Menyuruh rekan anda yang memahami bahasa orang asing tersebut untuk menemuinya
c.
Meminta bantuan rekan Anda yang memahami bahasa orang asing tersebut untuk
menerjemahkan ketika Anda sedang berbicara dengannya
d.
Berpura-pura memahami pembicaraannya
e.
Meminta orang asing tersebut untuk datang lain kali dan membawa penerjemah
Jawaban C,
14.
Buah manga milik tetangga Anda berjatuhan dan mengenai genting rumah Anda
hingga berlubang. Sikap Anda adalah..
a.
Mendatangi tentangga Anda dan marah-marah
b.
Menyuruh tentangga Anda untuk menebang pohon mangganya.
c.
Mendatangi tentangga Anda dan meminta dengan sopan agar memangkas dahan-dahan
pohon yang berada di atas genting anda
d.
Meminta ijin kepada tentangga Anda untuk menebang dahan tersebut.
e.
Menebang pohon mangga tanpa sepengetahuan tetangga Anda
Jawaban C
45.
Rekan kerja Anda yang sedang cuti melahirkan meminta Anda untuk membawakan
barang- barangnya yang tertinggal di kantor. Sikap Anda..
a.
Segera mengantarkannya
b.
Menggunakan jasa kurir untuk mengantar
c.
Mengantarkannya sepulang kantor sekaligus menjenguk rekan Anda.
d.
Menolak karena pekerjaan Anda banyak
e.
Menyuruh rekan Anda yang lain untuk mengantar.
Jawaban C
46. Loyalitas merupakan
kualitas kesetiaan atau kepatuhan seseorang kepada orang lain atau sesuatu
(misalnya organisasi) yang ditunjukkan melalui :
a.
Ide dan pemikiran
b.
Sikap dan tindakan
c.
Ketaaatan dan pemikiran
d.
Integritas dan idealism
e.
Melaksanakan segala perintah atas
Jawaban B
47.
Ketika seorang pegawai memiliki sikap sesuai dengan makna loyal dan loyalitas,
maka secara otomatis ia akan merasa memiliki tanggung jawab yang besar terhadap
organisasinya, yang ditunjukkan dengan cara :
a.
Berani untuk mengembangkan berbagai inovasi demi kepentingan organisasi
b.
Berhati-hati dan lambat dalam mengerjakan tugas-tugasnya
c.
Mengerjakan apapun yang diperintahkan oleh atasan
d.
Mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan
d.
Loyal terhadap pimpinan
Jabwan A
48.
Sesuai Permenpan RB Nomor 38 tahun 2017 tentang Standar Jabatan ASN, bahwa
setiap ASN perlu memiliki 3 jenis kompetensi dalam pelaksanaan tugas jabatannya
yaitu :
a. Teknis, kepemimpinan dan
sosial kultural
b. Tugas, manajerial dan
sosial kultural
c. Teknis, leadership dan
sosial kultural
d. Teknis, manajerial dan
sosial kultural
e. Teknis, leadership dan
sosial emosional
Jawaba D
49.
Upaya untuk melakukan kerja terbaik sebagai bagian perilaku kompeten ASN yang
sesuai dibawah ini :
a.
harus melakukan adaptasi terhadap pekerjaan
b.
harus melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan
c.
harus melakukan adaptasi terhadap orang lain dan melakukan karya terbaik bagi
pekerjaannya
d.
harus melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan melakukan karya terbaik
bagi pekerjaannya
e.
harus melakukan adaptasi terhadap perkembangan zaman dan teknologi
jawaban C
50.
Yang tidak termasuk panduan perilaku loyal dalam Core Values ASN adalah :
a.
Memegang teguh ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah
b.
Melindungi segenap tumpah darah Indonesia dengan integritas dan semangat juang
yang tinggi
c.
Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan instansi dan Negara
d.
Menjaga rahasia jabatan dan negara
e.
Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.
Jawaban B
Demikian informasi tentang Latihan Soal Tes PPPK Formasi Pengadministrasi
Perkantoran Tahun 2024 2025 PDF. Semoga ada manfaatnya.