Soal Tes PPPK Formasi Pengadministrasi Perkantoran

Latihan Soal Tes PPPK Formasi Pengadministrasi Perkantoran Tahun 2024 2025 PDF


Latihan Soal Tes PPPK Formasi Pengadministrasi Perkantoran Tahun 2024 2025 PDF. Administrasi perkantoran merupakan serangkaian aktivitas rutin dalam sebuah organisasi yang berhubungan dengan pengelolaan data dan informasi guna mencapai tujuan organisasi tersebut dengan sistematik.

 

Jika dilihat secara etimologi, kata “Administrasi” berasal dari bahasa Latin, yaitu “Ad” yang berarti intensif dan “ministrare” atau yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia mempunyai arti membantu, melayani, atau memenuhi. Perlu kita ketahui bersama, pengertian administrasi perperkantoranan dibagi menjadi dua, yaitu pengertian administrasi perkantoran secara luas dan administrasi perkantoran secara sempit.

 

Dalam arti sempit, administrasi perkantoran merupakan semua kegiatan teknis dan memiliki peranan pokok dalam pelaksanaan kegiatan operatif, menyajikan laporan pada direksi, dan berperan penting dalam menciptakan organisasi pemerintahan dengan lebih efektif.

 

Sedangkan dalam arti luas, administrasi perkantoran bisa dipahami sebagai aktivitas perencanaan, mengorganisir, mengarahkan, menyelenggarakan, dan mengawasi berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan ruang lingkup di kantor serta tata usaha yang tertib dan baik.

 

Dengan demikian, administrasi perkantoran merupakan kegiatan perencanaan keuangan, penagihan dan pencatatan, personalia, dan distribusi barang serta logistik dalam sebuah organisasi. Umumnya, seorang karyawan yang bertugas sebagai administrasi perkantoran disebut sebagai administrator kantor atau manajer kantor.

 

Berkut ini Latihan Soal Tes PPPK Formasi Pengadministrasi Perkantoran Tahun 2024 2025 PDF yang dapat didownload melalui link yang tersedia.

 

1. Sistem atau proses dan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan adalah .....

a. Admnistrasi

b. Pengorganisasian

c. Manajemen

d. Pengarahan

e. Perencanaan

Jawaban: C

 

2. Administrasi perkantoran adalah proses kerjasama di dalam kantor untuk mencapai tujuan kantor yang telah ditetapkan dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen adalah pengertian administrasi perkantoran menurut ...............

a. William Spriegel

b. Ernest Davies

c. Dr. SP. Siagian

d. George R. Terry

e. Dra. Suparjati

Jawaban E

 

 

 

3. Manajemen adalah kemampuan/keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka mencapai tujuan melalui orang lain, definisi manajemen menurut ….

a. Dr. SP. Siagian

b. William Spriegel

c. Dra. Suparjati

d. George R. Terry

e. Arthur Granger

Jawaban A

 

 

4. Administrasi perkantoran merupakan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan kantor serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan, definisi menurut....

a. George Terry

b. Arthur Grager

c. Ulbert

d. WH Evans

e. Ernest Davies

Jawaban: A

 

5. Menurut KBBI, adalah balai (gedung, rumah, ruang) tempat mengurus suatu pekerjaan (pemerintahan), tempat bekerja merupakan definisi dari ....

a. Kantor

b. Gedung

c. Rumah

d. Kelas

e. Ruang

Jawaban A

 

6. Kegiatan menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan keterangan yang diperlukan adalah arti dari .............

a. Tata usaha

b. Humas

c. Manajemen

d. Perbekalan

e. Komunikasi

Jawaban: A

 

7. Komunikasi adalah adalah....

a. Kegiatan menyampaikan informasi

b. Kegiatan surat menyurat

c. Kegiatan menggerakkan/mengarahkan karyawan

d. Kegiatan adanya timbal balik dari penyampaian informasi

e. Kegiatan mencatat, mengolah, mengirim keterangan

Jawaban: D

 

8. Tugas dari humas dalam administrasi perkantoran adalah ....

a. Menciptakan hubungan baik dengan masyarakat sekitar

b. Memberikan informasi ke karyawan

c. Memelihara, mengadakan, menyimpan berbagai peralatan yang dibutuhkan

d. Mencatat, mengirim, menggandakan keterangan-keterangan penting

e. Mengurusi hal-hal pembelanjaan perkantoran

Jawaban: A

 

9. Tata usaha merupakan unsur administrasi, kegiatan yang dilakukan dalam bagian tata usaha meliputi ....

a. Memelihara, mencatat

b. Menghimpun, memelihara

c. Menghimpun, mencatat

d. Mencatat, menyingkirkan

e. Mengadakan, mencatat

Jawaban: C

 

10. Perencanaan perkantoran meliputi ..... , kecuali.....

a. Perencanaan gedung, standar kualitas kerja

b. Penerangan, tata ruang kantor

c. Anggaran, standar kualitas kerja

d. Anggaran, waktu

e. Standar kualitas kerja, perencanaan gedung

Jawaban C

 

11. Salah satu sarana dan fasilitas kerja perkantoran yang merupakan bangunan dimana harus memenuhi faktor keamanan, kesehatan, fasilitas memadai adalah....

a. Lokasi

b. Kantor

c. Ruang

d. Gedung

e. Bangunan

Jawaban: D

 

12. Kegiatan memastikan bahwa sasaran dan hal yang telah direncanakan berjalan sesuai dengan harapan atau target adalah .....

a. Perencanaan

b. Pengorganisasian

c. Pengamanan

d. Pengarahan

e. Pengawasan

Jawaban: E

 

13. Peralatan dibedakan menjadi dua, perabot dan perbekalan/perlengkapan. Contoh perabot dan perbekalan/perlengkapan yaitu .....

a. Meja, kursi, lemari, brankas, rak

b. Alat tulis, tinta, kertas

c. Komputer, mesin fotokopi, printer

d. Meja, kursi, lemari, alat tulis, tinta

e. Komputer, printer, meja, tinta

Jawaban D

 

14. Proses menentukan arah kegiatan kantor, dengan cara meninjau kembali faktor-faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan kantoradalah pengertian dari....

a. Perencanaan

b. Pengamanan

c. Pengorganisasian

d. Pengarahan

e. Pengawasan

Jawaban A

 

 

15. Pembagian tugas dan pekerjaan agar lebih efisien dalam organisai/pemerintahan merupakan bagian dari ....

a. Manajemen

b. Pengawasan

c. Pengorganisasi

d. Pengarahan

e. Pengamanan

Jawaban C

 

16. Meja, kursi, rak, laci-laci dan sebagainya yang terbuat dari kayu, besi atau apapun bahan lainnya, yang mempunyai peranan penting dalam setiap kantor disebut ....

a. Interior

b. Lokasi

c. Mesin kantor

d. Gedung

e. Perabotan

Jawaban: E

 

17. Berikut ini adalah fungsi kerja kantor, kecuali .....

a. Menerima informasi

b. Memberikan informasi

c. Menyiapkan kegiatan

d. Mengatur informasi

e. Merekam dan menyimpan data

Jawaban: C

 

18. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi, manajemen, mengelola dokumen, dan mengelola adm. Keuangan merupakan .....

a. Fungsi kerja kantor

b. Tujuan administrasi perkantoran

c. Fungsi kantor

d. Tujuan manajemen perkantoran

e. Fungsi administrasi perkantoran

Jawaban: B

 

 19. Fungsi administrasi yang membutuhkan pendapat dalam pengambilan keputusan, dan ketrampilan perkantoran yang memadai (software penunjang pekerjaan) adalah...

a. Fungsi teknis

b. Fungsi analisis

c. Fungsi rutin

d. Fungsi interpersonal

e. Fungsi manajerial

Jawaban A

 

20. Yang tidak termasuk fungsi administrasi adalah .....

a. Fungsi analisis

b. Fungsi interpersonal

c. Fungsi rutin

d. Fungsi teknis

e. Fungsi kantor

Jawaban E

 

 

21. Salah satu karakteristik administrasi perkantoran yang dapat dilakukan dimana saja baik di kantor maupun di luar kantor adalah .....

a. Bersifat pelayanan

b. Dilaksanakan oleh Semua Pihak

c. Bersifat terbuka dan luas

d. Dilaksanakan organisasi

e. Bersifat terbimbing

Jawaban C

 

22. Pemusatan dari kegiatan-kegiatan administrasi pada suatu bagian/unit tertentu adalah pengertian dari .....

a. Azas campuran

b. Azas sentralisasi

c. Azas desentralisasi

d. Azas dekonsentralisasi

e. Azas gabungan

Jawaban B

 

23. Dapat mencegah duplikasi fungsi merupakan .....

a. Kelebihan sentralisasi

b. Kekurangan desentralisasi

c. Kelebihan dekonsentralisasi

d. Kelebihan desentralisasi

e. Kekurangan sentralisasi

Jawaban A

 

24. Perhatikan kelebihan-kelebihan azas di bawah ini!

(a) Biaya pelaksanaan pekerjaan kantor dapat dihemat

(b) Pengawasan dilaksanakan secara efektif

(c) Sifat generalis para pekerja dapat dikembangkan

(d) Dapat mencegah duplikasi fungsi

(e) Menghindari penumpukan pekerjaan

 

Dari data di atas, yang merupakan kelebihan azas desentralisasi adalah .... a. (a), (b), (c)

b. (c), (d), (e)

c. (a), (c), (e)

d. (b), (c), (e)

e. (a), (d), (e)

Jawaban D

 

 

25. Mengumpulkan data, mencari informasi, membuat kliping, serta mengumpulkan berita dan menyusunnya, merupakan jenis pekerjaan kantor yaitu ....

a. Mencatat

b. Menghitung

c. Mengirim

d. Menyimpan

e. Menghimpun

Jawaban E

 

26. Berikut ini yang merupakan hasil jasa atau produk pekerjaan kantor adalah .....

a. Surat, kaset, laporan

b. Formulir, laporan, faktur

c. Surat, formulir, kaset

d. Arsip, formulir, faktur

e. Surat, laporan, formulir

Jawaban D

 

27. Perhatikan data di bawah ini!

i. Laporan informatif

ii. Laporan berkala

iii. Laporan tertulis

iv. Laporan analisa

v. Laporan rekomendasi

 

Yang termasuk laporan berdasarkan isinya adalah ......

a. i, ii, iii

b. i, iv, v

c. iii, iv, v

d. ii, iii, v

e. i, iii, v

Jawaban B

 

28. Pembagian tugas lebih jelas, spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin merupakan kelebihan dari bentuk organisasi .....

a. garis

b. staff dan garis

c. lini

d. fungsional

e. staff

Jawaban D

 

 

29. Bentuk organisasi yang biasanya digunakan oleh organisasi yang masih kecil, karyawan sedikit dan spesialisasi kerja belum begitu dipentingkan. Adalah bentuk organisasi .....

a. Bentuk garis

b. Bentuk garis dan staff

c. Bentuk organisasi fungsional

d. Bentuk garis dan fungsional

e. Bentuk fungsinal dan garis

Jawaban A

 

30. Pembagian tugas yang tepat dan penggunaan mesin kantor yang sebaik-baiknya. Merupakan ....

a. Pentingnya sistem perkantoran

b. Prinsip-prinsip sistem perkantoran

c. Penyerdehanaan kerja

d. Prosedur perkantoran

e. Sistem perkantiran

Jawaban B

 

Berikut ini lanjutan Latihan Soal Tes PPPK Formasi Pengadministrasi Perkantoran Tahun 2024 2025 PDF

31. Saat sampai kantor, atasan tengah memarahi staf Anda. Apa yang akan Anda lakukan....

 

a. Menanyakan permasalahan kepada bawahan

b. Menemui atasan anda untuk mengetahui permasalahan

c. Mempertemukan atasan dan staf anda dalam sebuah pertemuan

d. Mencari tahu permasalahan dan menentukan siapa yang salah dan benar di antara kedua belah pihak.

e. Mencari tahu permasalahan dan menentukan siapa hukuman apa yang pas dilakukan

Jawaban B

 

32. Saat sedang mengerjakan pekerjaan penting, tiba-tiba Anda menemukan sebuah kejanggalan pada sistem informasi yang Anda gunakan dan bisa berakibat bocornya data pemerintahan ke publik. Bagaimana sikap Anda?

a. Menyuruh semua rekan kerja untuk menghetikan penggunaan sistem itu

b. Saat itu juga menghentikan sistem

c. Melaporkan kepada atasan apakah harus menghentikan penggunaan sistem itu

d. Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian menghentikan penggunaan sistem itu

e. Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian melaporkan ke atasan tentang masalah pada sistem itu

Jawaban C

 

33. Masalah paling vital dalam organisasi dan sering menjadi tantangan manajer..

 

a. Masalah sistem dan prosedur kerja

b. Masalah teknologi yang selalu berubah

c. Masalah konsep dan perencanaan

d. Masalah manusia dan perilakunya

e. Masalah manusia dan keinginannya

Jawaban D,

 

34. Dapat menjalani hubungan baik antaranggota organisasi, struktur anggota dapat mengetahui tugas, kewajiban dan tanggung jawabnya, serta spesialisasi dalam melakukan tugas merupakan manfaat dari..

a. Coordinating

b. Planning

c. Organizing

d. Actuating

e. Controlling

Jawaban C

 

35. Saya ditugaskan memimpin tim kerja dengan batas waktu yang sangat ketat. Anggota tim kerja memperlihatkan sikap tidak peduli dengan tugas yang diemban. Sikap saya..

a. Bekerja sendiri yang penting tugas selesai

b. Mengancam mengeluarkan anggota yang tidak serius dari tim kerja

c. Menasehati mereka agar sadar akan penyelesaian tugas yang diembannya

d. Melaporkan mereka pada pimpinan agar diberi sanksi

e. Membagi tugas secara adil dan memotivasi anggota. untuk menyelesaikannya

Jawaban E

 

36. Anda diminta oleh direktur pemerintahan untuk menjadi ketua sekaligus penanggung jawab sebuah tim di kantor, padahal Anda merasa belum pantas sebab masih ada manajer yang dianggap lebih mampu. Sikap yang harus Anda lakukan adalah..

a. Mempertimbangkan permintaan tersebut dan minta saran/masukan dari manajer Anda

b. Menerima permintaan tersebut dengan senang hati

c. Menolak permintaan direktur tersebut

d. Menolak permintaan dan mengusulkan manajer Anda saja kepada Direktur

e. Menerima tawaran tersebut agar Anda bisa naik jabatan sejajar manajer Anda

Jawaban A,

 

37. Atasan menawarkan kepada Anda bahwa Anda bisa naik jabatan. Namun Anda dimintai sejumlah dana agar proses tersebut berjalan lancar. Sikap Anda adalah...

a. Menolak tawaran itu dan mencoba mengajukan kenaikan jabatan dengan cara yang baik/ikut seleksi

b. Memberikan dana tersebut asal Anda bisa naik jabatan secepatnya

c. Mempertimbangkan tawaran itu

d. Melaporkan perbuatan atasan itu kepada laman pengaduan pemerintahan seperti lapor.go.id

e. Menerima tawaran itu, asalkan tidak ada orang lain yang mengetahuinya

Jawaban A,

 

38. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh manajemen tingkat menengah yaitu..

a. Konseptual melebihi top management

b. Kemampuan personalia, teknis, dan konseptual di bawah lower management

c. Kemampuan teknis melebihi lower management

e. Teknis melebihi lower management dan top management dan tidak ada ketrampilan manusiawi

e. Konseptual melebihi lower management dan menekankan pada keterampilan manusiawi

 

Jawaban E

 

39. Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran perorangan disebut..

a. Manajemen Administrasi

b. Manajemen Produk

c. Manajemen Keuangan

d. Manajemen Personalia

e. Manajemen Pemasaran

Jawaban D

 

40. Menurut Anda, pemimpin yang mengambil keputusan tanpa melibatkan bawahan disebut...

a. Bebas

b. Adil

c. Otoriter

d. Demokratis

e. Persona

Jawaban C

 

41. Prinsip "the right man on the right place" yang digunakan dalam menetapkan seseorang untuk menempati suatu jabatan dalam organisasi merupakan pelaksanaan dari fungsi..

A. Controlling

B. Planning

C. Organizing

D. Actuating

E. Motivating

Jawaban C,

 

 

42. Saat jam istirahat, ada seorang klien dari luar kota ingin menemui Anda. Klien tersebut terburu-buru karena harus segera menuju bandara untuk pulang ke daerahnya. Sikap Anda...

a. Segera menemuinya dan menanyakan kepentingannya.

b. Tidak mau menemuinya karena Anda sedang istirahat.

c. Menyuruhnya untuk menunggu.

d. Meminta teman Anda untuk menemuinya.

e. Menyuruhnya untuk kembali lain kali saja.

Jawaban A

 

43. Suatu hari ada seorang klien kebangsaan asing menemui Anda untuk berkonsultasi. Anda tidak mengerti bahasa yang ia gunakan. Sikap Anda..

a. Menolak untuk menemuinya karena takut tidak paham

b. Menyuruh rekan anda yang memahami bahasa orang asing tersebut untuk menemuinya

c. Meminta bantuan rekan Anda yang memahami bahasa orang asing tersebut untuk menerjemahkan ketika Anda sedang berbicara dengannya

d. Berpura-pura memahami pembicaraannya

e. Meminta orang asing tersebut untuk datang lain kali dan membawa penerjemah

Jawaban C,

 

14. Buah manga milik tetangga Anda berjatuhan dan mengenai genting rumah Anda hingga berlubang. Sikap Anda adalah..

a. Mendatangi tentangga Anda dan marah-marah

b. Menyuruh tentangga Anda untuk menebang pohon mangganya.

c. Mendatangi tentangga Anda dan meminta dengan sopan agar memangkas dahan-dahan pohon yang berada di atas genting anda

d. Meminta ijin kepada tentangga Anda untuk menebang dahan tersebut.

e. Menebang pohon mangga tanpa sepengetahuan tetangga Anda

Jawaban C

 

45. Rekan kerja Anda yang sedang cuti melahirkan meminta Anda untuk membawakan barang- barangnya yang tertinggal di kantor. Sikap Anda..

a. Segera mengantarkannya

b. Menggunakan jasa kurir untuk mengantar

c. Mengantarkannya sepulang kantor sekaligus menjenguk rekan Anda.

d. Menolak karena pekerjaan Anda banyak

e. Menyuruh rekan Anda yang lain untuk mengantar.

Jawaban C

 

46. Loyalitas merupakan kualitas kesetiaan atau kepatuhan seseorang kepada orang lain atau sesuatu (misalnya organisasi) yang ditunjukkan melalui :

a. Ide dan pemikiran

b. Sikap dan tindakan

c. Ketaaatan dan pemikiran

d. Integritas dan idealism

e. Melaksanakan segala perintah atas

Jawaban B

 

47. Ketika seorang pegawai memiliki sikap sesuai dengan makna loyal dan loyalitas, maka secara otomatis ia akan merasa memiliki tanggung jawab yang besar terhadap organisasinya, yang ditunjukkan dengan cara :

a. Berani untuk mengembangkan berbagai inovasi demi kepentingan organisasi

b. Berhati-hati dan lambat dalam mengerjakan tugas-tugasnya

c. Mengerjakan apapun yang diperintahkan oleh atasan

d. Mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan

d. Loyal terhadap pimpinan

Jabwan A

 

48. Sesuai Permenpan RB Nomor 38 tahun 2017 tentang Standar Jabatan ASN, bahwa setiap ASN perlu memiliki 3 jenis kompetensi dalam pelaksanaan tugas jabatannya yaitu :

a. Teknis, kepemimpinan dan sosial kultural

b. Tugas, manajerial dan sosial kultural

c. Teknis, leadership dan sosial kultural

d. Teknis, manajerial dan sosial kultural

e. Teknis, leadership dan sosial emosional

Jawaba D

 

 

49. Upaya untuk melakukan kerja terbaik sebagai bagian perilaku kompeten ASN yang sesuai dibawah ini :

a. harus melakukan adaptasi terhadap pekerjaan

b. harus melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan

c. harus melakukan adaptasi terhadap orang lain dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaannya

d. harus melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaannya

e. harus melakukan adaptasi terhadap perkembangan zaman dan teknologi

jawaban C

 

50. Yang tidak termasuk panduan perilaku loyal dalam Core Values ASN adalah :

a. Memegang teguh ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah

b. Melindungi segenap tumpah darah Indonesia dengan integritas dan semangat juang yang tinggi

c. Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan instansi dan Negara

d. Menjaga rahasia jabatan dan negara

e. Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.

Jawaban B

 

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Tes PPPK Formasi Pengadministrasi Perkantoran Tahun 2024 2025 PDF. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =


Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter