Pada posting ini Anda akan membaca Contoh Soal Operator Layanan Operasional dalam format PDF Bagian 1 karena masih tersedia contoh lainnya. Sebagaimana diketahui Operator layanan operasional adalah jabatan fungsional yang bertugas mengelola dan melaksanakan layanan operasional di instansi pemerintah untuk mendukung tugas dan fungsi instansi tersebut.
Jabatan Operator Layanan Operasional
berada di instansi pemerintahan pusat maupun daerah. Contohnya adalah pengelola layanan operasional
di bidang teknologi informasi atau pengelola layanan operasional di bidang
keuangan dan hal teknis lainnya.
Adapun tanggung jawab jabatan
fungsional PPPK operator layanan operasional adalah: a) Melaksanakan kegiatan pengelolaan
layana noperasional sesuai bidang tugas; b) Melakukan analisis dan evaluasi
terhadap pengelolaan layanan operasional; c)Memberikanrekomendasi peningkatan kualitas
layanan operasional; d) Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pengelolaan
layanan operasional;
Tugas pokok oepartir layanan
operasional adalah melakukan kegiatan pengelolaan dan pelaksanaan layanan
operasional di instansi pemerintahsesuai bidang tugas. Contohnya seperti
mengelola sisteminformasi, melaksanakan layananadministrasi keuangan, dll.
Adapun dungsi Jabatan Operator
Layanan Operasional ini antara lain: a) Fungsi pelayanan, yaitu memberikan layanan
operasional kepada unit kerja dan stakeholder; b) Fungsi analisis, yaitu
menganalisis efektivitas pengelolaan layanan operasional; c) Fungsi pelaporan,
yaitu menyusun laporan pelaksanaan layanan operasional
Dalam pelaksanaan tugas Operator
Layanan Operasional harus mengetahui dan memahami SOP yang berlaku. SOP dan cara kerja jabatan ini umumnya meliputi:
a)Menyusun rencana kegiatan layanan operasional; b) Melaksanakan kegiatan layanan
sesuai SOP: c)Melakukanan alisis dan evaluasi pelaksanaan layanan: d)M emberikan
rekomendasi peningkatan kualitas layanan e) Menyusun laporan pelaksanaan layanan
operasional
Uraian tugas Operator Layanan
Operasional ini di antaranya: a) Merencanakan
kegiatan layanan operasional sesuai bidang tugas b) Melaksanakan layananoperasional
sesuai bidang tugasdan SOP c) Melakukan analisis efektivitas layanan operasional
d) Membuat rekomendasi peningkatan layanan operasional; dan e) Menyusun laporan
kegiatan layanan operasional.
Beberapa Keterampilan Teknis
yang harus dimiliki Operator Layanan Operasional, adalah Pertama, terkait Pengetahuan tentang manajemen kearsipan dandokumentasi,
antara lain Sistem penyimpanan arsip yang efektif dan efisien; Pengorganisasian
arsipberdasarkan kategori dan kepentingan; Pengelolaan arsip secara manual dan digital;
Prosedur peminjaman, pengembalian, dan pemusnahan arsip; Pengamanan dan perlindungan
arsip dari kerusakan dan kehilangan
Kedua Pemahaman tentang prinsip-prinsip
pelayanan prima(service excellence) seperti Sika pempati dan responsive dalam melayani
pelanggan; Komunikasi yang efektif dan professional; Penanganan keluhan dan resolusi
masalah secara cepat dan tepat; Penyediaan informasi yang akurat dan relevan
kepada pelanggan; dan Peningkatan kualitas layanan melalui umpan balik pelanggan
Ketiga Kemampuan dalam menggunakan
perangkatlunak perkantoran seperti Penggunaan Microsoft Word untuk pembuatan
dokumen dan surat-menyurat; Pemanfaatan Microsoft Excel untuk pengolahan data dan
analisis; Penyusunan presentasi yang efektif menggunakanMicrosoft PowerPoint; Pengelolaan
email dan kalender menggunakan Microsoft Outlook; Kolaborasitim menggunakan fitur-fitur
dalam Microsoft Teams.
Keempat, kemampuan teknis lainnya disesuaikan dengan
instansi tempat bertugas serta jenis layanan yang ditugaskan oleh atasan tempat
pegawai itu di tempatkan.
Berikut ini Contoh Soal Operator Layanan Operasional dalam
format PDF Bagian 1
Demikian informasi tentang Contoh Soal Operator Layanan Operasional dalam
format PDF Bagian 1 silahkan dapatkan atau baca Contoh Soal Operator Layanan
Operasional dalam format PDF Bagian 2 pada
laman lain yang kami sediakan.