Kisi-kisi Soal SKB Guru Kemenag Tahun 2024 – 2025 tercantum dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor: B/5457/M.SM.01.00/2024 tertanggal 04 November 2024 tentang Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang dengan CAT untuk Seleksi Pengadaan CPNS Tahun Anggaran 2024/2025
Isi SE tentang Kisi-kisi Soal SKB Guru Kemenag Tahun 2024 -
2025 menyatakan bahwa dalam rangka mewujudkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang
bersih, kompeten, dan melayani, maka setiap PNS wajib memiliki kompetensi dasar
dan kompetensi bidang yang sesuai dengan tuntutan jabatan. Sesuai dengan PP
Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, tahap seleksi pengadaan PNS setelah
Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang
bertujuan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki oleh
pelamar dengan standar kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan jabatan.
Berdasarkan hal tersebut,
dipandang perlu adanya penyampaian Kisi-kisi atau Materi Pokok Soal SKB agar
para peserta seleksi CPNS TA. 2024 dapat mengenali poin penting dari soal SKB
dengan CAT yang akan diujikan sesuai dengan kompetensi jabatannya sehingga
dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin. Panselnas memberikan Materi Pokok Soal
SKB dengan CAT untuk jabatan fungsional yang disusun oleh instansi pembina
jabatan fungsional dan untuk jabatan pelaksana yang disusun oleh instansi
teknis jabatan pelaksana. Untuk selanjutnya, Materi Pokok Soal SKB tersebut
dapat disebarluaskan melalui situs resmi instansi.
Berikut ini Kisi-kisi Soal SKB Guru Kemenag Tahun 2024 –
2025 yang admin kutip dari lampiran Surat Edaran SE Menpan tentang tentang
Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang dengan CAT untuk Seleksi Pengadaan
CPNS Tahun Anggaran 2024/2025
1.
Konsep suatu disiplin ilmu yang relevan
2.
Materi suatu disiplin ilmu yang relevan
3.
Hirarki konsep dan materi suatu disiplin ilmu
4.
Prasyarat dari suatu disiplin ilmu yang relevan
5.
Keterkaitan suatu konsep dengan konsep yang lain
6.
Konsep-konsep yang berkaitan dengan suatu disiplin
7.
Teori belajar Ausubel
8.
Teori belajar Gagne
9.
Teori belajar Piaget
10.
Karakteristik murid berkebutuhan khusus
11.
Tahapan perkembangan berdasarkan usia dan karakteristik khas masing-masing
tahap
12.
Teori belajar Gagne: Taksonomi Bloom dan perkembangannya
13.
Profil Pelajar Indonesia
14.
Teori Belajar Gagne
15.
Learning Objective
16.
Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated
learning
17.
Teori dasar komunikasi
18.
Active listening
19.
Kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar
20.
Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan
21.
Mengembangkan motivasi siswa
22.
Behavior modification & habit formation
23.
Prinsip-prinsip reward, punishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah
laku
24.
Desain pembelajaran
25.
Facilitating learning
26.
Berfikir kritis
27..Berbagai
teknik asesmen di tingkat kelas (classroom-based assessment) sesuai dengan
tujuan pembelajaran
28.
Konsep dan prinsip assessment as learning dan assessment for learning
29.
Pemanfaatan hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran (feedback)
30.
Program remedial dan program pengayaan berdasarkan hasil asesmen
31.
Refleksi
32.
Procedural & declarative knowledge
33.
Working memory & long-term memory
34,
Kode etik guru
35.
Interaksi guru-murid
36.
School safety
37.
Diversity
38.
Pengertian dan pengembangan potensi
39.
Perencanaan karir dan pengembangan potensi diri
Demikian informasi tentang isi-kisi Soal SKB Guru Kemenag Tahun 2024 –
2025. Semoga ada manfaatnya.