Buku Panduan Implementasi Pembelajaran Berpusat Pada Mahasiswa. Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti), sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 pasal 14 ayat (2) dan (3), menyatakan bahwa proses pembelajaran melalui kegiatan kurikuler wajib menggunakan metode pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik mata kuliah untuk mencapai kemampuan tertentu yang ditetapkan dalam mata kuliah dalam rangkaian pemenuhan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Metode pembelajaran sebagaimana dimaksud tersebut, yang dapat dipilih untuk pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah, meliputi: diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL).
Direktorat Pembelajaran dan
Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi,
Kemendikbudristek, menerbitkan buku Panduan
Implementasi Pembelajaran Berpusat pada Mahasiswa agar dapat digunakan oleh
perguruan tinggi, khususnya program studi, sebagai pedoman dalam mengimplementasikan
pembelajaran yang sesuai dengan SN-Dikti, serta selaras dengan Indikator Kinerja
Utama (IKU) Perguruan Tinggi khususnya IKU 7 terkait kelas yang kolaboratif dan
partisipatif.
Beberapa metode pembelajaran
sebagaimana disebut dalam pasal 14 SN-Dikti, sejatinya adalah untuk memfasilitasi
pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa atau Student Centered Learning (SCL).
Penerapan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa ini dimaksudkan agar
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan
pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, kebutuhan mahasiswa, dan mengembangkan
kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan. Pengembangan kemampuan
yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa tersebut diharapkan kelak pada gilirannya
dapat menghasilkan lulusan yang siap untuk memenangkan tantangan kehidupan yang
semakin kompleks di abad ke-21 ini.
Berdasarkan Buku Panduan Implementasi Pembelajaran
Berpusat Pada Mahasiswa, beberapa Metode Pembelajaran Berpusat Pada
Mahasiswa antara lain Metode Diskusi Kelompok (Small Group Discussion), Metode Bermain
Peran dan Simulasi (Role-Play And Simulation), Metode Pembelajaran Berbasis
Kasus (Case Based Learning/CBL), Metode Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative
Learning/CL), Metode Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning/CoL), Metode
Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning/PjBL), Metode Pembelajaran
Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL), Metode Pembelajaran Discovery
Learning and Inquiry, Metode Pembelajaran Self-Directed Learning (SDL), dan
Metode Pembelajaran Contextual Instruction (CI).
Tujuan diterbitkan Buku Panduan Implementasi Pembelajaran
Berpusat Pada Mahasiswa adalah: 1) menjadi panduan dosen dalam memilih dan menerapkan
metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik bidang studi dan materi
pembelajarannya, serta selaras dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi
khususnya IKU 7 terkait kelas yang kolaboratif dan partisipatif; 2) meningkatkan
kualitas proses pembelajaran dan efektivitasnya dalam pemenuhan capaian
pembelajaran mahasiswa; 3) meningkatkan minat belajar mahasiswa melalui metode
pembelajaran yang sesuai; dan 4) mendorong dosen untuk mengembangkan pembelajaran
inovatif yang dapat membekali keterampilan abad 21 guna menghadapi tantangan
perkembangan IPTEKS.
Berikut Salinan Buku Panduan Implementasi Pembelajaran
Berpusat Pada Mahasiswa.
Link Download Buku Panduan Implementasi Pembelajaran
Berpusat Pada Mahasiswa DISINI
Demikian informasi tentang
Link Dwonload Buku Panduan Implementasi
Pembelajaran Berpusat Pada Mahasiswa. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.