METODE LATIHAN (DRILL) |
1.
Pengertian Metode Latihan (Drill)
Metoda adalah
cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran dalam upaya mencapai
tujuan. Dewasa ini aktivitas guru yang bertindak sebagai fasilitator dan
pembimbing bagi siswa. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran (2002: 22) juga
sesuai dengan petunjuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar kelas. Tentang
pengertian metoda latihan ialah latihan siap sangat sesuai untuk melatih
keterampilan, baik keterampilan fisik maupun mental dan menurut pendapat
Syaiful Sagala dan Subana (217: 202).
Metode latihan
(Driil) merupakan
suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu.
Latihan adalah suatu teknik mengajar yang mendorong siswa untuk melaksanakan
kegiatan latihan agar memiliki ketangkasan / keterampilan yang lebih tinggi dari
apa yang dipelajari. Menurut Djamarah dan Zain (2006) metode latihan adalah
suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu,
yang digunakan untuk memperoleh ketangkasan, ketepatan, kesempatan, dan
keterampilan.
\
Syaiful
Sagala (2003) menyatakan bahwa Metode latihan (metode drill) adalah metode
latihan, atau metode training yang merupakan suatu cara mengajar yang baik
untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Juga sebagai sarana untuk memperoleh
suatu ketangkasan, ketepatan, kesempatan dan keterampilan” Sedangkan Roestiyah (2001: 125) mengungkapkan
metode latihan adalah cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan
latihan, agar siswa memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi
dari apa yang telah dipelajari.
PENERAPAN METODE LATIHAN (DRILL) |
Berdasarkan
beberapa pengertian di atas dapat disipmpulkan metode latihan (metode drill) adalah suatu cara mengajar yang
dilakukan guru untuk menanamkan suatu kebiasan-kebiasaan tertentu atau
mengajarkan siswa melakukan suatu latihan-latihan. Hal ini dilakukan supaya
siswa dapat memperoleh suatu ketangkasan maupun keterampilan yang lebih baik
lagi.
2.
Fungsi dan Manfaat Metoda Latihan
Metoda Latihan atau drill dapat
diterapkan untuk materi yang menekankan aspek keterampilan, baik keterampilan
fisik maupun keterampilan mental karena dengan latihan, sesuatu keterampilan
dapat dikuasai. Beberapa hal yang yang harus diperhatikan dalam penggunaan
teknik/ metode latihan.
a.
Sifat latihan berbeda dengan latihan sebelumnya, karena situasi dan
pengaruh latihan berbeda. Hal itu mendatangkan kondisi, respon serta tanggapan
yang berbeda.
b.
Penilaian latihan dengan keseluruhan pelajaran disekolah perlu
dikaitkan agar siswa ada dorongan motivasi untuk mengetahui tujuan latihan
serta kaitannya dengan pelajaran sehingga dapat memanfaatkannya dalam
kehidupan.
Sudjana
dan Syaiful Sagala (86: 217) mengatakan: Penilaian pada umumnya digunakan untuk
memperoleh keterangan suatu keterampilan dari apa yang telah dipelajari dan
sebagai sarana untuk membantu siswa menguasai keterampilan secara tepat dalam
perilaku yang cepat dan otomatik.
Metode latihan
(driil) ia
berhubungan dengan pembentukan kemahiran motoris (fisik) ataukah kemahiran yang
bersifat penyesuaian seperti kemahiran untuk memecahkan suatu soal atau
kecakapan dalam penyelesaian diri terhadap suatu situasi (petunjuk pelaksanaan
mengajar, 21: 22).
Agar
dapat mencapai tujuan yang diharapkan, guru harus memperhatikan dari pihak anak
didik, yaitu mereka memiliki dorongan minat dan perhatian terhadap apa yang
sedang dipelajari, pelaksanaan metoda latihan harus tetap diusahakan
mengembangkan minat dan meningkatkan kemampuan anak didik.
3.
Kelebihan dan Kekurangan Metode Latihan
Kelebihan
Metode Latihan (Drill) menurut Djamarah dan Zain (2006: 6):
a.
Untuk memperoleh kecakapan motoris, seperti menulis, melafalkan huruf,
kata-kata atau kalimat, membuat alat-alat, dan terampil menggunakan setiap
peralatan.
b.
Untuk memperoleh kecakapan mental seperti, perkalian, pembagian, penjumlahan,
pengurangan, tanda-tanda (simbol- simbol), dan sebagainya.
c.
Untuk memperoleh kecakapan dalam bentuk asosiasi yang dibuat, seperti hubungan
huruf-huruf dalam ejaan, penggunaan simbol,dan sebagainya.
d.
Pembentukan kebiasaan yang dilakukan dan menambah ketepatan serta kecepatan
pelaksanaan.
e.
Pemanfaatan kebiasaan-kebiasaan yang tidak memerlukan adanya konsentrasi dalam
pelaksanaanya.
f.
Pembentukan kebiasan-kebiasan membuat gerakan-gerakan yang kompleks, rumit,
menjadi lebih otomatis.
Kelemahan
Metode Latihan (Metode Drill) menurut Djamarah dan Zain (2006):
a.
Menghambat bakat dan inisiatif siswa, karena siswa lebih banyak dibawa kepada
penyesuaian dan diarahkan jauh dari pengertian.
b.
Menimbulkan penyesuaian secara statis kepada lingkungan.
c.
Kadang-kadang latihan yang dilaksanakan secara berulang- ulang merupakan hal
yang monoton, mudah membosankan.
d.
Membentuk kebiasaan yang kaku, karena bersifat otomatis.
e.
Dapat menimbulkan verbalisme.
4. Langkah-Langkah
Penerapan Metode Latihan (Metode Drill)
Berikut
ini Langkah-Langkah Penerapan Metode
Latihan (Metode Drill), agar pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif
serta hasil belajar dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
a)
Siswa
terlebih dahulu dibekali dengan pengetahuan secara teori, sesuai dengan bahan
ajaran yang akan diterapkan dengan metode pembelajaran drill.
b)
Guru
memberikan contoh latihan soal sebelum diberikannya latihan tentang materi
pembelajaran yang telah diberikan.
c)
Guru
memberikan latihan soal-soal tentang materi yang telah diberikan, kemudian
dilakukan oleh siswa, dengan bimbingan guru.
d)
Guru
mengoreksi dan membetulkan kesalahan-kesalahan latihan
yang dilakukan oleh siswa.
e)
Siswa
diharuskan mengulang kembali latihan untuk mencapai gerakan otomatis yang
benar.
f)
Pengulangan
yang ketiga kalinya atau terakhir, guru melakukan evaluasi hasil belajar siswa,
dengan lembar tes. Evaluasi dilakukan pada saat melakukan kegiatan yang ketiga
kalinya.
Referensi
Djamarah,
Syaiful Bachri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Jakarta
Karli,
H. dan Sri Yulirtianingsih, M (2002), Implementasi Kurikulum Berbasis
Kompetensi, Jakarta; Bina Media Informasi
Mulyana,
E (2003), Strategi Pembelajaran dan Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa, Makalah,
Bandung, PP BPG.
Roestiyah.
2001. Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Sagala,
Syaiful (2003), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung; Alfabeta.
Tags:
Pembelajaran
Informasinya sangat bermanfaat sebagai referensi dan pengembangan profesionalisme guru. Mudah-mudahan para guru di Indonesia semakin profesional dan semakin meningkat kinerjanya. Guru yang baik adalah guru yang memiliki kinerja baik. Kinerja yang baik salah satu didukung oleh pengetahuan tentang profesinya. Terima kasih.
informasinya sangat bermanfaat...Midah-mudahan para guru maupun calon guru akan kreatif dan profesional dlm pemilihan metode pengajaran yg cocok dengan materi pembelajaran. Terimakasih..
informasinya sangat bermanfaat...Midah-mudahan para guru maupun calon guru akan kreatif dan profesional dlm pemilihan metode pengajaran yg cocok dengan materi pembelajaran. Terimakasih..
Postingnya sangat bermanfaat terima kasih. http://arenamodel.blogspot.com/
PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Keterangan tambahan :
1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
3. SPI-PI Besi Baja,
4. SPI-PI Produk Kehutanan,
5. SPI-PI Barang Bekas,
6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
7. Produk-produk Lartas SNI
8. LS ( Laporan Surveyor )
9. LS Alas kaki
10. LS Garment
11. LS Textile
12. LS Electronik
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id
Bismillah izin melihat referensi ya pak. Terima kasih atas poatingannya.
Artikel ini sangat bermanfaat
Izin Share Kak
http://catatan-azis2.blogspot.com