MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) |
Pengertian Model Pembelajaran Numbered Head
Together (NHT), Langkah penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT),
Kelebihan dan kekurangan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif adalah Number
Head Together (NHT). Teknik Belajar atau model pembelajaran Number head together (NHT) dikembangkan oleh
Spencer Kagan (1992). Model ini dapat digunakan untuk semua mata pelajaran
dan semua tingkatan peserta didik.
Menurut
Muslimin (2000) mengemukakan bahwa: “Pengertian
Model Pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) adalah salah satu tipe dari pembelajaran kooperatif
dengan sintaks: pengarahan, buat kelompok heterogen dan tiap siswa memiliki
nomor tertentu, berikan persoalan materi bahan ajar (untuk tiap kelompok sama
tetapi untuk tiap siswa tidak sama sesuai dengan nomor siswa, tiap siswa dengan
nomor yang sama mendapat tugas yang sama) kemudian bekerja dalam kelompok,
presentasi kelompok dengan nomor siswa yang sama sesuai tugas masing-masing
sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap
siswa, umumkan hasil kuis dan beri reward”.
Menurut Kagan
(2007) Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) ini secara tidak langsung melatih
siswa untuk saling
berbagi informasi, mendengarkan dengan
cermat serta berbicara
dengan penuh perhitungan, sehingga siswa
lebih produktif dalam
pembelajaran.
Menurut Anita
Lie (2007) Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) adalah
suatu tipe dari pembelajaran kooperatif pendekatan structural yang memberikan kesempatan
kepada siswa untuk
saling membagikan ide-ide dan
mempertimbangkan jawaban
yang paling tepat.
Pengertian Model
Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) menurut Trianto
(2007) merupakan jenis pembelajaran kooperatif
yang dirancang untuk
mempengaruhi pola interaksi
siswa dan sebagai alternatif
terhadap struktur kelas
tradisional.
Penerapan Numbered Head Together (NHT) |
Langkah-langkah
kegiatan dalam NHT :
Secara
umum menurut Indrawati (2007) Langkah-langkah kegiatan dalam Model
Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) adalah sebagai
berikut:
1. Siswa
dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
2. Guru
memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3. Kelompok
mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat
mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
4. Guru
memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil
kerjasama mereka.
5. Tanggapan
dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
6. Kesimpulan.
Jadi
dalam penerapan Model Pembelajaran Numbered
Head Together (NHT), siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap anggota kelompok diberi nomor
kepala. Selanjutnya di setiap kelompok dilakukan diskusi untuk menjawab
permasalahan atau untuk melakukan suatu kegiatan. Dari hasil kegiatan
tersebut guru mengundi nama kelompok dan nomor anggota kelompok yang harus
menjawab pertanyaan atau mempresentasikan kegiatan. Berkaitan dengan hal
ini, maka setiap anggota kelompok dituntut untuk bekerja sama karena jawaban
atau presentasi dari perwakilan anggota kelompok akan menjadi generalisasi
kemampuan atau nilai kelompok.
Menurut
Anita Lie (2002) prosedur Model
Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) adalah saat
pemanggilan siswa untuk menjawab atau melakukan sesuatu yang dIpanggil adalah
nomor kepala dari salah satu kelompok secara acak. Hal ini akan menyebabkan
semua siswa harus siap. Dan penghargaan diberikan jika jawaban benar untuk
nilai kelompok. Teknik ini memberikan kesempatan kepada semua siswa dalam
kelompok untuk saling memberikan ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling
tepat, mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerja sama mereka.
Menurut
Bobbi De Porter (2001) siswa akan belajar paling baik dalam lingkungan
kerja sama. Belajar yang menekankan pada kerja sama diantara sesama siswa
dalam suatu komunikasi belajar dapat lebih menggairahkan.
Menurut
Ibrahim (2000:28) Model Pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) memiliki unsur-unsur model
belajar mengajar yaitu:
a.
Sintaks
Adapun
Sintak atau Langkah-langkah Model
Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah sebagai berikut
1.
Pendahuluan
Pada pendahuluan
berisi tettang persiapan antara lain:
a)
Guru menjelaskan tentang pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together
(NHT).
b)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
c)
Guru melakukan apersepsi
d)
Guru memberikan motivasi pada siswa
2.
Kegiatan Inti
Kegiatan inti adalah
pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Head Together (NHT).
Fase 1 :
Penomoran Penomoran Guru membagi siswa dalam kelompok beranggotakan
4-5 orang dan kepada setiap anggota kelompok diberi nomor antara 1 sampai
5.
Fase 2 : Mengajukan
pertanyaan Mengajukan pertanyaan : Guru mengajukan sebuah pertanyaan
kepada siswa. Dalam hal ini guru memberikan pertanyan berupa lembar kerja siswa
(LKS menggunakan Mcromedia Flash).
Fase 3 : Berfikir
bersama Berpikir bersama : Siswa berfikir bersama menyatukan pendapatnya
terhadap jawaban pertanyaan yang berupa LKS dan meyakinkan tiap anggota dalam
timnya mengetahui jawaban itu.
Fase 4 :
Menjawab Menjawab : Guru memanggil satu nomor tertentu, kemudian
siswa yang nomornya sesuai mengacungkan tangannya dan mencoba menjawab
pertanyaan di depan kelas.
3.
Penutup Penutup merupakan tahap evaluasi.
a) Dengan
bimbingan guru siswa membuat kesimpulan.
b) Siswa diberi
PR dari buku paket atau buku panduan lain.
b.
Sistem Sosial
Sistem sosial yang
berlaku dalam model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togerther (NHT)
adalah: Siswa diberi pengarahan untuk berdiskusi bersama kelompoknya. Siswa
bebas untuk mengemukakan pendapatnya, mengajukan pertanyaan dan menjawab
pertanyaan.
c.
Prinsip Reaksi
Prinsip reaksi model
pembelajran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) adalah: Guru
menjelaskan tentang cara pembelajaran yang akan dilaksanakan. Guru membagi siwa
dalam bentuk kelompok. Setiap kelompok terdiri dari empat sampai lima orang
siswa dan setiap kelompok mendapat nomor yang berbeda. Guru menyampaikan
materi pembelajaran Guru memberikan pertanyaan yang berupa LKS. Guru memberikan
pengarahan siswa untuk berdiskusi dalam kelompok guna menyelesaikan
permasalahan. Guru menunjuk salah satu nomor siswa secara acak untuk menjawab
pertanyaan di depan kelas.
Ibrahim
(2000) menguraikan struktur-struktur dalam Model
Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan merincinya
kedalam elemen-elemen sebagai berikut.
1. Pelaku (actors) misalnya
individu, pasangan, kelompok, guru dan kelas.
2.
Tindakan (action) misalnya mengecek, merespon, menggambarkan,
bergiliran, pujian dan membaca dengan
keras.
3.
Penerima (recipien) misalnya anggota kelompok, guru dan kelas.
Contoh Aplikasi Kooperatif Numbered Head Together (NHT) |
Referensi
Bobbi
DePorter, Mark Raerdon, Sarah S. Nourie. (2001). Quantum
Teaching. Bandung: Kaifa.
Indrawati.
(2007). Pembelajaran Kooperatif. Bandung : PPPPTK IPA.
Lie,
Anita (2009). Cooperatif Learning: Mempraktikan Cooperatif
Learning Di Ruang-Ruang
Kelas.Jakarta:Grasindo
Popy
K, Devi, (2007). Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung : PPPPTK IPA.
Paulina
Panen. 2004. Belajar dan Pembelajaran I. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Muslimin.
(2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.
Ibrahim.
H. M., Rachmadiarti, F., Nur, M., & Ismono. (2000) Pembelajaran kooperatif.
Surabaya: University Press.
Trianto.
(2007) Pembelajaran Inofatif. Jakarta:Prestasi Pustaka
Zuhdi,
Ahmad.( 2010)Guru Idola. Yogyakarta: Gen-K Publisher.
Tags:
Pembelajaran
Informasinya sangat bermanfaat sebagai referensi dan pengembangan profesionalisme guru. Mudah-mudahan para guru di Indonesia semakin profesional dan semakin meningkat kinerjanya. Guru yang baik adalah guru yang memiliki kinerja baik. Kinerja yang baik salah satu didukung oleh pengetahuan tentang profesinya. Terima kasih.
The article is very interesting and useful . Thank you
Saya sudah mencoba menerapkan Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)ternyata sangat menarik dan disenangi anak-anak
ijin bertanya pak, NHT itu termasuknya model pembelajaran atau metode pembelajaran? mohon penjelasannya?