Berita
Pembelajaran
PANDUAN KAIDAH PENULISAN SOAL URAIAN (SOAL ESAI)
Panduan Kaidah Penulisan Soal Uraian (Soal Esai) |
Panduan Kaidah Penulisan Soal Uraian (Soal Esai). Soal uraian (Soal Esai) adalah soal yang jawabannya menuntut siswa untuk mengingat dan mengorganisasikan gagasan-gagasan atau hal-hal yang telah dipelajari dengan cara mengemukakan atau mengekspresikan gagasan tersebut dalam bentuk uraian tertulis.
Umum terdapat dua Bentuk Soal
Uraian (Soal Esai) yakni a) Uraian objektif, yakni rumusan soal/pertanyaan yang menuntut sehimpunan
jawaban dengan pengertian/ konsep tertentu, sehingga penskorannya dapat
dilakukan secara objektif, dan b) Uraian nonobjektif, yakni rumusan
soal yang menuntut sehimpunan jawaban berupa pengertian/konsep menurut
pendapat tiap siswa, sehingga penskoran sukar dilakukan secara objektif.
Kelebihan / Keunggulan Soal
uraian (Soal Esai) adalah dapat mengukur kemampuan siswa dalam hal menyajikan
jawaban terurai secara bebas, mengorganisasikan pikirannya, mengemukakan
pendapatnya, dan mengekspresikan gagasan-gagasan dengan menggunakan kata-kata
atau kalimat siswa sendiri. Namun di samping memiliki Kelebihan / Keunggulan, Soal
uraian (Soal Esai) juga memiliki kelemahan yakni a) Jumlah materi atau pokok
bahasan yang dapat ditanyakan relatif terbatas; b) Waktu untuk memeriksa
jawaban siswa cukup lama; c) Penskorannya relatif subjektif terutama untuk soal
uraian nonobjektif; d) Tingkat reliabilitasnya relatif lebih rendah
dibandingkan dengan soal bentuk pilihan ganda; dan Reliabilitas skor pada soal
bentuk uraian sangat tergantung pada penskor tes.
KAIDAH PENULISAN SOAL URAIAN (SOAL ESAI) |
a) Aspek materi, melputi:
1. Soal harus sesuai dengan indikator
2. Batasan jawaban yang diharapkan harus
jelas
3. Isi materi sesuai dengan pelajaran
4. Isi materi yang ditanyakan sudah sesuai
dengan jenjang sekolah/kelas
b) Aspek konstruksi,
melputi:
5. Rumusan kalimat soal harus menggunakan kata
tanya/perintah yang menuntut jawaban terurai
6. Buatkan petunjuk yang jelas tentang cara
mengerjakan soal
7. Buatlah
pedoman penskoran segera setelah
soal disusun dengan pendekatan skor 1
benar dan salah 0
8. Hal‑hal yang menyertai soal: tabel, gambar, grafik, peta,
atau yang sejenisnya harus disajikan dengan jelas dan terbaca
c) Aspek bahasa, melputi:
9. Butir soal menggunakan kalimat yang sederhana dan komunikatif
10.Butir soal tidak mengandung kata yang dapat menyinggung perasaan siswa
11. Butir soal tidak menggunakan kata yang
menimbulkan penafsiran ganda
12.Butir soal menggunakan Bahasa Indonesia
yang baik dan benar
13.Rumusan soal sudah mempertimbangkan segi
bahasa dan budaya
14. Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat
Untuk Kaidah Penulisan Soal PilihanGanda (Disini)
Demikian informasi tentang Kaidah Penulisan Soal Uraian (Soal Esai). Semoga bermanfaat.
Demikian informasi tentang Kaidah Penulisan Soal Uraian (Soal Esai). Semoga bermanfaat.
===============================