Panduan Kaidah Penulisan Soal Uraian (Soal Esai)

Panduan Kaidah Penulisan Soal Uraian (Soal Esai)
Panduan Kaidah Penulisan Soal Uraian (Soal Esai)

Panduan Kaidah Penulisan Soal Uraian (Soal Esai). Soal uraian (Soal Esai) adalah soal yang jawabannya menuntut siswa untuk mengingat dan mengorganisasikan gagasan-gagasan atau hal-hal yang telah dipelajari dengan cara mengemukakan atau mengekspresikan gagasan tersebut dalam bentuk uraian tertulis.


Umum terdapat dua Bentuk Soal Uraian (Soal Esai) yakni a) Uraian objektif, yakni rumusan  soal/pertanyaan yang menuntut sehimpunan jawaban dengan pengertian/ konsep tertentu, sehingga penskorannya dapat dilakukan secara objektif, dan b) Uraian nonobjektif, yakni  rumusan  soal yang menuntut sehimpunan jawaban berupa pengertian/konsep menurut pendapat tiap siswa, sehingga penskoran sukar dilakukan secara objektif.



Kelebihan / Keunggulan Soal uraian (Soal Esai) adalah dapat mengukur kemampuan siswa dalam hal menyajikan jawaban terurai secara bebas, mengorganisasikan pikirannya, mengemukakan pendapatnya, dan mengekspresikan gagasan-gagasan dengan menggunakan kata-kata atau kalimat siswa sendiri. Namun di samping memiliki Kelebihan / Keunggulan, Soal uraian (Soal Esai) juga memiliki kelemahan yakni a) Jumlah materi atau pokok bahasan yang dapat ditanyakan relatif terbatas; b) Waktu untuk memeriksa jawaban siswa cukup lama; c) Penskorannya relatif subjektif terutama untuk soal uraian nonobjektif; d) Tingkat reliabilitasnya relatif lebih rendah dibandingkan dengan soal bentuk pilihan ganda; dan Reliabilitas skor pada soal bentuk uraian sangat tergantung pada penskor tes.


Kaidah Penulisan Soal Uraian (Soal Esai)
KAIDAH PENULISAN SOAL URAIAN (SOAL ESAI)
Bagaimana Kaidah Pedoman  atau Ketentuan  Penulisan Soal Uraian (Soal Esai)? Penulisan Soal Uraian (Soal Esai) harus mempehatikan tiga aspek yakni materi, konstruksi dan bahasa.

a) Aspek materi, melputi:
1. Soal harus sesuai dengan   indikator
2. Batasan jawaban yang diharapkan harus jelas
3. Isi materi sesuai dengan pelajaran
4. Isi materi yang ditanyakan sudah sesuai dengan jenjang sekolah/kelas

b) Aspek konstruksi, melputi:
5. Rumusan kalimat soal harus menggunakan kata tanya/perintah yang menuntut jawaban terurai
6. Buatkan petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
7. Buatlah  pedoman penskoran  segera setelah soal  disusun dengan pendekatan skor 1 benar dan salah 0
8. Hal‑hal yang  menyertai soal: tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya harus disajikan dengan jelas dan terbaca

c) Aspek bahasa, melputi:
9. Butir soal menggunakan kalimat yang  sederhana dan komunikatif
10.Butir soal tidak mengandung kata yang dapat menyinggung perasaan siswa
11. Butir soal tidak menggunakan kata yang menimbulkan penafsiran ganda
12.Butir soal menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
13.Rumusan soal sudah mempertimbangkan segi bahasa dan budaya
14. Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat

Untuk Kaidah Penulisan Soal PilihanGanda (Disini)

Demikian informasi tentang Kaidah Penulisan Soal Uraian (Soal Esai). Semoga bermanfaat.

===============================


= Baca Juga =



1 Comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter