PROGRAM KERJA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA |
Sekedar berbagi untuk
melengkapi ketersediaan contoh Administrasi berikut ini saya sharekan Contoh
Program Kerja Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Contoh Program Kerja Kegiatan
Ekstrakurikuler Pramuka ini masih sangat sederhana dan tentunya harus lebih dikembangkan.
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Pendidikan Kepramukaan
merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah. Kegiatan
dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan disekolah.
Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat dilakukan pembinaan ketaqwaan terhadap
Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila,
pendidikan pendahuluan bela Negara, kepribadian dan budi pekerti luhur,
berorientasi, pendidikan kewiraswastaan, kesegaran jasmani dan daya kreasi,
persepsi, apresiasi dan kreasi seni.
Gerakan pramuka sebagai
satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah merupakan tempat pendidikan
bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan, penuh pendidikan
dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sebagai
satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan
penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada
sikap yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa
cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan,
bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan
anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan
kode etik dan janji pramuka.
Untuk lebih berperan aktif
dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah
bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada
keterkaitan erat antara siswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka
dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari
unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam
pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu untuk
penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun suatu program kerja gugus
depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari
gugus depan tersebut. Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan
kepanduan di sekolah merupakan acuan yang wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur
pengelola gugus depan tersebut.
B. Dasar
Kegiatan
Yang menjadi dasar
penyusunan program kerja gugus depan pramuka adalah:
1. Keputusan
Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka
2. Keputusan
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1985 tentang Petunjuk Penmyelenggaraan
Gerakan Pramuka di Gugus Depan
3. Keputusan
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 041 tahun 1985 tentang Petunjuk
Pelaksanaan Administrasi Satuan Pramuka.
4. Keputusan
Presiden Republik Indonesia nomor 57 Tahun 1988 tentang Pengesahan Anggaran
Dasar Gerakan Pramuka
5. Keputusan
Kwartir Nasonal Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1999, tentang Anggaran Rumah
Tangga Gerakan Pramuka
6. Keputusan
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 045 Tahun 2003 tentang Pokok-pokok
Pengorganisasian Gerakan Pramuka.
7. Program
kerja sekolah yang dijabarkan dalam program kerja urusan kesiswaan SMP Negeri 3
Saketi tahun pelajaran 2017/2018
C. Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai
dengan disusunnya program kerja ini:
1. untuk
menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan
dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa melalui kegiatan kepramukaan
2. Untuk
memberikan arahan kepada pelaksana gugus depan agar pelakasanaan kinerja gugus
depan dapat berjalan dengan baik.
3. Sebagai
sarana untuk peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di sekolah.
D. Sasaran
Sasaran pelaksanaan program
kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam suatu gugus depan yang
meliputi:
1. Unsur
Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Sekolah
sebagai penguasa tertinggi di sekolah yang dibantu dengan Urusan Kesiswaan,
Urusan Kurikulum dan unsur guru yang ditunjuk.
2. Unsur
Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam
suatu gugus depan yang meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota
pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)
3. Para
pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain yang
mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.
4. Peserta
didik yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan di sekolah yang terbagi dalam
siaga, penggalang, penegak dan pandega sesuai dengan tingkat umur peserta
didik.
BAB II VISI MISI
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Mengacu pada Lampiran III
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum
berkaitan dengan Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler perlu adanya visi misi
kegiatan ektrakulikuer. Adapun Visi Misi kegiatan ekstrakurikluer Pramuka pada
Gudep SMPN 3 Saketi adalah sebagai berikut:.
A
Visi :
Visi gugus depan
pangkalan SMP Negeri 3 Saketi adalah: Pengembangan Potensi Bakat, Minat Serta
Mental dan Moral yang Berlandasan IMTAQ dan IPTEK.
B
Misi :
Sedangkan misi gugus
depan pangkalan SMP Negeri 3 Saketi
1. Menyelenggarakan
kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan
terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai
tuntutan jaman
2. Memyelenggarakan
kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan pengembangan potensi, bakat dan
minat.
3. Menyelenggarakan
kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan sikap, mental dan moral yang
berkarakter.
4. Melaksanakan
kegiatan kepramukaan yang berorientasi pada pencapaian prestasi.
5. Melaksanakan
kegiatan kepramukaan yang berorientasi kepada pengembangan pola pikir dan
nalar, serta keterampilan.
BAB III PROGRAM KERJA
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Program kerja
Ekstrakurikuler Pramuka SMP Negeri 3 Saketi dapat dijelaskan dan dirinci
sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan program. Masing-masing
kelompok program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan. Adapun pembagian
kelompok program tersebut adalah sebagai berikut:
A. Program
Umum
1. Bidang
Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
a. Penerapan
Sistem Blok Pembinaan Keparamukaan, berupa:Masa Orientasi Anggota Baru selama 3
hari, yang pelaksanaannya dilakukan pada awal semester gasal dengan sasaran
siswa kelas VII
b. Penerapan
Sistem Reguler Pembinaan Keparmukaan, melalui kegiatan:
1) Latihan
Rutin
2) Pencapaian
SKU
3) Pencapaian
SKK
• 2
macam SKK Agama
• 2
macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
• 2
macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
• 2
macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan
• 2
macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat,
Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup
4) Peningkatan
mutu latihan pramuka penggalang meliputi jenjang:
a) Ramu
b) Rakit
c) terap
5) Gladian
Pemimpin Regu ( 1 kali )
6) Perkemahan
Sabtu Minggu ( 2 kali )
7) Penjelajahan
dan Survival Game
8) Perkemahan
Jauh dan Pengembaraan ( 1 kali )
9) Lomba
Tingkat I ( 1 kali )
10) Bakti
Masyarakat ( 2 kali )
11) Pengiriman
regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Kwartir
Nasional
12) Kegiatan
dengan gugus depan lain ( latihan gabungan )
13) Musyawarah
Gugus Depan
2. Bidang
Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya
kelengkapan administrasi dan sarana penunjang kegiatan Gugus Depan yang meliputi
:
a. Buku
Induk Gugus Depan
b. Stempel
Gugus Depan
c. Buku
Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan
d. Buku
Administrasi Keuangan
e. Daftar
Inventaris Gugus Depan
f. Buku
Tamu Gugus Depan
g. Laporan
Semester Gugus Depan
h. Catatan
Peristiwa Penting Gugus Depan ( Log Book )
i. Pengadaan
Tenda Pramuka
j. Pengadaan
alat pionering yang meliputi :
1) tali
pramuka
2) tongkat
k. Bendera
Gugus Depan yang meliputi:
1) Bendera
Tunas Kelapa
2) Bendera
Pramuka Sedunia Putra
3) Bendera
Pramuka Sedunia Putri
l. Bendera
Semaphore dan Morse
m. Papan
Nama Gugus Depan
n. Sanggar
Bakti Pramuka
3. Bidang
Keuangan
Pengelolaan dana kegiatan
yang bersumber dari:
a. Alokasi
dana dari BOS
b. Sumbangan
lain yang tidak mengikat
4. Bidang
Pendidikan Orang Dewasa
a. Pengiriman
pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun
Kwartir Cabang
b. Pengiriman
pembina untuk pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir
Cabang
c. Pertemuan-pertemuan
Gugus Depan yang dihadiri oleh MABIGUS
B. Penjabaran
Program dalam Semester
Penjabaran program dalam
semester gugus depan pangkalan SMP Negeri 3 Saketi dapat dijabarkan
sebagai berikut:
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN
SEMESTER GANJIL
BULAN : JULI 2017 SAMPAI
DENGAN DESEMBER 2017
No
|
KEGIATAN
|
BULAN KE
|
KET
|
|||||
Jul
|
Ags
|
Sept
|
Okt
|
Nop
|
Des
|
|||
1.
|
Masa Orientasi Anggota
Baru (system Blok)
|
X
|
||||||
2.
|
Latihan Rutin (Sistem
Reguler)
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
||
3.
|
Ujian SKU Penggalang Ramu
|
X
|
X
|
X
|
||||
4.
|
Ujian SKU Penggalang Rakit
|
X
|
X
|
X
|
||||
5.
|
Ujian SKU Penggalang Terap
|
X
|
X
|
X
|
||||
6.
|
Ujian SKK
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
||
7.
|
Gladian Pemimpin Regu
|
X
|
||||||
8.
|
Perkemahan Dekat ( Persami
)
|
X
|
X
|
|||||
9.
|
Penjelajahan dan Halang
Rintang
|
X
|
||||||
10.
|
Bakti Masyarakat
|
X
|
||||||
11.
|
Latihan gabungan
|
X
|
X
|
|||||
12.
|
Lomba Tingkat I
|
X
|
||||||
13.
|
Laporan Semester ke
Kwartir Ranting
|
X
|
||||||
14
|
Mengikuti kegiatan di
Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
|
Menyesuaikan
|
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN
SEMESTER GENAP
BULAN : JANUARI 2018 SAMPAI
DENGAN JUNI 2018
No
|
KEGIATAN
|
BULAN KE
|
KET
|
|||||
Jan
|
Peb
|
Mar
|
Apr
|
Mei
|
Jun
|
|||
1.
|
Latihan Rutin (Sistem
Reguler)
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
||
2.
|
Ujian SKU Penggalang Ramu
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|||
3.
|
Ujian SKU Penggalang Rakit
|
X
|
X
|
X
|
||||
4.
|
Ujian SKU Penggalang Terap
|
X
|
X
|
|||||
5.
|
Ujian SKK
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
||
6.
|
Gladian Pemimpin Regu
|
X
|
||||||
7.
|
Perkemahan Dekat ( Persami
)
|
X
|
||||||
8.
|
Penjelajahan dan Halang
Rintang
|
X
|
X
|
|||||
9.
|
Bakti Masyarakat
|
X
|
||||||
10.
|
Latihan gabungan
|
X
|
||||||
11.
|
Laporan Semester ke
Kwartir Ranting
|
X
|
||||||
12.
|
Pemilihan pramuka terbaik
|
X
|
||||||
13.
|
Musyawarah Gugus Depan
|
X
|
||||||
14.
|
Perkemahan jauh dan
Pengembaraan
|
X
|
||||||
15.
|
Mengikuti kegiatan di
Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
|
Menyesuaikan
|
C. Penjabaran
Masing-Masing Program
1. Latihan
Rutin Pramuka
Dalam melakukan kegiatan
latihan rutin dapat dirinci sebagai berikut :
a. Latihan
rutin dilakukan setiap hari Sabtu dimulai pukul 14.00 WIB dan diakhiri pukul
16.30 WIB
b. Latihan
rutin dilakukan dengan pemberian materi SKU dan SKK beserta praktek lapangan
c. Pemberi
materi adalah Pembantu Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka.
d. Rincian
materi latihan rutin adalah :
1) Sejarah
Pramuka
2) Dasa
Dharma dan Trisatya
3) PBB
dan Upacara Pramuka
4) Sandi
pramuka (huruf rahasia)
5) Semaphore
6) Kompas
7) Pionering,
tali temali, macam-macam ikatan
8) Api
Unggun
9) Tata
Boga
10) Hasta
karya Pramuka
11) Lambang
Gerakan Pramuka dan Struktur Organisasi Kperamukaan
12) Musyawarah
dan Mufakat
13) Tanda
Jejak, Peta
14) P3K
15) Penjelajahan
dam Permainan Pramuka
16) Lagu
Wajib dan Lagu Daerah
17) Bakti
karya
18) Kegiatan
lain yang berupa kegiatan insidental dan spontan
2. Musyawarah
Gugus Depan
1) Musyawarah
Gugus Depan (Mugus) adalah bentuk kegiatan musyawarah yang dilakukan anggota
gugus depan untuk menentukan kelangsungan hidup gugus depan.
2) Dalam kegiatan
ini dirumuskan :
1) Susunan
Majelis Pembimbing Gugus Depan
2) Susunan
Pembina Gugus Depan
3) Susunan
Pengurus Gugus Depan (Dewan Kerja Penggalang)
3) Peserta
dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) adalah:
1) Perwakilan
Anggota yang meliputi Pinru dan Wapinru setiap regu
2) Pemimpin
Regu Utama (Pratama) putra dan putri
3) Pembina
pramuka
4) Pembantu
pembina yang terdiri para pramuka penegak
5) Unsur
Mejelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala Sekolah, Wakil
Kepala Sekolah, Pembina OSIS, dan unusur guru yang membidangi ekstrakurikuler
Pramuka.
6) Unsur
Komite Sekolah
7) Unsur
Tokoh Masyarakat sekitar Gugus Depan
8) Unsur
Kwartir Ranting diantaranya Andalan Ranting Urusan Penggalang
4) Kegiatan
ini bisa dilakukan bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di
sekolahan.
3. Kegiatan
Perkemahan
a. Perkemahan
Sehari (Persari)
1) Kegiatan
Persari dilaksanakan pada bulan kedua dan kelima pada masing-masing semester
2) Kegiatan
ini biasanya dimulai pukul 07.00 WIB dan diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam
satu hari)
3) Kegiatan
ini meliputi :
• Penjelajahan
dan halang rintang
• Kegiatan
latihan gabungan
• Kegiatan
kunjungan ke tempat rekreasi (Trowulan, Gunung Pucangan, Wonosalam, dll)
• Latihan
Dasar Kepemimpinan
• Lomba
Tingkat I
b. Perkemahan
Dekat (di Sekolah)
1) Kegiatan
Persami dilaksanakan pada bulan ke empat tiap-tiap semester
2) Bentuk
kegiatan adalah kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu yang dimulai pada pukul 14.30
WIB (sabtu) dan diakhiri pada pukul 09.00 WIB (Minggu)
3) Macam-macam
kegiatan yang dapat dimasukkan dalam kegiatan Persami adalah :
• Penerimaan
tamu pasukan (anggota baru)
• Kegiatan
Pelantikan Kenaikan Tingkat
• Kegiatan
Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
• Latihan
Dasar Kepemimpinan (LDK)
c. Perkemahan
Jauh (di luar sekolah/diluar kabupaten)
1) Kegiatan
ini dilakukan pada Akhir Semester
2) Pada
semester ganjil (pertama) kegiatan ini ditempatkan di wisata dalam kabupaten
Jombang, sedang pada semester genap (kedua) ditempatkan pada lokasi perkemahan
yang berada di luar kabupaten Jombang.
3) Waktu
melakukan kegiatan ini adalah minimal 2 hari maksimal 5 hari
4) Kegiatan
yang dapat dimasukkan pada kegiatan ini adalah:
• Kegiatan
Bakti Masyarakat
• Kegiatan
Kemah Wisata (Jambore)
• Kegiatan
Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
• Kegiatan
Lomba Tingkat I
• Kegiatan
Pengembaraan atau Kemah Beranting
• Gladian
Pemimpin Regu
4. Laporan
Rutin Ke Kwartir Ranting
a. Kegiatan
ini dilakukan pada tiap bulan
b. Hal-hal
yang dilaporkan adalah keadaan gugus depan yang meliputi keanggota gugus depan
dan kegiatan yang telah dilakukan gugus depan pada kurun waktu tertentu.
5. Kegiatan
Insidental
a. Kegiatan
ini dilakukan diluar program yang tidak mengikat
b. Kegiatan
ini dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan
c. Macam
kegiatan dalam kegiatan ini adalah
• Kegiatan
kunjungan ke anggota gugus depan karena sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain
(berdasar undangan)
• Mengikuti
kegiatan yang berasal dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas
dan gudep lain)
D. Silabus
Kegiatan
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN
PRAMUKA PENGGALANG RAMU
GUGUS DEPAN SMPN 3 SAKETI
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Kegiatan
|
1
|
1.
Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan
pramuka dalam segala aspek kehidupan
|
1.1 Mengetahui
sejarah singkat pramuka dunia
|
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
|
Sejarah kepramukaan dan
kode kehormatan Pramuka
|
1.2 Mengetahui
sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
|||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
1.3
Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma
|
Dasa Dharma dan
Trisatya
|
||
1.4
Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan
masyarakat
|
||||
2
|
2.
Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu
mengimplementasikan dalam upacara Penggalang
|
2.1
Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,
balik kanan / kiri)
|
2.1
Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik
kanan/kiri)
|
PBB dan Latihan Upacara
|
2.2
Memperagakan upacaraPenggalang di lapangan
|
2.2
Memperagakan upacara Penggalang di lapangan
|
|||
3
|
3.
Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore
|
3.1 Mengetahui
macam-macam SANDI
|
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI
|
Huruf SANDI
|
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
3.2
Mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
Semaphore
|
||
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
|||
4
|
4.
Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
Pedoman kompas
|
5
|
5.
Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
5.1
Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
Tali temali, cara
mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2 Membuat
tandu dan kaki tiga
|
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga
|
|||
5.3 Mengetahui
cara dan praktek mendirikan tenda
|
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
|
|||
6
|
6.
Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan
|
6.1 Mengetahui
bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
Api unggun
|
6.2 Membuat
miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
|||
7
|
7.
Memahami resep dasar memasak
|
7.1 Membuat
resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
Tata boga
|
7.2 Latihan
memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
|||
8
|
8.
Memahami cara membuat hasta karya
|
8.1 Membuat
kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
8.1
Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug)
|
Hasta karya Pramuka
|
8.2 Membuat
kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
|||
9
|
9.
Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka
|
9.1 Mengetahui
lambang gerakan pramuka
|
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
Lambang Gerakan Pramuka
dan struktur kepramukaan
|
9.2 Mengetahui
definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
9.2
Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah
|
|||
9.3 Membentuk
kepengurusan regu
|
9.3
Membentuk kepengurusan regu
|
|||
10
|
10. Memahami
definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1 Mengetahui arti
musyawarah secara sederhana
|
10.1
Mengetahui arti musyawarah dan mufakat secara sederhana
|
Musyawarah dan mufakat
Pramuka
|
10.2 Bermusyawa rah
membuat jadwal latihan lanjut
|
10.2
Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut
|
|||
11
|
11. Memahami
tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui berbagai
tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.1
Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
Mencari jejak dan
penggunaan peta
|
11.2 Menggunakan tanda
jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
|||
12
|
12. Memahami
definisi dan praktek P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
12.1
Mengetahui arti P3K
|
P3K
|
12.2 Mengetahui cara dalam
praktek P3K
|
12.2
Mengetahui cara praktek P3K
|
|||
12.3 Memperagakan P3K dan
PPSD
|
12.2
Memperagakan P3K dan PPGD
|
|||
13
|
13. Memahami
definisi jelajah alam dan out bound
|
13.1 Mengetahui pengertian
dasar jelajah alam dan outbond
|
13.1
Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound
|
Jelajah alam dan out bout
|
13.2 Mengetahui
macam-macam jenis out bound
|
13.2
Mengetahui macam-macam jenis outbound
|
|||
13.3 Jelajah alam dan out
bound sederhana
|
13.3 Jelajah
alam dan out bout sederhana
|
|||
14
|
14.
Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1 Mengetahui macam-
macam lagu wajib dan lagu daerah
|
14.1
Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah
|
Lagu-lagu wajib dan daerah
|
14.2 Menyanyikan lagu
wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi
yang benar
|
|||
15
|
15. Memahami
makna bakti karya Penggalang.
|
15.1 Mengetahui makna
bakti karya Penggalang
|
15.1
Mengetahui makna bakti karya Penggalang
|
Bakti karya
|
15.2 Bakti karya
Penggalang untuk desa
|
15.2 Bakti
karya penggalang untuk masyarakat pegunungan
|
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA
PENGGALANG RAKIT
GUGUS DEPAN SMPN 3 SAKETI
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
1. Memahami sejarah
singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam
segala aspek kehidupan
|
1.1 Mengetahui
sejarah singkat pramuka dunia
|
* Menyebutkan
tokoh pramuka dunia
|
Sejarah Kepramukaan dan
kode kehormatan Pramuka
|
*
Menyebutkan organisasi pramuka dunia
|
|||
1.2 Mengetahui
sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
Menjelaskan Sejarah
singkat pramuka di Indonesia
|
||
*
Menyebutkan tokoh pramuka Indonesia
|
|||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
*
Menjelaskan isiTri Satya dan Dasa Dharma Pramuka
|
Dasa Dharma dan Trisatya
|
|
*
Menerapkan isi Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka
|
|||
2. Memahami makna
PBB serta manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta mampu
mengimplementasikan dalam upacaraPENGGALANG
|
2.1
Memperagakan gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,
balik kanan / kiri)
|
*
Latihan PBB dasar
|
PBB dan Latihan Upacara
|
2.2
Memperagakan upacaraPenggalang di lapangan
|
*
Latihan sikap sempurna sampai gerak jalan
|
||
*
Menulis langkah-langkah upacara
|
|||
* UpacaraPenggalang
|
|||
3. Memahami macam-
macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
3.1 Mengetahui
macam-macam SANDI
|
*
Mengungkapan Isi suatu SANDI
|
SANDI dan SEMAPHORE
|
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
* Menyebutkan
fungsi SANDI dan semaphore
|
||
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
*
Memperagakan bendera Semaphore
|
||
4. Memahami kegunaan
kompas dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
*
Menggunakan pedoman kompas dalam berkemah
|
Pedoman Kompas
|
5.
Memahami penggu naan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
*
Membuat beragam simpul tali
|
Tali temali, cara
mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2 Membuat
tandu dan kaki tiga
|
*
Menyambung tongkat
|
||
5.3 Mengetahui
cara dan praktek mendirikan tenda
|
*
Membuat tandu
|
||
*
Membuat kaki 3
|
|||
*
Menyebutkan cara mendirikan tenda
|
|||
*
Mendirikan tenda
|
|||
6. Memahami arti dan
manfaat api unggun dalam ke pramukaan
|
6.1 Mengetahui
bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
*
Menyebutkan kegunaan api unggun
|
Api unggun
|
6.2 Membuat
miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
*
Membuat miniatur api unggun di SD
|
||
7. Memahami resep
dasar memasak
|
7.1 Membuat
resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
*
Membuat resep rujak an dan sayuran
|
Tata Boga
|
7.2 Latihan
memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
*
Memasak sayuran dan membuat lauk pauk
|
||
8. Memahami cara
membuat hasta karya
|
8.1 Membuat
kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
*
Membuat anyaman atap gubug
|
Hasta karya Pramuka
|
8.2 Membuat
kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
*
Membaut sendal kayu
|
||
9. Memahami lambang
gerakan pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan
|
9.1 Mengetahui
lambang gerakan pramuka
|
*
Menjelaskan arti lambang pramuka
|
Lambang gerakan pramuka
dan struktur kepramukaan
|
9.2 Mengetahui
definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
*
Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka
|
||
9.3 Membentuk
kepengurusan regu
|
*
Membuat pengurus regu
|
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1 Mengetahui arti
musyawarah secara sederhana
|
*
Menjelaskan arti musyawarah dan mufakat
|
Musyawarah & mufakat
pramuka
|
10.2 Bermusyawa rah
membuat jadwal latihan lanjut
|
*
Bermusyawarah membuat jadwal latihan
|
||
11. Memahami tanda-
tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui berbagai
tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
*
Membuat tanda jejak dan peta penjelajahan
|
Mencari jejak dan
penggunaan peta
|
11.2 Menggunakan tanda
jejak dan peta dalam kepramukaan
|
*
Menggunakan tanda jejak dan peta jelajah
|
||
12. Memahami
definisi dan praktek P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
*
Menjelaskan arti P3K
|
P3K
|
12.2 Mengetahui cara dalam
praktek P3K
|
*
Menyebutkan cara praktik P3K
|
||
12.3 Memperagakan P3K dan
PPSD
|
*
Praktik PPGD/P3K
|
||
13. Memahami
definisi jelajah alam dan outbond
|
13.1 Mengetahui pengertian
dasar jelajah alam dan outbond
|
*
Menjelaskan arti jelajah alam & out bound
|
Jelajah alam dan outbound
|
13.2 Mengetahui
macam-macam jenis out bound
|
*
Menyebutkan macam- macam jenis out bound
|
||
13.3 Jelajah alam dan out
bound sederhana
|
*
Penjelajahan dan out bound
|
||
14. Memahami
macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1 Mengetahui macam-
macam lagu wajib dan lagu daerah
|
*
Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah
|
Lagu - lagu wajib
dan daerah
|
14.2 Menyanyikan lagu
wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
*
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
|
||
*
Menyanyikan 2 lagu daerah
|
|||
15. Mengetahui makna
bakti karya penggalang
|
15.1 Mengetahui makna
bakti karya Penggalang
|
*
Menjelaskan arti dan tujuan Bakti Karya Penggalang
|
Bakti Karya PENGGALANG
|
15.2 Bakti karya
Penggalang untuk desa
|
* Bakti
karya penggalang untuk masyarakat pegunungan
|
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA
PENGGALANG TERAP GUGUS DEPAN SMPN 3 SAKETI
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
1. Memahami sejarah
singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam
segala aspek kehidupan
|
1.1 Mengetahui
sejarah singkat pramuka dunia
|
* Menganalis
nilai-nilai perjuangan para tokoh pramuka dunia
|
Sejarah Kepramukaan dan
kode kehormatan Pramuka
|
*
Menganalisis peran organisasi pramuka dunia
|
|||
1.2 Mengetahui
sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
Mendeskripsikan sejatah
pramuka Indonesia
|
||
Mengidentifikasi
nilai-nilai kepramukaan pada tokoh pramuka Indonesia
|
|||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
Menganalisis isi
Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka
|
Dasa Dharma dan Trisatya
|
|
Memberikan contoh
penerapan isi Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka
|
|||
2. Memahami makna
PBB serta manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta mampu
mengimplementasikan dalam upacaraPENGGALANG
|
2.1
Memperagakan gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,
balik kanan / kiri)
|
*
Latihan PBB lanjutan
|
PBB dan Latihan Upacara
|
2.2
Memperagakan upacara Penggalang di lapangan
|
*
Menulis langkah-langkah upacara
|
||
*
Latihan petugas upacra
|
|||
* Mempraktekan
UpacaraPenggalag
|
|||
3. Memahami macam-
macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
3.1 Mengetahui
macam-macam SANDI
|
*
Membuatu contoh SANDI
|
SANDI dan SEMAPHORE
|
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
* Menganalisis
kegunaan SANDI dan semaphore
|
||
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
*
Memperagakan bendera Semaphore
|
||
4. Memahami kegunaan
kompas dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
Melatih penghitungan dan
pengukuran arah yang dituju.
|
Pemnfaatan Kompas
|
5.
Memahami penggu naan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
Mengetahui pembuatn
Tandu-Tali Temali.
|
Tali temali, cara
mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2 Membuat
tandu dan kaki tiga
|
Membuat tandu
|
||
5.3 Mengetahui
cara dan praktek mendirikan tenda
|
Mendirikan tenda
|
||
6. Memahami arti dan
manfaat api unggun dalam ke pramukaan
|
6.1 Mengetahui
bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
*
Menganalisis manfaat api unggun
|
Api unggun
|
6.2 Membuat
miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
*
Membuat miniatur api unggun
|
||
7. Memahami resep
dasar memasak
|
7.1 Membuat
resep makanan ringan
|
*
Membuat resep makanan ringan
|
Tata Boga
|
7.2 Latihan
memasak tingkat lanjut (membuat makanan ringan)
|
*
Membuat atau memasak makanan ringan
|
||
8. Memahami cara
membuat hasta karya
|
8.1 Membuat
kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
Mampu mengembangkan
kreativitas secara mandiri atau beregu.
|
Hasta karya Pramuka
|
8.2 Membuat
kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
Membauat kerajinan tangan
secara mandiri dan beregu
|
||
9. Memahami lambang
gerakan pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan
|
9.1 Mengetahui
lambang gerakan pramuka
|
*
Menjelaskan arti lambang pramuka
|
Lambang gerakan pramuka
dan struktur kepramukaan
|
9.2 Mengetahui
definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
*
Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka
|
||
9.3 Membentuk
kepengurusan regu
|
*
Membuat pengurus regu
|
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1 Mengetahui arti
musyawarah secara sederhana
|
*
Mengindentifikasi nilai-nilai musyawarah dan mufakat
|
Musyawarah & mufakat
pramuka
|
10.2 Bermusyawa rah
membuat jadwal latihan lanjut
|
*
Mempraktekan kegiatan musyawarah
|
||
11. Memahami tanda-
tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui berbagai
tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
Membaca peta medan di atas
kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju.
|
Panorama
|
11.2 Menggunakan tanda
jejak dan peta dalam kepramukaan
|
* Mampu
membuat dan memindahkan medan ke dalam secarik kertas menjadi sebuah peta
|
Peta-Pita
|
|
12. Memahami
definisi dan praktek P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
*
Mengetahui obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
|
P3K
|
12.2 Mengetahui cara dalam
praktek P3K
|
*
Mengetahui cara penggunaan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka
ringan.
|
||
12.3 Memperagakan P3K dan
PPSD
|
*
Praktik PPGD/P3K
|
||
13. Memahami
definisi jelajah alam dan outbond
|
13.1 Mengetahui pengertian
dasar jelajah alam dan outbond
|
*
Menjelaskan arti jelajah alam & out bound
|
Jelajah alam dan outbound
|
13.2 Mengetahui
macam-macam jenis out bound
|
*
Menyebutkan macam- macam jenis out bound
|
||
13.3 Jelajah alam dan out
bound sederhana
|
*
Penjelajahan dan out bound
|
||
14. Memahami
macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1 Mengetahui macam-
macam lagu wajib dan lagu daerah
|
*
Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah
|
Lagu - lagu wajib
dan daerah
|
14.2 Menyanyikan lagu
wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
*
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
|
||
*
Menyanyikan 3 lagu daerah
|
|||
15. Mengetahui makna
bakti karya penggalang
|
15.1 Mengetahui makna
bakti karya Penggalang
|
*
Menganalisis arti dan tujuan Bakti Karya Penggalang
|
Bakti Karya PENGGALANG
|
15.2 Bakti karya
Penggalang untuk desa
|
* Bakti
karya penggalang untuk masyarakat pedesaan
|
BAB III ORGANISASI DAN TATA
KELOLA
A. Susunan
Majelis Pembimbing Gugus Depan
Majelis Pembimbing Gugus
Depan (Mabigus) disusun berdasarkan jabatan dinas di suatu gugus depan. Majelis
Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) terdiri dari unsur pejabat di sekolah tempat
gugus depan tersebut berada. Adapun susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
dapat dibarkan sebagai berikut :
1. Ketua
: (Kepala Sekolah)
2. Anggota
: (Wakil Kepala Sekolah)
3. Anggota
: (
Pembina OSIS)
4. Anggota
: (Guru)
5. Anggota
: (Pembina Harian Putra)
6. Anggota
: (Pembina Harian Putri)
B. Susunan
Pengurus Dewan Kerja Penggalang
Dewan Kerja Penggalang pada
prinsipnya adalah dewan kerja gugus depan yang bertugas melaksanakan kegiatan
kepramukaan di lingkungan gugus depan. Dewan kerja bertugas membantu pembina
pramuka dalam menjalankan aktivitas kepramukaan. Disamping itu Dewan Kerja
Penggalang juga berfungsi panitia kegiatan untuk kegiatan-kegiatan kepramukaan
yang bersifat kecil, mendadak, atau rutin. Sedang untuk kegiatan yang bersifat
besar atau insidental dibentuk panitia kegiatan tersendiri.
Unsur yang membentuk Dewan
Kerja Penggalang terdiri dari pemimpin regu utama (pratama), pemimpin regu
(pinru) dan wakil pemimpin regu (wapinru), serta anggota pramuka yang dianggap
cakap. Adapun susunan pengurus Dewan Kerja Penggalang Gudep SMP Negeri 3
Saketi sebagai berikut:
1. Ketua
:
2. Wakil
Ketua
:
3. Sekretaris
I
:
4. Sekretaris
II
:
5. Bendahara
I
:
6. Bendahara
II
:
7. Seksi-Seksi
:
a. Bidang
Kegiatan dan Operasional Teknik Kepramukaan (Giatoptekpram):
1.
2.
3.
4.
b. Bidang
Adminsitrasi dan Organisasi
1.
2.
3.
4.
c. Bidang
Hubungan Masyarakat
1.
2.
3.
4.
C. Dewan
Kehormatan Penggalang
Dewan Kehormatan Penggalang
terdiri atas anggota pramuka yang sudah mencapai Terap dan sudah kelas III.
Dewan Kehormatan bekerja jika diperlukan dalam kegiatan insidental. Dewan
Kehormatan Penggalang mempunyai tugas memberikan masukan, saran atau nasehat serta
membantu pembina dalam memberikan penilaian terhadap kinerja Dewan Kerja
Penggalang. Adapun susunan Dewan Kehormatan Penggalang adalah :
1. Ketua
:
2. Anggota
:
3. Anggota
:
4. Anggota
:
5. Anggota
:
6. Anggota
:
D. Struktur
Organisasi Gudep
Terlampir
E.
Pengelompokkan Peserta / Anggota
Peserta kegiatan ekstrakurikuler
Pramuka dikelompok dalam 3 kolompok yakni 1) Kelompok Penggalang Ramu; 2)
Kelompok Penggalang Rakit; 3) Kelompok Penggalang Terap, Dengan ketentuan sbb:
1) Peserta
didik yang belum pernah mengikuti pelantikan penggalang Ramu saat di Sekola
Dasar, masuk dalam kelompok Penggalang Ramu.
2) Peserta
didik yang telah mengikuti pelatikan penggalang Ramu, penggalang Rakit, maupun
Penggalang terap (dibuktikan dengan SKU) pada saat di Sekolah Dasar dimasukkan
dalam kelompok Penggalang Rakit.
3) Kelompok
Penggalang Terap, hanya diperuntukan bagi peserta didik yang telah
mengikuti pelatikan penggalang Rakit pada saat ia telah menjadi siswa SMP.
Untuk
keperluan tersebut dibutuhkan minimal 3 orang Pembina. Namun apabila
diberlakukan kelas/kelompok terpisah (pa/pi), dibutuhkan minimal 6 orang
Pembina.
F. Pelaksanaan Latihan /
Kegiatan
1. Pelaksanaan kegiatan latihan
rutin dilakukan di sekolah satu minggu satu kali.
2. Pelaksanaan
latihan lebih difokuskan pada kegiatan praktek dan tetap memperhatikan
ketertiban dan keamanan, berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan kepada
peserta didik menerapkan pengetahuan dan kecakapan yang sesuai dengan usia.
3. Pelaksanaan
kegiatan dilakukan secara praktis yaitu : sederhana, mudah, memanfaatkan
sumberdaya yang ada dan menghemat biaya tetapi berhasil guna dan tepat guna.
4. Setiap
Pembina pramuka wajib membuat Program Tahunan, Program Semester dan Rencana
PelaksanaanKegiatan (RPK)
G. Penilaian Kegiatan
Pramuka
Penilaian
Pendidikan Kepramukaan mencakup hal-hal sebagai
berikut:
1) Penilaian
dilakukan lebih banyak secara kualitatif.
2) Peserta
didik diwajibkan untuk mendapatka nnilai minimal baik
pada kegiatan ekstrakurikuler wajib pada setiap
semester.
3) Nilai
yang diperoleh pada kegiatan Ekstrakurikuler
Wajib Kepramukaan berpengaruh terhadap kenaikan kelas peserta didik.
4) Apabila
Nilai di bawah baik dalam dua semester atau
satu tahun namun berdasarkan keputusan rapat guru akan dinaikan, peserta
didik yang bersangkutan harus mengikuti program khusus
yang diselenggarakan bagi mereka (Modifikasi Prilaku)
5) Kriteria
keberhasilan kompetensi lebih ditentukan oleh proses dan
keikutsertaan peserta didik.
6) Proses
penilaian dilaksanakan setiap kali latihan dan setiap hari di dalam proses
pelatihan pramuka.
7) Proses
penilaian dilaksanakan dengan metode Observasi dan
Partisipasi.
8) Proses
penilaian Keterampilan Kepramukaan disesuaikan dengan
Kompetensi Dasar dari masing-masing Tema dan
Matapelajaran. sebagai penguatan yang bermuatan
Nilai Sikap dan Keterampilan dalam Kurikulum 2013.
9) Proses
Penilaian dilakukan oleh Teman, Guru Kelas/Guru
Matapelajaran, Pemangku Kegiatan dan/atau Pembina
Pramuka.
10) Pelaporan nilai
dituangkan dalam bentuk deskripstif dengan mengacu kriteria.
BAB IV PENUTUP
Demikian program kerja Gugus
Depan Pangkalan SMP Negeri 3 Saketi tersusun, dengan harapan dapat
menjadi acuan bagi gerak dan kerja pramuka di gugus depan. Disamping itu
program kerja ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi sekolah dalam
menentukan kebijakan yang berhubungan dengan kegiatan kepramukaan pada SMP
Negeri 3 Saketi.
Perlu disadari bahwa dalam
penyusunan program kerja ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu saran
dan kritik sangat diharapkan demi perbaikan dan penyempurnaan program kerja
ini. Akhirnya semoga program kerja ini dapat bermanfaat bagi semua.
Bagi Anda yang ingin
mendownload silahkan melalui link berikut ini
LINK DOWNLOAD CONTOH
PROGRAMKERJA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (DISINI)
Demikian Contoh Program Kerja Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu atau Kakak-kakak Pembina pramuka.
Demikian Contoh Program Kerja Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu atau Kakak-kakak Pembina pramuka.
=========================================