CONTOH RPP 3 (TIGA) KOMPONEN – RPP 1 (SATU) HALAMAN

 Contoh RPP 3 (Tiga) Komponen – RPP 1 (Satu) Halaman

Contoh RPP 3 (Tiga) Komponen – RPP 1 (Satu) Halaman. Sebagaimana diketahui Mendikbud telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP. Isi surat edaran tersebut menyatakan bahwa Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.

Ditegaskan dalam Surat Edaran tersebut bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.

Lalu seperti apa Contoh RPP 3 (Tiga) Komponen – RPP 1 (Satu) Halaman mengacu pada edaran mendikbud nomor 14 Tahun 2019 tersebut? Sebagai contoh, tetapi bukan sebagai rujukan utama berikut ini Contoh RPP 3 (Tiga) Komponen – RPP 1 (Satu) Halaman (format doc/word). Tentunya contoh dibawah ini hanyalah beberapa model dari sejuta model RPP yang dapat dikembangkan oleh guru, karena sesungguh para guru bebas menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terpenting efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.

Contoh RPP 3 (Tiga) Komponen – RPP 1 (Satu) Halaman ini menggunakan langkah-langkah pembelajaran dengan Model Pembelajaran PAIM SEHATI. Sebagaimana yang sudah saya posting Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia menggagas model pembelajaran inspiratif dan menyenangkan dengan nama Pandeglang Inspiring Instructional Model (PAIIM). Syntax atau langkah-langkah operasional dari model pembelajaran PAIIM ini adalah SEHATI (Senangi, Hubungkan, Alami, Terapkan dan Inspirasikan). Itulah sebabnya model ini dikenal dengan nama PAIIM SEHATI. Model Pembelajaran Inspiratif Kabupaten Pandeglang (PAIIM SEHATI) merupakan model pembelajaran yang menekankan pada penanaman nilai karakter, konsep dasar ilmu pengetahuan dan keterampilan yang inspiratif dan menyenangkan serta meletakan dasar-dasar keunggulan sumber daya manusia yang inovatif dan kompetitif. Model Pembelajaran ini digagas pada masa Bpk Drs. H. Salman Sunardi.M.Pd menjabat sebagai kepala dinas pendidikan dan kebudayaan. Implementasi model ini mulai dilakukan pada masa kepemimpinan Bpk Drs. H. Taufik Hidayat, M,Si. (Baca lengkap disini).

Sekali lagi hanya sebatas contoh, berikut link download Contoh RPP 3 (Tiga) Komponen – RPP 1 (Satu) Halaman dalam Format word/doc.


  RPP 1 (Satu) Halaman - Contoh RPP 3 (Tiga) Komponen

Link download Contoh RPP 3 (Tiga) Komponen – RPP 1 (Satu) Halaman (DISINI)

Link download Contoh RPP 3 (Tiga) Komponen – RPP 1 (Satu) Halaman (DISINI)

Link download Contoh RPP 3 (Tiga) Komponen – RPP 1 (Satu) Halaman (DISINI)

Demikian informasi tentang Contoh RPP (3) Komponen – RPP 1 (Satu) Halaman. Semoga ada manfaatnya sebagai bahan Inspirasi bagi para guru di sekolah binaan saya. Terima kasih.



= Baca Juga =



No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter