Pilihan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan projek ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, antiradikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Projek penguatan ini juga dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya.
Sejak tahun 1990-an,
pendidik dan praktisi pendidikan di seluruh dunia mulai menyadari bahwa
mempelajari hal-hal di luar kelas dapat membantu peserta didik mendapatkan
pemahaman bahwa yang dipelajari di satuan pendidikan memiliki hubungan dengan
kehidupan sehari-sehari. Jauh sebelum itu, Ki Hajar Dewantara sudah menegaskan
pentingnya peserta didik mempelajari hal-hal di luar kelas, namun sayangnya
selama ini pelaksanaan hal tersebut belum optimal.
Dunia saat ini semakin
modern dengan kemajuan berkelanjutan yang dicapai melalui berbagai inisiatif
projek yang sukses. Kegiatan seperti membuat masakan untuk keluarga, merapikan
halaman rumah, atau mengadakan acara pentas seni satuan pendidikan, adalah
contoh projek-projek yang dapat dijalankan sehari-hari.
Bagi pekerja di dunia
modern, keberhasilan menjalankan projek akan menjadi prestasi tersendiri
dibandingkan dengan loyalitas atau lama bekerja dalam satu perusahaan.
Memecahkan masalah dunia nyata penting bagi orang dewasa, dan juga anak-anak.
Agar anak-anak dapat memecahkan masalah dunia nyata, kita harus mempersiapkan
mereka dengan pengalaman (pengetahuan) dan kompetensi yang sesuai dengan
tuntutan zaman. Dalam upaya mempersiapkan peserta didik agar mampu
mengembangkan kompetensi tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
mencanangkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Apa saja Pilihan Tema Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak. Kemendikbud-Dikti menentukan tema
untuk setiap projek yang diimplementasi dalam satuan pendidikan yang dapat
berubah setiap tahunnya. Untuk tahun ajaran 2021/2022, ada tujuh tema yang
dikembangkan berdasarkan isu prioritas yang dinyatakan dalam Peta Jalan
Pendidikan Nasional 2020‒2035, Sustainable Development Goals, dan dokumen lain
yang relevan. Tujuh tema tersebut adalah:
1.
Gaya Hidup Berkelanjutan (SD‒SMA/SMK) -------------Contoh Modul akses disini
2.
Kearifan lokal (SD‒SMA/SMK) -------------Contoh Modul akses disini
3.
Bhinneka Tunggal Ika (SD‒SMA/SMK) -------------Contoh Modul akses disini
4.
Bangunlah Jiwa dan Raganya (SMP‒SMA/SMK) -------------Contoh Modul akses disini
5.
Suara Demokrasi (SMP‒SMA/SMK) -------------Contoh Modul akses disini
6.
Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI (SD‒SMA/SMK) -------------Contoh
Modul akses disini
7.
Kewirausahaan (SD‒SMA/SMK) -------------Contoh Modul akses disini
Download Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Pada Sekolah Penggerak (DISINI)
Pemerintah Daerah dan satuan
pendidikan dapat mengembangkan tema menjadi topik yang lebih spesifik, sesuai
dengan budaya serta kondisi daerah dan satuan pendidikan. Satuan pendidikan
diberikan kewenangan untuk menentukan tema yang diambil untuk dikembangkan,
baik untuk setiap kelas, angkatan, maupun fase. Untuk satuan pendidikan SD
wajib memilih minimal 2 tema untuk dilaksanakan per tahun, sedangkan untuk
tingkat SMP dan SMA wajib memilih minimal 3 tema per tahun.