JUKNIS O2SN SMP TAHUN 2024

Pedoman Petunjuk Teknis Juknis O2SN SMP Tahun 2024


Pedoman Juknis O2SN SMP Tahun 2024. Pembinaan dan pengembangan olahraga di setiap jenjang pendidikan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional, yang meliputi olah hati atau kalbu, olah rasa, olah pikir, dan olahraga. Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan.

 

Olahraga juga dapat memiliki arti yang strategis bagi nation and character building atau pembangunan watak bangsa. Dalam perspektif ini, pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi harus pula mampu membangun se luruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, salah satu program yang dilaksanakan adalah penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah/Sederajat yang dilaksanakan setiap tahun.

 

Dalam Pedoman atau Petunjuk Teknis (Juknis) O2SN SMP Tahun 2024 dinyatakan bahwa O2SN-SMP merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat. Di samping itu, kegiatan tersebut juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai -nilai fair play (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab) sesuai makna positif olahraga yang ada pada setiap perlombaan/pertandingan cabang olahraga pada O2SN ini.

 

Selain itu, dalam rangka mendukung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), O2SN SMP tingkat nasional ke -XVII Tahun 2024 merupakan salah satu peran dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi guna memajukan olahraga Indonesia dalam kancah Internas ional pada perhelatan Olimpiade dunia. Ada 14 (empat belas) cabang

olahraga unggulan yang diamanatkan dalam DBON, yaitu diantaranya atletik, bulu tangkis, panjat tebing, senam artistik, angkat besi, balap sepeda, panahan, menembak, renang, dayung, karate, taekwondo, wushu dan pencak silat.

 

O2SN yang telah diselenggarakan lebih dari satu dasawarsa ini sudah berkontribusi pada keberhasilan pembinaan dan pengembangan olahraga di tingkat sekolah, daerah, nasional, dan internasional sehingga dapat mewadahi talenta peserta didik khususnya dalam bi dang pembinaan olahraga.


Pedoman Juknis O2SN SMP Tahun 2024 ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang O2SN SMP kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya. Selamat mempersiapkan diri, belajar, berlatih, dan bekerja sebaik-baiknya agar kegiatan ajang dapat terlaksana sesuai rencana dan memberikan hasil maksimal.


Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP MTs Sederajat Tahun 2024 adalah sebuah ajang talenta di bidang olahraga, yang diselenggarakan untuk peserta didik SMP MTs. Ajang O2SN SMP MTs Tahun 2024 diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial di bidang olah raga.

 

Selengkapnya silahkan baca Petunjuk Teknis atau Juknis Pedoman O2SN SMP Tahun 2024. Berikut ini salinan naskah Juknis Pedoman O2SN SMP Tahun 2024

 



Link download Pedoman O2SN SMP Tahun 2024 (disini)

 

Demikian informasi tentang Pedoman Juknis O2SN SMP Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya. Selamat berjuang bagi para peserta O2SN SMP tahun 2024

 


= Baca Juga =


No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by andynwt. Powered by Blogger.