Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Edisi 2024

Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Edisi Kelima Tahun 2024 

Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Edisi 2024 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Menuju Indonesia Emas merupakan buku edisi kelima telah diterbitkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Edisi Kelima Tahun 2024 ini disempurnakan berdasarkan hasil evaluasi penerapan kurikulum di berbagai perguruan tinggi selama melaksanakan bimbingan teknis maupun sosialisasi penyusunan kurikulum yang mengacu kepada SN-Dikti serta masukan dari berbagai pihak sehingga memerlukan perbaikan di beberapa bagian buku pedoman ini.

 

Buku panduan ini bertujuan untuk memandu para pemangku kepentingan program studi di Indonesia agar dapat merekonstruksi kurikulum yang ada sesuai dengan perkembangan zaman akibat kemajuan era Industri 4.0 menuju masyarakat 5.0, serta mendukung visi Indonesia Emas 2045. Visi ini dicirikan dengan Sumber Daya Manusia unggul, generasi yang produktif dan berintelektual baik, demokrasi yang matang, pemerintahan yang baik, serta keadilan sosial.

 

Buku Panduan ini juga disusun agar selaras dengan Kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk menerapkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

 

Berdasarkan Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi tahapan penyusunan dokumen kurikulum Perguruan Tinggi terdiri dari 3 tahapan yaitu: perancangan kurikulum, perancangan pembelajaran, dan evaluasi program pembelajaran.

1. Tahapan Perancangan Dokumen Kurikulum

Tahapan ini dimulai dari analisis kebutuhan (market signal) yang menghasilkan profil lulusan dan kajian-kajian yang dilakukan oleh program studi sesuai dengan disiplin bidang ilmunya (scientific vision) yang menghasilkan bahan kajian. Selanjutnya dari kedua hasil tersebut dirumuskan CPL, mata kuliah dan bobot sks-nya, serta penyusunan organisasi mata kuliah dalam bentuk matriks. Secara sederhana tahapan kurikulum terdiri dari:

a. Penetapan Tujuan Program Studi (Program Educational Objective, PEO) dan Visi Keilmuan Program Studi

b. Penetapan profil lulusan dan perumusan CPL;

c. Penetapan bahan kajian dan pembentukan mata kuliah;

d. Penyusunan matriks organisasi mata kuliah dan peta kurikulum.

 

2. Tahapan Perancangan Pembelajaran

Perancangan pembelajaran secara sistematis perlu dilakukan agar menghasilkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) atau istilah lain, beserta perangkat pembelajaran lainnya, diantaranya instrumen penilaian, rencana tugas, bahan ajar, dan lain-lain yang dapat dijalankan dalam proses pembelajaran secara efisien dan efektif. Perencanaan proses pembelajaran sesuai dengan Permendikbudristek No 53 Tahun 2023 minimal memuat :

a. capaian pembelajaran yang menjadi tujuan belajar;

b. cara mencapai tujuan belajar melalui strategi dan metode pembelajaran; dan

c. cara menilai ketercapaian capaian pembelajaran.

 

3. Tahap evaluasi program pembelajaran

Penilaian dan evaluasi pembelajaran tidak terlepas dalam proses SCL. Penilaian merupakan satu atau lebih proses mengidentifikasi, mengumpulkan, dan mempersiapkan data untuk mengevaluasi tercapainya Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), dan tujuan kurikulum (ABET, 2021). Penilaian wajib mengandung muatan motivasi, menumbuhkan rasa percaya diri untuk berkontribusi dengan pilihan jalan hidup sebagai pembelajar sepanjang hayat. Sedangkan evaluasi pembelajaran adalah satu atau lebih proses menginterpretasi data dan bukti-buktinya yang terakumulasi selama proses penilaian (ABET, 2021).

 

Terkait dengan penilaian, di samping sebagai alat untuk menguji tingkat ketercapaian capaian pembelajaran, juga penting untuk mengkondisikan mahasiswa selalu terlibat dalam pembelajaran (student engagement on learning).

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Edisi 2024 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Menuju Indonesia Emas.

 



Link download Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi (DISINI)

 

Demikian inromasi tentang Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Edisi Kelima Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter