>

PANDUAN PENERAPAN TUJUH KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT JENJANG SD

Buku Panduan Penerapan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Pada Jenjang SD


Buku Panduan Penerapan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Pada Jenjang SD (Sekolah Dasar). Pemerintah Republik Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo dan Wakil Presiden Gibran, memiliki visi mewujudkan Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045 dan delapan misi yang disebut Asta Cita. Untuk mendukung terwujudnya visi tersebut, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah mengemban tugas untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang selaras dengan misi Asta Cita keempat yakni memperkuat pembangunan sumber daya manusia, sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.

 

SDM unggul tersebut harus mempunyai delapan karakter utama bangsa yakni: religius, bermoral, sehat, cerdas dan kreatif, kerja keras, disiplin dan tertib, mandiri, serta bermanfaat. Delapan karakter utama bangsa ini dapat tercapai melalui pembiasaan yang harus dilakukan oleh anak setiap hari sehingga membudaya. Jika kebiasaan ini diterapkan bertahuntahun maka akan terinternalisasi pada diri anak menjadi karakter.

 

Pembiasaan yang harus dilakukan oleh anak setiap hari disebut dengan tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat, yakni bangun pagi, beribadah, berolahraga, makan sehat dan bergizi, gemar belajar, bermasyarakat, dan tidur cepat.

 

Tujuh kebiasaan ini diharapkan dapat terlaksana setiap hari, berkelanjutan, hingga menjadi budaya, dan terinternalisasi menjadi karakter. Pembentukan karakter ini membutuhkan waktu dan keterlibatan berbagai pihak terutama keluarga, satuan pendidikan, masyarakat, dan media.

 

Oleh karena itu, dibutuhkan panduan bagi pihak keluarga (Orang tua/wali) dan satuan pendidikan (pendidik dan tenaga kependidikan) agar dapat: 1) memahami manfaat penerapan tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat; 2) mengetahui perannya dalam membentuk tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat; dan 3) melakukan pemantauan dan evaluasi penerapan tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat secara berkala.

 

Tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat pada jenjang SD secara umum mempunyai manfaat untuk menumbuhkembangkan delapan karakter bangsa pada setiap individu anak atau peserta didik, yakni religius, bermoral, sehat, cerdas dan kreatif, kerja keras, disiplin dan tertib, mandiri, serta bermanfaat.

 

Orang tua/wali, pendidik, dan satuan pendidikan jenjang SD (Sekolah Dasar) mempunyai peran penting dalam membimbing anak agar dapat menerapkan tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat. Namun, pada saat proses bimbingan yang dilakukan harus menggunakan metode atau cara yang penuh kesadaran (mindfulness), bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful).

 

Buku Buku Panduan Penerapan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Pada Jenjang SD (Sekolah Dasar) antara lain memberikan gambaran tentang apa dan bagaimana peran orang tua/wali, pendidik, dan satuan pendidikan dalam membantu suksesnya Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Pada Jenjang SD

 

Lalu bagaimana peran guru, orang tua/wali murid dan sekolah dalam membantu penerapan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Pada Jenjang SMP? Bagi yang ingin mengetahuiny silahkan download dan baca Buku Panduan Penerapan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Pada Jenjang SD (Sekolah Dasar).

 




Link download Buku Panduan Penerapan TujuhKebiasaan Anak Indonesia Hebat Pada Jenjang SD

 

Demikian informasi tentang Buku Panduan Penerapan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Pada Jenjang SD (Sekolah Dasar). Semoga ada manfaatnya.

 



<

= Baca Juga =



Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem



































Free site counter


































Free site counter