Buku Panduan Penerapan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Pada Jenjang SD (Sekolah Dasar). Pemerintah Republik Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo dan Wakil Presiden Gibran, memiliki visi mewujudkan Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045 dan delapan misi yang disebut Asta Cita. Untuk mendukung terwujudnya visi tersebut, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah mengemban tugas untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang selaras dengan misi Asta Cita keempat yakni memperkuat pembangunan sumber daya manusia, sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.
SDM
unggul tersebut harus mempunyai delapan karakter utama bangsa yakni: religius, bermoral,
sehat, cerdas dan kreatif, kerja keras, disiplin dan tertib, mandiri, serta bermanfaat.
Delapan karakter utama bangsa ini dapat tercapai melalui pembiasaan yang harus
dilakukan oleh anak setiap hari sehingga membudaya. Jika kebiasaan ini diterapkan
bertahuntahun maka akan terinternalisasi pada diri anak menjadi karakter.
Pembiasaan
yang harus dilakukan oleh anak setiap hari disebut dengan tujuh kebiasaan anak
Indonesia hebat, yakni bangun pagi, beribadah, berolahraga, makan sehat dan bergizi,
gemar belajar, bermasyarakat, dan tidur cepat.
Tujuh
kebiasaan ini diharapkan dapat terlaksana setiap hari, berkelanjutan, hingga
menjadi budaya, dan terinternalisasi menjadi karakter. Pembentukan karakter ini
membutuhkan waktu dan keterlibatan berbagai pihak terutama keluarga, satuan
pendidikan, masyarakat, dan media.
Oleh
karena itu, dibutuhkan panduan bagi pihak keluarga (Orang tua/wali) dan satuan pendidikan
(pendidik dan tenaga kependidikan) agar dapat: 1) memahami manfaat penerapan
tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat; 2) mengetahui perannya dalam membentuk
tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat; dan 3) melakukan pemantauan dan evaluasi
penerapan tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat secara berkala.
Tujuh kebiasaan anak Indonesia
hebat pada jenjang SD secara umum mempunyai manfaat untuk menumbuhkembangkan
delapan karakter bangsa pada setiap individu anak atau peserta didik, yakni
religius, bermoral, sehat, cerdas dan kreatif, kerja keras, disiplin dan
tertib, mandiri, serta bermanfaat.
Orang
tua/wali, pendidik, dan satuan pendidikan jenjang SD (Sekolah Dasar) mempunyai
peran penting dalam membimbing anak agar dapat menerapkan tujuh kebiasaan anak
Indonesia hebat. Namun, pada saat proses bimbingan yang dilakukan harus
menggunakan metode atau cara yang penuh kesadaran (mindfulness), bermakna (meaningful),
dan menggembirakan (joyful).
Buku
Buku Panduan Penerapan Tujuh Kebiasaan
Anak Indonesia Hebat Pada Jenjang SD (Sekolah Dasar) antara lain memberikan
gambaran tentang apa dan bagaimana peran orang tua/wali, pendidik, dan satuan
pendidikan dalam membantu suksesnya Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia
Hebat Pada Jenjang SD
Lalu
bagaimana peran guru, orang tua/wali murid dan sekolah dalam membantu penerapan
Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Pada Jenjang SMP? Bagi yang ingin
mengetahuiny silahkan download dan baca Buku
Panduan Penerapan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Pada Jenjang SD (Sekolah
Dasar).
Link download Buku Panduan Penerapan TujuhKebiasaan Anak Indonesia Hebat Pada Jenjang SD
Demikian
informasi tentang Buku Panduan Penerapan
Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Pada Jenjang SD (Sekolah Dasar). Semoga
ada manfaatnya.
<