LATIHAN SOAL USBN IPS SMP TAHUN 2020 (KURIKULUM 2013) - PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENDIDIKAN KEWARGANEGERAAN

Latest

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

LATIHAN SOAL USBN IPS SMP TAHUN 2020 (KURIKULUM 2013)

Latihan Soal USBN IPS SMP Tahun 2020
(Kurikulum 2013)


Berikut Contoh Soal Latihan USBN IPS SMP tahun 2020 tahun pelajaran 2019/2020 kurikulum 2013. Desain soal latihan ini sebagai hasil pelatihan membuat soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa digunakan untuk sekedar memberikan persiapan berlatih mempelajari soal USBN IPS SMP/MTS  tahun 2020 tahun pelajaran 2019/2020 (Kurikulum 2013) ala games.



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal memiliki bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan jawaban dapat dilihat langsung pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1.  Menurut konsep geografis, pengertian ruang adalah….
A. Tempat makhluk hidup berkembang biak
B. Tempat dimana makhluk hidup yang tinggal di dalam permukaan air
C. Gambaran muka bumi baik sebagian atau keseluruhan yang dituangkan dalam bidang datar
D. Tempat dipermukaan bumi baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tingga


2. Di wilayah pegunungan pekerjaan penduduk umumnya sebagai ….
A. pedagang elektronik
B. tukang bangunan
C. petani sayuran
D. nelayan


3. Pengertian sumber daya alam adalah….
A. segala sesuatu yang berasal dari makhluk hidup guna memenuhi kebutuhan hidup manusia
B.  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia
C. sumber daya yang dapat diperpebaharuhi oleh manusia untuk kelangsung hidup manusia
D. berupa hasil bumi yang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia


4. Letak suatu negara berdasarkan garis Lintang dan garis Bujur disebut......
A. Letak Ekonomis 
B. Letak Geologis
C. Letak Astronomis
D. Letak Geografis                         

5. Berdasarkan letak geografisnya wilayah Indonesia juga terletak di antara dua benua, yaitu
A. Benua Asia dan Benua Australia               
B. Benua Asia dan Benua Amerika
C. Benua Afrika dan Benua Asia
D. Benua Australia dan Benua Amerika

6. Seorang Ibu biasanya pergi belanja ke pasar A, kemudian ada pembangunan pasar B yang jaraknya  lebih dekat, sehingga si ibu tadi beralih ke pasar B. Contoh kasus tersebut dikenal sebagai...
A. Intervening Opportunity
B. Complementary
C. Connectivity
D. Transferiability


7. Persebaran mengenai bentang alam di permukaan bumi yang tidak merata sehingga setiap wilayah berbeda dengan satu sama lain. Dalam Prinsip Geografi  hal ini dinamakan …
A. Prinsip Distribusi
B. Prinsip Interelasi
C. Prinsip Deskripsi
D. Prinsip Korologi 


8.  Secara astronomis wilayah Indonesia berada pada ...
A. 6o LU - 11o LS dan 95o BT - 141o BT 
B. 6o LS - 11o LU dan 95o BT - 141o BT
C. 95o LS - 141o LU dan 6o BT - 11o BT 
D. 95o LU - 141o LS dan 6o BT - 11o BT


9. Salah satu pengaruh dari letak Indonesia dilihat dari garis bujur adalah ....
A. Indonesia menyimpan banyak barang tambang mineral.
B. Laut di bagian Indonesia barat dan lndonesia timur dangkal, di Indonesia tengah lautnya dalam.
C. Wilayah Indonesta termasuk daerah yang labil dan sering mengalami gempa bumi tektonik dan vulkanik
D. Indonesia memiliki 3 perbedaan waktu yaitu bagian timur (WIT), tengah(WITA), dan barat(WIB).


10. Faktor pertumbuhan penduduk alami yang menyebabkan kepadatan penduduk adalah ....
A. kelahiran tinggi dan angka kematian rendah
B. perpindahan penduduk dan kematian tinggi
C. urbanisasi dan kematian bayi tinggi
D. migrasi dan kelahiran bayi rendah


Berikut ini lanjutan Latihan Soal USBN IPS SMP/MTS tahun 2020 tahun pelajaran 2019/2020 (Kurikulum 2013). Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

11. Proses sosial yang terjadi di masyarakat akan terbentuk apabila ada proses ….
A. Sumber sosial
B. Interaksi sosial
C. Konflik sosial
D. Media sosial 

12. Perhatikan pernyataan berikut :
1) Kontravensi
2) Persaingan
3) Kerjasama
4) Asimilasi
Dari pernyataan di atas yang termasuk bentuk interaksi sosial disosiatif adalah…. 
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 4
D.  3 dan 4

13. Contoh negatif dari interaksi antar teman disekolah ….
A. Iwan ikutan bolos sekolah karena diajak teman barunya  
B. Budi melakukan kerja kelompok untuk mengerjakan tugas pelajaran IPS
C. Wati dapat teman baru, sehingga kalau pulang ada temanya
D. Budi dan Iwan bersama-sama mengerjakan tugas


14. Perhatikan pernyataan berikut!
(1)  Pertentangan antarnegara
(2)  Berdirinya negara negara fasis
(3)  Serangan Jerman atau Polandia
(4)  Timbulnya persekutuan militer

Latar belakang terjadinya Perang Dunia I ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (3) dan (4)


15. Bangsa Belanda pertama kali datang ke Indonesia dipimpin oleh.....
A. Herman Willam Daendele
B. Cornelis de Houtman
C. Jacob Van Neck
D. Johanes Van Den Bosch

16. Bagian dari permukaan bumi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya dengan ketinggian kurang dari 600 m dpal dinamakan …
A. Dataran Rendah
B. Dataran Tinggi
C. Bukit dan Perbukitan
D. Gunung dan Pegunungan

17.Perhatikan peta berikut ini

Arah angin seperti tampak pada peta di atas terjadi pada musim .......
A. Kemarau
B. Penghujan
C. Dingin 
D. Pancaroba 

18. Memilih berbelanja di toko yang harga barangnya paling murah termasuk tindakan berdasarkan .....
A. Prinsip mencari laba
B. Motif Kewibawaan  
C. Motif Ekonomi
D. Prinsip Ekonomi

19. Siswa siswi SMPN 01 Bandung mengumpulkan dana untuk menyantuni dan memberi bantuan untuk fakir miskin. Tindakan ekonomi yang dilakukan oleh Siswa SMPN 01 Bandung didorong oleh keinginan untuk
A. memperoleh keuntungan
B. menolong sesama manusia
C. memenuhi kebutuhan s masyarakat
D. memperoleh penghargaan masyarakat


Berikut ini lanjutan Latihan Soal USBN IPS SMP/MTS tahun 2020 tahun pelajaran 2019/2020 (Kurikulum 2013). Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!


20. Angin muson Barat yang bertiup dari Benua Asia menuju Benua Australia melewati wilayah Indonesia pada bulan….
A. April - Oktober  
B. Maret - September 
C.  September - Maret
D. Oktober - April

21. Jepang masuk di Indonesia dengan janji akan membebaskan Asia dari belenggu penjajahan bangsa barat saat Jepang datang di Indonesia perekonomian Indonesia sedang mengalami kelumpuhan untuk mengambil hati rakyat Indonesia dan para pemimpin pergerakan Indonesia berbagai kebijakan diterapkan oleh Jepang antara lain di bidang ekonomi yaitu….
A. kegiatan ekonomi diarahkan untuk kepentingan jepang
B. eksploitasi sumber daya alam untuk kepentingan jepang 
C. didirikan kumyai atau koperasi untuk kepentingan bersama 
D. tanah pertanian rakyat yang dikuasai belanda dikembalikan

22. Perhatikan peta persebaran flora dan fauna Indonesia di bawah ini!



Huruf   B  pada peta wilayah persebaran flora dan fauna di atas disebut garis ….
A. Wallacea
B. Webber 
C. Asiatis
D. Australis


Khasanah Karakter: Ingat kunci sukses yang teratas bukan pada nilai atau prestasi akademik, namun urutan pertama kunci sukses adalah jujur, dan yang kedua adalah disiplin. Contoh dari sikap tidak jujur adalah menyontek, atau curang, saat ujian. Ketika melakukannya, kamu secara tak sadar telah mengambil jalan pintas dengan rambu larangan. Jika kecurangan itu berjalan mulus, rasa bersalahmu akan memudar untuk melakukan kecurangan-kecurangan berikutnya. Jika ingin menjadi pelajar sukses, jadilah pelajar yang jujur dan memiliki prinsip yang baik.


Kunci sukses atau keberhasilan yang kedua adalah disiplin. Dengan membiasakan disiplin, berarti kamu menghargai betul waktu yang dijatah setiap harinya. Pelajar yang sukses harus mampu mengelola waktu untuk setiap aktivitas. Pelajar yang ingin sukses agar senantiasa menerapkan pola hidup disiplin. Sehingga, dalam kehidupan sehari-hari semuanya bisa berjalan sesuai dengan pola yang sudah direncanakan.



23.Dampak alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman, yaitu produktivitas pangan akan menjadi ... 
A. naik
B. turun
C. signifikan
D. menguntungkan

24.  Kota A memiliki luas wilayah 1.000 km2. Kota tersebut memiliki jumlah penduduk 1.250.000 jiwa. Berapakah kepadatan penduduk umum (Aritmatik) kota A ....
A. 250 jiwa/km2 
B. 500 jiwa/km2  
C. 1.000 jiwa/km2
D.1.250 jiwa/km2

25. Perhatikan grafik berikut ini


Berdasarkan grafik Perkembangan ekspor dan impor Indonesia tahun 2004 sampai dengan 2008, defisit terendah dilihat dari grafik terjadi pada tahun....
A. 2004
B.  2005
C. 2007
D. 2008
      

26. Perhatikan pernyataan berikut !
1. Munculnya perkampungan kumuh
2. Meningkatnya permasalahan sosial
3. Tingkat  kriminalitas menurun
4. Angka pengangguran meningkat
Berdasarkan pernyataan di atas, dampak negatif urbanisasi bagi wilayah kota, ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1,2, dan 3     
B. 1,2, dan 4    
C. 2,3, dan 4      
D. 1,3, dan 4 

27.  Pranata sosial di masyarakat memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang berbeda-beda. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri pranata sosial adalah…
A. Merupakan suatu cara bertindak
B. Memberi suatu tingkat kekekalan  tertentu
C. Memberi suatu ikatan terhadap anggota
D. Mempunyai tradisi tertulis maupun tidak tertulis

28. Sebab khusus terjadinya Perang Diponegoro pada tahun 1825 – 1830 adalah ….
A. Perebutan  wilayah antara Belanda dengan P. Diponegoro
B. Belanda akan membangun jalan yang melintasi makam leluhur P. Diponegoro 
C. Perdagangan di Jawa selalu diganggu pihak Belanda 
D. Dibunuhnya ayahanda P. Diponegoro oleh Belanda


29. Strategi Operasi Mandala yang dilakukan untuk menegakkan kekuasaan RI secara mutlak dikenal dengan istilah  …. 
A. Infiltrasi
B. Eksploitasi
C. Konsolidasi  
D. Rehabilitasi

Berikut ini lanjutan Latihan Soal USBN IPS SMP tahun 2020 tahun pelajaran 2019/2020 (Kurikulum 2013). Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

30. Faktor ekstern yang memberi dorongan terhadap lahirnya pergerakan nasional di Indonesia adalah
A. Kemenangan Sekutu atas Jepang 
B. munculnya golongan terpelajar  
C. Kemenangan Jepang atas Rusia 
D. Penderitaan rakyat akibat penjajahan 

31. Salah satu pengaruh negatif pendudukan Jepang di Indonesia adalah telah menimbulkan penderitaan bagi bangsa Indonesia. Namun, selain pengaruh negatif  terdapat pula pengaruh positif pendudukan Jepang. Berikut ini yang termasuk pengaruh positif pendudukan Jepang dalam bidang politik adalah .…
A. dibentuknya badan untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
B. menumbuhkan kesadaran yang tinggi akan harga diri bangsa
C. menempatkan bangsa Indonesia pada strata yang tinggi
D. diperkenalkannya sistem pemerintahan sentralistik

32. Yang bukan termasuk contoh sikap simpati kita terhadap para pelaku penyimpangan sosial adalah…
A. memberi motivasi agar mereka mau tergerak untuk mengembangkan kemampuannya ke arah positif
B. memenuhi semua keinginan pelaku penyimpangan sosial, agar pelaku merasa diperhatikan 
C. tetap memberikan kepercayaan kepada mereka yang telah dicap sebagai pelaku penyimpangan 
D. memberikan arahan berupa contoh-contoh dan dampak negatif dari perbuatan menyimpang 

33. Globalisasi membawa pengaruh di berbagai bidang kehidupan umat manusia. Pengaruh positif perdagangan bebas  dalam era globalisasi dibidang ekonomi adalah ….
A. Dapat merugikan bangsa Indonesia
B. Dapat menumbuhkan semangat kewirausahaan
C. Dapat mendorong berkembangnya gaya hidup konsumtif
D. Dapat menghambat pertumbuhan ekonomi nasional
  
34. Undang – undang yang mengatur koperasi adalah ….
A. UU No. 20 Th  1967
B. UU No. 25 Th  1967
C. UU No. 25 Th  1992
D. UU No. 20 Th  1992

35. Perhatikan pernyataan berikut ini.
1)      Perubahan dalam konsep ruang dan waktu.
2)      Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung
3)      Sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional
4)      Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa.
5)      Peningkatan masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain.
Yang termasuk ciri dari globalisasi dari pernyataan di atas adalah …
A. 1,2, dan 3 
B. 1,2, dan 4
C. 1,3, dan 4
D. 2,3, dan 4

36. Yang dimaksud dengan bonus demografis adalah ….
A. keadaan jumlah penduduk usia kerja atau usia produktif semakin berkurang, sedang penduduk usia muda semakin banyak dan penduduk usia lanjut semakin sedikit.
B. keadaan jumlah penduduk usia kerja atau usia produktif cukup besar, sedang penduduk usia muda semakin sedikit dan penduduk usia lanjut belum banyak. 
C. keadaan jumlah penduduk usia kerja atau usia produktif, penduduk usia muda dan  penduduk usia lanjut  secara bersamaan semakin meningkat. 
D. keadaan jumlah penduduk usia kerja atau usia produktif cukup besar,  penduduk usia muda semakin sedikit dan penduduk usia lanjut semakin banyak.

37. Tugas pokok perbankan :
1)      Memberikan kredit kepada Bank Umum
2)      Menetapkan ketentuan umum tentang tingkat likuiditas
3)      Mengatur, menjaga, dan memelihara kestabilan nilai rupiah
4)      Melakukan penilaian terhadap kemampuan dan kesanggupan debitur
5)      Memberikan pelayanan jasa perbankan
Berdasarkan data diatas yang merupakan tugas dari Bank Indonesia adalah…..
A. 1, 2 dan 3          
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 4 dan 6
D. 3, 5 dan 6


38. Mata pencarian utama penduduk Myanmar adalah di bidang ....
A. pertanian
B. perdagangan
C.  perkebunan
D. perindustrian


39. Perhatikan pernyataan berikut!
(1)  Perundingan Linggarjati
(2)  Palagan Ambarawa
(3)  Konferensi Inter-Indonesia
(4)  Pertempuran Surabaya
(5)  Perundingan Renville 
Bentuk perjuangan diplomasi yang dilakukan Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan adalah ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)


Berikut ini lanjutan Latihan Soal USBN IPS SMP tahun 2020 tahun pelajaran 2019/2020 (Kurikulum 2013). Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!


40.  Perang Asia Timur Raya ditandai dengan ……
A. Direbutnya Kepulauan Solomon dari tangan Inggris oleh tentara Jepang
B. Penyerbuan tentara Jepang ke Pearl Harbour di Hawaii Amerika Serikat
C. Pengeboman kota Hiroshima dan Nagasaki oleh tentara sekutu 
D. Pendudukan tentara Jepang di wilayah Nusantara

41.  Perhatikan pernyataan berikut
1.   Terbukanya lapangan pekerjaan di pedesaan.
2.   Semakin sempitnya lahan pertanian.
3.   Minimnya fasilitas sosial di pedesaan.
4.   Masyarkat pedesan yang semakin maju  
5.   Kehidupan desa yang tidak bervariasi atau monoton
Berdasarkan pernyataan di atas, faktor yang menjadi penyebab terjadinya urbanisasi ditujukkan nomor …
A. (1) (2) dan (3)
B. (1) (3) dan (5)
C. (2) (3) dan (5) 
D. (3) (4) dan (5


42.  Belanda mengakui secara de Fackto wilayah RI yang meliputi Sumatera, Jawa dan Madura adalah hasil dari Perundingan ……
A. KMB
B. Renville
C. Linggarjati  
D. Roem-Royen     

43. Faktor utama yang menyebabkan dikeluarkannya Dektrit Presiden 5 Juli 1959 adalah ....
A. adanya konfrontasi antara Indonesia dengan Malaysia 
B. pengaruh PKI yang semakin kuat dalam pemerintahan
C. gagalnya konstituante dalam menyusun UUD baru
D. krisis ekonomi yang melanda seluruh rakyat Indonesia


44. Pelaksanaan politik liberal di indonesia memberikan keuntungan kepada kolonial belanda dan penderitaan bagi rakyat indonesia, rakyat dipaksa untuk menanam tanaman yang akan dibawa belanda untuk dijual di negeri belanda. pengaruh kebijakan tersebut bagi rakyat indonesia adalah ….
A. dibangunnya irigasi di desa desa
B. banyaknya tenaga kerja siap pakai
C. petani mengenal jenis tanaman baru  
D. banyak perkebunan di berbagai daerah

45. Organisasi yang dibentuk pada tanggal 20 Mei 1908 yang di  ketuai dr Sutomo dan bertujuan untuk memperjuangkan nasib rakyat Indonesia dengan memajukan pendidikan rakyat  adalah….
A. Sarekat Islam
B. Budi Utomo
C. Indische Partij
D. Perhimpunan Indonesia (PI)

46. Nilai atau harga sesungguhnya dari bahan untuk membuat uang disebut.....
A. Nilai intrinsik
B. Nilai nominal
C. Nilai eksternal  
D. Nilai internal


47. Yang tidak termasuk fungsi dari Bank Umum adalah
A. menerbitkan surat pengakuan hutang
B. menghimpun dana dari masyarakat 
C. memberikan kredit
D. mencetak uang sebagai alat pembayaran yang sah


48. Perhatikan pernyataan ini!
(1) Simpanan pokok
(2) Pinjaman dari anggota
(3) Simpanan wajib
(4) Obligasi dan surat utang
        Modal internal koperasi ditunjukkan dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)  
D. (3) dan (4)


49. Salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional adalah …..
A. tiap negara memiliki jumlah penduduk yang berbeda-beda
B. tiap negara memilki luas wilayah dan batas yang berbeda-beda
C. tiap negara memilki perbedaan hasil sumber daya alam   
D. tiap negara mempunyai sistem pemerintahan yang berbeda 


50. Perhatikan daftar negara berikut ini!
(1)  Australia   
(2)  Laos
(3)  Indonesia
(4)  Korea Utara
(5)  Amerika Serikat

Negara-negara yang masuk keanggotaan APEC (Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik) ditunjukkan dengan nomor ….
A. (1), (2), dan (3) 
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5) 


PENASARAN MAU COBA LAGI (COBA DISINI)


MAU MENCOBA MATA PELAJARAN LAINNYA
          UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UN (UNBK) IPA SMP TAHUN 2020 (BACA DISINI)
          UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UN (UNBK) MATEMATIKA SMP TAHUN 2020 (BACA DISINI)
          UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UN (UNBK) BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2020 (BACA DISINI)
         UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UN (UNBK) BAHASA INGGRIS SMP TAHUN 2020 (BACA DISINI)


          UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL USBN PAI SMP TAHUN 2020 (BACA DISINI)
          UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL USBN IPS KURIKULUM 2006 (KTSP) SMP TAHUN 2020 (BACA DISINI)
          UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL USBN PPKN (PKn) KURIKULUM 2006 (KTSP) SMP TAHUN 2020 (BACA DISINI)
         UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL USBN IPS KURIKULUM 2013 SMP TAHUN 2020 (BACA DISINI)
         UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL USBN PPKN (PKn) KURIKULUM 2013 SMP TAHUN 2020 (BACA DISINI)

Demikian contoh sederhana latihan online Soal USBN IPS SMP tahun 2020 tahun pelajaran 2019/2020 (kurikulum 2006 / KTSP). Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
======================================================




= Baca Juga =



47 comments:

  1. Ada beberapa masukkan dari saya tentang web ini. Konten yg disuguhkan sudah baik, tetapi akan lebih baik apabila disertakan dengan kunci jawaban beserta penjelasannya. Sekian dari saya terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Kunci jawabnnya dong juga disertai jdi kn gk bingung

    ReplyDelete
  3. Sudah baik namun lebih baik disertakan jawaban yang benar dan penjelasanya

    ReplyDelete
  4. kunci jawaban mungkin akan lebih membantu :)

    ReplyDelete
  5. sudah bagus, tapi akan lebih bagus kalo disertakan kunci jawaban atau cara untuk mengecek hasil akhirnya, terimakasih

    ReplyDelete
  6. kunci jawaban please biar bisa bljr dari kesalahan :v

    ReplyDelete
  7. Tolong kunci jawaban yaa biar bs tau salahnya....tp bagus sih soalnya

    ReplyDelete
  8. Kok nggak ada pembenaran jawaban yah.. .kan jadi kurang membenarkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, saran aja supaya ada jawaban yg bnrnya

      Delete
  9. no 6 jwabannya yg benar adalh intervining opurtunity. Mohon diperbaiki!!!

    ReplyDelete
  10. Jadi yang salah kok gk ada dikasih a tau jawaban nya yg benar

    ReplyDelete
  11. semoga nanti ada kunjawnya ya biar lbh lengkap

    ReplyDelete
  12. Tolong tambahin kunci jawabannya juga hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul betul betul gua bljr sama aja ga nambah ilmu klo ga ad kunci jawabannya

      Delete
  13. Lah nda seru nih kalau salah nda bisa perbaiki jabwny spya tau mna yg bnr

    ReplyDelete
  14. Tolong donk pake kunci jawabannya biar ngerti:(

    ReplyDelete
  15. Kalau di kasih Kunci jawaban pasti lebih mudah

    ReplyDelete
  16. Tambahin kunci jawabannya jg donk biar g bingung:))

    ReplyDelete
  17. Terimakasih ini sangat membantu saya dalam latihan latihan soal ips,dan juga saya mendapatkan tambahan materi di sini.

    ReplyDelete
  18. boleh ikutan menggunakan soalnya gan,

    ReplyDelete
  19. Kak nomor 7 jawabannya apa ya kak

    ReplyDelete
  20. Replies
    1. Nggak usah di sumbit, Setelah menjawab soal pada jawab soal nomor terakhir screenshot atau printscreen kirim ke WA bu guru ya!

      Delete