Sebelum membahasa Langkah-Langkah Model Pembelajaran Berbasis
Masalah (langkah-langkah Model Pembelajaran Problem-based Learning),
berikut ini penjelsan siangkat tentang pengertian Pembelajaran Berbasis Masalah
(Problem-Based Learning). Pembelajaran Berbasis Masalah adalah pembelajaran
yang menggunakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari (otentik) yang
bersifat terbuka (open-ended) untuk diselesaikan oleh peserta didik untuk
mengembangkan keterampilan berpikir, keterampilan menyelesaikan masalah,
keterampilan sosial, keterampilan untuk belajar mandiri, dan membangun atau
memperoleh pengetahuan baru. Pemilihan masalah nyata tersebut dilakukan atas
pertimbangan kesesuaiannya dengan pencapaian kompetensi dasar.
Bagimana Langkah-Langkah Model Pembelajaran Berbasis
Masalah (langkah-langkah Problem-based Learning), Berikut ini penjelasan
singkat terkait Langkah-Langkah penerepan Pembelajaran Berbasis Masalah (langkah-langkah
Problem-based Learning). Menurut Arends (2012: 411), ada lima langkah penerapan
PBM, yakni:
1. Orientasi terhadap
masalah
Guru
menyajikan masalah nyata kepada peserta didik.
2. Organisasi belajar
Guru
memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah nyata yang telah disajikan,
yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui,
dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Peserta didik berbagi
peran/tugas untuk menyelesaikan masalah tersebut..
3. Penyelidikan individual
maupun kelompok
Guru
membimbing peserta didik melakukan pengumpulan data/informasi (pengetahuan,
konsep, teori) melalui berbagai macam cara untuk menemukan berbagai alternatif
penyelesaian masalah.
4. Pengembangan dan penyajian
hasil penyelesaian masalah
Guru
membimbing peserta didik untuk menentukan penyelesaian masalah yang paling
tepat dari berbagai alternatif pemecahan masalah yang peserta didik temukan.
Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah, misalnya dalam
bentuk gagasan, model, bagan, atau Power Point slides
5. Analisis dan evaluasi
proses penyelesaian masalah
Guru
memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap
proses penyelesaian masalah yang dilakukan.. Mandiri (keberanian) , Intergritas
(cinta kebenaran)
Berikut ini Langkah-Langkah penerepan
Pembelajaran Berbasis Masalah (langkah-langkah Problem-based Learning) yang
umum dilakukan, yakni:
1.
Klarifikasi Permasalahan. Kegiatan yang termasuk langkah ini antara lain:
•
Guru menyajikan fenomena yang mengandung
masalah yang sesuai dengan kompetensi dasar atau indikator. Bentuknya bisa
berupa gambar, teks, video, vignettes, fenomena riil, dan sebagainya.
•
Peserta didik melakukan identifikasi terhadap
fenomena yang ditampilkan guru untuk menmukan masalah dari fenomena yang
ditampilkan.
•
Peserta didik melakukan klarifikasi terhadap
masalah yang ditemukan
2.
Brainstorming. Kegiatan yang termasuk langkah ini antara lain:
•
Peserta didik mengidentifikasi masalah dan
melakukan brainstorming dengan fasilitasi guru
•
Guru memfasilitasi Peserta didik untuk
mengklarifikasi fakta, konsep, prosedur dan kaidah dari masalah yang ditemukan.
•
Peserta didik melakukan brainstorming dengan
cara sharing information, klarifikasi informasi dan data tentang masalah yang
ada, melakukan peer learning dan bekerjasama (working together)
•
Peserta didik mendapatkan deskripsi dari
masalah, apa saja yang perlu dipelajari untuk menyelesaikan masalah, deskripsi
konsep yang sudah dan belum diketahui, menemukan penyebab masalah, dan menyusun
rencana untuk menyelesaikan masalah.
•
Peserta didik mengembangkan alternatif
penyelesaian masalah
•
Peserta didik menyusun dan mengembangkan
action plan untuk penyelesaian masalah.
3.
Pengumpulan Informasi dan Data. Kegiatan yang termasuk langkah ini antara
lain:
•
Peserta didik melakukan kegiatan pengumpulan
data dan informasi terkait dengan penyelesaian masalah, perpustakaan, web, dan
berbagai sumber data yang lain serta melakukan observasi.
•
Peserta didik secara mandiri mengolah hasil
pengumpulan informasi/data untuk dipergunakan sebagai solusi dalam
menyelesaikan masalah.
4.
Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah. Kegiatan yang termasuk langkah ini antara lain:
•
Peserta didik kembali melakukan
brainstorming, klarifikasi informasi, konsep dan data terkait dengan
permasalahan yang ada dan menemukan solusinya, melakukan peer learning dan
bekerjasama (working together).
•
Peserta didik merumuskan dan menetapkan
solusi (pemecahan masalah).
•
Peserta didik menyusun laporan hasil diskusi
penyelesaian masalah
5,
Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah. Kegiatan yang termasuk langkah ini
antara lain:
•
Peserta didik mempresentasikan hasil
brainstormingnya tentang solusi yang dikemukakan untuk penyelesaian masalah.
•
Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya
di depan kelas.
•
Peserta didik mereviu, menganalisis,
mengevaluasi dan refleksi terhadap pemecahan masalah yang ditawarkan beserta
reasoningnya dalam diskusi kelas.
•
Peserta didik melakukan perbaikan berdasarkan
hasil diskusi
6.
Refleksi, Kegiatan yang termasuk langkah ini antara lain:
•
Peserta didik mengemukakan ulasan terhadap
pembelajaran yang dilakukan.
•
Guru dan Peserta didik memberikan apresiasi
atas partisipasi semua pihak.
•
Guru dan Peserta didik melakukan merefleksi
atas kontribusi setiap orang dalam proses pembelajaran.
•
Guru dan Peserta didik merayakan.
Demikian info tentang Langkah-Langkah
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Langkah-Langkah
Model Pembelajaran Problem-Based Learning), semoga bermanfaat. Selamat
berinovasi semoga sukses.
Trimakasih banyak admin
Thnk u