CONTOH DOKUMEN I DAN DOKUMEN II KTSP TK PAUD (TERBARU)

 Contoh Dokumen I dan Dokumen II KTSP TK PAUD (doc/word) -  https://ainamulyana.blogspot.com

Contoh Dokumen I dan Dokumen II KTSP TK PAUD (doc/word). Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I Pasal 1 angka 19)

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk PAUD adalah kurikulum operasional yang dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan karakteristik satuan PAUD. Artinya, kurikulum ini dibuat oleh satuan pendidikan disesuaikan dengan karakteristik satuan PAUD seperti keadaan lingkungan, peserta didik, pendidik, sarana dan prasarana, biaya, dan nilai-nilai yang mendasari, serta program yang akan dilakukan oleh satuan PAUD.

Apa saja Prinsip - prinsip penyusunan KTSP TK PAUD ? Berdasarkan Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PAUD, berikut ini Prinsip - prinsip penyusunan KTSP TK PAUD
1.    Berpusat pada Anak
2.    Kontekstual
3.    Kompetensi dan Dimensi
4.    Perkembangan
5.    Pembentukan Kepribadian
6.    Sesuai Tahap Perkembangan
7.    Sesuai dengan Cara Belajar
8.    Holistik Integratif
9.    Melalui Bermain
10. Membangun Pengalaman Belajar
11. Membuat peta Indonesia bersama
12. Menggunakan papaya sebagai alat edukatif
13. Konteks Sosial Budaya


Pengembangan KTSP TK PAUD merupakan kegiatan strategis dan berdampak sangat menentukan terhadap kualitas layanan program di satuan PAUD. Semua pihak yang terkait dengan satuan TK / PAUD, terutama penyelenggara, pengelola dan guru, serta orang tua hendaknya dapat berperan secara optimal dalam proses pengembangan KTSP TK PAUD. KTSP PAUD berisi karakteristik satuan PAUD yang mewarnai program-program layanan PAUD di satuan tersebut. Oleh karena itu, tidak mungkin KTSP dibuat massal apalagi dicetak untuk diperjualbelikan. Lembaga dan pendidik baru kemungkinan mengalami kesulitan dalam pengembangan KTSP untuk satuannya. Bimbingan dan bantuan dari satuan PAUD lainnya yang terkumpul dalam satu gugus akan sangat membantu, di samping bimbingan dari penilik/ pengawas PAUD.

Tidak ada pendidikan tanpa ada kurikulum PAUD, oleh karena itu setiap satuan PAUD harus mengembangkan KTSP. Jika semua pihak dapat berpartisipasi dengan baik memiliki KTSP, akan memberi dampak yang positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak di satuan PAUD bersangkutan. Akumulasi dari dampak tersebut akan mengantarkan anak-anak Indonesia kelak menjadi anak yang cerdas secara komprehensif.

Untuk sekedar membantu Bapak/Ibu yang sedang mencari Contoh Dokumen I dan Dokumen II KTSP TK PAUD Terbaru (Format doc/word). Admin akan mencoba membagikan file contoh dokumen KTSP TK PAUD. Namun sebelumnya Perlu dipahami bahwa berdasarkan Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PAUD, dokumen I KTSP PAUD dan dokumen 2 KTSP PAUD dijadikan satu dengan nama yang mencerminkan Kurikulum Satuan Pendidikan yang bersangkutan. Misalnya, Jika satuan Pendidikan bernama TK PAUD Persada Pertiwi maka nama dokumen KTSPnya adalah KURIKULUM PERSADA PERTIWI, yang di dalamnya ada dokumen 1 dan 2. Untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh daftar Isi dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) TK Persada Pertiwi.


 Contoh Dokumen I dan Dokumen II KTSP TK PAUD Terbaru (doc/word)
                            

Selengkapnya berikut ini Contoh Dokumen I dan Dokumen II KTSP TK PAUD (doc/word) yang diberinama KURIKULUM TK PERSADA PERTIWI.




Link download Contoh Dokumen I dan Dokumen II KTSP TK PAUD (format doc/word) -----disini-----

Demikian informasi tentang Contoh Dokumen I dan Dokumen II KTSP TK PAUD (doc/word).  Semoga ada manfaatnya, terima kasih. Tag: Contoh Dokumen I KTSP TK PAUD 2019, Contoh Dokumen I KTSP TK PAUD 2020, Contoh Dokumen I KTSP TK PAUD 2022.

= Baca Juga =



6 comments:

  1. Terima kasih telah berbagi Contoh Dokumen KTSP PAUD 2018/2019 . Ini sangat bermanfaat bagi pengelola PAUD yang sedang mencari Contoh Dokumen 1 dan Dokumen 2 KTSP PAUD. Sekali lagi terima kasih, sukses buat semua.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih telah berbagi contoh Dokumen 1 KTSP TK PAUD Ini betul-betul Contoh dokumen 1 dan dokumen 2 KTSP PAUD yang menurut saya paling Lengkap. Lebih dari itu saya ucapakan terma kasih karena Bapak telah menyediakan file dokumen 1 KTSP PAUD ini dalam bentuk file WORD yang bisa dieedit. Info ini terus terang sangat bermanfaat, sebagai bagi kami pengelola PAUD.

    ReplyDelete
  3. terimakasih telah berbagi ilmu tentang dokumen satu dan dua sebagai bahan pertimbangan dan masukkan perubahan kurikulum kami demi lebih baik, semoga bapak dan lembaga bapak beserta semua selalu mendapat keberkahan. aamiin

    ReplyDelete
  4. Saran ngaji awal dan akhir hari

    ReplyDelete
  5. maa syaa Allah wa tabarakallah..
    terima kasih,min..
    sukses selalu..

    ReplyDelete
  6. terimakasih telah berbagi ilmunya dan contoh filenya.. insyaallah bermanfaat sekali

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter