Buku Panduan Penilaian Kinerja Siswa atau .Panduan Penilaian Unjuk Kerja Siswa, Penilaian di kelas bertujuan untuk mengumpulkan
informasi tentang ketercapaian kurikulum yang menjadi target pembelajaran. Pelaksanaan
penilaian ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai bentuk penilaian sesuai
dengan kompetensi mata pelajaran yang akan diukur ketercapaiannya. Bentuk
penilaian di kelas yang telah dikenal, antara lain tes tertulis, tes lisan, dan
penilaian kinerja. Penilaian kinerja merupakan salah satu bentuk penilaian yang
perlu ditingkatkan penggunaannya di kelas.
Buku Panduan Penilaian Kinerja Siswa ini disusun secara praktis sebagai salah satu panduan bagi
pendidik dalam melakukan penilaian kinerja. Buku ini merupakan pengembangan dari
buku yang pernah diterbitkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Pada buku ini disajikan
contoh-contoh soal atau tugas untuk penilaian kinerja. Contoh-contoh tersebut diharapkan
memberi wawasan, inspirasi kepada pendidik bagaimana penilaian kinerja
bermanfaat tidak hanya untuk menilai kompetensi yang sesuai tetapi juga dapat mendorong
berpikir tingkat tinggi.
Penilaian dalam dunia pendidikan merupakan proses pengumpulan, pengolahan, dan
interpretasi informasi hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar
untuk membuat keputusan pendidikan. Penilaian kelas merupakan proses pengumpulan,
pengolahan, dan interpretasi informasi untuk membuat berbagai keputusan terkait
pembelajaran di tingkat kelas oleh guru. Penilaian kelas memiliki peran sangat penting
untuk (a) memberikan informasi awal sebelum pembelajaran dimulai sehingga guru dapat
mendesain skenario pembelajaran dengan tepat; (b) memberikan umpan balik bagi
guru dan peserta didik untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran; dan (c)
memberikan informasi ketercapaian tujuan pembelajaran tertentu, misalnya menyimpulkan
ketercapaian sebuah kompetensi dasar pada mata pelajaran tertentu.
Agar penilaian yang dilakukan guru efektif dan bermakna, guru perlu (1)
merumuskan target pembelajaran yang akan dinilai dengan jelas, tegas, dan
terukur; (2) memastikan teknik penilaian yang dipilih sesuai dengan setiap
target pembelajaran; (3) memastikan teknik penilaian yang digunakan sesuai
dengan kebutuhan peserta didik saat ini dan nanti. Teknik penilaian saat ini harus
memiliki kontribusi nyata terhadap pencapaian mutu lulusan yang memiliki keterampilan
berpikir kritis dan kreatif, keterampilan berkomunikasi, dan keterampilan
berkolaborasi. Oleh karena itu penilaian harus fokus mengukur kemampuan berpikir
tingkat tinggi dan mengukur kinerja peserta didik.
Penilaian kinerja sering disebut juga penilaian otentik merupakan teknik
penilaian multi-dimensional yang dapat dilakukan dengan penilaian tertulis,penilaian
perbuatan, dan penugasan. Penilaian kinerja menuntut peserta didik membuat sebuah
produk dan/atau mendemonstrasikan sebuah proses. Dengan demikian, penilaian kinerja
menuntut peserta didik untuk melakukan kegiatan berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya,
misalnya membuat laporan atau mempraktikkan bagaimana mengukur suhu zat di
laboratorium.
Buku Panduan Penilaian Kinerja Siswa sudah dikembangkan sebelumnya oleh Puspendik yang terbagi
dalam penilaian praktik, penilaian hasil kinerja (produk), dan penilaian proyek.
Buku panduan penilaian kinerja ini menggabungkan secara keseluruhan semua buku tersebut
secara sederhana dan singkat disertai dengan contoh-contohnya untuk beberapa
mata pelajaran pada setiap jenjang. Buku ini diharapkan dapat memandu para pendidik,
kepala sekolah, pengawas, pembuat kebijakan pendidikan, dan praktisi dalam memahami,
mengembangkan, dan melakukan penilaian kinerja.
Seperti apa contoh Penilaian Kinerja
Siswa, selengkapnya silahkan baca Buku
Panduan Penilaian Kinerja Siswa.
Link download
Demikian informasi tentang Buku Panduan Penilaian Kinerja Siswa atau .Panduan Penilaian Unjuk Kerja Siswa. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.