LATIHAN SOAL AKG GURU MI MTS MA TAHUN 2024-2025

Soal AKG Guru MI MTS MA Tahun 2024-2025


Latihan Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Guru MI MTS MA Tahun 2024-2025. Kementerian Agama sejak tahun 2020 akan menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Guru (AKG). Kebijakan ini semakin membuat trend istilah Asesmen menggantikan istilah Ujian. Lalu apa itu asesmen dan makna dari Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Madrasah? Asesmen (assessment) adalah upaya untuk mendapatkan data/informasi untuk mengetahui hasil pekerjaan kinerja dibandingkan dengan tujuan/kriteria/capaian yang sudah ditentukan.


Secara umum Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Guru MI MTS MA adalah upaya untuk mendapatkan data/informasi untuk mengetahui seberapa baik kemampuan guru dibandingkan terhadap standar kompetensi guru yang sudah ditentuka dalam UU No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Adapun 4 kompetensi guru yang dipersyaratkan berdasarkan UU 14 Tahun 2015 tersebut adalah Kompetensi profesional, yaitu kecakapan seorang guru dalam mengimplementasikan hal-hal yang terkait dengan profesionalisme yang terlihat dalam kemampuannya mengembangkan taanggung jawab, melaksanakan peran dengan baik, berusaha mencapai tujuan pendidikan, dan melaksanakan perannya dalam pembelajaran di kelas; Kompetensi pedagogik yaitu menguasai dan memahami karakter serta mengidentifikasi potensi dan kesulitan belajar siswa. Guru juga harus mampu mengembangkan kurikulum sehingga mampu mebuat rancangan pembelajaran yang menarik dan memanfaatkaan teknologi dan informasi untuk kepentingan pendidikan; Kompetensi sosial, yaitu kemampuan guru dalam berinteraksi dengan siswa, orang tua siswa, rekan seprofesi dan lingkungan, baik secara langsung maupun tidak langsung; dan Kompetensi kepribadian, yaitu kemapuan menjadi teladan akan sikap sikap positif.


Latihan Soal AKG Guru MI MTS MA Tahun 2024-2025


Berdasarkan Surat Edaran dan Juknis pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Guru MI MTS MA, materi atau bahan yang akan menjadi kisi-kisi Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Guru MI MTS MA Tahun 2024-2025 hanyalah terkait Kompetensi professional dan Kompetensi pedagogik. Hal ini sangat rasional karena kedua kompetensi tersebut  dapat diujikan dalam bentuk soal. Ini berati guru-guru MI MTS MA akan diukur kemampuannya terkait pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu lingkup materi uji terkait kompetensi pedagogik meliputi: kemampuan mengenal peserta didiknya, menguasai teori-teori tentang pendidikan, bahan pelajaran, macam-macam teknik dan metode pembelajaran, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran, dan lainnya. Adapun lingkup materi Kompetensi professional biasanya akan menguji kemampuan guru dalam penguasaan materi pembalajaran secara mendalam dan luas. Tidak hanya penguasaan materi pelajaran saja, namun juga penguasaan terhadap materi-materi kurikulum yang berlaku, konsep dan struktur keilmuan, masalah-masalah pendidikan dan wawasan yang memadai terhadap materi-materi yang bersangkutan.

 

Ditegaskan dalam Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag tentang Juknis AKG bahwa hasil pengerjaan Soal AKG Guru MI MTS MA Tahun 2024-2025 akan dijadikan bahan pemetaan dan basis data untuk melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau (PKB). Lalu apa itu PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) ? Pengembangan diri merupakan jenis dari pengembangan keprofesian berkelanjutan guru untuk meningkatkan kompetensi dan keprofesiannya. Ada 2 macam kegiatan pengembangan diri yaitu pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional dan/atau melalui kegiatan kolektif lainnya.

 

Pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional bagi guru yang dimaksud adalah kegiatan guru dalam mengikuti pendidikan atau latihan yang digunakan untuk meningkatkan keprofesionalan guru yang bersangkutan dalam jangka waktu tertentu. Jenis kegiatan diklat dapat berupa kursus, pelatihan, penataran, maupun berbagai bentuk diklat yang lain. Guru dapat mengikuti kegiatan diklat fungsional, atas dasar program PKB yang dibuat oleh guru yang bersangkutan melalui penugasan kepala sekolah/madrasah atau institusi yang lain, maupun atas kehendak sendiri dari guru yang bersangkutan. Sedangan kegiatan kolektif guru dimaksud adalah kegiatan guru dalam mengikuti kegiatan temu ilmiahatau kegiatan bersama yang dilakukan guru, dengan tujuan untuk meningkatkan keprofesian guru yang bersangkutan. Beberapa contoh kegiatan kolektif diantaranya: 1) mengikuti lokakarya atau kegiatan kelompok/ musyawarah kerja guru atau inhouse training untuk penyusunan perangkat kurikulum, perangkat pembelajaran (pengembangan penilaian, pengembangan media pembelajaran, dan/atau kegiatan lainnya); 2) Mengikuti kegiatan, seminar, koloqium, diskusi panel, atau bentuk pertemuan ilmiah lainnya, baik sebagai pembahas maupun sebagai peserta. 3) Mengikuti kegiatan kolektif lain yang sesuai dengan tugas dan kewajiban guru terkait dengan pengembangan keprofesiannya.

 

Jadi untuk para guru madrasah tentu tidak usah khawatir dalam mengerjakan Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Guru MI MTS MA Tahun 2024-2025. Tetapi tetap harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Seperti halnya para siswa, guru juga tentunya tidak mengharapkan memiliki rapor hasil AKG yang banyak merahnya.

 

Untuk Sekedar membantu guru berlatih dalam menghadapi Soal AKG Guru MI MTS MA Tahun 2024-2025 berikut ini admin membagikan latihan soal, ada contoh soal AKG Pedagogik MI,  Soal AKG Guru IPA MTS, Soal AKG Guru Matematika MTS, Soal AKG Guru Matematika MA, Soal AKG Guru Bahasa Indonesia MTS, Soal AKG Guru Bahasa Indonesia MA, Soal AKG Guru Bahasa Inggris MTS, Soal AKG Guru Bahasa Inggris MA, Soal AKG Guru Biologi MA, Soal AKG Guru Ekonomi MA, Soal AKG Guru Fisika MA, Soal AKG Guru Kimia MA, Soal AKG Guru BK MTS, Soal AKG Guru BK MA, dan beberapa jenis soal lainnya. Soal-soal tersebut mudah-mudahan bisa meningkatkan wawasan serta pengetahuan para guru di madrasah, baik pada jenjang MI, MTS maupun Aliyah (MA) serta membantu persiapan menghadapi AKG 2020/2021.


Berikut ini link Latihan Soal AKG Guru MI MTS MA Tahun 2020-2021, semoga dapat membantu Bapak/Ibu guru dalam menghadapi pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) tahun 2024-2025 yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Nopember yang akan dating.

 

Link Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2024-2025 Pedagogik (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2024-2025 Pedagogik 2 (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2024-2025 Literasi (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2024-2025 Numerasi (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2024-2025 Sains (disini)

 

Link Latihan Soal AKG Guru MTs materi Pedagogik (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MTS Tahun 2024-2025 Pedagogik 2 (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MTs Bahasa Indonesia (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MTS Bahasa Inggris (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MTs Matematika (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MTs IPA (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MTs Bimbingan dan Konseling (disini)

 

Link Latihan Soal AKG Guru MA Tahun 2024-20250 Pedagogik (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MA Tahun 2024-2025 Pedagogik 2 (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MA Bahasa Indonesia (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MA Bahasa Inggris (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MA Matematika (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MA Fisika (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MA Kimia (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MA Biologi (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MA Ekonomi (disini)

Link Latihan Soal AKG Guru MA Bimbingan dan Konseling (disini)

 

Demikian Informasi tentang Latihan Soal AKG Guru MI MTS MA Tahun 2024-2025. Terima kasih telah menyempatkan berkunjung ke blog ini, semoga setets ilmu yang Bapak/Ibu dapatkan melalui blog ini dapat menambah persiapan menghadapi pelaksanaan asesmen kompetensi guru. Selamat belajar, semoga sukses.




= Baca Juga =



No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter