Latihan Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Guru MI MTS MA Tahun 2024-2025. Kementerian Agama sejak tahun 2020 akan menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Guru (AKG). Kebijakan ini semakin membuat trend istilah Asesmen menggantikan istilah Ujian. Lalu apa itu asesmen dan makna dari Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Madrasah? Asesmen (assessment) adalah upaya untuk mendapatkan data/informasi untuk mengetahui hasil pekerjaan kinerja dibandingkan dengan tujuan/kriteria/capaian yang sudah ditentukan.
Secara umum Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Guru MI MTS MA adalah upaya untuk mendapatkan data/informasi untuk mengetahui seberapa baik kemampuan guru dibandingkan terhadap standar kompetensi guru yang sudah ditentuka dalam UU No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Adapun 4 kompetensi guru yang dipersyaratkan berdasarkan UU 14 Tahun 2015 tersebut adalah Kompetensi profesional, yaitu kecakapan seorang guru dalam mengimplementasikan hal-hal yang terkait dengan profesionalisme yang terlihat dalam kemampuannya mengembangkan taanggung jawab, melaksanakan peran dengan baik, berusaha mencapai tujuan pendidikan, dan melaksanakan perannya dalam pembelajaran di kelas; Kompetensi pedagogik yaitu menguasai dan memahami karakter serta mengidentifikasi potensi dan kesulitan belajar siswa. Guru juga harus mampu mengembangkan kurikulum sehingga mampu mebuat rancangan pembelajaran yang menarik dan memanfaatkaan teknologi dan informasi untuk kepentingan pendidikan; Kompetensi sosial, yaitu kemampuan guru dalam berinteraksi dengan siswa, orang tua siswa, rekan seprofesi dan lingkungan, baik secara langsung maupun tidak langsung; dan Kompetensi kepribadian, yaitu kemapuan menjadi teladan akan sikap sikap positif.
Berdasarkan
Surat Edaran dan Juknis pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Guru MI MTS
MA, materi atau bahan yang akan menjadi kisi-kisi Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Guru MI MTS MA Tahun 2024-2025 hanyalah
terkait Kompetensi professional dan Kompetensi pedagogik. Hal ini sangat rasional
karena kedua kompetensi tersebut dapat
diujikan dalam bentuk soal. Ini berati guru-guru MI MTS MA akan diukur
kemampuannya terkait pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta
didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Oleh karena
itu lingkup materi uji terkait kompetensi pedagogik meliputi: kemampuan mengenal
peserta didiknya, menguasai teori-teori tentang pendidikan, bahan pelajaran,
macam-macam teknik dan metode pembelajaran, menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) serta mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran, dan
lainnya. Adapun lingkup materi Kompetensi professional biasanya akan menguji kemampuan
guru dalam penguasaan materi pembalajaran secara mendalam dan luas. Tidak hanya
penguasaan materi pelajaran saja, namun juga penguasaan terhadap materi-materi
kurikulum yang berlaku, konsep dan struktur keilmuan, masalah-masalah
pendidikan dan wawasan yang memadai terhadap materi-materi yang bersangkutan.
Ditegaskan
dalam Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag tentang Juknis AKG bahwa hasil
pengerjaan Soal AKG Guru MI MTS MA Tahun 2024-2025 akan dijadikan bahan pemetaan dan
basis data untuk melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau (PKB).
Lalu apa itu PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) ? Pengembangan diri
merupakan jenis dari pengembangan keprofesian berkelanjutan guru untuk
meningkatkan kompetensi dan keprofesiannya. Ada 2 macam kegiatan pengembangan
diri yaitu pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional dan/atau melalui
kegiatan kolektif lainnya.
Pendidikan
dan pelatihan (diklat) fungsional bagi guru yang dimaksud adalah kegiatan guru
dalam mengikuti pendidikan atau latihan yang digunakan untuk meningkatkan
keprofesionalan guru yang bersangkutan dalam jangka waktu tertentu. Jenis
kegiatan diklat dapat berupa kursus, pelatihan, penataran, maupun berbagai
bentuk diklat yang lain. Guru dapat mengikuti kegiatan diklat fungsional, atas dasar
program PKB yang dibuat oleh guru yang bersangkutan melalui penugasan kepala sekolah/madrasah
atau institusi yang lain, maupun atas kehendak sendiri dari guru yang bersangkutan.
Sedangan kegiatan kolektif guru dimaksud adalah kegiatan guru dalam mengikuti
kegiatan temu ilmiahatau kegiatan bersama yang dilakukan guru, dengan tujuan
untuk meningkatkan keprofesian guru yang bersangkutan. Beberapa contoh kegiatan
kolektif diantaranya: 1) mengikuti lokakarya atau kegiatan kelompok/ musyawarah
kerja guru atau inhouse training untuk penyusunan perangkat kurikulum,
perangkat pembelajaran (pengembangan penilaian, pengembangan media pembelajaran,
dan/atau kegiatan lainnya); 2) Mengikuti kegiatan, seminar, koloqium, diskusi
panel, atau bentuk pertemuan ilmiah lainnya, baik sebagai pembahas maupun
sebagai peserta. 3) Mengikuti kegiatan kolektif lain yang sesuai dengan tugas
dan kewajiban guru terkait dengan pengembangan keprofesiannya.
Jadi
untuk para guru madrasah tentu tidak usah khawatir dalam mengerjakan Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Guru MI
MTS MA Tahun 2024-2025. Tetapi tetap harus mempersiapkan diri dengan
sebaik-baiknya. Seperti halnya para siswa, guru juga tentunya tidak
mengharapkan memiliki rapor hasil AKG yang banyak merahnya.
Untuk
Sekedar membantu guru berlatih dalam menghadapi Soal AKG Guru MI MTS MA Tahun 2024-2025 berikut ini admin
membagikan latihan soal, ada contoh soal AKG Pedagogik MI, Soal AKG Guru IPA MTS, Soal AKG Guru
Matematika MTS, Soal AKG Guru Matematika MA, Soal AKG Guru Bahasa Indonesia MTS,
Soal AKG Guru Bahasa Indonesia MA, Soal AKG Guru Bahasa Inggris MTS, Soal AKG
Guru Bahasa Inggris MA, Soal AKG Guru Biologi MA, Soal AKG Guru Ekonomi MA, Soal
AKG Guru Fisika MA, Soal AKG Guru Kimia MA, Soal AKG Guru BK MTS, Soal AKG Guru
BK MA, dan beberapa jenis soal lainnya. Soal-soal tersebut mudah-mudahan bisa
meningkatkan wawasan serta pengetahuan para guru di madrasah, baik pada jenjang
MI, MTS maupun Aliyah (MA) serta membantu persiapan menghadapi AKG 2020/2021.
Berikut
ini link Latihan Soal AKG Guru MI MTS MA Tahun 2020-2021, semoga dapat
membantu Bapak/Ibu guru dalam menghadapi pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru
(AKG) tahun 2024-2025 yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Nopember
yang akan dating.
Link
Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2024-2025 Pedagogik (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2024-2025 Pedagogik 2 (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2024-2025 Literasi (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2024-2025 Numerasi (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2024-2025 Sains (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MTs materi Pedagogik (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MTS Tahun 2024-2025 Pedagogik 2 (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MTs Bahasa Indonesia (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MTS Bahasa Inggris (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MTs Matematika (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MTs IPA (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MTs Bimbingan dan Konseling (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MA Tahun 2024-20250 Pedagogik (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Tahun 2024-2025 Pedagogik 2 (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MA Bahasa Indonesia (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MA Bahasa Inggris (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MA Matematika (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MA Fisika (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MA Kimia (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MA Biologi (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MA Ekonomi (disini)
Link
Latihan Soal AKG Guru MA Bimbingan dan Konseling (disini)
Demikian
Informasi tentang Latihan Soal AKG Guru
MI MTS MA Tahun 2024-2025. Terima kasih telah menyempatkan berkunjung ke
blog ini, semoga setets ilmu yang Bapak/Ibu dapatkan melalui blog ini dapat
menambah persiapan menghadapi pelaksanaan asesmen kompetensi guru. Selamat
belajar, semoga sukses.