Latihan Soal Tes PPPK Formasi Jabatan Pustakawan Tahun 2022-2023


Latihan Soal Tes PPPK Formasi Jabatan Pustakawan Tahun 2022-2023. Sebagaimana diketahui Pustakawan bertugas membantu orang menemukan buku, majalah, dan informasi lain. Pada tahun 2000-an, pustakawan juga mulai membantu orang menemukan informasi menggunakan komputer, basis data elektronik, dan peralatan pencarian di internet.

 

Berdasarkan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan: pustakawan ialah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.

 

Kebanyakan pustakawan bekerja di perpustakaan yang ada di sekolah, perguruan tinggi, ataupun tingkat kota, provinsi, maupun negara. Beberapa pustakawan bekerja untuk perusahaan swasta untuk membantu mereka mengatur dokumen dan laporan. Pengaturan fasilitas bahan pustaka secara menarik dan mudah dijangkau akan mengakibatkan bertambahnya minat baca pengunjung perpustakaan.

 

Jadi Pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Ada dua utama syarat yang harus dipenuhi yakni: kompetensi serta tugas dan tanggung jawab. Dikatakan bahwa kompetensi kepustakawanan tersebut diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan. Namun dapat muncul pertanyaan: apakah kompetensi tersebut harus diperoleh hanya melalui pendidikan dan pelatihan saja? Apakah ada kompetensi yang dapat diperoleh melalui pengalaman? Semua pertanyaan itu tentu akan terjawab jika di Indonesia sudah memberlakukan sertifikasi bagi tenaga pustakawan. Upaya sertifikasi pustakawan inipun memunculkan pertanyaan seperti: pihak, lembaga, atau organisasi mana yang akan melakukan sertifikasi? Apakah lulusan sekolah perpustakaan sudah dengan sendirinya memperoleh sertifikat sebagai pustakawan? Jika hal ini berlaku tentunya sekolah perpustakaan tersebut sudah harus mendapat akreditasi. Lalu pertanyaan berikutnya adalah pihak mana yang akan melakukan akreditasi sekolah perpustakaan?

 

Pustakawan merupakan salah satu sumber daya yang menggerakkan sumber daya lain dalam organisasi perpustakaan yang memungkinkan perpustakaan dapat berperan secara optimal didalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, sehingga pustakawan menjadi ujung tombak keberhasilan dalam penyebarluasan informasi di perpustakaan. Dalam UU No 43 tahun 2007, juga yang dikatakan bahwa pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan / atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.

 

Tugas seoarbf pustakawan tidak hanya bertugas sebatas menyusun dan mendata buku. Pustakawan juga harus mampu menerapkan suasana senyaman mungkin, bukan hanya dari segi fasilitas serta kelengkapan buku, namun memperlakukan pengunjung dan khususnya anggota perpustakaan sebagai aset penting perpustakaan untuk meningkatkan kemajuan perpustakaan. User needed diperlukan untuk membuat gerakan semakin solid dan komitmen bersama untuk mengolala perpustakaan secara kreatif dan inovatif dengan tetap mengedepankan kebersamaan. Perpustakaan harus kreatif mengembangkan berbagai akitifitas dan kratifitas baru demi mengembangkan perpustakaan.

 

Setidaknya terdapat 10 tugas dan fungsi seorang Pustakawan, yakni sebagai berikut.

1. Memberi Layanan Referensi

Pustakawan bertugas memberikan layanan referensi kepada pengunjung perpustakaan. Ketika pengunjung membutuhkan referensi tertentu maka bisa dikonsultasikan kepada pustakawan. Nantinya pustakawan yang akan memberikan rekomendasi.

 

2. Melayani Pengunjung Perpustakaan

Banyak orang berpikir bahwa pustakawan adalah pelayan di perpustakaan. Memang tidak sepenuhnya benar namun juga tidak salah. Pustakawan akan bekerja memberi pelayanan kepada pengunjung perpustakaan, termasuk melayani peminjaman juga pengembalian koleksi buku.

 

3. Melakukan Pendataan Buku

Pustakawan juga akan melakukan pendataan semua buku yang ada di perpustakaan. Ini merupakan tugas penting yang harus dijalankan oleh pustakawan agar pengelolaan perpustakaan berjalan baik.

 

4. Mengatur Koleksi Bahan Pustaka

Tugas pustakawan berikutnya adalah mengatur koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan tersebut. Jadi semua buku atau koleksi yang ada di perpustakaan agar diatur dan dikelola sebaik mungkin oleh pustakawan.

 

5. Mengembangkan Koleksi Pustaka

Selain mengelola bahan pustaka yang sudah ada di perpustakaan, pustakawan juga bertugas mengembangkan koleksi pustaka tersebut. Artinya pustakawan bisa mengurus proses penambahan koleksi buku untuk melengkapi perpustakaan.

 

6. Mengurus Administrasi Perpustakaan

Tidak hanya memberikan pelayanan langsung di perpustakaan, pustakawan juga punya tanggung jawab dalam hal administrasi. Pustakawan perlu menyelesaikan urusan administrasi perpustakaan dengan sebaik mungkin.

 

7. Melakukan Promosi Perpustakaan

Pustakawan ternyata juga bertugas melakukan promosi perpustakaan. Artinya, pustakawan akan melakukan usaha promosi sehingga perpustakaan tersebut memiliki semakin banyak pengunjung.

 

8. Memberi Pelayanan Teknologi

Saat ini kemajuan teknologi memang berkembang semakin pesat. Layanan perpustakaan kini sudah semakin canggih dan pustakawan juga perlu menjalankan tugas terkait perkembangan teknologi tersebut. Misalnya dengan membantu pengunjung melakukan pencarian referensi secara digital.

 

9. Mengatur Penyediaan Koleksi e-Book

Saat ini e-book juga semakin populer di kalangan pecinta buku. Pustakawan kini tak hanya mengatur koleksi buku-buku fisik namun juga e-book. Khususnya untuk perpustakaan yang sudah mengusung konsep digital dan memberi layanan peminjaman e-book kepada para pengunjung perpustakaan.

.

10. Merawat Aset Perpustakaan

Pustakawan juga bertugas merawat aset yang dimiliki oleh perpustakaan. Bukan hanya koleksi bukunya namun juga aset lain seperti perangkat komputer, perlengkapan audio visual, dan lain sebagainya. Jika pustakawan kompeten dalam merawat aset perpustakaan maka pengunjung juga pasti akan merasa puas.

 

Itulah tadi tugas pustakawan yang penting untuk Kamu ketahui. Jika Kamu tertarik menekuni profesi ini, maka pastikan Kamu sudah tahu apa saja syarat yang harus dipenuhi. Kamu juga harus memiliki passion yang cukup kuat agar bisa menekuni jenis profesi satu ini.

 

Kisi-kisi Materi Soal Tes atau Seleksi Kompetensi PPPK Formasi Jabatan Pustakawan Tahun 2022-2023 meliputi: a) materi Kompetensi Teknis bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap / perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan; b) materi Kompetensi Manajerial bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan: ntegritas; kerjasama; komunikasi; orientasi pada hasil;    pelayanan publik; pengembangan diri dan orang lain; mengelola perubahan; danpengambilan keputusan.

 

Sedangkan materi Kompetensi Sosial Kultural Soal Tes PPPK Formasi Jabatan Pustakawan Tahun 2022-2023 bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai¬nilai, moral, emosi dan prinsip, yang hams dipenuhi setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan, dalam peran pemangku jabatan sebagai perekat bangsa yang memiliki: kepekaan terhadap perbedaan budaya; kemampuan berhubungan sosial; kepekaan terhadap konflik; dan empati. Adapun Wawancara bertujuan untuk menilai integritas dan moralitas.

 

Adapun Jumlah Soal Tes PPPK Formasi Jabatan Pustakawan Tahun 2022-2023 dan pembobotan nilai yang berlaku adalah sebagai berikut. Jumlah soal keseluruhan Seleksi Kompetensi adalah 145 (seratus empat puluh lima) soal, dengan rincian: a) Seleksi Kompetensi Teknis sejumlah 90 (sembilan puluh) butir soal; b) Seleksi Kompetensi Manajerial sejumlah 25 (dua puluh lima) butir soal; c) Seleksi Kompetensi Sosial Kultural sejumlah 20 (dua puluh) butir soal; dan Wawancara sejumlah 10 (sepuluh) butir soal.

 

Sedangkan Pembobotan nilai untuk materi soal Seleksi Kompetensi yaitu: a) untuk materi soal Seleksi Kompetensi Teknis, bobot jawaban benar bernilai 5 (lima) dan salah atau tidak menjawab bernilai 0 (nol); b) untuk materi soal Seleksi Kompetensi Manajerial, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 4 (empa.t), serta tidak menjawab bernilai 0 (nol); c) untuk materi soal Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 5 (lima), serta tidak menjawab bernilai 0 (nol); dan d) untuk materi soal Wawancara, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 4 (empat), serta tidak menjawab bernilai 0 (nol).


Berikut ini Latihan Soal Tes PPPK Formasi Jabatan Pustakawan Tahun 2022-2023, yang berminat silahkan dicoba dijawab dan cocokkan dengan kunci jawaban yang ada dibawah ini.




Berikut ini Kunci jawaban Latihan Soal Tes PPPK Formasi Jabatan Pustakawan Tahun 2022-2023

Kunci Jawaban Soal Tes PPPK Formasi Jabatan Pustakawan Tahun 2022-2023

Baca Juga Latihan Soal Manajerial dan Sosio Kultural Seleksi PPPK Tenaga Guru, Kesehatan dan Tenaga Teknis Tahun 2022-2023 (DISINI)


Demikian informasi tentang Latihan Soal Tes PPPK Formasi Jabatan Pustakawan Tahun 2022-2023. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =