LATIHAN SOAL STS PTS ASTS PSTS SEMESTER 2 IPAS KELAS 5

Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Semester 2 Mapel IPAS Kelas 5 Kurikulum Merdeka


Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Semester 2 Mapel IPAS Kelas 5 Kurikulum Merdeka. Sumatif Tengah Semester (STS) merupakan istilh pengganti dari Penilaian Tengah Semester, yang juga dapat disebut dengan ASTS (Asesmen Sumatif Tengah Semester), dan PSTS (Penilaian Sumatif Tengah Semester).

 

Sebagaimana diketahui asesmen merupakan tahapan yang tidak boleh terlewatkan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Istilah ini seharusnya tidak asing di dunia pendidikan, terutama bagi guru. Lagi pula, asesmen menjadi salah satu bagian dari kebijakan pemerintah dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka. Dengan menggantikan pelaksanaan Ujian Nasional, Asesmen Kompetensi Minimum menjadi pengukur penjaminan mutu pendidikan di sekolah. Ini mengindikasikan bahwa pelaksanaan asesmen di sekolah amatlah penting. Lalu, apakah yang dimaksud dengan asesmen?

 

Asesmen berasal dari kata assesment (bahasa Inggris), yang berarti 'penilaian'. Pengertian asesmen menurut Lidz (2002) ialah proses pengumpulan informasi untuk mendapatkan profil psikologis anak, meliputi gejala dan intensitasnya, kendala-kendala yang dialami, kelebihan dan kelemahannya, serta peran penting sesuai kebutuhan anak. Di sisi lain, menurut Robert M. Smith, asesmen adalah suatu penilaian komprehensif dan melibatkan anggota tim untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan. Hasil penilaian itu digunakan untuk layanan pendidikan sesuai anak sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran menginterpretasi hasil pengukuran.

 

Permendikbud Nomor 53 tahun 2015 berisi bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik adalah proses pengumpulan informasi atau bukti tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis.

 

Berdasarkan pendapat beberapa ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa asesmen pembelajaran merupakan proses pengumpulan informasi untuk mengetahui kemampuan peserta didik, baik kelemahan maupun kelebihannya. Hasil dari proses penilaian digunakan untuk menyusun rancangan pembelajaran dan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya.

 

Sebelum Admin membagikan Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Semester 2 Mapel IPAS Kelas 5 Kurikulum Merdeka, mari kita ketahui jenis Asesmen dalam pembelajaran. Berdasarkan aspek waktu pelaksanaan dan tujuannya, asesmen dibagi menjadi tiga jenis. Jenis-jenisnya ialah asesmen diagnosis, asesmen formatif, dan asesmen sumatif.

 

Asesmen diagnosis adalah penilaian yang dilakukan oleh guru di awal pembelajaran. Tujuan dari proses asesmen diagnosis ini untuk mengetahui kompetensi dan melihat sejauh mana perkembangan belajar peserta didik, baik segi kognitif maupun nonkognitif. Hasil asesmen ini digunakan untuk referensi guru dalam menentukan strategi pembelajaran dengan memetakannya sesuai kebutuhan peserta  didik.

 

Upaya penilaian berikutnya ialah dengan asesmen formatif. Asesmen ini digunakan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Definisi asesmen formatif menurut Popham (2009)  ialah sebuah proses terencana yang menghasilkan bukti-bukti kondisi belajar siswa. Bukti-bukti tersebut kemudian digunakan oleh guru untuk melakukan penyesuaian pada pembelajaran yang sedang berlangsung atau juga digunakan oleh siswa untuk menyesuaikan teknik belajar mereka.

 

Asesmen sumatif merupakan penilaian yang dilakukan di akhir program pembelajaran. Proses asesmen sumatif ini digunakan dalam menentukan kualitas belajar siswa secara keseluruhan. Dengan asesmen ini, guru dapat mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik. Guru dapat mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran, pemahaman materi, atau kompetensi yang telah dikuasai oleh peserta didik. Asesmen sumatif ini digunakan sebagai bahan laporan hasil belajar peserta didik. Asesmen inilah yang umumnya dijadikan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas atau kelulusan.

 

Perbedaan dari setiap asesmen dapat terlihat jelas pada waktu pelaksanaannya. Asesmen sumatif termasuk paling umum dan sering dilakukan guru di sekolah. Nah, kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai pelaksanaan asesmen sumatif.

 

Pelaksanaan asesmen sumatif akan menghasilkan nilai atau angka yang digunakan sebagai keputusan mengenai hasil belajar peserta didik. Hasil asesmen ini meliputi beberapa mata pelajaran yang telah diajarkan guru. Asesmen sumatif biasanya dilaksanakan setelah sekumpulan program pelajaran selesai diberikan. Asesmen ini umumnya dilaksanakan dengan menggunakan sejumlah tes pada akhir suatu periode pengajaran tertentu. Contoh-contoh tes itu ialah ulangan harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, atau ujian sekolah.

 

Hasil pelaksanaan asesmen sumatif memang tidak memberikan dampak secara langsung pada kegiatan pembelajaran. Namun, sering memengaruhi keputusan yang mungkin memiliki konsekuensi bagi peserta didik dalam belajar. Hasil asesmen sumatif pada peserta didik lebih diperhitungkan dalam pengolahan nilai rapor. Selain itu, hasil penilaian sumatif juga dapat digunakan untuk merumuskan tujuan dan kegiatan pembelajaran selanjutnya serta mempertimbangkan kelanjutan belajar siswa ke jenjang yang lebih tinggi.

 

Fungsi dari asesmen sumatif, yaitu pengukuran kemampuan dan pemahaman dalam pembelajaran, sebagai sarana memberikan umpan balik kepada peserta didik. Tidak hanya itu, hasil asesmen sumatif juga dapat dijadikan umpan balik kepada staf akademik sebagai ukuran keberhasilan pembelajaran, akuntabilitas dan standar pemantauan staf akademik, dan sarana untuk memotivasi peserta didik.

 

Dalam menjalankan asesmen sesuai fungsinya, cara yang dapat dilakukan ialah dengan tes tertulis dan atau tidak tertulis. Melakukan asesmen secara tes tertulis dapat dilakukan guru dengan mengajak peserta didik merefleksikan pembelajaran, membuat produk (jurnal, esai, poster), atau melakukan ujian tertulis. Di sisi lain, asesmen sumatif tidak tertulis pada peserta didik bisa melalui kegiatan diskusi kelompok di kelas, membuat pertunjukan drama, penilaian pada produk yang dibuat, presentasi materi atau hasil tugas, hingga tes lisan

 

Berikut ini Contoh atau  Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Semester 2 Mata Pelajaran/Bidang Studi IPAS Kelas 5

 



Link download Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Semester2 Mapel IPAS Kelas 5

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Semester 2 Mapel IPAS Kelas 5 Kurikulum Merdeka. Semoga ada manfaatnya.




= Baca Juga =



No comments

Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Info Kurikulum Merdeka

Info Kurikulum Merdeka
Info Kurikulum Merdeka

Search This Blog

Social Media

Facebook  Twitter  Instagram  Google News   Telegram  

Statistik Pengunjung Blog



































Free site counter


































Free site counter