Post Popular

JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN TAHUN 2022 (1443 H) KOTA JAKARTA DAN KOTA LAINNYA

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 (1443 H) Kota Jakarta dan Kota Lainnya di seluruh Indonesia

 

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 (1443 H) Kota Jakarta dan Kota Lainnya di seluruh Indonesia. Istilah Imsak atau Imsakiyah berlaku baik saat menjalankan puasa wajib seperti puasa Ramadhan maupun saat menjalan puasa sunah seperti puasa senin dan kamis. Pengertian imsak sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu amsaka yumsiku imsak yang berarti menahan. Jadi, dari pengertian menahan, berarti waktu imsak atau imsakiyah adalah waktu dimulainya untuk menahan segala hal yang membatalkan puasa. Tetapi, di saat imsak masih diperbolehkan untuk makan dan minum, selama belum memasuki waktu subuh. Dalam jadwal shalat biasanya tercantum waktu imsak, dalam pengertian ini imsak atau imsakiyah adalah saat seseorang harus memulai untuk berhenti makan sahur agar tidak terlewat hingga masuk subuh. Pengertian Imsak di sini mengandung arti peringatan atau kehatian-hatian.

 

Ketentuan waktu imsak atau imsakiyah sebagai ihtiyath (kehati-hatian) ini didasarkan hadis Rasul yang diriwayatkan dari Sayyidina Anas: Sayyidina Zaid bin Tsabit r.a. berkata, “Kami telah makan sahur bersama-sama Junjungan Nabi Saw., kemudian baginda bangun mengerjakan salat. Sayyidina Anas bertanya kepada Sayyidina Zaid, ‘Berapa lamanya antara azan (Subuh) dengan waktu makan sahur itu?’ Dia menjawab, ‘Sepadan dengan waktu yang dibutuhkan untuk  membaca 50 ayat.’”

 

Puasa menurut bahasa berarti menahan diri dari melakukan sesuatu perbuatan. Sedangkan menurut istilah puasa adalah menahan diri dari segala sesuatau yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari dengan disertai niat dan syarat-syarat tertentu. Puasa terdiri dari puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib ada tiga yaitu puasa ramadhan, puasa nazar dan puasa kifarat.

 

Puasa Ramadhan adalah puasa wajib yang dikerjakan pada bulan ramadhan selama satu bulan. Hukumnya fardu ‘ain bagi setiap muslim yang sudah mukallaf (baligh dan berakal). Sebagaimana firman Allah swt yang artinya:   Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, Maka Itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu Mengetahui.(Al-Baqoroh; 183-184)

 

Puasa berdasarkan kepada ayat diatas diwajib sejak ummat sebelum nabi Muhammad saw, hanya saja aturannya yang berbeda. Tujuan puasa adalah agar menjadi orang yang bertaqwa. Sedangkan hikam puasa antara lain merasakan penderitaan orang miskin yang serba kekurangan, sehingga timbul dalam dirinya perasaan ingin menyantuni serta dapat menahan hawa nafsu, sehingga dapat mencegahnya dari perbuatan yang tercela.

 

Adapun syarat wajib puasa adalah 1) Islam, 2) Baligh, 3) Berakal, dan 4) Kuat berpuasa (orang sakit dan lanjut usia tidak wajib berpuasa).  Syarat sah puasa adalah 1) Islam, 2) Mumayyiz (dapat embedakan yang baik dan buruk, dan 3) Suci dari haid dan nifas (keduanya wajib mengkodho, selama hari yang ditinggalkannya). Sedangkan Rukun puasa adalah 1) Niat (diucapkan pada malam harinya), 2) Menahan diri dari yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari

 

Berikut ini beberapa hal yang membatalkan puasa, yakni : Makan dan minum dengan sengaja, Muntah dengan sengaja, Melakukan hubungan suami istri pada siang hari (larangan ini harus digantinya dengan membayar kifarat yaitu berpuasa selam dua bulan berturut-turut), Haid/nifas, dan Gila.

 

Sedangkan Orang yang boleh berbuka puasa Ramadhan adalah 1) Orang yang sakit dan punya harapan untuk sembuh, 2) Orang yang bepergian jauh, 3) Orang yang lemah atau lanjut usia termasuk penyakit menahun, 4) Orang yang hamil atau menyussui, dengan ketentuan:Takut akan menjadi mudharat bagi atas anaknya, baik tajut keguguran maupun takut kekurangan air susunya, maka baginya diwajibkan mengqodho dan membayar fidyah. Kalau Takut akan menjadi mudharat baginya dan anaknya, maka wajib mengqodha saja.

 

Kota Jakarta atau Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah dikenal dengan beberapa nama di antaranya Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Di dunia internasional Jakarta juga mempunyai julukan J-Town, atau lebih populer lagi The Big Durian karena dianggap kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia.

 

Kota Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 10.374.235 jiwa (2017). Wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.

 

Sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, Kota Jakarta merupakan tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing. Kota ini juga menjadi tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor sekretariat ASEAN. Jakarta dilayani oleh dua bandar udara, yakni Bandara Soekarno–Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma, serta tiga pelabuhan laut di Tanjung Priok, Sunda Kelapa, dan Ancol,

 

Berikut ini Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 (1443 H) Kota Jakarta dan Kota Lainnya di seluruh Indonesia, baik versi Muhamadiyah mau[un Versi Sihat Kemenag. Sepertinya untuk tahun ini ada perbedaan Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah dan Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Versi Sihat Kemenag.

 

Sebagaimana dirilis dalam laman suara muhammadiyah, Untuk Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah, waktu subuh dan imsak dalam jadwal imsakiyah tahun ini dihitung sesuai dengan kriteria awal waktu subuh hasil Munas Tarjih Muhammadiyah ke-31 tahun 2020. Yaitu awal waktu subuh ditentukan ketika ketinggian matahari berada dalam posisi minus delapan belas derajat. Oleh karena itu waktu imsak dan subuh dalam jadwal imsakiyah Muhammadiyah tahun ini kemungkinan ada perbedaan dengan jadwal imsakiyah yang dihisab lembaga lain yang masih mematok awal waktu subuh dalam ketinggian minus 20 derajat. Perbedaan awal waktu subuh itu sekitar delapan menit.

 

Berikut ini Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 (1443 H) Kota Jakarta Versi Muhammadiyah.




Berikut ini Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 (1443 H) Kota Jakarta Versi Sihat Kemenag



 

Link download Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan Tahun 2022 (1443 H) Kota Jakarta Versi Muhammadiyah  --- DISINI---

Link download Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan Tahun 2022 (1443 H) Kota Jakarta Versi Sihat Kemenag  ----DISINI---


===================


Berikut ini Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah dan Versi Sihat Kemenag untuk beberapa kota besar lainnya di Indonesia.


Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah Banda Aceh (Aceh) imsakiyah BANDA ACEH

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah  Banda Aceh (Aceh) imsakiyah  BANDA ACEH

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah Medan (Sumatera Utara)  imsakiyah MEDAN

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Medan (Sumatera Utara) imsakiyah Medan

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah untuk wilayah Padang (Sumatra Barat) imsakiyah PADANG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Padang (Sumatra Barat) imsakiyah PADANG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah untuk wilayah Pekanbaru (Riau) imsakiyah PEKANBARU

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Pekanbaru (Riau) imsakiyah PEKANBARU

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah untuk wilayah Jambi imsakiyah JAMBI

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemanag untuk wilayah Jambi imsakiyah JAMBI

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah untuk wilayah Palembang (Sumatra Selatan) imsakiyah PALEMBANG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Palembang (Sumatra Selatan) imsakiyah PALEMBANG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Bengkulu imsakiyah BENGKULU

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Bengkulu imsakiyah BENGKULU

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Bandar Lampung (Lampung) imsakiyah BANDARLAMPUNG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah BandarLampung (Lampung) imsakiyah BANDAR LAMPUNG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Kepulauan Pangkalpinang (Bangka Belitung) imsakiyahPANGKAL-PINANG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Kepulauan Pangkalpinang (Bangka Belitung) imsakiyahPANGKAL-PINANG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Kepulauan Tanjungpinang (Kepulauan Riau) imsakiyahTANJUNG-PINANG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Kepulauan Tanjungpinang (Kepulauan Riau) imsakiyahTANJUNG-PINANG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah Kota Jakarta imsakiyah Kota Jakarta - Imsakiyah kota Jakarta

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag Kota Jakarta imsakiyah Kota Jakarta - Imsakiyah kota Jakarta

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk Kota Serang (Banten) imsakiyah SERANG-BANTEN

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk Kota Serang (Banten) imsakiyah SERANG-BANTEN

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk PANDEGLANG (Banten) imsakiyah PANDEGLANG-BANTEN

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk Bandung (Jawa Barat) imsakiyah BANDUNG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk Bandung (Jawa Barat) imsakiyah BANDUNG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk Semarang (Jawa Tengah) imsakiyah SEMARANG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk Semarang (Jawa Tengah) imsakiyah SEMARANG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk Yogyakarta (DIY) imsakiyah YOGYAKARTA

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk Yogyakarta (DIY) imsakiyah YOGYAKARTA

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Surabaya (Jawa Timur)  imsakiyah SURABAYA

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Surabaya (Jawa Timur) imsakiyah SURABAYA

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Denpasar (Bali) imsakiyah DENPASAR

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Denpasar (Bali) imsakiyah DENPASAR

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Nusa Tenggara Barat – Mataram imsakiyah  MATARAM

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Mataram (Nusa Tenggara Barat)  imsakiyah MATARAM

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Kupang (Nusa Tenggara Timur) imsakiyah KUPANG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Kupang (Nusa Tenggara Timur) imsakiyah KUPANG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Pontianak (Kalimantan Barat) - imsakiyah PONTIANAK

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Pontianak (Kalimantan Barat) - imsakiyah PONTIANAK

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Palangka Raya (Kalimantan Tengah)  imsakiyah PALANGKARAYA

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Palangka Raya (Kalimantan Tengah)  imsakiyah PALANGKARAYA

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk Banjarmasin (Kalimantan Selatan)  imsakiyah BANJARMASIN

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk Banjarmasin (Kalimantan Selatan)  imsakiyah  BANJARMASIN

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Samarinda (Kalimantan Timur)  imsakiyah SAMARINDA

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Samarinda (Kalimantan Timur)  imsakiyah SAMARINDA

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Tanjung Selor (Kalimantan Utara)  imsakiyah TANJUNGSELOR

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Tanjung Selor (Kalimantan Utara)  imsakiyah TANJUNGSELOR

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Manado (Sulawesi Utara)  imsakiyah MANADO

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Manado (Sulawesi Utara)  imsakiyah 1MANADO

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Sulawesi Tengah – Palu imsakiyah PALU

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Sulawesi Tengah – Palu imsakiyah PALU

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Makassar (Sulawesi Selatan)  imsakiyah MAKASSAR

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Makassar (Sulawesi Selatan)  imsakiyah MAKASSAR

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Kendari (Sulawesi Tenggara)  imsakiyah KENDARI

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Kendari (Sulawesi Tenggara)  imsakiyah KENDARI

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Gorontalo imsakiyah GORONTALO

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Gorontalo imsakiyah GORONTALO

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Mamuju (Sulawesi Barat) imsakiyah  MAMUJU SULBAR

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Mamuju (Sulawesi Barat) imsakiyah  MAMUJU SULBAR

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Ambon (Maluku) imsakiyah AMBON

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Ambon (Maluku) imsakiyah AMBON

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Ternate  (Maluku Utara) imsakiyah TERNATE

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2021 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Ternate  (Maluku Utara) imsakiyah TERNATE

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Manokwari (Papua Barat)  imsakiyah MANOKWARI

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Manokwari (Papua Barat)  imsakiyah  MANOKWARI

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Mimika (Papua)  imsakiyah MIMIKA-PATENG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Mimika (Papua)  imsakiyah MIMIKA-PATENG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Jayapura (Papua)– imsakiyah JAYAPURA

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Jayapura (Papua)– imsakiyah JAYAPURA

 

Demikian info tentang Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 (1443 H) Kota Jakarta dan Kota Lainnya di seluruh Indonesia. Semoga ada manfaatnya.




= Baca Juga =



16 comments:

  1. Terima kasih pak, saya izin unduh Jadwal Imsakiyah DKI Jakarta tahun 2020 ya. Oh ya, mari kita berdoa, wabah corona yang menyebar di DKI Jakarta dan daerah lainnya di Indonesia segera hilang atau segera dapat diatasi. Oleh karena itu, mari kita sama-sama untuk mematuhi ajuran pemerintah maupun alim ulama.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pak, saya izin unduh Jadwal Imsakiyah DKI Jakarta tahun 2020 ya. Oh ya, mari kita berdoa, wabah corona yang menyebar di DKI Jakarta dan daerah lainnya di Indonesia segera hilang atau segera dapat diatasi. Oleh karena itu, mari kita sama-sama untuk mematuhi ajuran pemerintah maupun alim ulama.

    ReplyDelete
  3. Betul Jadwal Imsakiyah itu, sebagai tanda mulai berhenti sahur. Kalau mulai puasa, ya sejak waktu subuh hingga magrib. https://ramadhanilmi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Mantap Bro makasih, Marhaban Ya Ramadahan 1441. Moga-moga virus corona hilang di muka bumi sebelum Ramadhan ini.

    ReplyDelete
  5. Mantap Bro makasih, Marhaban Ya Ramadahan 1441. Moga-moga virus corona hilang di muka bumi sebelum Ramadhan ini.

    ReplyDelete
  6. Corona Virus

    Semua bermula dari Wuhan
    Menyebar kemana-mana tanpa pemberitahuan
    Melampaui batas Negara dan Jabatan
    Memapar segala Bangsa tanpa ampun

    Di Korea menyebar dari tempat Peribadatan
    Melanda Qom, tempat suci Syiah di Iran
    Di ltalia merebak di Kota mode Milan
    Di Negeri ini diawali di tempat Hiburan

    Hari-hari Inl penuh dengan kekhawatiran
    Dimana doa terbaik sudah dipanjatkan
    Bekerja, belajar, dan ibadah sudah dirumahkan
    Menunggu nasib baik penuh harapan

    Ya Tuhan. berilah kepada para ahli, kemampuan
    Untuk menemukan yang dicari, obat dan vaksin Sebagaimana janji-Mu, bahwa semua penyakit ada obatnya
    Agar kami dapat beribadah lagi di Masjid dengan gembira

    Kepada Bangsa, bersatu dengan penuh semangat
    Semua dapat membantu sesuai kemampuan
    Bagi yang Ahli membantu yang Sakit
    Bagi yang mampu membantu yang rentan

    Kepada para Dokter dan Perawat, terima kasih atas ketulusan
    Dan atas upaya yang penuh risiko dan pengorbanan Kepada para Relawan, terima kasih atas Pengabdian
    Akhirnya kepada Allah jualah kami memohon
    (puisi karya Jusuf Kalla)

    ReplyDelete
  7. Semoga kota Jakarta dan kota lainnya di Indonesia segera bebas dari virus corona

    ReplyDelete
  8. Jakarta siap-siap Lockdown, berdasarkan informasi mulai tanggal 3a maret 2020, Angkutan Kota antar Provinsi (AHAP) yang menuju Jakarta mulai si Stop.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih pak, mohon izin download Jadwal Imsakiyah Ramadahan 2020 utk kota Jakarta . Mohon doanya agar wabah corona segera lenyap. Sepertinya aku nggak bisa mudik ke Jawa untuk lebaran tahun ini karena ada larangan dari Menpan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, silahkan jadwal imsak tersebut di download jika ada manfaatnya. Saya juga berharap semoga wabah virus corona bisa hilang di Jakarta dan di seluruh Indonesia. Aamiin.

      Delete
  10. Terima kasih pak, mohon izin download Jadwal Imsakiyah Ramadahan 2020 utk kota Jakarta . Mohon doanya agar wabah corona segera lenyap. Sepertinya aku nggak bisa mudik ke Jawa untuk lebaran tahun ini karena ada larangan dari Menpan.

    ReplyDelete
  11. Marhaban Ya Ramadhan, kita menyambut bulan suci Ramadan 1441 H (2020 M). Kita jangan takut virus Corona, tetapi harus berupa mengantisipasinya salah satu dengan mengikuti anjuran pemerintahan dan MUI. Jangan lupa kita Memohon ampunan-Nya, mengakui segala dosa yang telah dialkukan disertai dengan penyesalan yang mendalam yang mengantar kepada permohonan maaf dan ampun, baik terhadap Allah maupun sesama manusia.

    ReplyDelete
  12. Marhaban Ya Ramadhan 2020 (1441 H), Makasih telah berbagai Jadwal Imsak, yang berguna untuk menentukan waktu sahur dan buka puasa. Agar di bulan Ramadhan ini kita diberikan kesehatan, terutama terbebas dari wabah corona, ada baiknya untuk membaca beberapa doa di bawah ini.

    1) "Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dunyaa wal aakhiroh. Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fii diinii wa dun-yaaya wa ahlii wa maalii. Allahumas-tur ‘awrootii wa aamin row’aatii. Allahummahfazh-nii mim bayni yadayya wa min kholfii wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fawqii wa a’udzu bi ‘azhomatik an ugh-taala min tahtii".
    Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari muka, belakang, kanan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku (oleh ular atau tenggelam dalam bumi dan lain-lain yang membuat aku jatuh)". Hadist riwayat Abu Daud, Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh Al-Albani.

    2) "Allahumma ‘aafinii fii badani. Allahumma ‘aafinii fii sam-’ii. Allahumma ‘aafinii fii bashorii. Laa ilaaha illaa anta. Allahumma innii a-’uudzu bika minal kufri wal faqri, wa a-’uudzu bika min ‘adzaabil qobri. La ilaha illa anta".

    Artinya: "Ya Allah, berikanlah kesehatan untuk badanku, bagi pendengaranku dan penglihatanku. Tidak ada Sesembahan yang berhak untuk disembah selain Engkau. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung diri kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung diri kepada-Mu dari siksa kubur. Tidak ada Sesembahan yang berhak untuk disembah selain Engkau". Hadist riwayat Abu Daud, Ahmad, al-Bukhari.

    Semoga kita semua diberi kesehatan dalam menghadapi bulan suci Ramadhan 2020 ini.

    ReplyDelete
  13. Oh Jakarta, Corona ternyata masih mewabah. Namun, Saudaraku Janganlah pernah menyerah ketika masih mampu berusaha dengan tetap menjalan protokol kesehatan dan taati aturan. Tidak ada kata berakhir sampai berhenti mencoba. Tidaklah Allah menunrunkan penyakit, kecuali Dia juga menurunkan Penawarnya

    ReplyDelete
  14. Makasih sudah berbagi jadwal imsakiyah ramadhan tahun 2020. Kita turut prihatin atas penyebaran Corona di Jakarta dan daerah lainnya. Sebagai sebuah renungan: Ada 2 sebab Allah tidak menurunkan adzab bagi umat manusia ketika di dunia. Pertama, selagi Rasulullah berada ditengah-tengah mereka. Kedua, perbanyak istighfar
    Allah tidak akan menyiksa mereka selama kamu ada di tengah mereka. Dan Allah tidak akan menghukum mereka, sementara mereka memohon ampun.” (QS. al-Anfal: 33).
    Ayat ini berbicara tentang tantangan orang musyrikin quraisy, diantaranya Abu Jahal yang mengharap datangnya siksa jika memang mereka terbukti bersalah. Mereka menantang dengan sombong:
    “Ingatlah, ketika mereka (orang-orang musyrik) berkata: “Ya Allah, jika betul (Al Quran) ini, dialah yang benar dari sisi Engkau, maka hujanilah kami dengan batu dari langit, atau datangkanlah kepada kami azab yang pedih.” (QS. al-Anfal: 32)
    Perhatikanlah, orang musyrik sejahat itu, Allah tunda hukumannya, karena Nabi ada di tengah mereka. Sehingga beliau menjadi sebab, Allah tidak menurunkan adzab. Maka dalam kondisi wabah yang melanda dunia saat ini mari perbanyak sholawat kepada Nabi agar virus corona segera sirna
    Sebab kedua adalah memperbanyak istighfar. Memohon ampun kepada Allah. Karena Dia menjamin, ‘Allah tidak akan menghukum mereka, sementara mereka memohon ampun’

    Oleh karena itu, para ulama menyarankan agar kita memperbanyak istighfar dan memohon ampun kepada Allah, terutama ketika sedang mendapatkan musibah dan kondisi hidup yang tidak nyaman. Meskipun kita #DiRumahAja mari membaca sholawat dan istighfar sebanyak-banyaknya

    ReplyDelete

  15. Marhaban Ya Ramadhan . Di tahun 2020 ini
    Jakarta, tangerang, bandung dan Wilayah lainnya masih Pandemi Corono, mari kita tetap optimis.

    Ya Allah yaa Jabbaar, Ya 'Aziiz, Ya Rahmaan, Ya Raahim wa Yaa Mujiibassaa'ilin

    Ya Allah, kami yakin dan percaya Engkau Maha Perkasa, Engkau yang menguasai dan mengatur apa yang ada di alam semesta ini, Engkau hidup dan matikan semua makhluk atas kehendakmu, dan Engkau berikan sakit dan kesembuhan atas kuasa Mu

    Ya Rabbal 'Alaamiin, Selain Engkau semua lemah ya Allah, selain Engkau semua tiada kuasa. Karena nya Ya Allah, mohon Engkau angkat virus corona yang menyebar ini dari kami. Lemahkan ia, matikan ia, hancurkan ia ya Rabbal Alaamiiin. Karena hanya kepada Mu kami memohon dan meminta pertolongan, Engkaulah sebaik² pemberi pertolongan.

    Ya Allah yaa Aziiz
    Lindungilah kedua oranhtua kami, istri /suami kami, anak2 kami, keluarga kami, kaum muslimin muslimat mukminin mukminat dari wabah ini, mohon Engkau jauhkan dari kami Ya Rabbal Aalamiiin

    Yaa Syaafii
    Jika ada di antara kami yang sudah terkena, mohon Engkau angkat dan sembuhkan sakitnya, jika ada yang sudah meninggal, mohon Engkau terima sebagai Hambamu yang syahid di sisi Mu dan lindungi kami semua dari penyakit menular ini Ya Allah

    Ya Rahmaan
    Kami rindu ke masjid, kami rindu bermajlis ilmu, kami rindu ingin bertemu dg bulan romadhon, tadarrus bersama, taraweh bersama, berbuka bersama, kami rindu Ya Jabbaar

    Sesungguhnya kami lemah, mohon Engkau kuatkan kami, berikan kami kesabaran dan jalan keluar atas musibah ini ya Allah

    Allahumma inna na'u zubika minal barooshi wal junuuni wal juzaami wa min sayyi'il asqoomi.

    Allahumma shalli alaa Muhammad, Walhamdulillahi Rabbil 'Aalamiiin

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Powered by Blogger.

Online In Blog

Online In Blog