SOAL LATIHAN UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH (UKKS) |
Bagi Anda
yang Tertarik untuk mempelajari Latihan Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah UKKS Online di bawah ini, silahkan pilih link download di bawah ini.
Latihan Soal Uji Komptensi Kepala Sekolah UKKS Online
Petunjuk: Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban!
1. Syarat
perumusan visi, kecuali ………..
A. Visi bukanlah
fakta, tetapi gambaran
pandangan ideal masa depan yang ingin diwujudkan.
B. Visi dapat
memberikan arahan, mendorong anggota organisasi untuk menunjukkan kinerja yang
baik.
C. Visi dapat
menimbulkan inspirasi dan siap menghadapi tantangan
D. Rumusan Visi
Satuan Organisasi dikomunikasikan dengan seluruh stakeholders guna memperoleh
penyempurnaan;
2.
Rumusan Visi
yang baik mempunyai
kriteria (ciri-ciri)
A.
Rumusannya
singkat, padat dan mudah diingat;
B.
Rumusan Visi
Satuan Organisasi dikomunikasikan dengan seluruh stakeholders guna memperoleh
penyempurnaan;
C.
Rumusan Visi
Satuan Organisasi merupakan kesepakatan
D.
Rumusan
visi mendapat dukungan dan komitmen seluruh anggota organisasi
3.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala
Sekolah/Madrasah menyebutkan bahwa dimensi kompetensi supervisi meliputi ….
A.
Mengidentifikasi permasalahan, merencanakan melaksanakan dan melakukan tindak lanjut
hasil supervisi
B Merencanakan, melaksanakan dan melakukan
tindak lanjut supervisi
C
Merencanakan, mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif
pemecahan,melaksanakan supervisi
D
Mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan, merencanakan, melaksanakan
dan melakukan tindak lanjut
4.
Dalam
supervisi akademik, kemampuan guru yang disasarkan dalam supervisi meliputi ….
A.
Pengetahuan, keterampilan mengajar, dan komitmen guru
B.
Pengetahuan, keterampilan mengajar, sikap guru
C.
Penguasaan materi, metode mengajar, pengelolaan kelas guru
D. Silabus,
rencana pembelajaran, penilaian guru
5.
Kepala
sekolah yang melakukan supervisi dengan maksud untuk mengawasi kinerja guru dan
menganggap guru sebagai bawahannya adalah bukan seorang supervisor yang baik
karena ….
A. perilaku
supervisi yang dilakukan kurang manusiawi
B. perilaku
supervisi yang dilakukan tidak kooperatif
C. perilaku
supervisi yang dilakukan tidak sesuai dengan fakta
D. perilaku
supervisi yang dilakukan menyalahi ketentuan
6.
Supervisi
yang dirancang sebagai pendekatan dalam melakukan supervisi pengajaran terhadap
calon guru yang sedang berpraktek mengajar untuk membantu calon guru memodifikasi
pola-pola pengajaran yang tidak atau kurang efektif adalah ….
A. supervisi
akademik
B. supervisi
klinis
C. supervisi
pengajaran
D. supervisi
praktek mengajar
7.
Tugas
tim pengembang kurikulum di sekolah ialah sebagai berikut, kecuali ….
A. menyusun
dasar-dasar hukum, kerangka dasar serta program inti kurikulum
B.
memberikan alternatif konsep pendidikan dan model kurikulum yang dipandang
paling sesuai dengan perkembangan zaman
C.
mengimplementasikan, menilai dan menyempurnakan kurikulum
D.
mengartikulasikan kurikulum dan melakukan koordinasi segala pengalaman belajar
8.
Dimensi
kepemimpinan mencakup antara lain ….
A.
memprovokasi, mempengaruhi, meningkatkan dan mengembangkan
B.
mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan
C. membagi
peran, mendelegasikan wewenang, mengatur strategi, dan membuat keputusan
D.
memutuskan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti
9.
Hakikat
pembangunan tim didasarkan atas ….
A. kerjasama
fungsional dan kerja sama peran
B.
pengambilan keputusan yang diambil secara partisipatif
C.
kepemimpinan yang hanya percaya pada data yang benar
D.
pengambilan keputusan yang aman
10.
Tahapan
dalam pembangunan tim antara lain ….
A. Benturan,
Pembentukan, Kesepakatan, Puncak
B.
Pembentukan, Kesepakatan, Benturan, Kemapanan
C.
Pembentukan, Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan
D. Benturan,
Kesepakatan, Puncak, Kemapanan
11.
Kewirausahaan
mencakup tiga perilaku utama, yakni ….
A. kreatif,
komitmen, berani mengambil resiko dari kegagalan
B.
sistematis, percaya diri, tegas
C. agresif,
kompetitif, egoistis
D. dinamis,
inovatif, cerdas
12.
Cara
menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah adalah dengan cara ….
A.
memberikan reward kepada guru dan siswa yang berprestasi
B.
peningkatan kualitas kehidupan beragama
C. memiliki
target mutu yang tinggi
D. melakukan
rapat evaluasi
13.
Agar
orang tua dan guru saling mengenal merupakan ….
A. salah
satu bentuk hubungan antara masyarakat dengan sekolah
B. tujuan
dilaksanakannya kegiatan pertemuan antara orang tua murid/ masyarakat dengan
pihak sekolah
C. cara
mendekatkan kebutuhan masyarakat dengan sekolah
D. teknik
dalam melakukan hubungan kerjasama sekolah dengan masyarakat
14.
Partisipasi
sekolah dalam kegiatan masyarakat bertujuan untuk ….
A.
pembentukan karakter anak didik
B. mencari
nilai tambah bagi masyarakat
C.
menumbuhkan kepekaan sosial sekolah terhadap masyarakat
D. mencari
bantuan sekolah dari masyarakat
15.
Berikut
adalah tujuan pemeliharaan sarana dan prasarana di sekolah adalah, kecuali ….
A.
mengoptimalkan usia pakai peralatan
B.
pemeliharaan yang baik memberikan hasil pekerjaan yang baik
C. menjamin
ketersediaan peralatan yang diperlukan melalui pengecekan secara rutin dan teratur
D. menjamin
kesiapan operasional peralatan untuk mendukung kelancaran pekerjaan sehingga
diperoleh hasil yang optimal
16.
Perabot
merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai fungsi
sebagai berikut, kecuali ….
A. fungsi
pendidikan
B. fungsi
konstruktif
C. fungsi
administrasi
D. fungsi
penunjang
17.
Tujuan
dilaksanakannya kegiatan unit produksi/jasa adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. sebagai
sumber pendanaan utama untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya-biaya
operasional pendidikan lainnya
B. sarana
praktek produksi secara langsung bagi siswa
C. wahana
pelatihan berbasis produksi/jasa bagi siswa
D. wahana
untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
18.
Berikut
ini adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan rencana unit produksi
dan jasa sekolah, kecuali ….
A. memilih
lokasi usaha
B. membaca
peluang bisnis
C. mempersiapkan
rencana organisasi
D. meneliti
pelaku pasar di masa terkini
19.
Administrasi
keuangan sekolah, administrasi kurikulum, administrasi kesiswaan, dan administrasi
humas merupakan kegiatan tenaga administrasi sekolah yang berkaitan dengan kompetensi
ketenagaan administrasi sekolah terutama kompetensi ….
A. sosial
B. teknis
C.
manajerial
D.
kepribadian
20.
Di
bawah ini adalah usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dalam
rangka pembinaan tenaga administrasi sekolah, kecuali ....
A. melakukan
PHK terhadap tenaga administrasi sekolah
B.
memberikan reward bagi tenaga administrasi sekolah yang berprestasi
C. memberi
kesempatan tenaga administrasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang
lebih tinggi
D. mengirim
tenaga administrasi untuk mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya
Soal Latihan Uji Kompetensi Kepala
Sekolah UKKS ONLINE
21.
Penerapan
prinsip manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali ….
A.
meningkatkan akuntabilitas keuangan sekolah
B.
meningkatkan transparansi keuangan sekolah
C.
meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah
D.
meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
22.
Dalam
Peraturan Daerah disebutkan bahwa sekolah tidak boleh memungut dana dari masyarakat.
Usaha Anda selaku kepala sekolah di antaranya ….
A. menghapus
kegiatan-kegiatan yang tidak mendapatkan dana dari BOS /pemerintah
B. membuka
usaha sekolah yang dapat menghasilkan sumber keuangan sekolah
C.
mengajukan sumbangan kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu
D. melakukan
koordinasi dengan komite sekolah agar komite sekolah mendapatkan dana dari
orang tua siswa
23.
Dalam
pengalokasian keuangan sekolah terdapat istilah biaya personalia dan non
personalia. Di bawah ini adalah alokasi keuangan sekolah yang tergolong biaya
personalia adalah ....
A. pajak
B. tunjangan
C. jasa
telekomunikasi
D.
pemeliharaan sarana dan prasarana
24.
Pengelolaan
tenaga kependidikan merupakan rangkaian aktivitas yang integral, bersangkutpaut
dengan masalah ….
A.
perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
B.
perekrutan, penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
C.
perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
D.
perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan
pemberhentian tenaga kependidikan
25.
Di
bawah ini salah satu bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan
adalah ….
A. iklim
kerja yang kondusif dan profesional
B.
terciptanya perilaku disiplin dalam melaksanakan tugas
C. profesi
tenaga kependidikan belum mendapat pengakuan dari masyarakat
D.
produktivitas kerja tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan
26.
Sebuah
SMP negeri memiliki 12 rombongan belajar. Masing-masing rombongan belajar menampung
30 siswa. Jumlah guru yang ada 12 orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang,
S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3 IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia
2 orang, D3 PAI 1 orang, S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di
atas masalah yang ditemukan adalah ….
A. jumlah
siswa per rombongan belajar tidak memenuhi standar
B. pendidik
yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100%
C. terdapat
beberapa orang pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran
D. beberapa
pendidik belum memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar
proses
27.
Hasil
Evaluasi Diri Sekolah (EDS) menjadi rujukan bagi tim pengembang sekolah untuk menentukan
posisi tahapan pengembangan sekolah. Tahap ketiga dalam tahapan pengembangan
sekolah memiliki makna sebagai berikut:
A. Telah
memenuhi Standar Nasional Pendidikan, namun masih perlu peningkatan
B. Telah
memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan
C. Memenuhi
Standar Pelayanan Minimal (SPM), tidak memiliki kelemahan dan mempunyai beberapa
kekuatan
D. Belum
memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan
membutuhkan banyak perbaikan
28.
Dalam
penyusunan EDS, pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan
panduan yang disusun oleh BSNP dengan melibatkan beberapa komponen yaitu Kepala
Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Guru BK, Perwakilan Tenaga Kependidikan, dan Komite
Sekolah. Tahap pengembangan EDS di atas termasuk tahap ke ....
A. satu,
B. dua
C. tiga
D. empat
29.
Penentuan
prioritas dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah
bersama antara sekolah dan stake-holder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk
kriteria keterlaksanaan, yaitu ….
A. Komitmen
sekolah saat sekarang untuk mewujudkannya.
B. Relevansi
terhadap misi, visi, dan tujuan strategis sekolah
C. Dukungan
sumber daya manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.
D.
Pentingnya pengembangan sekolah dalam kaitannya dengan semua faktor konteks
30.
Empat
tahap yang berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari
dan menemukan percaya diri mereka dalam menggunakan TIK, yaitu ....
A.
merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan
B.
mengenali, memahami, mempraktekkan, menghasilkan
C.
menemukan, mempelajari, memahami, menjadi ahli.
D. mengenali
alat, memprogramkan, mempraktekkan alat, mengontrol pelaksanaan
31.
Pemanfaatan
TIK oleh sekolah yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen
sekolah dan dalam pembelajaran, termasuk pendekatan ….
A. Emerging
B. Applying
C. Infusing
D.
Transforming
32.
Definisi
TIK menurut UNESCO (2004) adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi, menciptakan,
mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK
tersebut antara lain ….
A. komputer
B. televisi
C. telepon
D. mikroskop
33.
Visi
dari suatu sekolah mungkin tidak sama dengan visi sekolah lain sebab......
A. Visi
dirumuskan sejalan dengan profil sekolah
B. Visi
harus memiliki keunikan
C. Visi yang
berbeda akan lebih memacu pengembangan sekolah
D. Perbedaan
merupakan pendorong tercapainya visi
34.
Visi
sekolah sebaiknya dilengkapi dengan indikator dengan tujuan agar.......
A. visi
tidak ditafsirkan secara berbeda
B. tujuan
dapat dicapai dengan mudah
C. misi
dapat dilaksanakan sebaik-baiknya
D. semua
warga sekolah berpartisipasi aktif dalam pencapaian visi
35.
Peraturan
menteri nomor 19 mengamanatkan bahwa setiap lembaga pendidikan harus memenuhi
standar pengelolaan pendidikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa
sekolah harus memiliki visi yang salah satu tujuannya ialah agar sekolah......
A. mampu
mencapai standar internasional
B. mampu
mengembangkan kurikulum bertaraf internasional
C. mampu
meraih cita-cita bersama secara sistematis dan terrencana
D. menjadi
sekolah yang terkenal di lingkungannya
36.
Salah
satu fungsi misi sekolah ialah sebagai......
A. sarana
memperoleh dana yang cukup untuk mengembangkan lembaga
B. pijakan
untuk menentukan program sekolah
C. memberi
motivasi siswa dalam melakukan tugasnya
D.
meningkatkan kesejahteraan staff dan guru
37.
Setiap
warga sekolah wajib mengetahui dan memahami visi dan misi sekolah dengan tujuan
agar.......
A. cita-cita
sekolah dapat tercapai tepat waktu
B.
pencapaian nilai murni dapat dimaksimalkan
C. siswa
sukses dalam bidang akademik
D. status
sekolah mencapai taraf internasional
38.
Sekolah
akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk
menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan:...
A. Setiap
proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan sebagai somber belajar,
B. Menambah
jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut
C. Diadakan
jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut,
D. Setiap
proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan budaya
membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan,
39.
Visi
adalah sebagai berikut:"Berprestasi, berbudaya, dan ber-IPTEK, serta dilandasi
IMTAQ" dan salah satu misinya adalah meningkatkan kualitas
pembelajaran.Salah satu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut
adalah...
A. Sebagian
guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No.41 Tahun 2007 tentang
Standar Proses
B. Guru
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41
Tahun 2007 tentang Standar Proses
C. Semua
guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No.
41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
D. Sebagian
guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No.
41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
40.
Untuk
meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan
pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari
kegiatan tersebut adalah ...
A. Membuat
surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan
pembelajaran kontekstual,
B. Menugasi
wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua
mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,
C. Sekolah
mengadakan IHT tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan
perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya,
D.
Meningkatkan kegiatan MGMP sekolah untuk semua mata pelajaran.
Soal Latihan Uji Kompetensi Kepala
Sekolah UKKS ONLINE
41.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses
menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP.
Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang
yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat,
minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses
eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih
banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan......
A.
Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan proses
pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
B.
Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS serta dipantau dan diadakan pembinaan secara
intensif,
C. Selalu
mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah
proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
D. Menugasi
wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut.
42.
Pada
ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum
tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas
tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah
di atas Kepala Sekolah melakukan.....
A.
Mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep
penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel,
B.
Membiarkan guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,
C. Menegur
guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam
melakukan penilaian,
D.
Membiarkan guru tersebut karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun
belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
43.
Bentuk
LHBS untuk setiap mata pelajaran yang sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun
2007 adalah .....
A. Satu
nilai untuk satu mata pelajaran
B. Satu
nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar
C. Satu
nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran
D. Satu
nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan
belajar,
44.
Pada
saat rapat dewan pendidik untuk menetapkan kelulusan siswa terdapat 3 siswa
lulus Ujian Nasional tetapi tidak lulus ujian sekolah karena satu mata
pelajaran ujian sekolah di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut
Kepala Sekolah ...
A.
Menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik,
B.
Menghimbau pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkut
prestise sekolah,
C.
Meluluskan 3 siswa tersebut sebab ujian nasional memiliki bobot lebih dari pada
ujian sekolah,
D.
Memerintahkan guru mata pelajaran yang menyebabkan tidak lulus untuk menambah
nilai agar siswa tersebut lulus sekolah.
45.
Kegiatan
pelayanan konseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut
guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran.
Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A.
Mengabulkan permintaan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,
B. Tidak
mengabulkan permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa
C.
Mengabulkan permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1
jam tersebut bukan merupakan beban belajar siswa,
D. Tidak mengabulkan
permintaan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.
46.
Dewan
guru menghendaki pada SMKS Taruna Bakti pada hari sabtu tidak ada kegiatan
pembelajaran tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal
tersebut Kepala Sekolah .....
A. Tidak
menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,
B.
Menyetujui atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta
dilaksanakan dengan baik dan akuntabel,
C.
Menyetujui tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur,
D. Tidak
menyetujui karena akan merugikan siswa.
47.
Untuk
meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur kegiatan
akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik
di sekolah tersebut. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah melakukan... ...
A. Segera
memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan
secara lisan kepada seluruh siswa
B. Segera
mebentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera
mensosialisasikan kepada seluruh siswa
C. Segera
membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun
Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan
di sekolah tersebut.
D. Segera
membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru
mapel
48.
Guna
pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsure pada
sekolah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan adalah .....
A.
Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai
pengelola pada bidangnya,
B.
Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab
sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
C.
Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai
pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya,
D.
Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab
sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai
bidangnya
49.
Dari
hasil evaluasi sekolah diakhir tahun, SMK MAJU akan meningkatkan efektifitas
dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala
SMK MAJU melakukan.......
A. Membentuk
TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan
RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya
B. Membentuk
TIM untuk menyusun RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya,
diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat
ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga
sekolah,
C. Membentuk
TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional,
diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat
ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
D. Membentuk
TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional,
diputuskan oleh komite sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah, serta
disosialisasikan kepada semua warga sekolah
50.
Agar
penerimaan siswa baru pada SMK WAJAR berjalan lancar dan terkendali, seharusnya
sekolah tersebut ...
A. Menyusun
dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang
merujuk pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum
PSB di laksanakan,
B. Menyusun
dan menyebarkan edaran tentang PSB kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan
C.
Mensosialisasikan kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau media
elektronika, sebelum PSB di laksanakan
D. Menyusun
dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang
merujuk pada POS secara regional, sebelum PSB di laksanakan.
51.
SMPN
1 Kotabaru akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen,
sehingga permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat
berkaitan dengan pengelolaan sekolah dapat segera diberikan atau diketahui.
Menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan........
A.
Memerintahkan wakil kepala untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien,
efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal,
B.
Menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam
permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan
dengan pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai bahan
laporan kepada Dinas Pendidikan Kota,
C. Membentuk
TIM untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah
diakses melayani permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari
masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah,
D. Memerintahkan
seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan fasilitas informasi
yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat
secara optimal.
52.
Untuk
meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusun pedoman operasional sekolah.
Pedoman pengelolaan sekolah meliputi ...
A. RKAS,
KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir,
B. KTSP,
Kaldik, Struktur Organlsasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata
Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Sekolah,
C. RAPBS,
KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik,Daftar Hadir,
D. KTSP,
Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib
Sekolah, Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah,
53.
Kepala
SMK JUJUR akan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah. Yang
dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut diakhir Tahun Pelajaran adalah
A.
Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuklaporan
tertulis pelaksanaan kegiatan sekolah kepada Kepala DinasPendidikan Kabupaten/
Kota,
B.
Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuklaporan
tertulis pelaksanaan kegiatan sekolah kepada PemerintahKabupaten/Kota melalui
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota,
C.
Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah bidang akademik pada rapat
dewan pendidik dan non akademik pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan,
D.
Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah pada komite sekolah, Dinas
Pendidikan Kabupaten/ Kota dalam bentuk laporan tertulis.
54.
Permendiknas
No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan
Dasar Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan
secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas
sekolah/madrasah. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A.
Menyusunan program supervisi pengelolaan akademik di sekolah dan disosialisasikan
ke seluruh pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan,
B. Menyusun
program supervisi akademik di sekolah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil
kepala sekolah bidang kurikulum dan atau guru senior,
C.
Melaksanakan kegiatan supervisi akademis bersama pengawas sekolah,
D. Menyusun
jadwal kegiatan supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya didelegasikan
kepada wakil bidang kurikulum dan atau guru senior.
55.
Pada
kegiatan supervisi klinis oleh Kepala Sekolah, seorang guru meminta supervisor
untuk mengamati khusus pada kemampuan teknik bertanya. Menyikapi hal tersebut
Kepala Sekolah selaku supervisor ...
A.
Memberikan pengarahan bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi,
B.
Menyarankan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan karena kegiatan supervise harus
melihat semua aspek pada kegiatan pembelajaran,
C.
Menyetujui permintaan tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi aspek yang lain
juga dilihat sesuai aspek yang ada pada instrumen,
D. Tidak
menyetujui karena supervisi dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru.
56.
Untuk
memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan
lengkap isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala
Sekolah ...
A.
Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang
multimedia oleh semua mata pelajaran,
B.
Memberikan surat edaran kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia
tersebut secara optimal,
C.
Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang
multimedia oleh semua mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal
penggunaan ruang media,
D.
Mengedarkan surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan
dikembalikan sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara
optimal
57.
Kepala
SMKN 1 Kota Besar senantiasa menambah daya tampung sehingga jumlah rombongan
belajar saat ini adalah 30 rombel dengan setiap rombel menampung 44 siswa. Jika
Anda sebagai Kepala di SMK tersebut yang dilakukan adalah ...
A.
Mempertahankan jumlah rombel dan jumlah siswa setiap rombel karena hal ini menandakan
animo masyarakat tinggi,
B.
Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel
dengan jumlah siswa perrombel tetap 32 siswa
C.
Mepertahankan jumlah rombel tetapi mengurangi jumlah siswa menjadi 40 siswa perombel,
D.
Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel
dengan jumlah siswa perrombel 40 siswa
58.
Kepala
sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk memiliki kompetensi
kepribadian, kecuali?
A. tanggung
jawab dan komitmen terhadap tugas.
B. mampu
beradaptasi dengan perkantoran.
C.
berkeinginan antuk terus mengasah keterampilan diri.
D. inovatif,
kreatif mengembangkan sekolah.
59.
Di
awal tahun pelajaran kepala sekolah menetapkan program peningkatan kesejahteraan
guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang karena tuntutannya
terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak
¬kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah:
A.
rnenghentikan kenaikan uang transport, karena PNS telah mendapat gaji.
B. tetap
uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melakukan
perubahan APBS.
C.
pembayaran uang transport pembayarannya ditunda.
D. pinjam
uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan.
60.
Penempatan
Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan
terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan tugas kepala sekolah!
A. mengingat
semua guru dan TU tenaga baru belum pengalaman maka, semua tugas mengerjakan
sendiri agar cepat selesai.
B. semua
dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat.
C. saya
memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM mengikat.
D. menyusun
struktur organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan
bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
Soal Latihan Uji Kompetensi Kepala
Sekolah UKKS ONLINE
61.
Kepala
Sekolah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu,
sehingga kepala sekolah tidak merasa betah di sekolah, hasil audit kepala
sekolah tidak bersalah?
A.
Mempertahankan tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi.
B.
Mengajukan mutasi agar terdapat suasana kerja baru.
C. Menantang
siapa pun orangnya yang menekan.
D. Memohon
pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.
62.
Sebagai
pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah adalah tingkatan
tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan
tidak pernah menegur Kepala Sekolah jika saling jumpa, sikap kepala sekolah?
A. biar
saja, asal tidak mengganggu.
B. guru
tersebut diberi surat panggilan, karena kepala sekolah penguasa tunggal di sekolah.
C. Kepala
Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan menyampaikan
salam.
D. mengabsen
guru-guru untuk memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan sekolah.
63.
Perubahan-perubahan
selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan
kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun
pengelolaannya untuk melakukan perubahan...
A. merasa
tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung.
B. selalu
menunggu petunjuk dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahiprosedur.
C. melakukan
keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah,dinas pendidikan dan
pemerintah daerah/pusat.
D.
memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.
64.
Terlibatnya
siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan
banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah.......
A. Pribadi
B. Sosial
C. Manajerial
D. Akademis
65.
Partisipasi
aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi
kompetensi Kepala Sekolah.........
A. Kepribadian
B. Manajerial
C. Sosial
D. Sektoral
66.
Berakhlak
mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan
akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
A. Kepribadian
B. Manajerial
C. Sosial
D. Moral
67.
Menciptakan
inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah, memiliki motivasi dan kuat
untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin
sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
A. Kepribadian
B. Manajerial
C. Sosial
D.
kewirausahaan
68.
Membuka
perbengkelan sekolah untuk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan jasa
sebagai sumber belajar peserta didik adalah merupakan dimensi kompetensi.......
A. Kepribadian
B.
Produktivitas
C. Manajerial
D.
Kewirausahaan
69.
Sesuai
peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005, diamanatkan bahwa lingkup Standar
Nasional Pendidikan meliputi 8 standar yang salah satu diantaranya ialah standar
isi yang kita gunakan sebagai pijakan untuk menentukan ............
A. lingkup
materi ajar dan tingkat kompetensi
B. jumlah
siswa pada tiap rombongan belajar
C. sarana
prasarana yang harus tersedia di dalam kelas
D. prosedur
kegiatan pembelajaran
70.
Sesuai
dengan peraturan menteri no 16 tahun 2007, diamanatkan bahwa setiap guru harus
memiliki minimal 4 standar kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian,
sosial dan profesional. Berikut ini yang termasuk kompetensi kepribadian ialah....
A. Menghargai
setiap peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut.
B.
berkomunikasi dengan orang tua peserta didik secara santun
C. menguasai
bidang yang diajarkan
D. memahami
beberapa teori belajar
71.
Perabot
merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai
fungsi sebagai berikut, kecuali ...:
A. fungsi pendidikan
B. fungsi konstruktif
C. fungsi
administrasi
D. fungsi
penunjang
72.
Tujuan
dilaksanakannya kegiatan unit produksi/jasa adalah sebagai berikut, kecuali
....
A. sebagai sumber pendanaan utama untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan
biaya-biaya operasional pendidikan lainnya
B. sarana praktik produksi secara langsung bagi
siswa
C. wahana
pelatihan berbasis produksi/jasa bagi siswa
D. wahana
untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
73.
Berikut
ini adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan rencana unit
produksi dan jasa sekolah, kecuali ....
A. memilih lokasi usaha
B. membaca peluang bisnis
C.
mempersiapkan rencana organisasi
D. meneliti
pelaku pasar di masa terkini
74.
Administrasi
keuangan sekolah, administrasi kurikulum, administrasi kesiswaan, dan
administrasi humas merupakan kegiatan tenaga administrasi sekolah yang berkaitan
dengan kompetensi ketenagaan administrasi sekolah terutama kompetensi ....
A. sosial
B. teknis
C.
manajerial
D.
kepribadian
75.
Di
bawah ini adalah usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka pembinaan tenaga administrasi
sekolah, kecuali
A. melakukan PHK terhadap tenaga administrasi
sekolah
B. memberikan reward bagi tenaga administrasi
sekolah yang berprestasi
C. memberi
kesempatan tenaga administrasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang
lebih tinggi
D. mengirim
tenaga administrasi untuk mengikuti diklat-diklat yang berkaitan dengan bidang
pekerjaannya
76.
Penerapan
prinsip-prinsip manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali
....
A. meningkatkan akuntabilitas keuangan sekolah
B. meningkatkan
transparansi keuangan sekolah
C.
meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah
D.
meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
77.
Salah
satu tujuan MPMBS ialah untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui
pemberian kewenangan (otonomi) kepada sekolah, pemberian fleksibilitas yang lebih
besar kepada sekolah untuk mengelola sumberdaya sekolah, dan mendorong partisipasi
warga sekolah dan masyarakat. Berikut ini yang TIDAK termasuk indikator
tercapainya tujuan MPMBS ialah…….
A. semakin meningkatnya perhatian masyarakat
terhadap sekolah
B. meningkatnya inovasi kepala sekolah untuk
mengembangkan lembaga
C. berkurangya
ketergantungan sekolah pada pemerintah
D.
meningkatnya jumlah siswa pada masing-masing rombongan belajar
78.
Dalam
rangka optimalisasi partisipasi warga sekolah dan masyarakat dalam mengembangkan
sekolah, maka sekolah boleh ........
A. Memungut uang sekolah sebesar-besarnya
B. Mendorong masyarakat untuk memberikan
saran/kritik terhadap sekolah melalui jalur yang benar.
C.
Memprioritaskan warga sekitar dalam merikrut tenaga pengajar
D. Mewajibkan
warga sekitar untuk menjadi donatur tetap untuk pengembangan sekolah
79.
SWOT
ialah merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat yang
artinya ialah........
A. Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan ancaman
B. Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan solusi
C. Kekuatan,
kelemahan, peluang dan kondisi
D. Kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman
80.
Analisis
SWOT bertujuan untuk.........
A. Menentukan
kesiapan fungsi-fungsi dalam kerangaka mencapai sasaran tertentu
B. Menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan
untuk mencapai sasaran tertentu
C. Menghindari kelemahan dan ancaman agar
sasaran dapat dicapai
D. Menunjukkan
kekuatan dan menyembunyikan kelemahan dalam kerangka mencapai sasaran
Soal Latihan Uji Kompetensi Kepala
Sekolah UKKS ONLINE
81.
Berikut
ini yang termasuk tujuan dari PTK ialah.......
A. untuk menemukan teori yang baru
B. untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. untuk melakukan eksperimen
D. untuk membuktikan kebenaran teori yang ada
82.
Dalam
PTK terdapat 4 tahapan, yaitu .......
A. perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi
B. perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi
C. perencanaan, refleksi, tindakan dan observasi
D. perencanaan, refleksi, observasi dan tindakan
83.
Judul
yang benar dari PTK ialah.......
A. Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa
melalui Pajangan Bahasa secara Alami pada Kelas 1 SMK Terpadu Malang.
B.Pengaruh
Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa.
C. Korelasi antara Penguasaan Kosakata Siswa dan
Kegiatan Pajangan Bahasa secara Alami di SMK 1 Malang.
D. Penggunaan
Strategi Pajangan Alami dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata
84.
“Dapatkah
pajangan bahasa secara alami meningkatkan penguasaan kosa kata siswa pada kelas
1 SMK Terpadu Malang?” Pernyataan di atas adalah cocok untuk digunakan
dalam.......
A. hepotesis tindakan
B. tujuan penelitian
C. rumusan
masalah
D. judul
penelitian
85.
Empat
tahap yang berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari
dan menemukan percaya diri mereka dalam menggunakan TIK, yaitu:
A.
Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan
B. Mengenali, memahami, mampraktikkan,
menghasilkan
C. Menemukan,
mempelajari, memahami, menjadi ahli.
D. Mengenali
alat, memprogramkan, mempratikkan alat, mengontrol pelaksanaan.
86.
Pemanfaatan
TIK oleh sekolah yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen
sekolah dan dalam pembelajaran, termasuk pendekatan ....
A. Emerging
B. Applying
C. Infusing
D.
Transforming
87. Definisi TIK menurut UNESCO (2004)
adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi, menciptakan, mengelola dan
mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK tersebut
antara lain ....
A. Computer
B. Televisi
C. Telepon
D. Mikroskop
88. Sebuah SMP negeri memiliki 12
rombongan belajar. Masing-masing rombongan belajar menampung 30 siswa. Jumlah
guru yang ada 12 orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang, S1 Bahasa
Inggris 2 orang, D3 IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia 2
orang, D3 PAI 1 orang, S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di atas
masalah yang ditemukan adalah ....
A. jumlah
siswa per rombongan belajar tidak memenuhi standar
B. pendidik
yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100 %
C. terdapat
beberapa orang pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran
D. beberapa
pendidik belum memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar
proses
89. Hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
menjadi rujukan bagi tim pengembang sekolah untuk menentukan posisi tahapan
pengembangan sekolah. Tahap ketiga dalam tahapan pengembangan sekolah memiliki
makna sebagai berikut:
A. Telah
memenuhi Standar Nasional Pendidikan, namun masih perlu peningkatan
B. Telah
memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan
kelemahan
C. Memenuhi
Standar Pelayanan Minimal (SPM), tidak memiliki kelemahan dan mempunyai
beberapa kekuatan
D. Belum
memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan
membutuhkan banyak perbaikan
90. Dalam penyusunan EDS, pengembangan
kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun oleh
BSNP dengan melibatkan beberapa komponen yaitu Kepala Sekolah, Guru Mata
Pelajaran, Guru BK, Perwakilan Tenaga Kependidikan, dan Komite Sekolah. Tahap
pengembangan EDS di atas termasuk tahap ke ...
A. Satu,
B. Dua
C. Tiga
D. Empat
91. Penentuan prioritas dalam Rencana
Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah bersama antara
sekolah dan stakeholder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk kriteria
keterlaksanaan, yaitu ....
A. Komitmen
sekolah saat sekarang untuk mewujudkannya.
B. Relevansi
terhadap misi, visi, dan tujuan strategis sekolah
C. Dukungan
sumber daya manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.
D. Pentingnya
pengembangan sekolah dalam kaitannya dengan semua faktor konteks
92. Kita dapat menemukan situs di web
dengan cepat melalui search engine yang populer yaitu.......
A. antivir
B. acrobat reader
C. yahoo/google
D. photoshop
93. Program Jardiknas bertujuan untuk
meningkatkan mutu pendidikan
Melalui.....
A. program wajib belajar 9 tahun
B. pemanfaatan media cetak untuk seluruh
institusi di tanah air
C. akses informasi dan komunikasi online antar
lembaga dan komunitas pendidikan
D. maksimalisasi penggunaan sarana komputer di
dalam kelas
94. Kita dapat mengirim file melalui
e-mail dengan menggunakan fasilitas.....
A. folder
B. mail list
C. yahoo massanger
D. attachment
95. Microsoft Power Point dapat membantu
kita dalam melakukan.......
A. penyimpanan data
B. pembukuan
C. presentasi
D. entri data
96. Penerapan prinsip-prinsip manajemen
keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali ....
A.
meningkatkan akuntabilitas keuangan sekolah
B. meningkatkan
transparansi keuangan sekolah
C.
meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah
D.
meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
97. Dalam Peraturan Daerah disebutkan
bahwa sekolah tidak boleh memungut dana dari masyarakat. Usaha Anda selaku kepala
sekolah di antaranya ....
A. menghapus
kegiatan-kegiatan yang tidak mendapatkan dana dari BOS / pemerintah
B. membuka
usaha sekolah yang dapat menghasilkan sumber keuangan sekolah
C. mengajukan
sumbangan kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu
D. melakukan
koordinasi dengan komite sekolah agar komite sekolah mendapatkan dana dari
orang tua siswa
98. Dalam pengalokasian keuangan sekolah
terdapat istilah biaya personalia dan nonpersonalia. Di bawah ini adalah
alokasi keuangan sekolah yang tergolong biaya personalia:
A. pajak
B. tunjangan
C. jasa
telekomunikasi
D. .
pemeliharaan sarana dan prasarana
99. Pengelolaan tenaga kependidikan
merupakan rangkaian aktivitas yang integral, bersangkut-paut dengan masalah
....
A. perekrutan,
penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
B. perekrutan,
penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
C.
perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga
kependidikan
D. perencanaan,
perekrutan, penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan
pemberhentian tenaga kependidikan
100. Di bawah ini salah satu bentuk
tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan adalah ....
A. iklim kerja
yang kondusif dan professional
B. terciptanya
perilaku disiplin dalam melaksanakan tugas
C..profesi
tenaga kependidikan belum mendapat pengakuan dari masyarakat
D.
produktivitas kerja tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan
Mengapa tidak bisa dicopy, padahal saya ingin belajar
di save as aja gan
http://www.kcppermai.net
wah, sambil belajar sambiljajanan anak sekolah
Saya ucapkan terima kasih, karena sangat terbantu dengan tulisan yang Bapak bagikan. Tulisan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme guru serta dapat pula dijadikan referensi dalam penulisan karya ilmiah guru, terutama dalam penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan artikel tentang pembelajaran ini menjadi sarana amal kebajikan.
maaf untuk download link jawaban dari soal di atas apakan belum ada ?
Kunci jawaban soal diatas
Teks gak bisa diCopy.. Link download mati lagi. hadehhhhh
bisa gan di copy..
mohon maaf & mohon izin....sy sdh ambil latihan soal ini utk referensi....smoga brmnfaat....trmksh...
silahkan semoga bermanfaat
kunci jawabannya ada mas
ALL : sy coba klik knan trus klik PRINT nti ada pnwrn print lgsg atw save us PDF...alhmdllh sy sdh print ....sy jg coba download n save us lgsg tpi ga bs....
Mohon izin saya copy Latihan UKKS... semoga bermanfaat dan barokah
terimakasih pak, isi blog bapak sangat membantu untuk mempelajari soal UKG. semoga isi blog bapak ke depannya akan semakin bermanfaat bagi yang membutuhkan.
kunci jawaban nya ada ?
Ada kunci jawabannya mas ?
Ijin copy mas terima kasih sangat membantu buat referensi
Mohon izin untuk meng copy ya ...
cuma sayang kunci jawabannya ga ada yah, janten lieur oge
Izin copy soal