LATIHAN SOAL US SMP MTS 2023-2024
Pada kesempatan ini Admin akan berbagi Soal US SMP MTS atau dikenal juga dengan Soal Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (ASSP) Tahun SMP Tahun 2024 atau Soal Asesmen Sumatif Antar Jenjang (ASAJ) Tahun SMP Tahun 2024 yang terdiri dari Soal ASAT-ASAJ Bahasa Inonesia SMP, Soal ASAT-ASAJ Bahasa Inggris SMP, Soal ASAT-ASAJ IPA SMP, Soal ASAT-ASAJ Matematika SMP, Soal ASAT-ASAJ IPS SMP, Soal ASAT-ASAJ PAI SMP, Soal ASAT-ASAJ Seni Budaya SMP, Soal ASAT-ASAJ PJOK SMP, dan Soal ASAT-ASAJ Pendidikan Pancasila SMP.
Apa yang dimaksud asesmen,
seperti Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (ASSP) atau Asesmen Sumatif Antar
Jenjang (ASAJ)? Asesmen adalah upaya untuk mendapatkan data/informasi dari
proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui seberapa baik ketercapaian tujuan
pemeblajaran dibandingkan terhadap tujuan/kriteria/capaian pembelajaran
tertentu. Pada umumnya Setelah diperoleh dilakukan asesmen maka dilakukan proses penilaian. Yang
dimaksud Penilaian (grading) disini adalah proses penyematan atribut atau
dimensi atau kuantitas (berupa angka/huruf) terhadap hasil asesmen dengan cara
membandingkannya terhadap suatu instrumen standar tertentu. Hasil dari
penilaian berupa atribut/dimensi/kuantitas tersebut digunakan sebagai bahan
evaluasi.
Untuk memahami lebih jauh
tentang asesmen kita dapat memami dari berbagi pendapat para ahli. Menurut
Richard I. Arends (2008), assessment adalah suatu proses pengumpulan informasi
tentang siswa dan kelas untuk maksud-maksud pengambilan keputusaninstruksional.
Menurut Terry Overtun (2008), “Assessment is a process of gathering information
to monitor progress and make educational decisions if necessary. As noted in my
definition of test, an assessment may include by a test, but also include
methods such as observations, interview, behavior monitoring, etc.” Assessment
adalah suatu proses pengumpulan suatu informasi untuk memonitor kemajuan dan bila disebutkan dalam definisi
saya tentang tes, suatu penilaian ini bisa saja terdiri dari tes, atau bisa juga
terdiri dari berbagai metode seperti obsevasi, wawancara, monitoring tingkah
laku, dansebagainya.
Sedangkan menurut Bob
Kizlik (2009), “Assessment is a process by which information is obtained relative
to some know objective or goal. Tests are assessment made under contrived circumstances
especially so that they are may be administered. In other words, all tests are
assessments, but not all of assessments are tests.” Assessment adalah suatu proses
dimana suatu informasi diperoleh berkaitan dengan tujuan pembelajaran. Penilaian
ini adalah istilah yang luas yang mencakup tes (pengujian). Tes adalah suatu bentuk
khusus dari penilaian. Tes juga adalah salah satu bentuk penilaian. Dengan kata
lain, semua tes ini merupakan penilaian, namun tidak semua penilaian berupa tes.
Menurut Eko Putro Widoyoko, 2012), assessment adalah suatu kegiatan menafsirkan
data hasil pengukuran berdasarkan kriteria maupun aturan-aturan tertentu.
Assessment atau yang
disebut juga dengan penilaian adalah suatu penerapan atau penggunaan dalam
berbagai cara dan alat guna mendapatkan serangkaian informasi mengenai hasil
dari pembelajaran serta pencapaian kompetensi dari peserta didik. Pada
dasarnya, assessment merupakan suatu istilah lain dalam penilaian. Istilah Assessment
sangat berkaitan erat dengan istilah evaluasi yang merupakan metode dalam mendapatkan
hasil belajar dari siswa. Sehingga proses assessment ini dilaksanakan denga tujuan
agar dapat mengetahui sejauh mana presatasi belajar dari para peserta didik.
Ada kegunaan asesmen? asesmen
merupakan suatu proses dalam memperoleh data atau informasi dari proses
pembelajaran serta memberikan umpan baik terhadap guru maupun kepada peserta
didik. Assessment atau penilaian mempunyai peranan yang penting dalam proses
kegiatan belajar dan mengajar terhdap peserta didik. Sebab assessment mempunyai
dua fungsiyaitu fungsi formatif dan fungsi sumatif, berikut penjelasannya.
1)
Fungsi Formatif, yakni asesmen yang digunakan dalam memberikan umpan balik atau
feedback terhadap para guru untuk dijadikan dasar pada saat memperbaiki serta
membenarkan proses pembelajaran dan juga mengadakan remedial bagi parapeserta
didik.
2)
Fungsi Sumatif, merupakan fungsi yang berguna dalam penentuan nilai belajar
siswa dalam satu mata pelajaran tertentu, sehingga selanjutnya dapat dijadikan
bahan memberikan laporan, untuk menentukan kenaikan kelas serta menentukan
lulus atau tidaknya peserta didik.
Lalu apa Tujuan diadakannya
Assessment? Menurut pendapat dari Chittenden (1994) ia menyatakan bahwa tujuan
dari penilaian “assessment purpose” merupakan “keeping track”, checking up,
finding out and summing up. Berikut adalah penjelasannya :
1) Keeping Track
Keeping track yaitu berguna
dalam menelusuri dan melacak proses belajar dari peserta didik yang mana sesuai
dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah diterapkan. Maka dalam hal
ini guru wajib mengumpulkan data dan informasi dalam kurun waktu tertentu dari
berbagai jenis dan teknik penilaian agar mendapatkan gambaran suatu pencapaian
dan kemajuan belajar dari peserta didik.
2) Checking Up
Checking Up yaitu berguna
dalam mengecek suatu pencapaian dan kemampuan dari peserta didik dalam proses
belajar dan kekurangan-kekurangan dari peserta didik pada saat mengikuti proses
pembelajaran. Dengan kata lain, dalam hal ini guru sangat penting dalam
melaksanakan penilaian sehingga mengetahui bagian mana dari materi yang telah
dikuasai peserta didik dan bagian dari materi yang belum dikuasai.
3) Finding Out
Finding Out merupakan suatu
proses mencari, menemukan dan mendeteksi kekurangan kesalahan atau kelemahan
dari peserta didik dalam proses belajar, sehingga guru dapat dengan tanggap
dalam mencari alternatif untuk penyelesaiannya.
4) Summing Up
Summing Up merupakan suatu
cara dalam menyimpulkan tingkat penguasaan siswa terhadap kompetensi yang telah
ditetapkan. Hasil dari penyimpulan ini yang mana dapat digunakan oleh guru
dalam menyusun laporan kemajuan belajar ke berbagai pihak yang saling
membutuhkan. Jadi asesmen sebagai salah satu bahan untuk mengisi nilai rapor
atau ijazasah
Dengan kata lain tujuan
dilakukannya asesmen, penilaian, dan evaluasi pembelajaran adalah: memantau
perkembangan proses pembelajaran siswa; mengecek pemenuhan terhadap capaian
pembelajaran dan memberikan nilai atas proses dan hasil pembelajaran siswa; memperoleh
umpan balik sebagai bagian dari siklus perbaikan berkelanjutan (continuous
improvement) bagi : a) Siswa dalam rangka perbaikan pembelajaran; b) Guru dalam
rangka perbaikan dan pengembangan mata pelajaran; c) Program studi dalam rangka
pengembangan kurikulum; d) Sekolah dalam rangka pengembangan institusi; 4)
Wahana kontrol kualitas lulusan, dalam artian bahwa melalui asesmen capaian pembelajaran
dapat dipastikan seluruh lulusan suatu program studi telah memenuhi standar
minimal yang telah ditentukan; Penunjang akuntabilitas institusi, yaitu sumber
informasi terkait proses dan hasil pembelajaran kepada pemangku kepentingan
terkait.
Selai asesmen formatif
maupun asesmes sumatif, ada juga jenis-jenis dari assessment yang sering
digunakan, antara lain tes tertulis yang disajikan terhadap siswa untuk
menjawabnya yaitu: a) Performance Assessment, yakni salah satu jenis assessment
yang menyuruh para peserta didik agar dapat melakukan demonstasi bersamaan
mengaplikasikan pengetahuan diberbagai situasi yang dikehendaki; b) Penilaian
Portofolio dan Penilaian Proyek, yakni suatu tugas dalam bentuk investigasi
yang diawali dengan pengumpulan selanjutnya pengorganisasian dan evaluasi
hingga dengan penyajian data; c) Product Assessment dan Self Assessment, yakni suatu
proses penilaian keterampilan dengan cara membuat suatu produk tertentu. Self
Assessment dilaksanakan sendiri oleh peserta didik maupun guru yang
bersangkutan dalam kepentingan pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar di tingkat
kelas, terakhir, jenis assessment juga bisa dalam bentuk penilaian sikap dan
penilaian dengan basis kelas.
Untuk sekedar membantu para
siswa yang sedang mencari Latihan Soal Asesmen
Sumatif Satuan Pendidikan (ASSP) Tahun SMP Tahun 2024 atau Latihan Soal Asesmen Sumatif Antar Jenjang (ASAJ) Tahun SMP Tahun 2024, berikut
ini Admin beberapa link contoh soal. Admin Cuma sekadar membagikan linknya
soalnya mungkin dibuat oleh blogger yang bersangkutan. Berikut ini beberapa
link Latihan Soal ASAT - ASAJ SMP tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024.
Link Latihan Online Soal
ASAT - ASAJ IPA SMP Kurikulum Merdeka
tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT -
ASAJ Matematika SMP Kurikulum Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Online Soal
ASAT - ASAJ Bahasa Indonesia SMP Kurikulum
Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT -
ASAJ Bahasa Inggris SMP Kurikulum Merdeka
tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Bahasa Inggris SMP Kurikulum Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT –
ASAJ PAI SMP Kurikulum Merdeka tahun
2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT -
ASAJ IPS SMP Kurikulum Merdeka tahun
2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT -
ASAJ Pendidikan Pancasila SMP Kurikulum
Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT -
ASAJ Seni Budaya SMP Kurikulum Merdeka
tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT -
ASAJ PJOK Penjaskes SMP Kurikulum
Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT -
ASAJ Informatika (TIK) SMP Kurikulum Merdeka
tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Online Soal
ASAT - ASAJ IPA SMP Kurikulum Merdeka
tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT - ASAJ IPA SMP Kurikulum Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT - ASAJ IPA SMP Kurikulum Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT -
ASAJ Matematika SMP Kurikulum Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Matematika SMP Kurikulum Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Matematika SMP Kurikulum Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Online Soal
ASAT - ASAJ Bahasa Indonesia SMP Kurikulum
Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT -
ASAJ Bahasa Inggris SMP Kurikulum Merdeka
tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Bahasa Inggris SMP Kurikulum Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT –
ASAJ PAI SMP Kurikulum Merdeka tahun
2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT – ASAJ PAI SMP Kurikulum Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT -
ASAJ IPS SMP Kurikulum Merdeka tahun
2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT - ASAJ IPS SMP Kurikulum Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT -
ASAJ Pendidikan Pancasila SMP Kurikulum
Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal Pendidikan Pancasila PPKN SMP Kurikulum Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal Pendidikan Pancasila PPKN SMP Kurikulum Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT -
ASAJ Seni Budaya SMP Kurikulum Merdeka
tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT -
ASAJ PJOK Penjaskes SMP Kurikulum
Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT - ASAJ PJOK Penjaskes SMP Kurikulum Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT -
ASAJ Informatika (TIK) SMP Kurikulum Merdeka
tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Prakrya SMP Kurikulum Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Prakarya SMP Kurikulum Merdeka tahun 2024-2025 (disini)
Demikian info tentang
Latihan Soal Asesmen Sumatif Satuan
Pendidikan (ASSP) Tahun SMP Tahun 2024 atau Latihan Soal Asesmen Sumatif Antar Jenjang (ASAJ) Tahun SMP Tahun 2024. Semoga bermanfaat, selamat belajar semoga
sukses dan dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.