LATIHAN SOAL US SMP MTS 2023-2024

LATIHAN SOAL US SMP MTS 2023-2024



Berikut ini link download Soal dan Pembahasan atau Kunci Jawaban Latihan Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan SMP/MTS Sesuai Kisi-Kisi Ujian Sekolah (US dan Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan US ASSP  SMP 2023/2024 yang saya ambil dari Uji Coba Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (US ASSP). Karena berdasarkan pengalaman Soal Uji Coba Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (US ASSP) sangat mendekati Soal Ujian Sekolah (US dan Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan US ASSP  yang sesungguhnya.

Berikut Latihan Soal Ujian Sekolah (US dan Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan US ASSP SMP tahun 2023/2024 atau soal latihan menghadapi pelaksanaan Ujian Sekolah (US dan Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan US ASSP  SMP Tahun 2024 Tahun pelajaran 2023/2024.

Ingin Soal Latihan UN SMP 2023/2024 yang sesuai dengan kisi-kisi UN SMP tahun 2023/2024? Jika ya, silahkan download Soal US ASSP SMP . Kali ini Admin sharrekan Latihan Soal US USP tahun 2024. Sebagaimana diketahui setiap daerah biasa melaksanakan US ASSP SMP setiap tahun menjelang pelaksnaan akhir tahun ajaran. Penasaran dengan soal US ASSP SMP tahun 2024. Berikut Link download Soal US ASSP Tahun 2023/2024

Soal Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (ASSP) Tahun SMP Tahun 2024 atau Soal Asesmen Sumatif Antar Jenjang (ASAJ) Tahun SMP Tahun 2024


Pada kesempatan ini Admin akan berbagi Soal US SMP MTS atau dikenal juga dengan Soal Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (ASSP) Tahun SMP Tahun 2024 atau Soal Asesmen Sumatif Antar Jenjang (ASAJ) Tahun SMP Tahun 2024 yang terdiri dari Soal ASAT-ASAJ Bahasa Inonesia SMP, Soal ASAT-ASAJ Bahasa Inggris SMP, Soal ASAT-ASAJ IPA SMP, Soal ASAT-ASAJ Matematika SMP, Soal ASAT-ASAJ IPS SMP, Soal ASAT-ASAJ PAI SMP, Soal ASAT-ASAJ Seni Budaya SMP, Soal ASAT-ASAJ PJOK SMP, dan Soal ASAT-ASAJ Pendidikan Pancasila SMP.

 

Apa yang dimaksud asesmen, seperti Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (ASSP) atau Asesmen Sumatif Antar Jenjang (ASAJ)? Asesmen adalah upaya untuk mendapatkan data/informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui seberapa baik ketercapaian tujuan pemeblajaran dibandingkan terhadap tujuan/kriteria/capaian pembelajaran tertentu. Pada umumnya Setelah diperoleh dilakukan  asesmen maka dilakukan proses penilaian. Yang dimaksud Penilaian (grading) disini adalah proses penyematan atribut atau dimensi atau kuantitas (berupa angka/huruf) terhadap hasil asesmen dengan cara membandingkannya terhadap suatu instrumen standar tertentu. Hasil dari penilaian berupa atribut/dimensi/kuantitas tersebut digunakan sebagai bahan evaluasi.

 

Untuk memahami lebih jauh tentang asesmen kita dapat memami dari berbagi pendapat para ahli. Menurut Richard I. Arends (2008), assessment adalah suatu proses pengumpulan informasi tentang siswa dan kelas untuk maksud-maksud pengambilan keputusaninstruksional. Menurut Terry Overtun (2008), “Assessment is a process of gathering information to monitor progress and make educational decisions if necessary. As noted in my definition of test, an assessment may include by a test, but also include methods such as observations, interview, behavior monitoring, etc.” Assessment adalah suatu proses pengumpulan suatu informasi untuk  memonitor kemajuan dan bila disebutkan dalam definisi saya tentang tes, suatu penilaian ini bisa saja terdiri dari tes, atau bisa juga terdiri dari berbagai metode seperti obsevasi, wawancara, monitoring tingkah laku, dansebagainya.

 

Sedangkan menurut Bob Kizlik (2009), “Assessment is a process by which information is obtained relative to some know objective or goal. Tests are assessment made under contrived circumstances especially so that they are may be administered. In other words, all tests are assessments, but not all of assessments are tests.” Assessment adalah suatu proses dimana suatu informasi diperoleh berkaitan dengan tujuan pembelajaran. Penilaian ini adalah istilah yang luas yang mencakup tes (pengujian). Tes adalah suatu bentuk khusus dari penilaian. Tes juga adalah salah satu bentuk penilaian. Dengan kata lain, semua tes ini merupakan penilaian, namun tidak semua penilaian berupa tes. Menurut Eko Putro Widoyoko, 2012), assessment adalah suatu kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran berdasarkan kriteria maupun aturan-aturan tertentu.

 

Assessment atau yang disebut juga dengan penilaian adalah suatu penerapan atau penggunaan dalam berbagai cara dan alat guna mendapatkan serangkaian informasi mengenai hasil dari pembelajaran serta pencapaian kompetensi dari peserta didik. Pada dasarnya, assessment merupakan suatu istilah lain dalam penilaian. Istilah Assessment sangat berkaitan erat dengan istilah evaluasi yang merupakan metode dalam mendapatkan hasil belajar dari siswa. Sehingga proses assessment ini dilaksanakan denga tujuan agar dapat mengetahui sejauh mana presatasi belajar dari para peserta didik.

 

Ada kegunaan asesmen? asesmen merupakan suatu proses dalam memperoleh data atau informasi dari proses pembelajaran serta memberikan umpan baik terhadap guru maupun kepada peserta didik. Assessment atau penilaian mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatan belajar dan mengajar terhdap peserta didik. Sebab assessment mempunyai dua fungsiyaitu fungsi formatif dan fungsi sumatif, berikut penjelasannya.

1) Fungsi Formatif, yakni asesmen yang digunakan dalam memberikan umpan balik atau feedback terhadap para guru untuk dijadikan dasar pada saat memperbaiki serta membenarkan proses pembelajaran dan juga mengadakan remedial bagi parapeserta didik.

2) Fungsi Sumatif, merupakan fungsi yang berguna dalam penentuan nilai belajar siswa dalam satu mata pelajaran tertentu, sehingga selanjutnya dapat dijadikan bahan memberikan laporan, untuk menentukan kenaikan kelas serta menentukan lulus atau tidaknya peserta didik.

 

Lalu apa Tujuan diadakannya Assessment? Menurut pendapat dari Chittenden (1994) ia menyatakan bahwa tujuan dari penilaian “assessment purpose” merupakan “keeping track”, checking up, finding out and summing up. Berikut adalah penjelasannya :

1) Keeping Track

Keeping track yaitu berguna dalam menelusuri dan melacak proses belajar dari peserta didik yang mana sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah diterapkan. Maka dalam hal ini guru wajib mengumpulkan data dan informasi dalam kurun waktu tertentu dari berbagai jenis dan teknik penilaian agar mendapatkan gambaran suatu pencapaian dan kemajuan belajar dari peserta didik.

 

2) Checking Up

Checking Up yaitu berguna dalam mengecek suatu pencapaian dan kemampuan dari peserta didik dalam proses belajar dan kekurangan-kekurangan dari peserta didik pada saat mengikuti proses pembelajaran. Dengan kata lain, dalam hal ini guru sangat penting dalam melaksanakan penilaian sehingga mengetahui bagian mana dari materi yang telah dikuasai peserta didik dan bagian dari materi yang belum dikuasai.

 

3) Finding Out

Finding Out merupakan suatu proses mencari, menemukan dan mendeteksi kekurangan kesalahan atau kelemahan dari peserta didik dalam proses belajar, sehingga guru dapat dengan tanggap dalam mencari alternatif untuk penyelesaiannya.


4) Summing Up

Summing Up merupakan suatu cara dalam menyimpulkan tingkat penguasaan siswa terhadap kompetensi yang telah ditetapkan. Hasil dari penyimpulan ini yang mana dapat digunakan oleh guru dalam menyusun laporan kemajuan belajar ke berbagai pihak yang saling membutuhkan. Jadi asesmen sebagai salah satu bahan untuk mengisi nilai rapor atau ijazasah

 

Dengan kata lain tujuan dilakukannya asesmen, penilaian, dan evaluasi pembelajaran adalah: memantau perkembangan proses pembelajaran siswa; mengecek pemenuhan terhadap capaian pembelajaran dan memberikan nilai atas proses dan hasil pembelajaran siswa; memperoleh umpan balik sebagai bagian dari siklus perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) bagi : a) Siswa dalam rangka perbaikan pembelajaran; b) Guru dalam rangka perbaikan dan pengembangan mata pelajaran; c) Program studi dalam rangka pengembangan kurikulum; d) Sekolah dalam rangka pengembangan institusi; 4) Wahana kontrol kualitas lulusan, dalam artian bahwa melalui asesmen capaian pembelajaran dapat dipastikan seluruh lulusan suatu program studi telah memenuhi standar minimal yang telah ditentukan; Penunjang akuntabilitas institusi, yaitu sumber informasi terkait proses dan hasil pembelajaran kepada pemangku kepentingan terkait.

 

Selai asesmen formatif maupun asesmes sumatif, ada juga jenis-jenis dari assessment yang sering digunakan, antara lain tes tertulis yang disajikan terhadap siswa untuk menjawabnya yaitu: a) Performance Assessment, yakni salah satu jenis assessment yang menyuruh para peserta didik agar dapat melakukan demonstasi bersamaan mengaplikasikan pengetahuan diberbagai situasi yang dikehendaki; b) Penilaian Portofolio dan Penilaian Proyek, yakni suatu tugas dalam bentuk investigasi yang diawali dengan pengumpulan selanjutnya pengorganisasian dan evaluasi hingga dengan penyajian data; c) Product Assessment dan Self Assessment, yakni suatu proses penilaian keterampilan dengan cara membuat suatu produk tertentu. Self Assessment dilaksanakan sendiri oleh peserta didik maupun guru yang bersangkutan dalam kepentingan pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar di tingkat kelas, terakhir, jenis assessment juga bisa dalam bentuk penilaian sikap dan penilaian dengan basis kelas.

 

Untuk sekedar membantu para siswa yang sedang mencari Latihan Soal Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (ASSP) Tahun SMP Tahun 2024 atau Latihan Soal Asesmen Sumatif Antar Jenjang (ASAJ) Tahun SMP Tahun 2024, berikut ini Admin beberapa link contoh soal. Admin Cuma sekadar membagikan linknya soalnya mungkin dibuat oleh blogger yang bersangkutan. Berikut ini beberapa link Latihan Soal ASAT - ASAJ SMP tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024.

 

Link Latihan Online Soal ASAT - ASAJ IPA SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)

 

Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Matematika  SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)

 

Link Latihan Online Soal ASAT - ASAJ Bahasa Indonesia SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)

 

Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Bahasa Inggris SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Bahasa Inggris SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT – ASAJ PAI SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)

 

Link Latihan Soal ASAT - ASAJ IPS SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)

 

Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Pendidikan Pancasila SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)

 

Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Seni Budaya SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)

 

Link Latihan Soal ASAT - ASAJ PJOK Penjaskes SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)

 

Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Informatika (TIK) SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)

 

Link Latihan Online Soal ASAT - ASAJ IPA SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT - ASAJ IPA SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT - ASAJ IPA SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Matematika  SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)

 

Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Matematika  SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Matematika SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Online Soal ASAT - ASAJ Bahasa Indonesia SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Bahasa Indonesia SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)

 

Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Bahasa Inggris SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Bahasa Inggris SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT – ASAJ PAI SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT – ASAJ PAI SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT - ASAJ IPS SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT - ASAJ IPS SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Pendidikan Pancasila SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal Pendidikan Pancasila PPKN SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal Pendidikan Pancasila  PPKN SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)

 

Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Seni Budaya SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)

 

Link Latihan Soal ASAT - ASAJ PJOK Penjaskes SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT - ASAJ PJOK Penjaskes SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)

 

Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Informatika (TIK) SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Prakrya SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)


Link Latihan Soal ASAT - ASAJ Prakarya SMP Kurikulum  Merdeka tahun 2024-2025 (disini)

 

Demikian info tentang Latihan Soal Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (ASSP) Tahun SMP Tahun 2024 atau Latihan Soal Asesmen Sumatif Antar Jenjang (ASAJ) Tahun SMP Tahun 2024.  Semoga bermanfaat, selamat belajar semoga sukses dan dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

 

 


= Baca Juga =


10 comments:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter