PETA KONSEP (PENGERTIAN DAN KEGUNAAN PETA KONSEP)

pengertian peta konsep
Pengertian Peta Konsep
Menurut Berg, dalam Hudoyo (2002), pengertian peta konsep adalah alat peraga untuk memperlihatkan hubungan antar konsep. Peta konsep merupakan suatu bagan skematik untuk menggambarkan suatu pengertian konseptual seseorang dalam rangkaian pernyataan (Ibnu Hadi Kusumah, 1992).

Peta konsep bukan hanya menggambarkan konsep-konsep yang penting, melainkan juga menghubungkan antara konsep-konsep itu. Namun dalam bentuknya yang paling sederhanapun peta konsep tetap memiliki ciri. Ciri-ciri peta konsep antara lain :
·            Peta konsep adalah suatu cara untuk memperlihatkan konsep dan preposisi-preposisi suatu bidang studi.
·             Peta konsep merupakan gambar dua-dimensi dari suatu bidang studi, atau suatu bagian bidang study yang menunjukan hubungan konsep-konsep dari suatu topok bidang study tersebut.
·             Mengenai cara menyatakan hubungan konsep-konsep, tidak semua konsep mempunyai bobot yang sama, beberapa konsep lebih inklusif dari pada konsep-konsep yang lain.
·              Bila dua konsep atau lebih digambarkan dipawah suatu konsep lainnya yang lebih inkluisf, maka terbentuklah suatu hirarki pada peta konsep itu (Hudoyo, 2002)

Contoh Peta Konsep Materi  IPA (Manfaat / Kegunaan Peta Konsep)



Manfaat / Kegunaan Peta Konsep
Hasil penelitian Muslim Husin, (1999) membuktikan bahwa peta konsep mempunyai manfaat / kegunaan bagi guru.  Manfaat / Kegunaan Peta Konsep bagi guru, antara lain:
·             Peta konsep merupakan alat yang sangat berguna untuk mengamati makna yang dipegang oleh seorang siswa, dan dapat dikontruksikan untuk mengungkapkan organisasi kognitif siswa.
·             Peta konsep dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk menunjukan konsep-konsep yang salah, melalui peta konsep guru dapat melihat berbagai preposisi yang dikembangkan oleh setiap siswa. Kesalahan konsep dapat ditandai dengan kesalahan pada proposisi antar konsep pokok yang menjadi bahan kajiannya.
·             Peta konsep dapat digunakan sebagai alat evaluasi dalam proses belajar mengajar.
·             Peta konsep berperan juga sebagai alat untuk menrangkum berbagai materi bacaan.

Contoh Peta Konsep Salah Satu Materi Matematika


Penilaian Peta Konsep
Jika guru member tugas kepada siswa untuk membuat peta konsep. Peta konsep yang dibuat oleh siswa menurut Novak dan Gowin (Dahar, 1988: Muslim Husin, 1999) dalam penilaiannya memiliki kriteria sebagai berikut:
·              Hubungan konsep adalah hubungan antara dua konsep yang dihubungkan oleh preposisi (kata-kata penghubung)
·             Hirarki adalah rangkaian dari dua konsep atau lebih yang digambanrkan dibawah suatu konsep.
·             Kaitan silang adalah hubungan konsep antar hirarki.
·             Contoh dari konsep adalah contoh-contoh dari suatu konsep

Referensi
Dahar, R.W. 1985. Teori-Teori Belajar. Erlangga. Jakarta
Hudoyo, H. (2002). Peta Konsep. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas
Husin, Muslim (1999). Penggunana Peta Konsep dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada SDN Isola II Bandung). Tesis PPS UPI Bandung : tidak diterbitkan

Kusumah, Ibnu   Hadi, (1992). Study tentang Strategi Belajar Mengajar menggunakan Pemetaan konsep. Tesis PPS IKIP Bandung







= Baca Juga =



2 comments:

  1. Maksih, barokah ilmunya. Semoga Bpk selalu diberi kesehatan dan kemuliaan. Amiin

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by andynwt. Powered by Blogger.