SOAL JAWAB TES SKB CPNS KEBIDANAN DAN SOAL UKOM KEBIDANAN

 Soal dan Jawaban atau Pembahasan TES TKB SKB CPNS Kebidanan Tahun 2018-2019

Download Soal dan Jawaban atau Pembahasan TES TKB SKB CPNS Kebidanan dan Soal dan Jawaban atau Pembahasan UKOM Kebidanan. Sekedar iseng meramaikan tes CPNS dan Uji Kompetensi (Ukom) Kebidanan, berikut beberapa contoh lathan Soal TES TKB SKB CPNS Kebidanan dan Soal Uji Kompetensi UKOM Kebidanan. Lalu apa persamaan pelaksanaan SKB dalam seleksi CPNS dengan Uji Kompetensi ? Pada dasarnya SKB dan Uji Kompetensi adalah sama. Oleh karena itu pada beberapa instansi ada kebijakan jika sudah memiliki atau lulus Uji Kompetensi sudah tidak diwajibkan mengikuti SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang.

Apa sih kebidanan? Kebidanan adalah bidang ilmu yang mempelajari keilmuan dan seni dalam mempersiapkan kehamilan, menolong persalinan, nifas dan menyusui, masa interval dan pengaturan kesuburan, klimakterium dan menopause, bayi baru lahir dan balita, fungsi-fungsi reproduksi manusia, serta memberikan bantuan atau dukungan kepada perempuan, keluarga, dan komunitasnya.

Pendidikan kebidanan merupakan bagian dari jenjang akademik untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional kebidanan dalam menerapkan ilmu dan konsep kebidanan dan memanfaatkan teknologi secara arif serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Tujuan Pendidikan Program Studi Kebidanan (D III) adalah menghasilkan tenaga bidan pada tingkat ahli madya kebidanan sebagai tenaga profesional yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa pancasila, berprilaku kreatif, dinamis dan inovatif, memiliki integritas dan berkepribadian tinggi, terbuka, dan tanggap terhadap pembaharuan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta tanggap terhadap berbagai masalah di masyarakat khususnya berkaitan dengan bidang kesehatan ibu dan anak.

Dalam rangka penjaminan mutu dan standardisasi kompentensi lulusan pendidikan Program Diploma III Kebidanan, Diploma III Keperawatan dan Profesi Ners, maka dilakukan uji kompetensi nasional sebagai bagian dari proses evaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013 dan diatur melalui Permenristekdikti No. 12 tahun 2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan.  Peserta Uji Kompetensi adalah mahasiswa dan lulusan dari program studi Diploma III Kebidanan, Diploma III Keperawatan, dan Profesi Ners yang memiliki izin penyelenggaraan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang masih berlaku, dengan kriteria sebagai berikut: a) Mahasiswa yang telah menyelesaikan proses pendidikan; b) Lulusan setelah bulan Agustus 2013 yang sudah memiliki ijazah dari Perguruan Tinggi, namun belum memiliki sertifikat kompetensi atau sertifikat profesi; c) Peserta yang tidak lulus uji kompetensi pada periode sebelumnya.


 Soal dan Jawaban atau Pembahasan UKOM Kebidanan Tahun 2018-2019-2020


Apa saja materi Soal Tes SKB Kebidanan (Bidan)? Materi SKB Kebidanan meliputi Konsep Kebidanan, asuhan kebidanan, Mikrobiologi, Gizi dalam Kespro, KIPK, Obstetri Fisiologi, ASKEB Neonatus, Etika Profesi Kebidanan, Farmakologi, Ilmu Kesehatan Anak, Kesehatan Reproduksi, ASKEB 4, Epidimiologi, Gynekologi, Kesehatan Masyarakat, Kebidanan Komunitas (ASKEB 5), Pelayanan KB¸Promosi Kesehatan (PromKes), Patologi Kebidanan (ASKEB 4), Biostatistik, Ilmu Penyakit Umum dan Mutu Pelayanan Kebidanan.

Sekedar membantu mempersiapkan diri menghadapi Uji Kompetensi (Ukom) Kebidanan dan juga Seleksi Kompetensi Bidang Kebidanan berikut contoh Soal dan Jawaban atau Pembahasan TES TKB SKB CPNS Kebidanan dan Soal dan Jawaban atau Pembahasan UKOM Kebidanan. Contoh soal yang dapat di download melalui link di bawah ini tentunya hanya soal latihan. Soal UKOM Kebidanan atau Soal SKB Kebidanan yang Bapak/Ibu hadapi pada saat pelaksanaan tes mungkin berbeda.

Anda berminat untuk mempelajari soal latihan . Berikut ini link download Soal TES TKB SKB CPNS Kebidanan dan Soal UKOM Kebidanan. Semoga link downloadnya masih berfungsi.

Download Soal dan Pembahasan (Disini)

Demikian info tentang Soal dan Jawaban atau Pembahasan TES TKB SKB CPNS Kebidanan dan Soal dan Jawaban atau Pembahasan UKOM Kebidanan. Semoga bermanfaat, terima kasih. Selamat menempuh ujian, semoga sukses. (Tag: Soal dan Jawaban atau Pembahasan UKOM Kebidanan 2018, 2019, 2020 dan Soal dan Jawaban atau Pembahasan TES TKB SKB CPNS Kebidanan 2018-2019).







= Baca Juga =



1 comment:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter