SOAL JAWAB TES SKD - SKB CPNS KEPERAWATAN DAN SOAL UKOM KEPERAWATAN

 Soal dan Jawaban atau Pembahasan TKB SKB Keperawatan Tahun 2018-2019-2020

Download Soal dan Jawaban atau Pembahasan Tes SKD - SKB/TKB CPNS Keperawatan (Ners) dan Soal dan Jawaban atau Pembahasan UKOM Keperawatan (Ners). Sekedar iseng meramaikan tes CPNS dan Uji Kompetensi (Ukom) Keperawatan (Ners), berikut beberapa contoh lathan Soal TES TKB SKB CPNS Keperawatan (Ners) dan Soal Uji Kompetensi UKOM Keperawatan (Ners). Lalu apa persamaan pelaksanaan SKB dalam seleksi CPNS dengan Uji Kompetensi ? Pada dasarnya SKB dan Uji Kompetensi adalah sama. Oleh karena itu pada beberapa instansi ada kebijakan jika sudah memiliki atau lulus Uji Kompetensi sudah tidak diwajibkan mengikuti SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang.

Keperawatan merupakan suatu bentuk layanan kesehatan professional yang merupakan bagian integral dari layanan kesehatan berbasis ilmu dan kiat keperawatan, yang berbentuk bio-psiko-sosio-spiritual komprehensif yang ditujukan bagi individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat baik sehat maupun sakit, yang mencakup keseluruhan proses kehidupan manusia. Perawat adalah seorang yang memiliki kemampuan dan kewenangan melakukan tindakan keperawatan berdasarkan ilmu yang dimilikinya yang diperoleh melalui pendidikan keperawatan. Untuk menjadi seorang perawat, harus mengikuti pendidikan keperawatan yang dilanjutkan pendidikan Profesi Ners.

Jadi, Profesi Ners merupakan program lanjutan dari mahasiswa untuk menjadi seorang  perawat profesional, yang wajib ditempuh setelah lulus program akademik yang bergelar Sarjana Keperawatan. Tujuan diselenggarakannya Program Profesi ini untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam memperoleh pengalaman nyata untuk mencapai kemampuan profesional yang mencakup kemampuan intelektual, interpersonal dan skills dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan kepada klien. Kompetensi yang dicapai pada Program Profesi Ners yaitu melaksanakan asuhan keperawatan di 11 bidang keperawatan yaitu Keperawatan Medikal, Keperawatan Bedah, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Anak, Keperawatan Kritis, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Keluarga, Keperawatan Gerontik dan Manajemen Keperawatan, serta satu bidang keperawatan unggulan yaitu Keperawatan Paliatif dan Pendampingan Orang Sakit.

Sama halnya dengan Kebidanan untuk penjaminan mutu dan standardisasi kompentensi lulusan pendidikan Diploma III Keperawatan dan Profesi Ners, maka dilakukan uji kompetensi nasional sebagai bagian dari proses evaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013 dan diatur melalui Permenristekdikti No. 12 tahun 2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan. Peserta Uji Kompetensi Keperawatan adalah mahasiswa dan lulusan dari program studi Diploma III Keperawatan, dan Profesi Ners yang memiliki izin penyelenggaraan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang masih berlaku, dengan kriteria sebagai berikut: a) Mahasiswa yang telah menyelesaikan proses pendidikan; b) Lulusan setelah bulan Agustus 2013 yang sudah memiliki ijazah dari Perguruan Tinggi, namun belum memiliki sertifikat kompetensi atau sertifikat profesi; c) Peserta yang tidak lulus uji kompetensi pada periode sebelumnya.


 Soal dan Jawaban atau Pembahasan UKOM Keperawatan Tahun 2018-2019-2020



Berikut ini Link download Latihan soal SKD CPNS Perawat (Keperawatan) yang meliputi soal-soal Tes Intelejensi Umum  atau TIU, Tes Karakteristik Pribadi  atau TKP dan Tes Wawasan Kebangsaan  atau TWK
Contoh  CAT CPNS (disini)
Contoh  TKD TIU (disini)
Contoh  TKD TKP (disini)
Contoh  TKD TWK (disini)
Soal TWK, TIU dan TKP (4) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (5) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (6)  ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (7) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (8) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (9) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (10) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (11) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (12) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (13) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (14) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (15)  ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (16) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (17)  ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (18) ---DISINI---

Apa Saja Materi Soal SKB Keperawatan (Perawat). Materi Soal SKB CPNS Keperawatan (Perawat) antara lain meliputi Keperawatan Medikal Bedah I, Keperawatan Jiwa I, Keperawatan Anak I, Keperawatan Maternitas I, Keperawatan Medikal Bedah II, Keperawatan Jiwa II, Keperawatan Anak II, Keperawatan Maternitas II, Keperawatan Medikal Bedah III, Keperawatan Komunitas I, Keperawatan Keluarga, Keperawatan Gerontik, Keperawatan Medikal Bedah IV, Keperawatan Komunitas II, Keperawatan Kegawatdaruratan. Konsep Dasar Keperawatan (KDK), Kebutuhan Dasar Manusia I, Kebutuhan Dasar Manusia II, Etika Keperawatan, Keperawatan Profesional, Komunikasi dalam Keperawatan, Riset Keperawatan, Pendidikan Kesehatan, Dokumentasi Keperawatan.

Selain itu Materi Soal SKB Keperawatan (Perawat) akan terkait dengan Permenpan RB tentang Jabatan Fungsional Perawat dan Angka Kreditnya.

Sekedar membantu mempersiapkan diri menghadapi Uji Kompetensi (Ukom) Keperawan dan juga Seleksi Kompetensi Bidang Keperawatan (Ners) berikut contoh Soal dan Jawaban atau Pembahasan TES TKB SKB CPNS Keperawatan (Ners) dan Soal dan Jawaban atau Pembahasan UKOM Keperawatan (Ners). Contoh soal yang ada bawah ini tentunya hanya soal latihan. Soal UKOM Keperawatan (Ners) atau Soal SKB Keperawatan (Ners) yang Bapak/Ibu hadapi pada saat pelaksanaan tes mungkin berbeda.

A. Soal Pengetahuan Komprehensif
1. Dibawah ini, manakah yang BUKAN merupakan komponen Apgar Score.
a. Berat badan
c. Usaha bernafas
b. Warna
d. Tonus otot

2. Refleks tonik pada leher bayi dimanifestasikan dengan
a. Posisi menegang (fencing)
b. Refleks koordinatif menghisap dan menalan
c. Refleks startle
d. Kekakuan pada leher ketika di pegang/angkat

3. Perbedaan pelvis wanita dari pria adalah
a. Lebih berat, lebih tinggi dan lebih lebar
b. Lebih ringan, lebih lebar dan lebih dalam
c. Lebih lebar dan lebih bulat pada daerah inlet
d. Lebih kecil pada daerah arkus pubik

4. Penanganan awal klien hypertensi yang benar meliputi:
a. Obat anti hipertensi seperti prokainamid
b. Diet rendah garam dan kolesterol
c. Obat anti diuretik seperti lasix
d. Pembatasan cairan per oral

5. Efek samping yang lazim terjadi yang perlu diketahui oleh perawat akibat pemberian obat antikolinergic adalah
a. Sakit kepala
c. Mual
b. Mulut dan tenggorokan kering
d. Muntah

Anda saat ini sedang membaca contoh Soal dan Jawaban (Pembahasan)  SKB TKB Perawat (Soal Uji Kompetensi Perawat). Ingat soal ini hanya soal latihan. Untuk melihat kunci jawaban atau pembahasan lihat di akhir posting.

6. Masalah paling utama akibat pemberian obat anti neoplastik/anti kanker adalah
a. Penurunan sel darah merah
b. Anoreksia dan mual
c. Rambut rontok
d. Penurunan platelet darah

7. Hasil photo rontgent menunjukan pada bagian 1/3 distal femur terpecah menjadi beberapa fragmen tulang. Jenis fraktur ini adalah
a. Fraktur complte
c. Fraktur komunitif
b. Frktur incomplete
d. Fraktur spiral

8. Keberadaan Puskesmas di masyarakat adalah merupakan contoh dari konsep
a. Pencegahan primer
b. Pencegahan sekunder
c. Pencegahan tertier
d. Kombinasi dari ketiga hal diatas

9. Yang harus diketahui oleh perawat, penatalaksanaan utama dari kasus pneumothraks dilakukan dengan
a. Drainase postural
c. Pemasangan WSD
b. Obat
d. Ambulasi

10. Perbandingan kompresi dada dan bantuan nafas pada pasien dewasa berdasarkan panduan terbaru (AHA, 2005) tentang resusitasi jantung paru adalah
a. 30 : 2
c. 10 : 1
b. 15 : 2
d. 5 : 1

Anda saat ini sedang membaca contoh Soal dan Jawaban (Pembahasan)  SKB TKB Perawat (Soal Uji Kompetensi Perawat). Ingat soal ini hanya soal latihan. Untuk melihat kunci jawaban atau pembahasan lihat di akhir posting.


B. Soal Aplikasi
11. Tn. A, usia 44 tahun, memiliki riwayat pemabok, peminum alkohol 10 tahun yang lalu. Ketika perawat masuk ke ruang dia, Tn. A menjadi kasar secara verbaldan mulai mengkritik rumah sakit dan staf. ”Rumah sakit ini menjijikan tidak ada yang benar sedikitpun”. Manakah respon terbak yang harus dilakukan perawat?
a. ”Kita memiliki staf yang kompetent dan kita selalu mencoba melayani yang terbaik untuk anda”
b. ”Maaf, saya tidak izinkan anda untuk bicara seperti itu”
c. ”Anda terlihat sangat marah tentang sesuatu Tn. A. Apakah anda ingin membicarakanya?”
d. ” Sebenarnya apa yang anda inginkan dari staf kami, Tn. A?”

12. Ny. B, 1 hari paska operasi histerektomy. Jam 3 pagi ia terbangun dan terlihat kelelahan. Dari pemeriksanan, tanda vital stabil, tetapi Ny. B mengeluh tidak bisa tidur, merasak sakit pada bagan jahitan dan takut untuk bergerak miring kiri/kanan. Ny. B tidak mendapatkan obat anti nyeri sejak jam 9 malam. Manakah tindakan terbaik perawat yang seharusnya?
a. Memberikan obat anti nyeri agar cepat tidur
b. Menjelaskan keadaan luka operasi, mendiskusikan cara mengurangi nyeri pada jahitan operasi
c. Memberikan minum susu hangat dan makanan ringan untuk merangsang kantuk
d. Membantu merubah posisi, memijat punggung dan memberikan obat anti nyerinya

13. Klien dengan riwayat Coronay Arterial Deseases (CAD) 6 tahun lalu, memakai aspirin secara rutin. Saat in klien direncanakan akan operasi apendiks. Manakah hal terbaik yang harus dilakukan terkait temuan data tersebut
a. dicatat dan dilaporkan ke dokter
b. dicatat namun tidak perlu dilaporkan ke dokter
c. dicatat dan dilaporkan ke dokter karena beresiko perdarahan
d. dicatat dan dilaporkan ke dokter karena beresiko alergi zat kontras

14. Paska operasi, tindakan lain manakah yang harus diberikan pada klien dengan tranfusi Packed Red Cell (PRC) untuk meningkatkan fungsi perfusi sistemik
a. pemberian oksigen
b. pemberian bikarbonat
c. pemberian NaCl 09%
d. pemberian Glukosa 5%

15. Pasien datang dengan keluhan bengkak pada kedua kaki dan sesak. Hal ini mengindikasikan adanya kalainan fungsi ginjal bila kita menemukan data
a. Albumin 3,20 mg/dL
b. Ureum plasma 194 mg/dL
c. Kalium 2,7 mEq/l
d. Kreatinin plasma 1,02 mg/dL

Anda saat ini sedang membaca contoh Soal dan Jawaban (Pembahasan)  SKB TKB Perawat (Soal Uji Kompetensi Perawat). Ingat soal ini hanya soal latihan. Untuk melihat kunci jawaban atau pembahasan lihat di akhir posting.

16. Saat dilakukan pemeriksaan pasien terlihat tidur namun membuka mata saat diberi rangsangan dengan suara keras, melakukan gerak menarik dari sumber rangsang dan suaranya tidak mengandung arti. Penulisan GCS yang benar dari data diatas adalah
a. E2M2V2
c. E3M4V3
b. E3M2V2
d. E3M3V3

17. Ny. G, 29 tahun, paska operasi secsio cesarian yang kedua, perawatan segera paska operasi yang tepat adalah, KECUALI
a. Palpasi fundus uteri setiap 15 menit
b. Pemantaun tanda vital tiap 15 menit
c. Pemeriksaan perdarahan balutan luka dan perineal tiap 15 menit
d. Mengusap fundus uteri agar tetap nyaman tiap 15 menit

18. An. V, 7 tahun dibawa ke UGD rumah sakit karena mengalami asthma bronchial dengan pernafasan cepat dan terdengar wheezing. Kemudian diprogramkan untuk pemberian epinephrine dengan tujuan
a. Pencegahan produksi histamin
b. Relaksasi otot brokhus
c. Mengencerkan sekresi bronkus
d. Menurunkan inflamasi bronchial

19. Perawat akan menjelaskan cara pemberian insulin suntik kepada orang tuan klien. Manakah hal yang harus pertama kali didiskusikan dengan orang tua klien.
a. Cara memegang spuit insulin
b. Prinsip aseptik dalam penyuntikan
c. Menghitung dosis yang tepat
d. Cara rotasi penyuntikan

20. Tn. R 33 tahun dengan perdarahan dan penurunan volume vaskular direncanakan mendapat terapi poligeline (Haemaccel) 1000ml dalam 8 jam. Berapa tetes infus harus diberikan
a. 42 tetes/menit
c. 50 tetes/menit
b. 30 tetes/menit
d. 45 tetes/menit

Anda saat ini sedang membaca contoh Soal dan Jawaban (Pembahasan)  SKB TKB Perawat (Soal Uji Kompetensi Perawat). Ingat soal ini hanya soal latihan. Untuk melihat kunci jawaban atau pembahasan lihat di akhir posting.

C. Soal Berpikir Kritis dan Efektif
21. An. C, mengalami diare sejak 2 hari yang lalu, dibawa ke ruma sakit dalam kondisi dehidrasi dengan penurunan kesadaran. Penurunan kesadaran An. C disebabkan oleh
a. hipoperfusi jaringan serebral karena penurunan volume vaskuler
b. penekanan pada pusat vital dan kesadaran di otak
c. penurunan fungsi hemodinamik dan kelelahan jantung
d. adanya mekanisme diuresis pada kerusakan jaringan ginjal

22. Tn. F, dirawat karena serosis hepatis, terlihat edema dan ascites, haluaran urin menurun, TD 90/60mmHg. Program pemberian infus yang sebaiknya adalah
a. NaCl 3%
b. Albumin
c. Dextrose 40%
d. RL

23. Ny. Z, 29 tahun memiliki riwayat depresi setahun yang lalu. Saat ini didiagnosa menderita kanker payudara. Dokter dan perawat sepakat menyembunyikan diagnosa psikiater datang dan memberikan terapi yang tepat. Namur, pasien bertanya terus tentang penyakitnya. Tindakan perawat yang tepat adalah
a. Menghindar dari pasien, datang bila pemeriksaan saja
b. Memberikan pengertian perlunya pemeriksaan lebih lanjut
c. Menjelaskan bahwa benjolan payudara tidak berbahaya
d. Menjelaskan penyakitnya secara sederhana kepada pasien

24. Tn M, 44 tahun, dirawat dengan TB aktif. Pernafasan 24/menit, ronchi pada kiri/kanan paru, produksi sputum banyak. Indeks masa tubuh 16, pucat dan terlihat sesak serta kelelahan. Prioritas diagnose keperawatan yang tepat adalah
a. Bersihan jalan nafas tidak efektif berhubungan akumulasi sekret
b. Intoleransi aktifitas berhubungan dengan kelemahan
c. Gangguan nutrisi kurang dari kebutuhan berhubungan dengan hipermetabolik
d. Gangguan pertukara gas berhubungan dengan infeksi bronchial

25. Hasil pemeriksaan Analisa Gas Darah (AGD) pasien trauma dada dengan WSD terpasang, menunjukan pH: 7,11, pCO2 55, HCO3: 21, dan pO2: 62. Interprestasi hasil AGD tersebut adalah
a. Alkalosis metabolic
b. Alkalosis repiratorik
c. Asidosis respiratorik
d. Asidosis metabolic

26. Di Unit gawat darurat, dua pasien akibat kecelakaan datang secara bersamaan. Ny. A: berteriak-teriak, perdarahan di kaki kananya Tn B: diam, perdarahan dari kepala.. Kemudian datang Tn. C: mengeluh nyeri dada sejak 2 jam yang lalu dan Ny. D: mengeluh sesak berat dan terlihat gelisah. Prioritas pasien manakah yang harus ditolong lebih dahulu.
a. Pasien A
c. Pasien C
b. Pasien B
d. Pasien D

27. Klien dengan cedera pada spinal, kesadaran compos mentis, lumpuh pada kedua kakinya, tidak bisa mengontrol BAK/BAB. Prioritas pencegahan cedera pada klien ini adalah
a. Memasang penghalang tempat tidur dan menempatkan bel dekat pasien
b. Menjaga kebersihan tempat tidur dan program miring kanan/kiri
c. Memiringkan kiri/kanan dan masase punggung tiap dua jam
d. Memasang kateter urine dan memasang diapers

28. Ketika anda membawa obat ke pasien, ia melihat dan berkata ”Saya pikir, saya telah meminum obat tersebut. Perawat lain membawakan obat yang terlihat sama seperti ini.” Respon terbaik untuk meyakinkan pasien dalam situasi tersebut adalah
a. “Tidak, anda belum mendapatkan obat ini.”
b. ”Anda pasti bingung dengan obat kemarin. Silahkan, jangan khawatir diminum saja.”
c. ”Saya yakin anda belum mendapatkan obat ini, tapi saya akan kembali dan cek untuk kepastianya”
d. ”Saya telah mengecek sebelumnya, maka anda tidak perlu khawatir.”

29. Ny. Q, 55 tahun dirawat dengan bronchitis kronik. Perawat telah mengajarkan cara pernafasan dengan pursed-lip breathing. Keadaan seperti apakah yang mengindikasikan bahwa Ny. Q masih perlu penjelasan tentang teknik pernafasan tersebut
a. Dia berlatih pernafasan tersebut lebih dari dua kali sehari
b. Dia menggunakan pursed-lip breathing saat naik tangga
c. Dia mengeluarkan nafas melalui mulut
d. Dia menarik nafas melalui mulut

30. Tn. R, dirawat dan mendapatkan asupan nutrisi melalui Total Parenteral Nutrition (TPN). Namun, order nutrisi parenteral terlambat, cairan infus manakah yang bisa disarankan untuk mengganti nutrisi parenteral sementara
a. Ringer’s Lactate
b. 10% Dekstrose dalam Ringer’s Lactate
c. 5% Dekstrose dalam 0.45% NaCl
d. Larutan 25% Dekstrose

Kunci Jawaban Latihan Soal dan Jawaban (Pembahasan)  SKB TKB Perawat (Soal Uji Kompetensi Perawat), aspek Pengetahuan Komprehensif, Aplikasi, Berpikir kritis /afektif.
1 A
2 A
3 C
4 B
5 B
6 D
7 C
8 D
9 C
10 A
11 C
12 D
13 C
14 A
15 B
16 C
17 A
18 C
19 B
20 A
21 A
22 B
23 B
24 A
25 C
26 B
27 B
28 C
29 D
30 D

Link Download Contoh Latihan Soal SKB Keperawatan (Perawat) ---DISINI ----

Demikian info tentang Soal dan Jawaban atau Pembahasan TES TKB SKB CPNS Keperawatan (Ners) dan Soal dan Jawaban atau Pembahasan UKOM Keperawatan (Ners). Semoga bermanfaat, terima kasih. Selamat menempuh Ujian Semoga berhasil. (Tag: Soal dan Jawaban atau Pembahasan UKOM Keperawatan (Ners) 2018, 2019, 2020 dan Soal dan Jawaban atau Pembahasan TES TKB SKB CPNS Keperawatan (Ners) 2018-2019)





= Baca Juga =



2 comments:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter