APLIKASI RAPORT EXCEL KURIKULUM 2013 (K13) MI MTS MA DAN APLIKASI RAPOR (ARD) MADRASAH

Aplikasi Rapor Excel MI MTS MA Kurikulum 2013 (K13) Tahun Pelajaran 2020/2021


A. Aplikasi Raport Excel MI MTS MA Kurikulum 2013 (K13)

Aplikasi Raport Excel MI MTS MA Kurikulum 2013 (K13) Tahun Pelajaran 2020/2021 ini merupakan program atau aplikasi Raport Kurikulum 2013 atau yang dikenal dengan K13 yang diperuntukan bagi Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), maupun Madrasah Aliyah.  Untuk membantu para guru MI MTS MA mengisi rapor Kurikulum 2013 (K13) ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan antara lain Aplikasi Rapor Excel MI MTS MA Kurikulum 2013 (K13), terlebih-lebih pada saat Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasah sedang tidak dapat digunakan.


Berikut ini Aplikasi Raport Excel MI MTS MA Kurikulum 2013 (K13) Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dapat digunakan untuk pengisian nilai rapor secara manual baik di jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), maupun Madrasah Aliyah. Melalui Link download di bawah ini ada tiga jenis aplikasi rapor madrasah yang dapat Bapak/Ibu gunakan, yakni Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 (K13) Excel untuk MI; Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 (K13) Excel untuk MTs, dan Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 (K13) Excel untuk MA.


Sebagaimana diketahui Dirjen Pendis Kemenag telah menerbitkan surat edaran bahwa Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasah untuk semester 1 tahun pelajaran ini tdak dapat digunakan, oleh karena itu disarankan madrasah menggunakan rapor secara manual, salah satunya menggunakan Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 (K13) Excel untuk MI MTS MA. Tentunya dengan menggunakan aplikasi rapor fotmat excel akan lebih memudahkan pada saat Aplikasi Rapor digital sudah kembali dapat digunakan.


Selain itu keunggulan Aplikasi Raport Excel MI MTS MA Kurikulum 2013 (K13) Tahun Pelajaran 2020/2021, antara lain Telah disesuaikan dengan KD (Kompetensi Dasar) sesuai kurikulum yang berlaku, Dibuat dengan microsoft office excel yang hampir setiap laptop atau komputer tersedia karena biasanya sudah langsung diinstal, bahkan gadget android juga dapat mengunduh dan membukanya. Aplikasi ini dapat dibuka dengan microsoft office excel 2007, 2010, maupun 2016. Ukuran Aplikasi ini cukup kecil, kurang dari 3 MB. Aplikasi ini gratis digunakan tanpa perlu membeli lisensi dari pembuatnya. Aplikasi ini tampilannya sangat menarik dan mirip dengan aplikasi dapodik.


Selengkapnya bagi yang membutuhkan Aplikasi Raport Kurikulum 2013 (K13) Excel untuk MI; Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 (K13) Excel untuk MTs, dan Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 (K13) Excel untuk MA, silahkan download melalui link yang tersedia di bawah ini.


Link download Aplikasi Rapor Excel MI Kurikulum 2013 (K13) Tahun Pelajaran 2020/2021 (disini)


Link download Aplikasi Rapor Excel MTS Kurikulum 2013 (K13) Tahun Pelajaran 2020/2021 (disini)


Link download Aplikasi Rapor Excel MA Kurikulum 2013 (K13) Tahun Pelajaran 2020/2021 (disini)


Demikian informasi menarik tentang Aplikasi Raport Excel MI MTS MA Kurikulum 2013 (K13) Tahun Pelajaran 2020/2021, semoga ada manfaat untuk digunakan oleh Bapak/Ibu guru MI MTS mau MA. Selamat bekerja, semoga sukses.

 

B. Aplikasi Rapor Digital Madrasah (MI MTS MA) Kurikulum 2013 (K13)


 
Aplikasi Rapor Digital (ARD) Versi Offline MI MTS dan MA Tahun 2019/2020  -  http://ainamulyana.blogspot.com

Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasahku Versi  ARD Offline. Kementerian Agama melalui Ditjen. Pendidikan Islam meluncurkan Aplikasi Rapor Digital, yang diperuntukan bagi Madrasah diseluruh Indonesia. Dengan Aplikasi Rapor Digital (ARD), Madrasah harus semakin maju dan terbuka terhadap dunia internet dan digital. Kecepatan penyebaran informasi terutama bagi siswa Madrasah, untuk mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik. Dalam bahasa agama, langkah ini dikenal dengan istilah taqdimul aham min almuhim, dahulukan yang terpenting daripada yang penting. 

Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasahku yang saat ini telah meluncurkan  Aplikasi Rapor Digital (ARD) Versi Offline untuk MI MTS dan MA ditujukan untuk untuk melayani rakyat dengan menggunakan sarana dan anggaran yang merupakan hak rakyat. Penyerapan anggaran harus diselaraskan dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat sehingga manfaatnya terasa optimal. Di sisi lain, ARD merupakan langkah dalam inovasi agar lembaga Madrasah semakin kekinian, jangan sampai dianggap seperti mesin tua yang usang. Sehingga kedepan Penilaian Hasil Belajar yang tertuang dalam ARD sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi, serta Madrasah kedepan turut serta dalam pelaksanaan e-Government, dan Clean Government.

Setelah beberapa waktu yang lalu Ard Madrasahku meliris Aplikasi Raport Digita yang diberi nama Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasahku disitus http://sikurma.kemenag.go.id/ard/ dengan berbasis Online, hingga Ard Madrasahku mulai menjadi perhatian para operator Madrasah. Untuk memberi kemudahan bagi para Operator Madrasah, Kini Aplikasi Raport (ARD) Madrasah untuk jenjang MI MTS dan MA dialihkan ke versi offline.

Saat ini anda sebagai operator rapor MI MTS dan MA tidak bisa menemukan menu login di ARD MADRASAHKU yang ada hanyalah tampilan Download Aplikasi Raport MI, Download Aplikasi Raport MTS, Download Aplikasi Raport MA. Namun Khusus untuk aplikasi ARD Roudhotul Athfal (RA) masih ada tampilan login.  


Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasahku Versi  ARD Offline

Bagaimana Cara Download Aplikasi Rapor Digital (ARD) Versi Offline untuk MI MTS dan MA ? Sekedar Info yang beredar bahwa Ard Aplikasi raport Offline terlihat ditampilan utama situs sikuma.kemenag dan pada tampilan utama laman tersebut mengarahkan kita untuk Download Aplikasi Raport, sesuai jenjang ma,MTs,MI, setelah dibuka ternyata linknya mengarahkan ke google drive.

Selanjutnya tinggal Download Aplikasi Raport nya dengan cara sebagai berikut:
1. Buka Link http://sikurma.kemenag.go.id/ard/
2. Klik Tombol Download Aplikasi Raport
3. selanjutnya anda akan diarahkan ke google Drive
4. Klik kanan pada file google drive
5. pilih tombol Buat salinan
6. selanjutnya Klik Drive saya
7. klik kanan pada file salinan
8. selanjutnya klik kanan dilanjutkan klik pilih Download

Untuk Mendownload Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasahku Versi  ARD Offline silahkan Klik disini

·           Aplikasi ARD Madrasahku Versi Offline jenjang MI (DISINI)
·          Link Alternatif  Donwload Aplikasi Rapor MI (DISINI)
     
·          Aplikasi ARD Madrasahku Versi Offline jenjang MTs (DISINI)
·          Link Alternatif  Donwload Aplikasi Rapor MTS (DISINI)

·          Aplikasi ARD Madrasahku Versi Offline jenjang MA (DISINI)
·          Link Alternatif  Donwload Aplikasi Rapor MA  (DISINI)

Bagaimana Cara Install Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasahku Versi  ARD Offline (Aplikasi Rapor Digital (ARD)  versi 2019/2010 ? Setelah Anda berhasil mendonwload,maka langkah selanjutnya menginstal Aplikasi Rapor Digital (ARD) MI MTS MA sesuai jenjang Madrasah Anda ke Komputer Operator / Komputer sekolah.  Sekedar informasi berikut ini cara instal Aplikasi Rapor Digital (ARD) MI MTS MA
1. Klik ARD.v1.0-SetUp maka akan tampil
2. Selanjutnya anda harus mengisi data pada tampilan pertama dengan mengisi Username, Organization dan Serial Nomber.
3. Setelah semua sudah terisi jika Serial Number anda benar maka akan secara otomatis muncul Next, Klik saja Next Untuk melanjutkan.
4. Kemudian klik Next lagi
5. Anda akan diarahkan pada tampilan umtuk menunggu Extracting File.
6. Setelah selesai akan muncul jendela Completing the ARD Setup Wizard, klik "Finish"

Demikian informasi tentang Download Aplikasi Rapor Digital (ARD) MI MTS MA Versi  Ard Offline (Aplikasi Rapor Madrasah Tahun 2019/2020). Semoga ada manfaatnya, terima kasih. Selamat bekerja, semoga sukses.




= Baca Juga =



13 komentar:

  1. Ijin bertanya Admin?
    1. Apakah ARD semester ganjil sudah valid?
    2. Apakah ada perbedaan ARD semester genap dengan semester ganjil?
    3. Apakah ARD semester genap terintegrasi denga ARD sebelumnya?
    4. Apakah masih perlu melakukan pengisian data siswa dll?
    5. Apakah pengisian ARD semester genap dapat dilakukan secara ONLine oleh guru Mapel (di rumah masing-masing)tanpa harus link dari laptop Operator (di Madrasah)?
    6. Masih adakah Paching berseri seperti ARD semester lalu?
    mohon pencerahannya ADMIN...

    BalasHapus
  2. saya hanya berharap ARD di tangani secara serius Oleh pihak terkait. jangan asal asalan. biar ditingkat bawah tidak terjadi kebingungan dan ketidak pastian. ketegasan pemakaian dan kesiapan Aplikasi (simpel, mudah, dan cepat) agar aplikasi ini menjadi satu=satunya aplikasi rapor madrasah secara Nasional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane se7, jangan malah menambah ruwet, mestinya bs memperlancar bukan malah membingungkan

      Hapus
  3. Ard tdk ada kolom pts dan produk, maka hrs revisi. Ard hrs dpt dikerja di rmh, setelah selesai input nilai maka dikirim ke server, ini baru ok, tdk mempersulit sesuatu yang sebenarnya mudah.

    BalasHapus
  4. ARD tdk ada kolom pts dan produk, maka hrs revisi. Kemudian ard seharusnya dpt diisi dimana saja. Setelah selesai mengimput baru di kirim ke server, jangan mempersulit sesuatu yg sebenarnya mudah.

    BalasHapus
  5. mohon maaf kok installnya minta cd ya

    BalasHapus
  6. format dns untuk nilai raportnya ada ?

    BalasHapus
  7. nomor wa nya berapa... apakah aplikasi raport ini berbayar....
    mohon maaf... klo bisa bagikan kami untuk min 1 bitung

    BalasHapus
  8. Saya mau tanya kalo aplikasi raport SD yang kurikulum 13 yang bapak buat untuk kelas 6 SD apakah rumusnya bisa kita ganti karena anak saya kenapa bisa tidak lulus padahal nilainya tinggi

    BalasHapus
  9. sayamau tanya aplikasi rapor kelas 6yang bapak buat ketika saya pakai 9 mapel status siswa saya tidak lulus semua apakah bisa diganti rumusnya

    BalasHapus

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem