CARA MEMPERBAIKI DATA SISWA GANDA PADA DAPODIK (DAPODIKDASMEN) DAN DAFTAR SEKOLAH YANG TERDETEKSI MEMILIKI DATA SISWA BERGANDA PADA DAPODIK

 Cara Memperbaiki Data Siswa Ganda Pada Dapodik (Dapdodikdasmen 2020)

Cara Memperbaiki Data Siswa Ganda Pada Dapodik (Dapodikdasmen Versi 2020) dan Daftar Sekolah tahun pelajaran 2019/2020 yang Terdeteksi Memiliki Data Siswa Berganda Pada Dapodik. Berdasarkan informasi dari laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, Server dapodikdasmen akan melakukan Pembersihan (Cleansing) Data Dapodikdasmen. Akibat dari Pembersihan (Cleansing) Data Dapodikdasmen, maka data siswa yang terdeteksi  berganda akan dikeluarkan dari Dapodik.

Sebagaimana diinformasikan dalam laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.idData sekolah yang terindikasi memiliki siswa ganda beserta data individu siswanya telah dikirimkan kepada Dinas Pendidikan/Kab/Kota/Provinsi dan LPMP untuk dilakukan verifikasi (data dikirimkan melalui email Dinas). Sekolah yang terkena aksi pembersihan/cleansing ini (sesuai daftar) akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS Broadcast. Lalu bagaimana Cara Memperbaiki Data Siswa Ganda Pada Dapodik (Dapodikdasmen) ? Berikut adalah tindakan/proses yang harus dilakukan dan diperhatikan oleh sekolah tersebut:
1. Sekolah melakukan sinkronisasi atau jika diperlukan melakukan install ulang Aplikasi Dapodikdasmen;
2. Untuk data siswa yang berganda dalam satu sekolah, maka setelah sinkronisasi data salah satu siswa yang berganda akan terhapus;
3. Untuk data siswa yang berganda antar sekolah, maka setelah sinkronisasi kedua data siswa akan dikeluarkan dari aplikasi Dapodik di kedua sekolah dengan status keluar Mutasi dan alasan keluar Terdeteksi Siswa Berganda pada sub-menu PD Keluar;
4. Selanjutnya sekolah yang mengklaim bahwa siswa yang datanya berganda tersebut adalah benar siswa di sekolahnya dan bermaksud untuk memasukkan kembali ke aplikasi Dapodiknya maka sekolah dapat menghubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi untuk melakukan pembatalan siswa keluar melalui manajemen Dapodikdasmen Dinas Pendidikan (https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id:2019).

Lalu bagaimana cara agar dapat  menghindari kembali terulangnya data siswa berganda, maka sekolah untuk melakukan dan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. Jika ada siswa yang mutasi ke sekolah lain, maka segera lakukan proses mutasi pada Aplikasi Dapodikdasmen dengan cara mengeluarkan dari rombelnya dan melakukan mutasi melalui menu Registrasi siswa kemudian lakukan sinkronisasi.
2. Cetak Surat Keterangan Mutasi dari Manajemen Dapodikdasmen (https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ ) sebagai keterangan dan pengantar siswa yang mutasi tersebut untuk diserahkan kepada sekolah tujuan.
3. Kepala sekolah untuk berperan aktif dengan turun langsung melakukan pengecekan akurasi data Dapodik dengan melibatkan seluruh stakeholder di sekolah (wakasek, guru, walikelas, operator dapodik).
4. Kepala Sekolah untuk memeriksa Pakta Integritas/SPTJM dari aplikasi Dapodik untuk kemudian mengesahkannya.

Daftar Sekolah tahun pelajaran 2019/2020 yang Terdeteksi Memiliki Data Siswa Berganda Pada Dapodik (Dapodikasmen 2020) silahkan download disini

Demikian informasi tentang Cara Memperbaiki Data Siswa Ganda Pada Dapodik (Dapodikdasmen versi 2020) dan Daftar Sekolah Yang Terdeteksi Memiliki Data Siswa Berganda Pada Dapodik. Semoga bermanfaat.



= Baca Juga =



1 comment:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter