CONTOH SOP PELAKSANAAN TUGAS GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (SOP PENGELOLAAN TENDIK)

SOP Pelaksanaan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan

Contoh SOP atau Panduan Operasional Standar Terkait Pelaksanaan Tugas Guru Dan Tenaga Kependidikan. Standar Operasional Prosedur adalah serangkaian instruksi tertulis yang  dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan aktivitas organisasi, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan. Adapun yang dimaksud Guru menurut UU 14 Tahun 2005, adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Sedangkan Tenaga Kependidiakan adalah sumber daya manusia di sekolah yang tidak terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tetapi berperan mendukung kelancaran proses pembelajaran dan administrasi sekolah.

 

SOP Pelaksanaan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan pada dasarnya merupakan pedoman yang berisi prosedur operasional standar kegiatan yang dijalankan dalam organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan, serta penggunaan fasilitas proses yang dilakukan guru dan tenaga kependidikan berjalan efektif dan efisien.


Sebenarnya cukup banyak POS atau SOP Pelaksanaan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan. Namun harus diketahui bahwa SOP atau dalam  proses penyelenggaraan administrasi pemerintahan harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun ketentuan dalam membuat SOP/POS dalam administraso pemerintahan tertuang dalam Permen PAN-RB No. 35 tahun 2012. Tetapi secara umum, bentuk POS atau SOP tidak ada yang baku artinya sekolah dapat memilih bentuk sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan. Hal yang perlu diperhatikan adalah urutan kegiatan jelas, ada individu yang melaksanakan, ada waktu pelaksanaan, ada dokumen atau bukti lainnya setelah melaksanakan kegiatan, dan ada indikator mutu yang menunjukkan tingkat keberhasilan pelaksanaan prosedur.

 

Apa manfaat adanya Standar Operasional Prosedur (SOP)? Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan, manfaat dibuatkanya SOP POS adalah

·          Sebagai standarisasi pegawai/karyawan/aparatur pemerintah dalam menyelesaikan pekerjaan.

·          Untuk mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh aparatur pelaksana dalam melaksanakan tugas masing-masing.

·          Meningkatkan produktifitas, efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual aparatur dan organisasi secara keseluruhan.

·          Membantu karyawan/pegawai/aparatur menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.

·          Meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan tugas.

·          Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai/karyawan/aparatur cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.

·          Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.

·          Menjamin konsistensi pelayanan kepada masyarakat, baik dari sisi mutu, waktu, dan prosedur.

·          Memberikan informasi mengenai kualifikasi kompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai/karyawan/aparatur dalam melaksanakan tugasnya.

·          Memberikan informasi bagi upaya peningkatan kompetensi pegawai/karyawan/aparatur

 

Lalu seperti apa Contoh SOP Pelaksanaan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan?  SOP atau SOP tugas guru dan tenaga kependidikan paling tidak mengantur tentang kehadiran guru dan tenaga kependidikan, mengatur pelaksanaan tugas guru di sekolah dan mengantur pelaksnaan tugas tenaga administrasi sekolah.

 

Berikut ini contoh sederhana SOP Pelaksanaan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan?

 




Link download Versi PDF


Link download Versi DOC/WORD

 

Demikian informasi tentang Contoh SOP atau Panduan Operasional Standar Terkait Pelaksanaan Tugas Guru Dan Tenaga Kependidikan. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



5 komentar:

  1. Mohon izin unduh Bapak. Terimakasih

    BalasHapus
  2. 🔴 Cara mendaftar menjadi Distributor SOP SUBARASHI & UTSUKUSHHI AFC Lifescience Indonesia Jalur Resmi dan Terpercaya📱0852.7755.3117

    SOP Subarashi & Utsukushhii Layanan COD ke seluruh Kota se Indonesia
    Pemesanan Produk AFC & Bergabung menjadi Distributor Resmi di AFC Lifescience Indonesia 📱0852.7755.3117

    🔴 Cara Pemakaian Serum SENSEI SURU Produk AFC Lifescience JAPAN 📱0852.7755.3117
    📱➡️ https://wa.me/6285277553117

    🔴Info produk & Cara bergabung Member AFC :

    ✔️ http://bit.ly/afcbushidoteam
    ✔️ http://bit.ly/celltherapyjapan

    #SOPSUBARASHI085277553117
    #leaderafcindonesia085277553117
    #sopSubarashi085277553117 #AFCLIFESCIENCE085277553117
    #sop100 #utsukushhii #sehatbersamasop100plus #senseisuru
    #ceoafclifescience #marketingplanafclifescience #afcindonesia #teambushido

    BalasHapus
  3. Terima kasih sangat membantu untuk jadi referensi, gusti berkahi

    BalasHapus

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem