APLIKASI SKP GURU DAN PENILAIAN PRESTASI KERJA GURU GOL IIIA IIIB IIIC IIID IVA DAN IVB (EXCEL)

Aplikasi SKP Guru Excel dan Penilaian Prestasi Kerja Guru Golongan IIIA IIIB IIIC IIID IVA dan IVB (excel)


Aplikasi Sasaran Kerja (SKP) Guru Golongan IIIA IIIB IIIC IIID IVA DAN IVB, Penilaian Capaian SKP Guru Golongan IIIA IIIB IIIC IIID IVA DAN IVB, dan Formulir Penilaian Prestasi Kerja Guru Golongan IIIA IIIB IIIC IIID IVA DAN IVB.  Penilaian  prestasi  kerja  PNS  yang  dikenal  dengan  Daftar  Penilaian  Prestasi  Kerja Pegawai (DP3) berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 10 Tahun 1979 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS telah dinyatakan tidak berlaku sejak ditetapkan Peraturan Pemerintah  Nomor  46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil. Ketentuan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011. 


Dalam  ketentuan  pelaksanaan  PP Nomor  46  tahun  2011  tersebut,  parameter mengenai Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan Perilaku Kerja khusus untuk guru perlu disesuaikan  agar  relevan  pada  hakikat  tugas  guru  baik  utama  maupun  penunjang yang relevan. 

 

Penilaian prestasi kerja bagi guru, kepala sekolah, dan guru yang diberi tugas tambahan dilaksanakan  untuk mengevaluasi kinerja guru,  kepala  sekolah,  dan  guru  yang  diberi tugas tambahan,  yang  dapat  memberi  petunjuk    bagi  pejabat  yang berkepentingan dalam  rangka pembinaan  profesi guru,  kepala  sekolah,  dan  guru  yang  diberi  tugas tambahan secara obyektif. Hasil penilaian prestasi kerja akan dimanfaatkan antara lain sebagai dasar pertimbangan  penetapan keputusan kebijakan  pembinaan karier guru, kepala  sekolah,  dan  guru  yang  diberi  tugas  tambahan  yang  berkaitan  dengan  bidang pekerjaan,  pengangkatan  dan  penempatan,  pengembangan,  penghargaan,  serta disiplin. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun  2005 tentang Guru  dan Dosen yang mengamanatkan guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan  berhak mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja.  Penilaian  prestasi kerja dimaksud dilaksanakan  secara sistematis yang penekanannya pada tingkat capaian sasaran kerja  atau tingkat capaian kinerja   guru, kepala  sekolah, dan  guru  yang  diberi  tugas  tambahan sebagaimana telah direncanakan, disusun dan disepakati  bersama oleh guru,  kepala  sekolah,  dan  guru yang  diberi  tugas  tambahan dengan atasan langsungnya. Penilaian prestasi kerja guru,  kepala  sekolah,  dan  guru yang diberi tugas tambahan secara strategis diarahkan melalui penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan Perilaku Kerja Pegawai dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya.

 

Penilaian Prestasi Kerja bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan guru,  kepala sekolah,  dan  guru  yang  diberi  tugas  tambahan berdasarkan prinsip obyektif, terukur, akuntabel,  partisipatif,  dan transparan.  Untuk  memenuhi  prinsip  penilaian  tersebut diperlukan suatu pedoman penilaian prestasi kerja yang  sesuai    dengan  tanggung jawab dan wewenang pelaksanaan tugas jabatan guru, kepala sekolah, dan guru yang diberi tugas tambahan. 

 

Sebelum Admin membagikan Aplikasi Sasaran Kerja (SKP) Guru Excel Golongan IIIA IIIB IIIC IIID IVA DAN IVB, Penilaian Capaian SKP Guru Golongan IIIA IIIB IIIC IIID IVA DAN IVB, dan Formulir Penilaian Prestasi Kerja Guru Golongan IIIA IIIB IIIC IIID IVA DAN IVB. Berikut ini Lingkup  penilaian prestasi  kerja  mencakup  dua  unsur,  yaitu:  Sasaran  Kerja Pegawai (SKP) dan Perilaku Kerja.

a. Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dengan bobot nilai 60% (enam puluh persen). Penilaian terhadap SKP yaitu penilaian yang dilaksanakan terhadap  seluruh tugas jabatan dan target yang harus dicapai selama kurun waktu pelaksanaan pekerjaan  dalam tahun yang berjalan. Penilaian tersebut  didasarkan kepada ukuran tingkat  capaian SKP yang dinilai dari aspek: kuantitas, kualitas, waktu dan/atau biaya.  

Target SKP guru, kepala sekolah, dan guru yang diberi tugas tambahan sebagai pejabat fungsional tertentu, adalah angka  kredit  yang  harus  dicapai  untuk tahun  yang  berjalan yang dilakukan  oleh  guru,  kepala  sekolah,  dan  guru yang diberi  tugas  tambahan. Mengingat kenaikan jabatan/pangkat didasarkan pada perolehan angka kredit, maka harus ditetapkan target angka kredit yang akan dicapai dalam 1 (satu) tahun di dalam SKP-nya. Penentuan angka kredit tersebut  mengacu  kepada  Peraturan  Menteri  Negara  Pendayagunaan Aparatur  Negara  dan  Reformasi Birokrasi Nomor  16  Tahun  2009  tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

b. Perilaku Kerja dengan bobot nilai 40% (empat puluh persen). Penilaian perilaku kerja yaitu penilaian terhadap perilaku kerja guru,  kepala sekolah, dan guru yang diberi tugas tambahan dalam melaksanakan tugasnya di  sekolah/madrasah.  Penilaian  perilaku  kerja  meliputi  aspek:  orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin dan kerjasama.  Unsur perilaku  kerja  yang dinilai harus  relevan  dan  berhubungan dengan pelaksanaan tugasnya.

 

Sehingga  nilai prestasi kerja mencakup  dua  unsur yaitu Sasaran  Kerja  Pegawai dengan bobot nilai 60% (enam puluh persen) dan  Perilaku  Kerja dengan bobot nilai 40% (empat puluh persen).

 

Lalu seperti apa Aplikasi SKP, Penilaian Capaian SKP, dan Penilaian Prestasi Kerja Guru Gol IIIA IIIB IIIC IIID IVA dan IVB berbasis Excel ? pada bagian akhir admina akan membagikan contoh Aplikasi SKP, Penilaian Capaian SKP, dan Penilaian Prestasi Kerja Guru Gol IIIA IIIB IIIC IIID IVA dan IVB berbasis Excel. Namun sebelumnya Anda jug harus mengetahui Tata Cara Penyusunan SKP Guru PNS.

 

1.  Setiap  guru,  kepala  sekolah,  dan  guru yang diberi  tugas  tambahan diwajibkan menyusun  SKP.  Penyusunan  SKP  harus berdasarkan  tugas  pokok  jabatan dengan  mempertimbangkan RKT sekolah  yang merupakan tindak  lanjut  dari  visi dan  misi  sekolah,  hasil EDS, tugas pokok yang  bersangkutan  sebagai guru dan tugas  tambahannya  sebagai  kepala  sekolah/madrasah,  serta  program tahunannya.

Hal-hal  yang  harus  diperhatikan  di  dalam  penyusunan  SKP  adalah  sebagai berikut.

a.  Jelas

Kegiatan yang dilakukan harus dapat diuraikan secara jelas.

b.  Dapat diukur

Kegiatan  yang  dilakukan  harus  dapat  diukur  secara  kuantitas  dalam bentuk  angka  seperti  jumlah  satuan,  jumlah  hasil,  dan  lain-lain,  maupun secara kualitas seperti hasil kerja sempurna, tidak ada kesalahan, tidak ada revisi dan pelayanan kepada masyarakat memuaskan, dan lain-lain.

c.  Relevan

Kegiatan yang dilakukan harus berdasarkan lingkup tugas jabatan masing-masing.

d.  Dapat Dicapai

Kegiatan yang dilakukan harus disesuaikan dengan kemampuan.

e.  Memiliki  Target  Waktu

Kegiatan yang  dilakukan  harus  dapat  ditentukan waktunya.

2.  SKP memuat kegiatan tugas jabatan, angka kredit dan target yang meliputi kuantitas, kualitas,  waktu,  dan/atau  biaya,  yang  harus  dicapai  dalam  satu  tahun  yang kegiatannya bersifat nyata dan dapat diukur. Penentuan angka kredit dalam SKP menggunakan  asumsi untuk kenaikan  pangkat  setingkat  lebih  tinggi  secara normatif yang harus dicapai dalam waktu 4 (empat) tahun. Oleh karena itu, target angka kredit dalam satu tahun adalah jumlah angka kredit kumulatif minimal yang akan dicapai dibagi 4 (empat).  

3.  SKP yang telah disusun harus dinegosiasikan dan disetujui oleh pejabat penilai, untuk selanjutnya ditetapkan oleh Pejabat Penilai sebagai kontrak kerja yang harus  ditandatangani oleh kedua belah pihak (Pejabat Penilai dan guru yang dinilai).

4.  Jika    SKP  yang    telah    disusun    tidak    disetujui    oleh    Pejabat    Penilai    maka keputusannya  diserahkan  kepada  Atasan  Pejabat  Penilai  dan hasilnya bersifat final.

5.  SKP ditetapkan setiap tahun pada awal bulan Januari.

6.  Apabila  terjadi  perpindahan  tempat  tugas  guru,  kepala  sekolah,  dan  guru  yang diberi tugas tambahan setelah bulan Januari maka yang bersangkutan menyusun SKP  pada  awal  bulan  di  tempat  yang  baru  sesuai  dengan  surat  perintah/surat keputusan  melaksanakan  tugas,  dengan  terlebih  dahulu  dilakukan  pengukuran oleh atasan langsung di tempat tugas yang lama.

7.  Apabila terjadi mutasi/perpindahan satminkal/tempat tugas setelah bulan Januari tahun berjalan, maka guru, kepala sekolah, dan guru yang diberi tugas tambahan yang bersangkutan  wajib  menyusun  SKP  pada  satminkal  lama  dan  satminkal baru.  Pada  akhir  tahun  yang  bersangkutan  memperoleh  penilaian  SKP  tempat tugas  lama  ditambah  penilaian  SKP  tempat  tugas  baru,  lalu  hasilnya  dibagi  2 (dua).  Pejabat  penilai  pada  tempat  tugas  lama  harus  melakukan  penilaian  SKP dan  perilaku  kerja  sampai  dengan  yang  bersangkutan  ditetapkan  Keputusan mutasinya.  Sedangkan  penentuan  rentang  waktu  penetapan  target    SKP  pada tempat  tugas  baru  dilakukan  sesuai  surat pernyataan    perintah  melaksanakan tugas pada tempat tugas baru, 

8.  Guru, kepala sekolah, dan guru yang diberi tugas tambahan yang tidak menyusun SKP  akan  dijatuhi  hukuman  sesuai  dengan  ketentuan  peraturan  perundang-undangan yang mengatur mengenai disiplin PNS

 

Bagi yang membutuhkan Aplikasi Sasaran Kerja (SKP) Guru Golongan IIIA IIIB IIIC IIID IVA DAN IVB, Penilaian Capaian SKP Guru Golongan IIIA IIIB IIIC IIID IVA DAN IVB, dan Formulir Penilaian Prestasi Kerja Guru Golongan IIIA IIIB IIIC IIID IVA DAN IVB, silahkan di download memalui link di bawah ini


Aplikasi SKP (Excel) dan Penilaian Prestasi Kerja Guru Gol IIIA (disini)

Aplikasi SKP (Excel) dan Penilaian Prestasi Kerja Guru Gol IIIB (disini)

Aplikasi SKP (Excel) dan Penilaian Prestasi Kerja Guru Gol IIIC (disini)

Aplikasi SKP (Excel) dan Penilaian Prestasi Kerja Guru Gol IIID (disini)

Aplikasi SKP (Excel) dan Penilaian Prestasi Kerja Guru Gol IVA (disini)

Aplikasi SKP (Excel) dan Penilaian Prestasi Kerja Guru Gol IVB (disini)


Baca juga ! Aplikasi Guru SKP Terbaru Sesuai PP Nomor 30 Tahun 2019, Permenpan RB Nomor 8 Tahun 2021, SE Menpan RB Nomor 3 Tahun 2021 (DISINI)


Baca Juga

Pedoman atau Petunjuk Teknis Penyusunan SKP Guru (disini)

 

Demikian informasi tentang Aplikasi SKP, Penilaian Capaian SKP, dan Penilaian Prestasi Kerja Guru Gol IIIA IIIB IIIC IIID IVA dan IVB berbasis Excel. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

 




= Baca Juga =



3 comments:

  1. Terima kasih Bapak / Ibu, saya coba download dan lanjut latihan mengisi SKP-nya. Salam sehat.

    ReplyDelete
  2. terimakasih, sangat memudahkan pengertian

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem